16. Perhatikan petikan bait puisi
berikut !
……………….
Berbahagialah ini bangsa
yang selalu diberi rahmat dan
karunianya
dengan kekayaan alam tak
terhingga
sapaan mentari yang tanpa jeda.
Larik bermajas pada puisi
tersebut terdapat pada larik …….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Bacalah kutipan cerpen berikut
untuk soal nomor 17 dan 18
16. Bukti watak tokoh
Avanti perhatian pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.
Memarahi
Ulil yang tidak mau menolong kakek
B.
Mengajak
Ulil meninggalkan kakek yang sakit.
C.
Meminta
Farkhan segera memanggil kakek.
D.
Menyesali
karena kegiatan mereka terganggu.
17. Cara pengarang menggambarkan
watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A.
melalui
dialog antartokoh
B.
sikap
dan pembicaraan tokoh
C.
diceritakan
tokoh yang lain
D.
pelukisan
watak oleh pengarang
|
18. Amanat pada kutipan
cerita tersebut adalah ...
A.
Kita harus bermusyawarah untuk mufakat.
B.
Dalam hidup ini kita harus memiliki tujuan.
C.
Setiap
permasalahan yang
terjadi selalu
ada solusinya.
D.
Jika kita menghadapi masalah, jangan mudah berputus asa.
19.
Latar tempat dan waktu yang terdapat dalam kutipan di
atas adalah ….
A. siang
hari, di ruang BP
B. pagi
hari, di rumah
C. malam
hari di rumah sakit
D. malam
hari, di rumah
20.
Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika lulus SD,
orang tuaku menasihati agar aku masuk sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi
wanita. Untuk membujukku ibuku menambahkan bahwa libur guru sama panjangnya
dengan libur anak sekolah melebihi orang yang bekerja di kantor. Kata-kata itu
diucapkan orang tuaku karena mereka mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya
kuinginkan. Aku bercita-cita menjadi sekretaris.
Konflik yang terdapat dalam
kutipan novel tersebut adalah ….
A.
konflik batin dalam diri tokoh Aku
B.
konflik
antara anak dengan orang tua
C.
konflik
antara tokoh Aku dengan gurunya
D.
konflik
antara tokoh Aku dengan sekretarisnya
Perhatikan
kutipan novel berikut !
Kutipan
Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
…Beberapa bulan setelah ibumu meninggal dunia,
sudah mamak suruh dia saja dengan perempuan lain, baik orang Makasar atau
orang lain negeri. Dia hanya menggeleng saja, dia belum hendak kawin sebelum
engkau besar, Udin. Pernah dia berkata: separo hatiku ikut ibumu ke kuburan,
dia tinggal di dunia ini dengan hati yang separo lagi…
|
… “Kalau aku melihat wajahmu, aku sehat
sudah. Biar terbang penyakit itu, dan aku sembuh sendiri kelak.” “Moga-moga,
tetapi seelok-eloknya kaki ibu itu diobati juga, supaya sembuh benar-benar.
Biar saya kenalkan …”
“Tidak,
Asri, jangan tergesa-gesa! Obat minum, verban, dan sekaliannya itu sudah
kuderita sehari-harian.”…
|
21.
Perbedaan
karakteristik kedua novel tersebut
adalah ....
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
|
A
|
bercerita tentang kesetiaan
|
bercerita tentang obat
|
B
|
bercerita tentang kasih sayang
|
bercerita tentang penderitaan akibat penyakit
|
C
|
sudut pandang orang ketiga serba tahu
|
sudut pandang orang pertama pelaku utama
|
D
|
tokohnya ada yang meninggal
|
tokohnya masih hidup semua
|
Perhatikan
kutipan novel berikut !
Kutipan
Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
Tuan De Busse terperanjat, lalu meletakkan koran
yang hendak dibacanya di atas siboannya, sambil memandang sejurus kepada
anaknya, seolah-olah hendak diketahuinya sampai ke isi-isi perutnya. Maka
bertanyalah ia, “pertanyaanmu itu buat bertanya-tanya sajakah atau adalah
mengandung arti?” Corrie pun terkejut melihat laku ayahnya, lalu menyahutlah
ia tergopoh-gopoh.
|
Pukul
tiga siang Ratna dan ayahnya tiba di Stasiun Gambir. Pak Sumaji dengan istri
dan anaknya sudah menunggu di sana. Mereka membawakan barang-barang kebutuhan
Ratna ke dalam mobil Kijang.”Ini gula batu, the poci, dan tahu kuping
kesukaan Om dan Mama,” ungkap Ratna kepada Tante Maji. “Kami sudah buat
tempat tinggal untuk Ratna di atas”……
|
22.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel
di atas adalah ….
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
|
A
|
Bahasa sastra lama
Bahasa mudah dipahami
|
Bahasa sastra lama
Bahasa sulit dipahami
|
B
|
Bahasa sastra lama
Bahasa sulit dipahami
|
Bahasa modern
Bahasa mudah dipahami
|
C
|
Bahasa mudah dipahami
Bahasa modern
|
Bahasa mudah dipahami
Bahasa sastra lama
|
D
|
Bahasa sulit dipahami
Bahasa modern
|
Bahasa mudah dipahami
Bahasa sastra lama
|
Bacalah
kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!
(Sebelum bel masuk berbunyi, di depan ruang kantor guru. Nadin
menghampiri gurunya. Ia masih penasaran dengan pelajaran yang diterangkan
kemarin)
Nadin : Bu, boleh bertanya, materi kemarin yang Ibu
terangkan?
Ibu Yeyet : Ya, silakan. Kamu mau tanya
apa?
Nadin : Bu, jadi, keindahan karya sastra itu dapat
kita tentukan dari bahasanya?
Ibu Yeyet : Nadin, sebenarnya masih ada
lagi, yaitu pesan yang disampaikan.
Nadin : Apa itu, Bu?
Ibu Yeyet : Pesan yang dimaksud
ialah nilai didik yang ingin disampaikan oleh pengarangnya. Pengarang yang baik
harus
berusaha menyampaikan ajaran moral kepada pembacanya itu agar lebih arif.
Nadin : Lalu bagaimana caranya?
Bu Yeyet : Caranya, ya dilihat dari kandungan cerita itu
melalui pergolakan tokoh-tokohnya.
Nadin : Ya, Bu. Saya jadi mengerti sekarang. Terima
kasih, Bu.
23. Suasana
pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. ramai
B. sedih
C. tegang
D. tenang
24. Latar
waktu pada kutipan drama tersebut adalah ....
A.
pagi hari
B.
malam hari
C.
saat istirahat
D.
pulang sekolah
Cermatilah ilustrasi berikut!
Hari Senin, 23 Februari 2012,
sewaktu Diffa bertugas menaikkan bendera ada kejadian yang sulit dilupakan.
Tali bendera yang ditarik putus. Hatinya berdebar tak karuan.Untung bendera
jatuh tepat di pundaknya.
25. Kalimat catatan harian yang
tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Pagi
itu angin bertiup kencang. Bendera
merah putih yang dikibarkannya putus talinya. Perasaannya tak karuan. Bendera
itu meluncur jatuh tepat dipundaknya. Hatinya sangat lega.
B. “Alhamdulillah, lega hatiku,”
gumamnya sambil mengelus dada. Mengapa tidak? Sewaktu ia menjadi petugas
pengibar bendera, sebuah insiden menimpanya. Bendera yang ditarik putus tetapi
untung. Bendera itu menyangkut di pundaknya. Ia benar-benar lega.
C. Perasaan gundah menyelimuti
hatiku. Sewaktu aku bertugas sebagai pengibar bendera, tali yang kutarik putus.
Bendera itu meluncur deras ke arahku. Di saat aku kalut, tanpa kusadari itu
menyangkut di pundakku. Bak air dingin mengguyur tubuhku di tengah terik
mentari. Aku tersenyum lega.
D. “ Waktu itu aku bertugas
menaikan bendera. Ada perasaan masgul di hatiku. Tali bendera yang kutarik
putus hingga benderanya meluncur ke bawah. Hatiku berdebar tak karuan.Di tengah
kemasgulanku, bendera itu jatuh tepat di pundaku. Seolah dewa penolong
menggamitku. Aku lega.” Ceritanya bangga.
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Kepala
sekolah memberikan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti
sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para
wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
26. Isi pesan singkat yang tepat
berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A. Kepala sekolah
menugasi
para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian
terhadap sesama.
B. Harap wali kelas menginformasikan
kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci
Ramadan.
C. Kepala sekolah
mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci Ramadan dengan mengadakan
bakti sosial.
D. Wali kelas mengumpulkan
barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)
Perjalanan
akan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam.
(2)
Pulau-pulau
itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3)
Teluk
Dalam adalah ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4)
Pelabuhan
ini menghubungkan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
(5)
Untuk
menuju ke sana, bisa naik mobil dari Gunungsitoli.
(6)
Teluk
Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
27. Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A.
(3),(5),(1),(6),(4),(2)
B.
(3),(6),(4),(5),(2),(1)
C.
(1),(5),(6),(4),(2),(3)
D.
(1),(6),(4),(2),(3),(5)
Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut!
Hari ini pengurus OSIS
akan mengadakan rapat setelah jam pelajaran selesai, menempati ruang koperasi
OSIS.
28. Pengumuman yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah … .
A.
Kepada
seluruh OSIS dimohon hadir di ruang koperasi OSIS.
B.
Bagi
yang merasa pengurus OSIS harap menghadiri rapat hari ini.
C.
Seluruh
pengurus OSIS harap hadir hari ini di ruang Koperasi OSIS setelah jam
pelajaran.
D.
Bagi
pengurus OSIS mengharap kedatangannya untuk rapat di ruang koperasi hari ini.
Judul : Budidaya Ikan Nila
Penulis : Sahar Erizal
Penerbi t: PT Swadaya
Keunggulan:
·
Memotivasi
pembaca untuk beternak ikan nila
·
Berdasarkan
pengalaman pribadi
·
Bahasa
lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan:
·
Ilustrasi
gambarnya kurang
29.
Paragraf
resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
A. Tujuan penulis buku ini
ingin membuat pembaca termotivasi
beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena
buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Sahar Erizal yang
diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun
kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini karena dukungan gambar
dengan ilustrasi jelas.
B. Pembaca digiring untuk
mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi
dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan
bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku
ini laris di pasaran karena banyak yang memerlukan.
C. Buku yang berjudul
Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan
nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis
berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa
yang digunakan lugas. Oleh karena itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya.
Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.
D. Buku secara garis besar
menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh
mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi ilustrasi
gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para
peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh
karena itu, buku ini layak dibaca.
Bacalah kutipan surat pribadi
berikut!
30.
Bagian
pembuka yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah ...
- Maaf baru membalas suratmu.
- Apa kabar? Semoga baik, ya.
- Jangan bosan kirim surat padaku!
- Semoga kita dapat bertemu kembali.
Perhatikan
kutipan surat berikut!
Pengurus OSIS SMP ALHIDAYAH
mengharapkan kehadiran para anggota dalam rapat yang akan dilaksanakan pada:
hari,tanggal : Rabu, 13 Maret 2015
waktu :
13.00 s.d. 15.00
tempat : Ruang Aula SMP Alhidayah
acara : Sosialisasi program OSIS
…………………………………..
31.
Kalimat
yang tepat untuk menutup surat tersebut adalah …
- Mohon maaf undangan ini kami sampaikan. Atas kehadirannya kami ucapkan banyak terima kasih.
- Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas kesediaannya kami haturkan terima kasih.
- Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas kerelaannya kami ucapkan banyak terimakasih.
- Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Perhatikan kutipan surat pembaca berikut!
|
32.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah ....
A.
Saya
senang dapat membantu orang yang mendapat kesulitan.
B.
Saat
itu, saya terjatuh dari sepeda karena keserempet mobil angkot.*
C.
Saat
itu, Pak Rusdan, memerlukan pertolongan
karena jatuh dari motor.
D.
Saya
berharap, yang menemukan dompet saya mau mengembalikan.
Perhatikan
ilustrasi berikut !
Sejak penerimaan siswa baru di
SMP Darussalam, suasana tempat parkir di halaman sekolah dipadati kendaraan
sepeda motor maupun mobil. Tidak ada larangan bagi siswa pembawa sepeda motor
oleh sekolah. Hal ini menyebabkan siswa SMP Darussalam rata-rata membawa
motornya ke sekolah. Hal itu sangat mengganggu perjalanan menuju ruang kelas.
33.
Surat
pembaca yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
- Setidaknya sejak awal, pihak sekolah membuat peraturan larangan membawa sepeda motor ke sekolah bagi siswa.
- Kami minta pihak berwajib menindak tegas siswa yang menggunakan sepeda motor karena mereka belum cukup umur.
- Kami minta pihak sekolah membicarakan hal ini agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di halaman sekolah. Apalagi, usia anak SMP sebenarnya belum boleh mengendarai sepeda motor.
- Setidaknya pihak sekolah menyediakan tempat parkir di tempat lain yang lebih layak dan perlu adanya penjagaan kendaraan di tempat parkir agar terhindar dari bahaya pencurian.
|
34. Rangkuman dari bacaan tersebut
adalah ...
A.
Jika tidak macet, itu bukan Jakarta namanya.
B.
Kemacetan lalu lintas di Jakarta harus diurai
penyebabnya.
C.
Keseimbanganya jumlah kendaraan dengan panjang ruas
jalan.
D.
Kemacetan di Jakarta sudah sulit untuk dicari apa
penyebabnya.
Perhatikan ilustrasi berikut!
|
35. Paragraf teks berita yang
sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Jumat, 30 Desember 2015
tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No.
16, Dompu. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki
penyebab musibah kebakaran tersebut.
B. Jumat, 30 Desember 2015
tepatnya pukul 12.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No.
16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga korsleting
arus pendek. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
C. Jumat, 30 Desember 2015
tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No.
16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa
karena rumah kosong.
D. Jumat, 30 Desember 2015
tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No.
16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga korsleting
arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.
Perhatikan ilustrasi berikut!
36. Slogan yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Lomba
Tahfiz Al-Qur’an tingkatkan rasa kesenian.
B.
Dengan
Lomba Tahfiz Al-Qur’an, kita tingkatkan iman dan ketaqwaan.
C.
Dengan
lomba Tahfiz Al-Qur’an kenalkan budaya daerah.
D.
Lomba
Tahfiz Al-Qur’an pertebal rasa budaya kebangsaan.
Bacalah
ilustrasi berikut!
Sebuah
rumah akan dijual dengan data sebagai berikut.
Perhatikan kutipan berikut!
Resep Obat Gatal untuk Diminum
Resep Obat Gatal untuk Diminum
1.
Kupas,
cuci, dan parut kunyit.
2.
Rebus
semua bahan dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas.
3.
Saring
semua ramuan tersebut.
4.
[
…]
5.
Lakukan
selama 3 minggu.
40.
Isian
yang tepat untuk melengkapi resep tersebut adalah …
A.
Basuhlah
sisa air tersebut ke seluruh badan.
B.
Minumlah
ramuan 3 kali sehari sesudah makan.
C.
Siramlah
ke bagian tubuh yang terasa gatal.
D.
Gunakan
kain sebagai kompres di tempat yang gatal
Perhatikan
petunjuk berikut!
41. Susunan petunjuk yang tepat
berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah…
A.
(4),
(5), (3), (2), (1)
B.
(4),
(1), (5), (3), (2)
C.
(5),
(4), (1), (3), (2)
D.
(5),
(1), (3), (2), (4)
Perhatikan urutan sapaan pada
pembuka pidato berikut!
42.
Perbaikan penggunaan sapaan dalam ilustrasi tersebut adalah ....
A.
Yang
saya paling hormati Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati Ibu Wakil
Kepala SMP Pelangi
B.
Yang
terhormat Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang terhormat Wakil Kepala SMP
Pelangi
C.
Yang
terhormat Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati Wakil Kepala
SMP Pelangi
D.
Yang
saya hormati Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati Ibu Wakil SMP
Pelangi
Perhatikan ilustrasi berikut!
Rina mewakili teman-teman kelas
IX mendapat giliran menyampaikan pidato pada acara perpisahan purna studi di
SMP Negeri 1 Pringgasela.
43. Paragraf isi pidato yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah …
A.
Bapak-Ibu
Guru yang kami hormati dan adik-adik yang kami banggakan. Pada kesempatan ini,
kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu Guru dan adik-adik yang telah
menyelenggarakan perpisahan yang tentunya telah banyak mengorbankan waktu dan
tenaga.
B.
Tidak
lupa saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan
perpisahan ini. Semoga kita dapat sukses dalam acara-acara lain dalam
penyelenggaraan kepanitiaan.
C.
Pada
kesempatan yang baik ini, saya atas nama
teman-teman kelas IX mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru yang
telah membimbing kami menyelesaikan jenjang pendidikan di sekolah ini.
D.
Perjalanan
kami masih panjang. Oleh karena itu, kami mohon maaf apabila dalam penyampaian
pidato ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru. Semoga
kami dapat sukses pula pada pendidikan berikutnya.
Perhatikan
tema karya tulis berikut
44. Rumusan masalah yang tepat
dalam karya tulis sesuai dengan tema tersebut adalah …..
- Kapan minat dan motivasi membaca dapat dilakukan ?
- Mengapa minat dan motivasi membaca perlu ditumbuhkan?
- Bagaimana menumbuhkan minat dan motivasi membaca siswa ?
- Di mana siswa dapat menumbuhkan minat dan motivasi membaca ?
Bacalah
simpulan karya ilmiah berikut
45. Saran yang tepat
berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …
- Perpustakaan sekolah hendaknya menambah variasi jenis buku dan petugas layanan administrasi.
- Perpustakaan sekolah hendaknya menambah variasi jenis buku yang ada dan mengefektifkan layanan administrasi.
- Perpustakaan sekolah hendaknya menambah variasi jenis buku yang ada dan meningkatkan layanan administrasi.
- Perpustakaan sekolah hendaknya menambah variasi jenis buku yang ada da meningkatkan kemampuan petugas administrasi.
Perhatikan ilustrasi berikut
Dalam penulisan karya ilmiahnya, Amir menggunakan dua buku
sebagai referensi pokoknya yaitu buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
karangan Hasan Alwi yang terbit tahun 1998 dan diterbitkan oleh penerbit Balai
Pustaka Jakarta. Buku kedua yaitu buku karangan Gorys Keraf yang berjudul
Argumentasi dan Narasi yang diterbitkan oleh Gramdeia Pustaka Ilmu Jakarta
tahun 2007
46.
Penulisan
daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah adalah ...
- Hasan Alwi. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Gorys
Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi.
Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
- Hasan Alwi. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gorys
Keraf.2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Alwi, Hasan. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Keraf,
Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
- Alwi, Hasan.1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf,
Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
47.
Perbaikan
kalimat yang tidak efektif tersebut adalah …..
A.
Sejak
dahulu kita diajari agar saling
mengasihi sesama warga.
B.
Sejak
dahulu kala kita diajari agar saling kasih-mengasihi sesama warga.
C.
Sejak
dahulu kita diajarkan agar saling kasih-mengasihi sesama warga.
D.
Sejak
dahulu kita diajari agar saling kasih-mengasihi sesama warga masyarakat.
Perhatikan pantun yang rumpang
berikut ini !
Perhatikan kutipan puisi
berikut !
Tuhan
Mungkin
kami yang salah
Perlakukan
alam semena-mena
(
……………………)
meluluhlantakkan
semua
49.
Larik
bermajas yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari puisi di atas
adalah….
- Bencana alam datang melanda
- Hingga alam tumpahkan murka
- Gunung meletus keluarkan lahar
- Tak bersyukur atas nikmat-Mu.
Bacalah kutipan naskah drama
berikut dengan saksama!
Regina : Hallo..
Rizal : Ya, hallo. Bisa bicara dengan Regina?
Regina : Ya, saya sendiri.
Rizal : Hei,
Regina. Ini aku Rizal. Nanti sore aku mau ke
rumahmu. Boleh
nggak?
Regina : [...]
Rizal : Boleh nggak aku temani?
Regina : Sebenarnya, sih aku tak keberatan. Tapi,
aku diantar ayahku. Lain kali
aja,ya!
Kalimat
yang tepat untuk melanjutkan dialog
tersebut adalah ...
A.
Sory,
ya. Sore ini aku mau ke toko buku.
B.
Oh,
ya silakan aja, asal bawa makanan.
C.
Boleh,
asal kamu membawa teman
- Tidak boleh. Ayah tidak mengizinkan ada tamu khusus hari ini.
0 komentar:
Post a Comment