Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya Kelas VIII (8) SMP/MTs 2016 - Beberapa hari lagi kalian akan segera menghadapi ulangan mid semester. Kalian harus bisa mengatur waktu dari sekarang. Main boleh saja tetapi porsi waktu untuk belajar perlu dilebihkan. Karena ulangan mid semester ini adalah ulangan yang memiliki bobot nilai yang tinggi dibanding ulangan yang lain. Salah satu mata pelajaran yang akan dihadapi saat mid nanti adalah Seni Budaya.
Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya Kelas VIII (8) SMP/MTs 2016 kepada kalian kelas VIII (8) SMP/MTs. Seni Budaya adalah pelajaran yang mungkin sering diremehkan oleh sebagian besar siswa. Tetapi anehnya saat ulangan nilai Seni Budaya mereka kebanyakan di bawah standar. Lantas apakah kalian masih meremehkan pelajaran Seni Budaya ? Berikut Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya Kelas VIII (8) SMP/MTs 2016 :
| 
1. | 
Dibawah ini adalah beberapa
  nama drama yang terdapat di India kecuali…. | ||
| 
a. | 
Yatra | ||
| 
 b. | 
Ram Lila | ||
| 
c. | 
Kathakali | ||
| 
d. | 
Sun Wu Kong | ||
| 
2. | 
Proses kreatif untuk
  mementaskan sebuah naskah drama dinamakan… | ||
| 
a. | 
Drama turgi | ||
| 
 b. | 
Dramatisasi cerita drama | ||
| 
c. | 
Drama ironi | ||
| 
d. | 
Artikulasi | ||
| 
3.  | 
Langkah pertama dalam dramatisasi adalah... | |
| 
a. | 
Menentukan gagasan cerita | |
| 
b. | 
Memainkan cerita | |
| 
c | 
Mengevalusi cerita | |
| 
d. | 
Mengubah cerita menjadi dialoggi
  mejadi empat bagian | |
| 
4. | 
Riantiarno,sutradara
  sekaligus penulis naskah di Teater… | |
| 
a | 
Koma | |
| 
b | 
Tanah Airku | |
| 
c | 
Bening | |
| 
d. | 
Aquila | |
| 
5. | 
Orang-orang
  yang bertanggung jawab untuk kesejahteraan pemain,mencari sponsor
  dinamakan…….. | |
| 
a | 
Bagian Artistik | |
| 
b | 
Bagian Produksi | |
| 
c | 
Stage manager | |
| 
d | 
Penata Panggung | |
| 
6. | 
Jenis
  hiburan teaterikal pertama yang dikenal di Jepang adalah…. | |
| 
a. | 
Kabuki | |
| 
b. | 
Drama Noh | |
| 
c. | 
Bugaku | |
| 
d. | 
Gigaku | |
| 
7. | 
Berikut ini termasuk ke dalam
  pengurus produksi, kecuali… | |
| 
a. | 
Bendahara | |
| 
b. | 
Seksi Publikasi | |
| 
c. | 
Penata rias | |
| 
d. | 
Sekertaris | |
| 
8. | 
Kerangka cerita atau scenario
  dibagi dalam empat bagian,yaitu pembukaan,bagian awal,tengah dan akhir. Ini
  merupakan pendapat…. | |
| 
a. | 
Rendra | |
| 
b. | 
Riantiarno | |
| 
c. | 
William Froug | |
| 
d. | 
Shakesepeare | |
| 
9. | 
Proses kreatif sebuah drama
  dapat dilakukan dengan berimprovisasi…… | |||
| 
a. | 
Di dalam kelompok | |||
| 
b. | 
Secara perorangan | |||
| 
c. | 
Secara sembunyi | |||
| 
d. | 
Secara bertahap | |||
| 
10. | 
“Udin” dalam sinetron “Go BMX”
  adalah tokoh…. | |||
| 
a. | 
Protagonis | |||
| 
b. | 
Antagonis | |||
| 
c. | 
Tritagonis | |||
| 
d. | 
Diagonis | |||
| 
11. | 
Tokoh teater
  modern Indonesia yang mendirikan “Bengkel Teater” adalah… | |||
| 
a. | 
Arifin
  .C.Nur | |||
| 
b. | 
Rabindranat Tagore | |||
| 
c. | 
W.S.Rendra | |||
| 
d. | 
N.Riantiarno | |||
| 
12. | 
Sesuatu yang berhubungan dengan
  penglihatan dinamakan segi…. | |||
| 
a. | 
Visual | |||
| 
b. | 
Audio | |||
| 
c. | 
Video | |||
| 
d. | 
Auditif | |||
| 
13. | 
Latihan Olah Tubuh harus
  diawali dengan…. | |||
| 
a. | 
Pemanasan | |||
| 
b. | 
Latihan inti | |||
| 
c. | 
Latihan Penenangan | |||
| 
d. | 
Latihan peregangan | |||
| 
14. | 
Melatih lima
  indra merupakan bagian dari latihan….. | |||
| 
a. | 
Olah jiwa | |||
| 
b. | 
Olah Tubuh | |||
| 
c. | 
Olah suara | |||
| 
d. | 
Olah Pikir | |||
| 
15. | 
Puncak
  ketegangan lakon antar tokoh disebut…. | |||
| 
a. | 
Eksposisi | |||
| 
b. | 
Komplikasi | |||
| 
c. | 
Penurunan | |||
| 
d. | 
Klimaks | |||
| 
16. | 
Susunan
  Lakon yang diperagakan pemeran disebut….. | |
| 
a. | 
Scenario | |
| 
b. | 
Struktur dramatic | |
| 
c. | 
Plot | |
| 
d. | 
Klimaks | |
| 
17. | 
Segala
  perlengkapan atau aksesoris yang dipakai saat berlangsungnya pementasan
  disebut….. | |
| 
a. | 
Property | |
| 
b. | 
Kostum | |
| 
c. | 
Tata Rias | |
| 
d. | 
Dekorasi | |
| 
18. | 
Lampu yang
  dipakai untuk menggambarkan suasana pertempuran adalah warna….. | |
| 
a. | 
Hijau | |
| 
b. | 
Ungu | |
| 
c. | 
Merah | |
| 
d. | 
Biru | |
| 
19. | 
Untuk
  menggambarkan seorang pengemis kostum yang cocok adalah….. | ||
| 
a. | 
High
  heel,celana pendek dan baju kemeja | ||
| 
b. | 
Topi,celana jeans,kemeja flannel | ||
| 
c. | 
Baju dan
  celana robek, membawa karung lusuh. | ||
| 
d. | 
Baju takwa,
  sajadah, peci dan sarung | ||
| 
20. | 
Make up
  yang harus dikenakan oleh seseorang yang berperan menjadi preman adalah…. | ||
| 
a. | 
Gincu dan riasan muka yang
  tebal | ||
| 
b. | 
Muka diberi cat putih | ||
| 
c. | 
Tangan dan badan dibuatkan
  tattoo sangar,bekas luka,ditambah aksesoris anting dan kalung | ||
| 
d. | 
Dibuatkan tato hello kitty | ||
| 
21. | 
Tata Panggung
  untuk sebuah bengkel adalah….. | |
| 
a. | 
Seperangkat meja kursi,lukisan
  dinding dan jam dinding serta vas bunga. | |
| 
b. | 
Ban bekas,alat-alat bengkel dan
  mobil rusak | |
| 
c. | 
Ember dan bakbesar, gerobak
  bakso, tempat duduk /bangku panjang | |
| 
d. | 
Handuk,sabun mandi,sikat gigi. | |
| 
22. | 
Property
  yang cocok untuk seorang banci adalah….. | |
| 
a. | 
Tongkat, sapu,topi penyihir | |
| 
b. | 
Mahkota,sepatu kaca | |
| 
c. | 
Tas tangan,high heel,gelang,kalung,wig. | |
| 
d. | 
Keranjang,topi lusuh | |
| 
23. | 
Sutradara
  dibantu melatih pemain oleh….. | |
| 
a. | 
Pimpinan produksi | |
| 
b. | 
Asisten sutradara | |
| 
c. | 
Piñata rias | |
| 
d. | 
Piñata music | |
| 
24. | 
Tugas
  seorang penata music adalah….. | |
| 
a. | 
Menguatkan unsure dramatic yang
  diinginkan dengan suara dan music. | |
| 
b. | 
Membuat pemain bahagia | |
| 
c. | 
Membuat sutradara senang dengan
  lagu yang dia buat. | |
| 
d. | 
Membuat lagu untuk pementasan. | |
| 
25. | 
Tugas
  seorang seksi konsumsi dalam sebuah produksi teater adalah….. | |
| 
a. | 
Memastikan pentas berjalan
  lancar. | |
| 
b. | 
Menyiapkan minum untuk
  sutradara | |
| 
c. | 
Menyiapkan kostum untuk seluruh
  pemain. | |
| 
d. | 
Mempersiapkan logistic untuk
  semua pendukung pementasan dan memastikan mereka sudah makan dan minum dari
  persiapan sampai hari H pementasan. | |
B.ESSAY
1.     
Sebutkanlah isi dari sebuah proposal kegiatan.
2.     
Apakah tugas seorang seksi Publikasi dan Dokumentasi?
Jelaskan !
3.     
Mengapa sebuah pementasan teater perlu membuat “POSTER
/SELEBARAN”?
4.     
Jika kamu diberi peran sebagai seorang “BANCI”,
jelaskan kostum dan make up yang akan kamu pakai.
5.     
Apakah tugas asisten sutradara dalam sebuah pementasan?

 
 
 
 
 
 
Hahaha boleh di coba nih....
ReplyDeleteWoww..lumayan untuk adek saya belajar heheh :D
ReplyDeletewah buat belajar ni,,,
ReplyDeletesulit2 jg ya..wkwkwkw..mantap..
ReplyDeletekerenn broo
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteJadi keinget masa smp gan wkwk
ReplyDeleteLumayan buat belajar ah wkwkwk
ReplyDelete