Tuesday 19 April 2016

Soal-Soal Pilihan Ganda Ulangan Bahasa Indonesia SMP/MTs Part 2



16. Perhatikan petikan bait puisi berikut !
……………….
Berbahagialah ini bangsa
yang selalu diberi rahmat dan karunianya
dengan kekayaan alam tak terhingga
sapaan mentari yang tanpa jeda.
Larik bermajas pada puisi tersebut terdapat pada larik …….
A.       (1)
B.       (2)
C.      (3)
D.      (4)
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 17 dan 18


Rounded Rectangle: ... Acara wisata berubah menjadi acara kelompok PMR karena kawan-kawanku berusaha menolong kakek yang tak berdaya itu. “Kita ini pergi untuk wisata  atau praktik PMR?”
“Ulil, teganya mengatakan itu. Lihat kakek ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit.
“Farkhan, segera hubungi petugas perkebunan. Beritahukan kejadian ini!” perintah Rendy kepada Farkhan.
Tanpa menjawab perintah Rendy, Farkhan langsung berlari menuju kantor perkebunan untuk meminta bantuan pertolongan. ...
   

16.    Bukti watak tokoh Avanti perhatian pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.         Memarahi Ulil yang tidak mau menolong kakek
B.         Mengajak Ulil meninggalkan kakek yang sakit.
C.         Meminta Farkhan segera memanggil kakek.
D.         Menyesali karena kegiatan mereka terganggu.
17.    Cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A.         melalui dialog antartokoh
B.         sikap dan pembicaraan tokoh
C.         diceritakan tokoh yang lain
D.         pelukisan watak oleh pengarang
...” Mir, mari kita ikhlaskan bapakmu dan mulai untuk berjuang, Bunda akan berikhtiar mencari uang dengan berjualan di depan rumah. Nanda teruslah bersekolah dan belajar dengan tekun, bunda yakin, cita-citamu dan juga keinginan Al-Marhum ayahmu dulu akan dapat kau raih. Mohonlah bantuan kepada Tuhan lewat do’a-do’amu”.
Keteguhan yang terpancar di wajah Ibundanya membuat dirinya menyadari kecengengannya selama ini. Bismillah, dia memasang seragam abu putihnya dan meraih tas yang sudah seminggu tergantung di belakang pintu. Hatinya mantap untuk berjuang melanjutkan kehidupan ini. Dia yakin, bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan ummat-Nya.

 
 










18.    Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A.         Kita harus bermusyawarah untuk mufakat.
B.         Dalam hidup ini kita harus memiliki tujuan.
C.         Setiap permasalahan yang terjadi selalu ada solusinya.
D.         Jika kita menghadapi masalah, jangan mudah berputus asa.
19.    Latar tempat dan waktu yang terdapat dalam kutipan di atas adalah ….
A.       siang hari, di ruang BP
B.       pagi hari, di rumah
C.      malam hari di rumah sakit
D.      malam hari, di rumah


20.    Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika lulus SD, orang tuaku menasihati agar aku masuk sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi wanita. Untuk membujukku ibuku menambahkan bahwa libur guru sama panjangnya dengan libur anak sekolah melebihi orang yang bekerja di kantor. Kata-kata itu diucapkan orang tuaku karena mereka mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya kuinginkan. Aku bercita-cita menjadi sekretaris.
 Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A.         konflik batin dalam diri tokoh Aku
B.         konflik antara anak dengan orang tua
C.        konflik antara tokoh Aku dengan gurunya
D.        konflik antara tokoh Aku dengan sekretarisnya
Perhatikan kutipan novel berikut !
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
  Beberapa bulan setelah ibumu meninggal dunia, sudah mamak suruh dia saja dengan perempuan lain, baik orang Makasar atau orang lain negeri. Dia hanya menggeleng saja, dia belum hendak kawin sebelum engkau besar, Udin. Pernah dia berkata: separo hatiku ikut ibumu ke kuburan, dia tinggal di dunia ini dengan hati yang separo lagi… 
 … “Kalau aku melihat wajahmu, aku sehat sudah. Biar terbang penyakit itu, dan aku sembuh sendiri kelak.” “Moga-moga, tetapi seelok-eloknya kaki ibu itu diobati juga, supaya sembuh benar-benar. Biar saya kenalkan …”
“Tidak, Asri, jangan tergesa-gesa! Obat minum, verban, dan sekaliannya itu sudah kuderita sehari-harian.”…
21.    Perbedaan karakteristik  kedua novel tersebut adalah ....
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A
bercerita tentang kesetiaan
bercerita tentang obat
B
bercerita tentang kasih sayang
bercerita tentang penderitaan akibat penyakit
C
sudut pandang orang ketiga serba tahu
sudut pandang orang pertama pelaku utama
D
tokohnya ada yang meninggal
tokohnya masih hidup semua

Perhatikan kutipan novel berikut !
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
Tuan De Busse terperanjat, lalu meletakkan koran yang hendak dibacanya di atas siboannya, sambil memandang sejurus kepada anaknya, seolah-olah hendak diketahuinya sampai ke isi-isi perutnya. Maka bertanyalah ia, “pertanyaanmu itu buat bertanya-tanya sajakah atau adalah mengandung arti?” Corrie pun terkejut melihat laku ayahnya, lalu menyahutlah ia tergopoh-gopoh.
Pukul tiga siang Ratna dan ayahnya tiba di Stasiun Gambir. Pak Sumaji dengan istri dan anaknya sudah menunggu di sana. Mereka membawakan barang-barang kebutuhan Ratna ke dalam mobil Kijang.”Ini gula batu, the poci, dan tahu kuping kesukaan Om dan Mama,” ungkap Ratna kepada Tante Maji. “Kami sudah buat tempat tinggal untuk Ratna di atas”……

22.    Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel di atas adalah ….
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A
Bahasa sastra lama
Bahasa mudah dipahami
Bahasa sastra lama
Bahasa sulit dipahami
B
Bahasa sastra lama
Bahasa sulit dipahami
Bahasa modern
Bahasa mudah dipahami
C
Bahasa mudah dipahami
Bahasa modern
Bahasa mudah dipahami
Bahasa sastra lama
D
Bahasa sulit dipahami
Bahasa modern
Bahasa mudah dipahami
Bahasa sastra lama
Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!

(Sebelum bel masuk berbunyi, di depan ruang kantor guru. Nadin menghampiri gurunya. Ia masih penasaran dengan pelajaran yang diterangkan kemarin)
Nadin                     : Bu, boleh bertanya, materi kemarin yang Ibu terangkan?
Ibu Yeyet               : Ya, silakan. Kamu mau tanya apa?
Nadin                     : Bu, jadi, keindahan karya sastra itu dapat kita tentukan dari bahasanya?
Ibu Yeyet               : Nadin, sebenarnya masih ada lagi, yaitu pesan yang disampaikan.
Nadin                     : Apa itu, Bu?
Ibu Yeyet               : Pesan yang dimaksud ialah nilai didik yang ingin disampaikan oleh pengarangnya. Pengarang yang baik   
                                  harus berusaha menyampaikan ajaran moral kepada pembacanya itu agar lebih arif.
Nadin                     : Lalu bagaimana caranya?
Bu Yeyet               : Caranya, ya dilihat dari kandungan cerita itu melalui pergolakan tokoh-tokohnya.
Nadin                     : Ya, Bu. Saya jadi mengerti sekarang. Terima kasih, Bu.
23.  Suasana pada kutipan drama tersebut adalah ....
A.       ramai
B.       sedih
C.      tegang
D.      tenang
24.  Latar waktu pada kutipan drama tersebut adalah ....
A.     pagi hari
B.     malam hari
C.    saat istirahat
D.    pulang sekolah

Cermatilah ilustrasi berikut!
Hari Senin, 23 Februari 2012, sewaktu Diffa bertugas menaikkan bendera ada kejadian yang sulit dilupakan. Tali bendera yang ditarik putus. Hatinya berdebar tak karuan.Untung bendera jatuh tepat di pundaknya.

25.    Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.       Pagi itu angin bertiup kencang. Bendera merah putih yang dikibarkannya putus talinya. Perasaannya tak karuan. Bendera itu meluncur jatuh tepat dipundaknya. Hatinya sangat lega.
B.       “Alhamdulillah, lega hatiku,” gumamnya sambil mengelus dada. Mengapa tidak? Sewaktu ia menjadi petugas pengibar bendera, sebuah insiden menimpanya. Bendera yang ditarik putus tetapi untung. Bendera itu menyangkut di pundaknya. Ia benar-benar lega.
C.      Perasaan gundah menyelimuti hatiku. Sewaktu aku bertugas sebagai pengibar bendera, tali yang kutarik putus. Bendera itu meluncur deras ke arahku. Di saat aku kalut, tanpa kusadari itu menyangkut di pundakku. Bak air dingin mengguyur tubuhku di tengah terik mentari. Aku tersenyum lega.
D.      “ Waktu itu aku bertugas menaikan bendera. Ada perasaan masgul di hatiku. Tali bendera yang kutarik putus hingga benderanya meluncur ke bawah. Hatiku berdebar tak karuan.Di tengah kemasgulanku, bendera itu jatuh tepat di pundaku. Seolah dewa penolong menggamitku. Aku lega.” Ceritanya bangga.

Perhatikan ilustrasi berikut!
Kepala sekolah memberikan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
26.    Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A.  Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
B.    Harap wali kelas menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
C.    Kepala sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci Ramadan dengan mengadakan bakti sosial.
D.    Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.


Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)                     Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 – 3  jam.
(2)                     Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3)                     Teluk Dalam adalah ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4)                     Pelabuhan ini  menghubungkan  pulau-pulau kecil di sekitarnya.
(5)                     Untuk menuju ke sana, bisa naik mobil dari Gunungsitoli.
(6)                     Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
27.   Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A.        (3),(5),(1),(6),(4),(2)
B.        (3),(6),(4),(5),(2),(1)
C.        (1),(5),(6),(4),(2),(3)
D.        (1),(6),(4),(2),(3),(5)

Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut!

Hari ini pengurus OSIS akan mengadakan rapat setelah jam pelajaran selesai, menempati ruang koperasi OSIS.

28.    Pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah … .
A.         Kepada seluruh OSIS dimohon hadir di ruang koperasi OSIS.              
B.         Bagi yang merasa pengurus OSIS harap menghadiri rapat hari ini.
C.        Seluruh pengurus OSIS harap hadir hari ini di ruang Koperasi OSIS setelah jam pelajaran.
D.        Bagi pengurus OSIS mengharap kedatangannya untuk rapat di ruang koperasi hari ini.


Judul                              : Budidaya Ikan Nila
Penulis                          : Sahar Erizal
Penerbi                          t: PT Swadaya
Keunggulan:
·         Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
·         Berdasarkan pengalaman pribadi
·         Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan:
·         Ilustrasi gambarnya kurang

29.    Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
A.      Tujuan penulis buku ini ingin  membuat pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini karena dukungan gambar dengan ilustrasi jelas.

B.      Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laris di pasaran karena banyak yang memerlukan.

C.      Buku yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas. Oleh karena itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.

D.      Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi ilustrasi gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh karena itu, buku ini layak dibaca.


Bacalah kutipan surat pribadi berikut!

Text Box: Sahabatku Linda,
[...] Sekali lagi maafkan aku,ya karena baru sempat membalas suratmu.
Linda, hampir sebulan tangan kananku sakit karena terkilir saat bermain voli.
Itu sebabnya aku tidak bisa membalas langsung surat darimu. Alhamdulillah,
sekarang tanganku sudah sembuh.
Linda, sekalian kusampaikan padamu,  liburan mendatang akan berjalan-
jalan ke Bali. Kamu pesan oleh-oleh apa? Bilang saja, ya nanti aku akan belikan
khusus untukmu sahabat baikku.

 









30.    Bagian pembuka yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah ...
  1. Maaf baru membalas suratmu.
  2. Apa kabar? Semoga baik, ya.
  3. Jangan bosan kirim surat padaku!
  4. Semoga kita dapat bertemu kembali.
Perhatikan kutipan surat berikut!
Pengurus OSIS SMP ALHIDAYAH mengharapkan kehadiran para anggota dalam rapat yang akan dilaksanakan pada:
hari,tanggal          : Rabu, 13 Maret 2015
waktu                     : 13.00 s.d. 15.00
tempat                     : Ruang Aula SMP Alhidayah
acara                       : Sosialisasi program OSIS
…………………………………..
31.    Kalimat yang tepat untuk menutup surat tersebut adalah …
  1. Mohon maaf undangan ini kami sampaikan. Atas kehadirannya kami ucapkan banyak terima kasih.
  2. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas kesediaannya kami haturkan terima kasih.
  3. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas kerelaannya kami ucapkan banyak terimakasih.
  4. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Perhatikan kutipan surat pembaca berikut!
Melalui forum surat pembaca ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Rusdan.. [………………………..] Beliau telah menyelamatkan saya. Semoga amal Bapak Rusdan. mendapat balasan dari Allah SWT. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.


 
 





32.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah ....
A.         Saya senang dapat membantu orang yang mendapat kesulitan.
B.         Saat itu, saya terjatuh dari sepeda karena keserempet mobil angkot.*
C.         Saat itu, Pak Rusdan,  memerlukan pertolongan karena jatuh dari motor.
D.         Saya berharap, yang menemukan dompet saya mau mengembalikan.



Perhatikan ilustrasi berikut !
Sejak penerimaan siswa baru di SMP Darussalam, suasana tempat parkir di halaman sekolah dipadati kendaraan sepeda motor maupun mobil. Tidak ada larangan bagi siswa pembawa sepeda motor oleh sekolah. Hal ini menyebabkan siswa SMP Darussalam rata-rata membawa motornya ke sekolah. Hal itu sangat mengganggu perjalanan menuju ruang kelas.

33.    Surat pembaca yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
  1. Setidaknya sejak awal, pihak sekolah membuat peraturan larangan membawa sepeda motor ke sekolah bagi siswa.
  2. Kami minta pihak berwajib menindak tegas siswa yang menggunakan sepeda motor karena mereka belum cukup umur.
  3. Kami minta pihak sekolah membicarakan hal ini agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di halaman sekolah. Apalagi, usia anak SMP sebenarnya belum boleh mengendarai sepeda motor.
  4. Setidaknya pihak sekolah menyediakan tempat parkir di tempat lain yang lebih layak dan perlu adanya penjagaan kendaraan di tempat parkir agar terhindar dari bahaya pencurian.
Jakarta identik dengan kemacetan lalu lintas. Jika lalu lintas tidak macet, itu bukan Jakarta namanya. Menghabiskan waktu satu dua jam untuk berangkat kerja dan pulang ke rumah itu adalah tantangan yang sehari-hari dihadapi oleh warga Jakarta.
Kita harus mengurai sebab kemacetan lalu lintas di Jakarta. Keinginan untuk mengurai kemacetan itu bukan tidak ada. Hanya kita belum tahu dari mana harus memulainya. Persoalannya, macet di Jakarta itu bukan hanya karena pertambahan jumlah kendaraan bermotor. Tetapi juga karena tidak seimbang dengan pertambahan panjang ruas jalan dan masih ada banyak faktor yang tumpang tindih.
 
Bacalah bacaan berikut!






34.    Rangkuman dari bacaan tersebut adalah ...
A.         Jika tidak macet, itu bukan Jakarta namanya.
B.         Kemacetan lalu lintas di Jakarta harus diurai penyebabnya.
C.         Keseimbanganya jumlah kendaraan dengan panjang ruas jalan.
D.       Kemacetan di Jakarta sudah sulit untuk dicari apa penyebabnya.

Perhatikan ilustrasi berikut!
Kebakaran rumah terjadi di Jalan Sunan Bonang No. 16 Dompu. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Kejadian itu pada pukul 00.15, Jumat, 30 Desember 2015. Penyebab kebakaran masih diselidiki.

 
 




35.    Paragraf teks berita yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki penyebab musibah kebakaran tersebut.
B.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 12.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
C.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
D.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.

Perhatikan ilustrasi berikut!
Rounded Rectangle: OSIS SMP Ar-Risalah mengadakan Lomba Tahfiz Al-Qur’an. Tujuannya ingin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 




36.    Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.         Lomba Tahfiz Al-Qur’an tingkatkan rasa kesenian.
B.         Dengan Lomba Tahfiz Al-Qur’an, kita tingkatkan iman dan ketaqwaan.
C.        Dengan lomba Tahfiz Al-Qur’an kenalkan budaya daerah.
D.        Lomba Tahfiz Al-Qur’an pertebal rasa budaya kebangsaan.
Bacalah ilustrasi berikut!
Sebuah rumah akan dijual dengan data sebagai berikut.
 




Perhatikan kutipan berikut!
Resep Obat Gatal untuk Diminum
1.          Kupas, cuci, dan parut kunyit.
2.          Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas.
3.          Saring semua ramuan tersebut.
4.          [ …]
5.          Lakukan selama 3 minggu.
40.    Isian yang tepat untuk melengkapi resep tersebut adalah …
A.         Basuhlah sisa air tersebut ke seluruh badan.
B.         Minumlah ramuan 3 kali sehari sesudah makan.
C.         Siramlah ke bagian tubuh yang terasa gatal.
D.         Gunakan kain sebagai kompres di tempat yang gatal
Rounded Rectangle: Petunjuk membuat keripik singkong:

1) Tiriskan singkong yang sudah dicuci tersebut. 
2) Irisan singkong yang sudah dicampur bumbu masukkan dalam minyak goreng yang sudah panas. 
3) Irisan singkong  dicampur dengan bumbu yang sudah disiapkan.
4) Kupas dan cuci bersih singkong.
5) Iris tipis-tipis singkong.

Perhatikan petunjuk berikut!








41.    Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah…
A.         (4), (5), (3), (2), (1)
B.         (4), (1), (5), (3), (2)
C.         (5), (4), (1), (3), (2)
D.         (5), (1), (3), (2), (4)
Perhatikan urutan sapaan pada pembuka pidato berikut!
Folded Corner: Yang terhormat bapak Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati ibu Wakil Kepala SMP Pelangi
 


42. Perbaikan penggunaan sapaan dalam ilustrasi tersebut adalah ....
A.         Yang saya paling hormati Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati Ibu Wakil Kepala SMP Pelangi
B.         Yang terhormat Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang terhormat Wakil Kepala SMP Pelangi
C.        Yang terhormat Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati Wakil Kepala SMP Pelangi
D.        Yang saya hormati Bapak Kepala SMP Pelangi
Yang saya hormati Ibu Wakil SMP Pelangi

Perhatikan ilustrasi berikut!
Rina mewakili teman-teman kelas IX mendapat giliran menyampaikan pidato pada acara perpisahan purna studi di SMP Negeri 1 Pringgasela.

43.    Paragraf isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A.         Bapak-Ibu Guru yang kami hormati dan adik-adik yang kami banggakan. Pada kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu Guru dan adik-adik yang telah menyelenggarakan perpisahan yang tentunya telah banyak mengorbankan waktu dan tenaga.
B.         Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan perpisahan ini. Semoga kita dapat sukses dalam acara-acara lain dalam penyelenggaraan kepanitiaan.
C.        Pada kesempatan yang baik  ini, saya atas nama teman-teman kelas IX mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing kami menyelesaikan jenjang pendidikan di sekolah ini.
D.        Perjalanan kami masih panjang. Oleh karena itu, kami mohon maaf apabila dalam penyampaian pidato ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru. Semoga kami dapat sukses pula pada pendidikan berikutnya.
Perhatikan tema karya tulis berikut
Text Box: Menumbuhkan minat dan motivasi membaca siswa.
 



44.    Rumusan masalah yang tepat dalam karya tulis sesuai dengan tema tersebut adalah …..
  1. Kapan minat dan motivasi membaca dapat dilakukan ?
  2. Mengapa minat dan motivasi membaca perlu ditumbuhkan?
  3. Bagaimana menumbuhkan minat dan motivasi membaca siswa ?
  4. Di mana siswa dapat menumbuhkan minat dan motivasi membaca ?
Bacalah simpulan karya ilmiah berikut
Text Box: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rendahnya minat baca siswa disebabkan kurang bervariasinya jenis buku yang ada dan kurang efektifnya layanan administrasi yang ada di perpustakaan sekolah

 



45. Saran yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …
  1. Perpustakaan  sekolah  hendaknya  menambah  variasi  jenis  buku  dan  petugas  layanan  administrasi. 
  2. Perpustakaan  sekolah  hendaknya  menambah  variasi  jenis  buku  yang  ada  dan mengefektifkan layanan administrasi.
  3. Perpustakaan  sekolah  hendaknya  menambah  variasi  jenis  buku  yang  ada  dan meningkatkan layanan administrasi.
  4. Perpustakaan sekolah hendaknya menambah variasi jenis buku yang ada da meningkatkan kemampuan petugas administrasi.

Perhatikan ilustrasi berikut
        Dalam penulisan karya ilmiahnya, Amir menggunakan dua buku sebagai referensi pokoknya yaitu buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia karangan Hasan Alwi yang terbit tahun 1998 dan diterbitkan oleh penerbit Balai Pustaka Jakarta. Buku kedua yaitu buku karangan Gorys Keraf yang berjudul Argumentasi dan Narasi yang diterbitkan oleh Gramdeia Pustaka Ilmu Jakarta tahun 2007
46.    Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah adalah ...
  1. Hasan Alwi. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Gorys  Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
  1. Hasan Alwi. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gorys Keraf.2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  1. Alwi, Hasan. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
  1. Alwi, Hasan.1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.  
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Text Box: Sejak dahulu kala kita semua diajari agar saling kasih-mengasihi sesama warga. 


47.    Perbaikan kalimat yang tidak efektif tersebut adalah …..
A.       Sejak dahulu kita diajari  agar saling mengasihi sesama warga.
B.       Sejak dahulu kala kita diajari agar saling kasih-mengasihi sesama warga.
C.      Sejak dahulu kita diajarkan agar saling kasih-mengasihi sesama warga.
D.      Sejak dahulu kita diajari agar saling kasih-mengasihi sesama warga masyarakat.
Perhatikan pantun yang rumpang berikut ini !
 











Perhatikan kutipan puisi berikut !

                Tuhan
Mungkin kami yang salah
Perlakukan alam semena-mena
( ……………………)
meluluhlantakkan semua

49.    Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari puisi di atas adalah….
  1. Bencana alam datang melanda
  2. Hingga alam tumpahkan murka
  3. Gunung meletus keluarkan lahar
  4. Tak bersyukur atas nikmat-Mu.

Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!

Regina    : Hallo..
Rizal        : Ya, hallo. Bisa bicara dengan Regina?
Regina    : Ya, saya sendiri.
 Rizal        : Hei, Regina. Ini aku Rizal. Nanti sore aku mau ke  rumahmu. Boleh
                           nggak?
Regina    :      [...]
Rizal        : Boleh nggak aku temani?
Regina    : Sebenarnya, sih aku tak keberatan. Tapi, aku diantar ayahku. Lain kali
                   aja,ya!
 
Kalimat yang tepat  untuk melanjutkan dialog tersebut adalah ...  
A.         Sory, ya. Sore ini aku mau ke toko buku.
B.         Oh, ya silakan aja, asal bawa makanan.
C.        Boleh, asal kamu membawa teman
  1. Tidak boleh.  Ayah tidak mengizinkan ada tamu khusus hari ini.

0 komentar:

Post a Comment