Saturday, 16 April 2016

Soal-Soal Ulangan Pilihan Ganda Bahasa Indonesia SMP Terbaru Part 2



I.          Memakai perhiasan berharga memang tampak indah. Namun disisi lain memakai perhiasan berharga bisa memancing kejahatan, apalagi jika si pemakai berada di lokasi luar ruamh yang sepi.

II.       Seperti yang pernah aku alami ketika aku dan temanku sedang berjalan-jalan di sore hari. Aku mengendarai sepeda motor dengan santai di Pandan Dure. Irma, temanku yang duduk dibelakang memakai gelang emas ditangannya. Tiba-tiab seorang pemuda dengan ramah menegurku. Pemuda itupun mengendarai motor dengan santai pula.

III.    Kemudian sambil bercanda ia mendekat dan memepet motorku. Dengan sigap pemuda itu menjambret gelang temanku lalu kabur dengan kencang melarikan motornya. Irma dan aku hanya bisa teriak dan taka da orang yang menolongku karena situasi saat itu sedang sepi.

1.        Pada paragraf I teks eksplum tersebut merupakan bagian …
a.    Insiden                                                                     c.  abstrak
b.    Orientasi                                                                  d.  Insiden

2.        Pada paragraf III teks eksplum tersebut berisi informasi tentang …
a.    Situasi yang sepi                                                      c.  bersepeda santai
b.    Penjambretan                                                           d.  Jalan-jalan di Pandan Dure

3.        Bagian abstrak teks eksplum berisi tentang …
a.    Pesan yang akan disampaikan
b.    Gambaran singkat peristiwa yang terjadi
c.    Pengenalan tokoh
d.   Penilian

4.        Saya memiliki sebuah pengalaman yang sebenarnya tidak perlu terjadi karena dapat diatasi, namun kejadian itu terjadi begitu saja.
Pada kalimat diatas terdapat …
a.    satu konjungsi                                                          c.  tiga konjungsi
b.    dua konjungsi                                                          d.  emapt konjungsi

5.        Cermati bagian-bagian dalam struktur teks eksplum berikut …
1.       Koda
2.      Insiden
3.      Orientasi
4.      Abstrak
5.      Interpretasi

Struktur teks eksplum yang benar adalah …
a.    1-2-3-4-5                                                                  c.  4-3-2-5-1
b.    2-1-4-5-3                                                                  d.  3-4-2-1-5

6.        Perhatikan penggalan teks eksplum berikut …


 
Ketika aku sedang mengendarai motor dengan santai, tiba-tiba lelaki yang berpasangan denganku berbalik arah …… ia mengejarku …… menyapaku dengan ramah. Tak da tanda-tanda yang menunjukkan …… ia lelaki nakal.

Konjungsi yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah …
a.    Lalu – lalu – tentang                                                c.  kemudian – lalu – ketika
b.    lalu – kemudian – agar                                            d.  kemudian – lalu – bahwa

7.        Aku memang suka kesederhanaan …… temanku sangat suka kemewahan.
Konjungsi yang cocok untuk kalimat tersebut adalah …
a.    Tetapi, namun, sedangkan
b.    dan, serta, bahkan
c.    tetapi, justru, walaupun
d.   sedangkan, sehingga, padahal

8.        Ibu menggoreng ikan ketika ayah pergi.
Anak kalimat yang terdapat pada kalimat kompleks tersebut adalah …
a.    Anak kalimat pengganti S                                       c.  Anak kalimat pengganti P
b.    Anak kalimat pengganti O                                                                              d.  Anak kalimat pengganti K

9.        Pak Guru memanggil Harmain yang sering bolos ke ruang BP. Anak kalimat terdapat pada …
a.    Memanggil Harmain                                                c.  Pak Guru memanggil
b.    ke ruang BP                                                             d.  Harmain yang sering bolos

10.    Dalam teks eksplum, nilai-nilai atau pelajaran hidup yang berharga biasanya disajikan pada bagian …
a.    Abstrak                                                                    c.  Interpretasi
b.    Insiden                                                                     d.  Koda/Amanat

11.    Saya ditempatkan diraung khusus agar tidak menularkan virus pada orang lain.
Peristiwa yang dialami tokoh dalam kalimat tersebut adalah ……
a.    kecelakaan                                                               c.  dirampok
b.    menderita sakit                                                        d.  menjadi korban kecelakaan

12.    Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari ……
a.    Resume – Deskripsi kelebihan/kekurangan – judgement
b.    Abstrak – insiden – koda
c.    abstrak – orientasi – insiden
d.   orientasi – komplikasi – resolusi

13.    Kritik yang baik adalah kritik yang isinya …
a.    menutupi segala kekurangan
b.    mencari kelemahan
c.    mencari kelebihan
d.   disampaikan dengan santun dan alasan logis

14.    Contoh kalimat pujian yang tepat adalah ……
a.    kamu tidak sportip, pantas lawanmu kalah.
b.    kamu hanya beruntung, prestasi hanya biasa saja.
c.    kamu layak mendapat juara berkat kerja kerasmu
d.   sebenarnya prestasimua bagus, kamu hanya butuh penyempurnaan.

15.    Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata baku adalah ……
a.    Pak Jono mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
b.    Para pengrajin ukir dijepara mendapat pengarahan
c.    Saya ingin menjadi anggota Karang Taruna
d.   Kakak saya saya kuliah di Fakultas Teknik

16.    Ketika mengkritik, kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali …
a.    Menunjukkan kekurangan karya seni
b.    Menggunakan bahasa berkonotasi negatip
c.    Menawarkan solusi
d.   Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik.

17.    Penggunaan tanda baca yang benar terdapat terdapat pada kalimat …
a.    Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano dan biola.
b.    Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano, dan biola

c.    Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano dan biola
d.   Kakak membeli bermacam-macam alat musik : gitar, piano, dan biola

18.    Siaran televisi mempunyai dampak positip dan negatip bagi pemirsa anak-anak, pelajar, ayau orang tua.
Tanggapan dan kritik yang benar sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …
a.    Walaupun demikian, televisi dapat dijadikan sarana belajar
b.    Melalui televisi, setiap pemirsa mendapat pengetahuan yang luas
c.    Dari berbagai acara televisi yang kurang mendidik dapat memunculkan kenakalan remaja
d.   Seluruh acara yang ditayangkan melalui televisi menjadi suatu kebanggan

19.    Diantara kalimat berikut ini yang merupakan kalimat majemuk bertingkat pengganti objek adalah …
a.    Kepala Negara mengajak membersihkan tanah air ini dari segala noda sampah.
b.    Beliau mengungkapkan bahwa kita perlu membuat kali-kali tetap bersih.
c.    Beliau mengharapkan tahun 2006 dijadikan tahun kebersihan.
d.   Kepala Negara mengajak membersihkan tanah air dari limbah.

20.    Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut ini!
Film ini kemudian berbicara tentang keserakahan Wak Weceh yang hendak mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari popularitas Tina. Sutradara Aditya Gumay juga sempat berusaha menyampaikan sindirannya terhadap orang tua atau anggota keluarga yang berambisi agar seorang anak bisa terkenal.

Kutipan teks tanggapan kritis tersebut menjelaskan  ……… film.
a.    kuantitas                                                                  c.  kelebihan
b.    resume                                                                     d.  kekurangan

21.    Penulisan kalimat yang tepat berikut ini adalah …

a.    Daripada bermain mendingan belajar.
b.    Sintia lebih pintar dari kakaknya
c.    Dari kemarin aku tidak melihat Dita
d.   Susi lebih suka mendengarkan musik daripada menonton televisi.

22.    Berikut adalah bagian-bagian dari struktur teks tantangan, kecuali …
a.    Simpulan
b.    Argumen menentang
c.    Argumen mendukung
d.   Isu / masalah

23.    Teks tantangan adalah jenis teks yang …
a.    diperluas                                                                  c.  memiliki struktur abstrak
b.    dapat disanggah/ditentang                                                                              d.  berbentuk cerita

24.    Ciri-ciri kebahasaan teks tantangan adalah …
a.    memiliki isu/masalah
b.    memiliki struktur teks
c.    terdapat pesan/amanat
d.   terdapat kalimat sanggahan

25.    Dibawah ini yang termasuk kalimat penolakan adalah …
a.    Saya paham dengan pendapatmu.
b.    Saya tidak setuju dengan kebijakan pemerintah itu.
c.    Mari kita simpulkan hasil rapat ini!
       d.   Jadi, dengan adanya peraturan sekolah, akan membuat siswa displin.

4 comments:

  1. bagu nih buatsoal latihan adek2 smp. terus posting gan

    ReplyDelete
  2. setiap melihat soal cos selalu teringat masa2 sekolah lagi

    ReplyDelete