Friday 15 April 2016

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Utama / Ide Pokok Paragraf atau Kalimat

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Utama / Ide Pokok Paragraf atau Kalimat - Alhamdulillah pada hari ini saya masih diberi kesempatan untuk berbagi. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Utama / Ide Pokok Paragraf atau Kalimat kepada teman-teman. Teman-teman tentu sangat sering menjumpai model soal yang menanyakan apa gagasan utama atau ide pokok dari suatu paragraf atau kalimat. 
Saya rasa ini adalah soal pokok yang wajib keluar dalam setiap ulangan Bahasa Indonesia. Tetapi beberapa dari kita mungkin masih banyak yang masih belum bisa menjawab soal model seperti ini. Dengan sering latihan tentu teman-teman akan semakin mudah mengerjakannya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Utama / Ide Pokok Paragraf atau Kalimat kepada teman-teman agar teman-teman lebih bisa memahami model soal seperti ini.
Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang membutuhkan banyak latihan untuk bisa menguasainya. 



1.       Bacalah paragraf berikut!


Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya.Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapatditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina,sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii,Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken jugamemiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove.Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini. (www.wikipedia.co.id)


Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A.       spesies ikan Taman nasional Bunaken
B.       spesies rumput laut Taman nasional Bunaken
C.      spesies terumbu karang Taman nasional Bunaken
D.      ekosistem terumbu karang Taman Nasional Bunaken

JAWABAN  : D

2.       Bacalah paragraf berikut!


Minuman  beralkohol  tidak  baik  bagi  tubuh.  Minuman  tersebut  dapat  meningkatkan risiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat- zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi tubuh.


Gagasan utama paragraf tersebut adalah terletak pada kalimat ….
A.       pertama
B.       kedua
C.      ketiga
D.      keempat

JAWABAN  : A
3. (1) Daya ingat yang baik sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. (2) Dapat dibayangkan bagaimana sebuah aktivitas akan berjalan lancar jika selalu lupa apa yang harus dikerjakan. (3) Dalam proses belajar pun, daya ingat yang tajam sangat dibutuhkan. (4) Itulah sebabnya Anda mesti berikhtiar untuk meningkatkan daya ingat, setidaknya dengan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.
 Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A.    (1)                             
B.     (2)                                         
C.     (3)                                         
D.    (4)

JAWABAN  : A
4.      Kesibukan Guruh dalam dunia seni memang tak pernah berhenti. Sebentar lagi, ia akan merilis album dengan kelompok band bernama Kaca Benggala. Nama band diambil dari kisah tradisional. Band ini beraliran musik keras dan beranggotakan enam personal. Band ini bagi Guruh merupakan lanjutan perjuangannya. Rencananya band ini akan dirilis pada Februari 2014.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A.          rencana lahirnya band Kaca Benggala                              
B.           aliran musik band Kaca Benggala 
C.           peluncuran album baru Guruh                               
D.          kesibukan Guruh dalam dunia seni
                                                                                        
JAWABAN  : D
5.       Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama  Indonesia. Keindahan Pulau Lombok tiada duanya di Indonesia. Sebagai salah satu dari dua pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok memiliki beragam kelebihan. Keramahan masyarakat Sasak, keindahan pantainya, terumbu karang, dan kekayaan hayati yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri. Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan dalam dan luar negeri.
Gagasan utama paragraf  tersebut adalah …..
A.      kemegahan Gunung Rinjani dan berbagai keunikannya
B.      posisi Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat
C.     Pulau Lombok sebagai destinasi wisata utama di Indonesia
D.     beragam keindahan yang dimiliki Pulau Lombok


JAWABAN  : C

  1. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan pecandunya maupun orang yang berada di sekitarnya. Asap rokok dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker dan impotensi. Pada wanita hamil, merokok dapat menyebabkan terjadinya kerusakan janin serta keguguran. Lebih dari itu, zat-zat yang terkandung dalam rokok itu menyebabkan toksin bagi tubuh.
Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada kalimat ….
  1. pertama
  2. kedua
  3. ketiga
  4. keempat

JAWABAN  : A
7.      Secara ekologis terumbu karang memiliki peranan sangat penting dalam menjaga kesimbangan lingkungan. Terumbu arang dapat berfungsi sebagai rumah bagi banyak jenis makhluk hidup di dalam laut. Terumbu karang menjadi tempat bagi hewan dan tanaman laut yang berkumpul untuk mencari makan, berkebang biak, membesarkan anaknya, dan berlindung. Bagi manusia terumbu karang mempunyai potensi perikanan sangat besar, baik untuk sumber bahan makanan maupun mata pencaharian mereka.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah . . .
A.    Terumbu Karang berfungsi sebagai rumah bagi banyak jenis makhluk hidup di dalam laut.
B.     Terumbu karang mempunyai potensi perikanan sangat besar untuk sumber bahan makanan.
C.     Terumbu karang memiliki peranan sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan.
D.    Terumbu karang menjadi tempat bagi hewan dan tanaman laut yang berkumpul untuk mencari makan.


JAWABAN  : C

Perhatikan paragraf berikut!
8.      1) Kentang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak. 2) Fungsi normal otak tergantung pada pasokan oksigen dan glukosa bersama dengan vitamin dan mineral tertentu. 3) Kentang tinggi karbohidrat mempertahankan tingkat glukosa sehingga mencegah kelelahan pada otak. 4). Karena kentang kaya akan zat besi, pasokan oksigen ke otak juga akan terpelihara dengan baik.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor . . .
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)

JAWABAN  : A

Semoga dengan adanya soal-soal ini pemahaman kalian tentnag soal-soal Bahasa Indonesia Menentukan Gagasan Utama / Ide Pokok suatu paragraf atau kalimat bisa lebih maksimal lagi. Jika perlu carilah refrensi lain di internet atau buku-buku yang membahas tentang gagasan utama atau ide pokok. Semoga nilai kalian bisa memuaskan ya di ulangan nanti. Amin.

19 comments:

  1. Terimakasih Gan... Ijin Copy Buat Referensi saya di Kelas ya

    ReplyDelete
  2. Wih pas banget buat adk saya yang goblok :v

    ReplyDelete
  3. wisss kerenn mbakk :D :D jnt kan karya na mbakk

    ReplyDelete
  4. wahhhh refrensi baruu,,, thx yaa

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata menentukan gagasan utama gampang ya

    ReplyDelete
  6. Gua udah tau tekniknya. Kalau menentukan gagasan utama biasanya di kalimat pertama. Kalau suatu teks yang gagasan utamanya di kalimat terakhir biasanya ada kata penjelas; oleh karena itu, maka, seharusnya, dan lain-lain. Memang gagasan utama tidak menutup kemungkinan berada di tiap paragraf. Tetapi cara paling baik adalah dengan menyimpulkan keseluruhan kalimat.

    ReplyDelete
  7. terima kasih, soal-soalnya bisa buat referensi izin copas kak:)

    ReplyDelete
  8. Trmkasih soal*nya sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Dengan contoh soal serta jawaban Semoga bermanfaat dan membantu

    ReplyDelete
  10. Thank you kak ,kebantu banget👌

    ReplyDelete
  11. Soal yg bagus buat belajar..good

    ReplyDelete