1.
Bacalah Kutipan cerita berikut!
1) Arman dengan seragam oranyenya
yang lusuh tetap melaksanakan tugas menyapu dan membersihkan tiap sisi badan
jalan, mkeskipun siang itu sangat terik dan penuh debu. 2) Sejak tadi ia harus
menahan amarah. 3) Para penonton iringan mobil yang membawa piala adipura,
vseenaknya membuang sampah. 4) Padahal tempat sampah jelas-jelas terlihat oleh
mata mereka. Sangat ironis menerima piala kebersihan, tetapi masyarakat kurang
peduli tentang kebersihan.
Bukti
bahwa Arman berwatak Sabar terdapat pada bagian . . .
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
2.
Bacalah
kutipan cerita berikut!
Di bawah pohon waru. Saidah
menggelar dagangannya nasi pecel. Jakun si Ujang turun naik, ususnya terasa
pedih. “ Masih pagi kok pulang, Jang?’ tanya Saidah. “Sakit?” Ujang menggeleng
dan tersenyum. Saidah memperhatikan bibirnya membiru dan kedua telapak tanganya
pucat. Setelah dekat, Saidah mendengar suara kruyuk dari perut Ujang. Ujang
duduk di depan lapak dagangan. “Makan, jang?” ”Tidak minum saja”. Lenganku
semakin kurus, aku tak ingin menambah utang.”
“Iya, ya Jang! Tapi kamu lapar kan?”
Latar
pada kutipan cerita anak tersebut adalah . . .
A.
Di bawah pohon, pagi hari.
B.
Di pasar, siang hari.
C.
Di depan lapak, siang hari.
D.
Di pasar, pagi hari.
3.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
“ Untuk apa teiak-teiak, heh,” kata
ayah menyambut. Ayah mengamati aku dari atas ke bawah. Ia berdiri dan
menjangkau tangan kananku. Katanya, “Untuk apa bunga ini, heh?”
Aku tak tahu karena apa telah
me3ncintai bunga di tanganku ini. Ayah meraih merenggutnya dari tanganku, kulihat bungkah otot tangan
ayah menggengam bunga kecil itu. Aku menahan untuk berteriak.
“laki-laki tidak pelu bunga. Buyung.
Kalau perempuan bolehlah. Tetapi engkau laki-laki,” Ayah melemparkan bunga itu.
Aku menjerit, ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga
itu., membawanya ke kamar.
Konflik
yang terdapat pada kutipan cerita tersebut adalah . . .
A.
Buyung menyukai bunga dan banyak
perempuan juga sama.
B.
Ayah melarang anaknya berteriak-teriak,
termasuk Buyung.
C.
Ayah melarang anak laki-lakinya menyukai
bunga, sementara Buyung menyukainya.
D.
Tokoh aku membungkuk, mengambil bunga,
tanpa disadari datang ayah.
4.
Perhatikan kutipan kedua novel berikut!
Kutipan Novel I
Orang sudah
banyak di lapangan, di sana sinikelihatan orang duduk berkelompok-kelompok.
Orang yang akan menonton permainan sepak raga pun sudah banyak pula datang.
Anak-anak sudah berlarian ke sana-kemari mencari tempat yang baik untuk
menonton. Ada pula di antara mereka itu yang bermain-main menanti permainan
dimulai.
Kutipan Novel II
Sejurus kemudian musik pun bermain
pula, melagukan lagu santai. Sekjalian muda remaja menarilah masing-masing
dengan pasangannya. Samsul menuntun tangan Nurbaya, lalu menari bersam-sama.
Demikianlah perbuatan anak-anak muda itu brganti-ganti berdiri, menari, dan
duduk, berkata-kata tertawa gelak-gelak, bersenda gurau, dan bersuka-sukaan.
Sementara itu, segala kue-kue yang lezat rasanya diedarkanlah dibawa kepada
sekalian tamu.
Perbedaan
latar tempat kedua kutipan novel tersebut adalah . . .
|
Kutipan
Novel I
|
Kutipan
Novel II
|
A.
|
Keramaian
di lapangan
|
Keramaian
di sebuah pesta
|
B.
|
Keramaian
di terminal
|
Keramaian
di gedung pertunjukkan
|
C.
|
Pesta
orang-orang kaya
|
Keriangan
rakyat jelata
|
D.
|
Persiapan
karnaval
|
Persiapan
lomba menari
|
5.
Bacalah kutipan novel berikut!
Kutipan
Novel I
Mendingan perkataan dan pantun
Samsul ini, terdiamlah Nurbaya, sambil menundukkan kepalanya, tidak berkata
sejurus lamanya, sebagai malu rasanya ia akan rahasia hatinya.
Samsul menghampiri Nurbaya, lalu
bertanya perlahan-lahan dengan mendekatkan kepalana kepada kepala Nurbaya,
“Sudikah engkau kelak menjadi istriku apabila aku telah berpangkat dokter?”
“Masakah tak sudi,” sahut Nurbaya
perlahan-lahan, sebagai takut mengeluarkan perkataan.
Kutipan Novel II
Kelima calon yang hendak dipilih itu
telah banyak sekali mengeluarkan uang. Dari uang pendaftaran, uang ujian,
sampai uang yang harus diberikan pada dukun. Tetapi yang paling besar biayanya
adalah biaya untuk pinjaman.
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua novel tersebut adalah . . .
|
Kutipan
Novel I
|
Kutipan
Novel II
|
A.
|
Bahasa
sulit di pahami
|
Bahasa
mudah di pahami
|
B.
|
Bahasa
mudah di pahami
|
Bahasa
sulit di pahami
|
C.
|
Bahasa
Indonesia
|
Bahasa
Melayu
|
D.
|
Bahasa
Indonrsia
|
Bahasa
Melayu kuno
|
6.
Bacalah
naskah drama berikut!
Ibu
Guru : Anak-anak, hari ini kita kedatangan siswi baru. Dia merupakan pindahan
dari SMP Gunung Malang.
Fapinda : Haah??? Gunung Malang? Hahahaha.
Ibu
Guru : Eh
sudah-sudah. Silahkan masuk, Nak!
(Ibu guru mempersilahkan
murid baru itu masuk kelas)
Ibu
Guru : Nah, anak-anak, ini siswi
barunya. Silahkan memperkenalkan dirimu,
Nak!
Chika : Terima Kasih, Bu. Selamat pagi
teman-teman. Perkenalkan nama saya Chika. Saya pindahan dari SMP Gunung Malang.
Ibu
Guru :Oke . . . sudah? Mungkin ada yang
ditanyakan?
Latar
waktu yang tergambar dalam kutipan naskah drama tersebut adalah . . .
A. Malam
hari
B. Pagi
hari
C. Siang
hari
D. Sore
hari
7.
Bacalah naskah drama berikut!
Assalamualaikum . . . (suara Irama).
Walaikumusalam ( Yoga membalas salam Irama). Yoga menyuruh Irama dan sandi
masuk rumah.
Yoga : Eh . .
. kalian . . . . Ada apa, tumben kerumahku?
Irama : Kenapa kamu tadi tidak masuk sekolah, Yoga?
Kamu juga tidak membuat surat izin. Itukan bolos namanya!
Sandi : Iya, Ga. Emang kamu ke mana? Aku pikir kamu
sakit. Tapi aku lihat kamu baik-baik saja.
Yoga : Aku memang nggak saki. Aku tadi bangunnya
kesiangan, masak aku mau pergi ke sekolah ? Bangunku saja jam sembilanan.
Irma : Memangnya kamu dari mana kok bangunya
kesiangan?
Yoga : Semalam aku main dari rumah temanku. Saking
asyiknya sama mereka, aku lupa kalau sudah jam 12 malam. Jam satu aku pulang
dan langsung tidur.
Sandi : Kkamu main sampe jam segitu? Harusnya kamu
mikir kalau paginya harus masuk sekolah. Gimana kamu nggak kesiangan kalau
tidurnya jam segitu.
Irma : Yoga, lain kali kamu tidak boleh seperti
itu. Ingat, Kamu harus fokus dengan pelajaran. Main sih boleh saja, tapi kan
kamu harus tidur tepat waktu supaya nggak bangun kesiangan.
Watak
tokoh Irma adalah . . .
A. Acuh
B. Bijaksana
C. Sombong
D. Pemalu
8.
Amanat dalam kutipan drama tersebut adalah . .
.
A. Janganlah sampai lupa waktu
ketika bermain.
B. Buatlah surat izin jika kamu
membolos sekolah.
C. Bermainlah di teman teman dekat
rumah.
D. Jangan berpura-pura sakit ketika
tidak masuk sekolah.
9.
Bacalah
ilustrasi berikut!
Pada
hari Selasa, 23 Juli 2013. Maryam ditunjuk sebagai pembaca puisi dalam
peringatan hari Anak Nasional. Maryam membacakan puisi dengan baik dan mendapat
pujian dari penonton.
Catatan buku harian paling sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah . . .
A. Selasa,
23 Juli 2013. Betapa senang hati Maryam ditunjuk sebagai pembaca puisi dalam
hari Anak Nasional. Maryam membacakan puisi dengan baik dan mendapat pujian
dari penonton.
B. Selasa,
23 Juli 2013. Hari ini takkan kulupakan. Aku ditunjuk sebagai pembaca puisi
dalam peringatan hari Anak Nasional. Aku membacakan puisi dengan baik sehingga
mendapatkan pujian dari penonton.
C. Selasa,
23 Juli 2013. Hari ini aku bangga karena Maryam ditunjuk sebagai pembaca puisi
dalam hari Anak Nasional. Dia mendapat pujian dari penonton.
D. Selasa,
23 Juli 2013. Hari ini aku menonton temanku membacakan puisi dalam hari Anak
Nasional. Temanku mendapat pujian dari penonton.
10. Cermati
ilustrasi berikut!
Haida,
Ketua OSIS SMP Bangga, baru saja menerima surat dari OSIS SMP Mutiara akan
mengadakan studi banding ke SMP Bangsa. Hida segera mengumpulkan seluruh
pengurus OSIS untuk mengadakan rapat. Rapat tersebut akan membahas permintaan
OSIS SMP Mutiara. Haida menulis pesan singkat kepada sekretaris OSIS.
Isi pesan singkat sesuai ilustrasi terseut adalah . . .
A.
Harap segera siapkan surat kebetatan
menerima kunjungan OSIS SMP Mutiara.
B.
Tolong siapkan surat persetujuan
menerima kunjungan OSIS SMP Mutiara secepatnya.
C.
Segera
siapkan surat undangan rapat
untuk membahas kunjungan OSIS SMP Mutiara.
D.
Buat surat undangan untuk para pengurus
OSIS agar hadir pada hari Sabtu.
11. Bacalah
kalimat-kalimat berikut!
1)
Beberapa sumur sisanya adalah sumur tua.
2)
Di lapangan Tapian, Kalimantan Timur, terdapat sumur aktif dan nonaktif.
3)
Sebanyak 80 sumur masih produktif dan 40 sumur injeksi.
4)
Di Blok Tanjung terdapat 174 sumur.
5)
Sumur tersebut tersebar di beberapa blok.
Susunan
tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan padu adalah . . .
A. 1)-4)-2)-3)-5)
B. 2)-1)-3)-4)-5)
C. 2)-5)-4)-3)-1)
D. 3)-4)-1)-5)-2)
12. Cermatilah
ilustrasi berikut!
Siswa
kelas IX B SMP Bhakti Ibu mengadakan kunjungan industi ke PT Sinar Sosro
Mojosari, Mojokerto. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 28
September 2014. Mereka menonton sesi pemutaran film mulai dari sejarah
berdirinya PT Sinar Sosro, proses awal pembuatan teh botol Sosro, sampai proses
pengolahan limbah, baik limbah cair maupun limbah padat.
Laporan tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah.
. . . . .
A.
Guru Bahasa Indonesia mengajak kami
mengunjungi industri PT Sinar Sosro. Kami berkumpul di halaman sekolah pukul 07.00 WIB. Setelah beberapa saat
menunggu akhirnya rombongan kami berangakat. Perjalanan menuju PT Sinar Sosro
sungguh mengasyikan.
B.
Setibanya disana kami disuguhi beraneka
jenis minuman segar produk PT Sinar Sosro. Kami sangat menikmati minuman itu
karena cuaca begitu panas. Untung saja kami boleh mengambil minuman lebih dari
satu. Jadi, kami senang menikmatinya.
C.
Pada tanggal 28 September 2014, kami
mengunjungi PT Sinar Sosro. Kami menonton pemutaran film sejarah berdirinya PT
Sinar Sosro, proses awal pembuatan teh botol sosro, sampai pada proses
pengolahan limbai cair atau padat.
D.
Sewaktu kunjungan ke PT Sinar Sosro,
kami diajak jalan-jalan mengelilingi areal pabrik yang luasnya mencapai lebih
kurang 12.360 Hektare. Kami menyaksikan langsung proses pembuatan teh botol
sosro mulai dari awal tempat penyimpanan bahan baku teh.
13. Menulis pengumuman
Pengumuman merupakan berita bertujuan
memberitahukan sesuatu kepada pembaca. Pengumuman baik menggunakan bahasa
singkat, padat dan mudah dipahami. Bahasa singkat berarti bahasa ringkas, tidak
berbelit-belit. Bahasa pengumuman harus padat , maksudnya ada kepaduan bentuk
paragraf. Ada hubungan erat kalimat lainnya dalam sebuah paragraf.
Pengumuman harus memuat:
A.
Kepada siapa pengumuman ditujukan atau
sasaran pengumuman.
B.
Isi pengumuman
C.
Tempat dan tanggal pengumuman itu
dibuat.
D.
Pembuat pengumuman
14. Perhatikan
data buku berikut!
Judul buku : Kisah Kegigihan Siswa
Penulis : Pipiet Senja
Tebal : 386 halaman
Keunggulan : - Banyak
pelajan dan kisah inspirasi hidup.
- Bahasa mudah dipahami
- Ada gambar-gambar menarik
Kelemahan : Tidak dilengkapi glosarium
Paragraf resensi tepat
berdasarkan data buku tersebut adalah. . . . . .
A. Buku
berjudul Kisah Kegigihan Siswa sangat
bagus. Buku ini mengisahkan perjuangan siswa setelah orang tuanya meniggal.
Buku ini layak dibaca karena banyak pelajaran dan kisah menginspirasi hidup.
Buku ini ditunjang gambar menarik, tetapi bahasanya sulit dipahami dan tidak
disertai glosarium.
B. Buku
berjudul Kisah Kegigihan Siswa sangat
bagus untuk dibaca setiap orang. Buku setebal 386 halaman ini menceritakan
seorang gadis merelakan masa mudanya untuk merawat pantai asuhan. Buku ini
bahasanya mudah dipahami, tetapi tidak dilengkapi glosarium.
C. Buku
berjudul Kisah Kegigihan Siswa ini
sangat bagus. Buku ini mengisahkan perjuangan tokoh siswa menegakkan kembali pantai
asuhan hampir mati. Buku ini layak dibaca karena byak pelajaran dan kisah
menginspirasi hidup. Bahasanya mudah dipahami, disertai glosarium, tetapi
sayangnya gambar kurang mendukung.
D. Buku
berjudul Kisah Kegigihan Siswa sangat
bagus. Buku ini layak dibaca karena banyak pelajaran dan kisah menginspirasi
hidup. Bahasanya mudah dipahami dan ditunjang gamabar-gambar menarik. Namun
sayangnya, tidak dilengkapi glosarium.
15. Perhatikan
kutipan resensi berikut!
Buku
Pantai dan Kehidupannya memang sangat tepat dibaca pelajar. Buku ini memaparkan
jenis-jenis pantai dan kehidupan dalam laut. Isi buku ini diulas dengan
lengkap, jelas, dan menggunakan basaha komunikatif. Buku ini juga dilengkapi
gambar sehingga memudahkan pembaca memahami maksud bacaan. Sayangnya, gambar
disajikan hitam putih sehingga kurang jelas dan kurang menarik.
Kalimat tepat menyatakan kekurangan isi novel
tersebut adalah.
A.
Buku tersebut mampu memberi pengetahuan
bagi pelajar.
B.
Isi buku memaparkan kehidupan pantai
dengan lengkap dan jelas.
C.
Gambar disajikan hitam putih sehinga
kurang menaik.
D.
Buku ini dilengkapi gambar-gambar
memudahkan pembaca memahami isinya.
16. Perhatikan
kutipan resensi berikut!
Novel
Hafalan Shalat Delisa disajikan
dengan bahasa komunikatif. Jalan cerita sama dengan peristiwa dalam kehidupan
nyata. Oleh karenanya, pembaca dapat berimajinasi lebih jauh tentang cerita
novel itu sendiri. Namun, novel ini tersusun bak film dokumenter. Pembaca
sering merasa bosen ketika membaca novel ini. Alur cerita awal kurang menarik.
Selain itu, penulis terlalu tinggi menggambarkan sifat tokoh seorang anak
berumur 6 tahun. Kalimat tepat menyatakan isi novel adalah. . .
A.
Novel ini disajikan dengan bahasa
komunikatif sehinga mudah dipahami.
B.
Jalan
cerita novel disusun seperti film dokumenter sehinga membosankan.
C.
Penulis terlalu tinggi menggambarkan
sifat tokoh anak berumur 6 tahun.
D.
Alur cerita novel Hafalan Shalat Delisa diawal cerita kurang menarik pembaca.
17. Bacalah
ilustrasi berikut!
Dwi
mengikuti lomba menyanyi tingkat provinsi di Lampung. Dwi memberi tahu Doni,
sahabatnya di Lampung, agar datang menonton pertunjukkan lomba tersebut.
Kalimat pembuka surat sesuai ilustrasi berikut
adalah. . .
A.
Doni sahabatku, bagaimana suasana alam
di Lampung?
B.
Sahabatku Doni, aku berharap menonton
pertunjukanku.
C.
Doni, akun sangat merindukanmu. Kapan
kamu berkunjung ke Yogyakarta?
D.
Hai Don, bagaimana kabarmu di Lampung?
Semoga kamu baik-baik saja
18. Perhatikan kutipan surat
berikut ini!
“Salam
sayang untuk kakakku, Elma.
( . . . . . ). Aku dan keluarga
dirumah dalam keadaan baik-baik saja. Kami sangat merindukanmu, Kak. Semoga
liburan semester bulan depan Kakak bisa pulang ke Bandung.
Oh, ya. Ada cerita lucu tentang Mada. Ia sudah bisa naik sepeda sendiri.
Ayah mengajarinya dengan meminjam sepeda anak Paman Ari. Akan tetapi, anehnya
sepeda itu tidak boleh dikembalikan. Alhasil, Ayah harus membelikan Mada sepeda
baru.”
Kalimat pembuka surat tepat untuk
melengkapi surat pribadi tersebut adalah. . .
A. Kakak, bagaiman kabarmu disana?
B. Apa yang Kakak pikirkan saat ini?
C. Kakak, apakah kamu bahagia disana?
D. Mengapa kita tidak saling mengirim kabar?
19. Perhatikan kutipan surat
berikut ini!
. . .
. . . . .
Oh ya, suratmu kemarin
belum sempat aku balas. Aku sedang sibuk mengurus pementasan. Bagaimana dengan
hasil karya ilmiah yang kamu ikuti dalam lomba itu? Apakah kamu juara pertama
lagi?
( . . . . . . )
Bagian tepat untuk melengkapi penutup surat pribadi tersebut adalah. . .
A. Terima kasih untuk balasan suratmu itu. Sekali lagi terima kasih ya.
B. Sekian ya, surat dariku. Aku tunggu balasan surat darimu.
C. Pastikan ikatan persahabatan kita tetap terjaga selamanya.
D. Jangan putuskan tali silaturrahmi diantara kita, ya kawan.
20. Cermati surat berikut!
Yth.
Ketua OSIS SMP Pelangi
di
Jakarta Pusat.
Dengan
hormat,
Kami mengharapkan kehadiran Saudara dalam acara rapat kerja OSIS yang
akan dilaksanakan pada
Hari, tanggal : Sabtu, 27
Desember 2014
Waktu :
Pukul 13.00 WIB
Tempat : Ruang Serbaguna
SMP Pelangi
Kalimat
tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah. . .
A. Atas perhatian, kami ucapkan terima kasih.
B. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
C. Atas kehadiran Saudara, kami mengucapakan terima kasih.
D. Atas kerjasama dari saudara, kami
mengucapkan terima kasih.
21. Perhatikan kutipan surat berikut!
( . . . . . . )
Dengan
hormat,
Dalam rangka memberikan
perhatian dan bantuan kepada warga masyarakat tidak mampu, kami mohon Bapak/Ibu
Kepala Sekolah mengumpulkan data siswa tidak mampu. Data mohon diserahkan ke
Dinas Pendidikan sampai tanggal 19 Oktober 2014.
Penulisan alamat surat untuk melengkapi surat dinas tersebut adalah. . .
.
A. Yth. Bapak Kepala SMP Bunga Bangsa
di Jln. Mutiara
Indah No.22, Jakarta Utara.
B. Yth. Bapak Kepala SMP Bunga Bangsa
di Jalan.
Mutiara Indah No.22, Jakarta Utara.
C. Yth. Kepala SMP Bunga Bangsa
di Jalan.
Mutiara Indah 22, Jakarta Utara.
D. Yth. Kepala SMP Bunga Bangsa
di Jalan.
Mutiara Indah 22, Jakarta Utara.
22. Bacalah kutipan surat
pembaca berikut!
Petugas PT PAM yang terhormat, dirumah saya terjadi
kebocoran pipa yang tidak saya ketahui. Kebocoran ini menyebabkan tagihan saya
melonjak 10 kali lipat. Saya sangat keberatan. Saya tidak sanggup membayar
tagihan PAM sebanyak itu ( . . . . . . . . . .)
Kalimat
tepat untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah. . . .
A. Saya mohon keringanan biaya tagihan PAM karena kesalahan itu tidak saya
ketahui sebelumnya.
B. Apa upaya PT PAM agar tidak terjadi kebocoran pipa yang sangat merugikan
pelanggan.
C. Sebagai pelanggan, saya merasa heran tagihan PAM dirumah saya bisa
melonjak 10 kali lipat
D. Petugas PAM perlu menjelaskan tagihan itu karena kebocoran pipa PAM
23. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Kebakan terjadi di Jalan Indah, Makassar. Kebakaran
terjadi selama 2 jam. Puluhan rumah terbakar. Rumah Bakri ikut terbakar.
Kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Penyebab kebakaran karena arus pendek
listrik.”
Teks
berita tepat berdasarkan ilustrasi
tersebut adalah. . .
A. Kebakaran menimpa rumah warga di Jalan Indah, Makassar. Puluhan rumah
ludes terbakar. Bakri termasuk salah seorang korban kebakaran tersebut.
Kebakaran yang terjadi selama 2 jam tersebut disebabkan oleh arus pendek
listrik. Warga menderita kerugian ratusan juta rupiah.
B. Seratus rumah di Jalan Indah, Makassar, hangus terbakar. Salah seorang
korban bernama Bakri mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Kebakaran yang
terjadi tersebut disebabkan oleh arus pendek listrik.
C. Bakri merupakan salah seorang korban kali ini. Puluhan rumah lainnya
juga ludes terbakar. Mereka menderita kerugian ratusan juta rupiah. Kebakaran
berlangsung selama 2 jam. Penyebabnya adalah arus pendek listrik.
D. Jalan iNdha, Makassar, tertimpa kebakaran. Ratusan juta kerugian yang
diakibatkan kebakaran tersebut. Warga menderita kerugian puluhan juta rupiah.
Masyarkat sangat menderita akibat kejadian tersebut. Kebakaran disebabkan arus
pendek tersebut dipadamakan warga dibantu tim pemadam kebakaran.
24. Bacalah ilustrasi berikut!
Untuk meningkatkan perhatian dan kesadaran siswa dalam
memelihara kebersihan taman sekolah, pengurus OSIS mengadakan lomba karikatur
yang diikuti oleh setiap perwakilan kelas VII, VIII dan IX. Agar memacu
motivasi peserta, panitia membuat slogan.
Slogan
tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah. . .
A. Mari, berlomba karikatur.
B. Gambar karikatur, siapa takut.
C. Taman kita, taman bersama.
D. Karikaturmu, cermin perilakumu.
25. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sebuah rumah mewah di Kaliwatu akan dijual dengan
harga Rp. 800 juta. Rumah tersebut terdiri atas 4 kamar tidur dan 2 kamar
mandi. Luas tanah 2 Hektare. Peminat dapat menghubungi nomor telepon 5772727
Kalimat
iklan baris sesuai ilustrasi tersebut adalah. . .
A. Dijual rmh di Kaliwatu, hrg Rp800 juta, 4 kt, 2 km, Lt. 2 Ha. Hub
5772727
B. Dijual rumah Kaliwatu, hrg Rp800 juta, Lt. 2ha. Hub 5772727
C. Dijual rumah mewah, hrg Rp800 juta, 4 kt, 2 km, Lt. 2ha. Peminat boleh
datang.
D. Dijual sebuah rumah dg harga Rp800 juta, ada 4 kt, 2 km. Dijamin nyaman.
Hub 5772727
26. Bacalah ilustrasi berikut!
Ketua Tim Penggerak PKK Kodya Jakarta Timur
menyampaikan perlunya pengolahan samapah rumah tangga agar dapat dimanfaatkan
baik sebagai kompos maupun kerajinan rumah tangga.
Pembuka
pidato tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah. . .
A. Kompos rumah tangga adalah sampah atau limbah berasal dari taman,
halaman atau limbah rumah tangga lainnya, yang tidak selalu harus dibuang.
B. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita dapat berkumpul
dalam rangka menyampaikan perlunya pengolahan sampah. Jangan disangka sampah
itu tidak ada manfaatnya. Kalau kita jeli, justru bisa bermanfaat untuk
kehidupan manusia.
C. Sebagai masyarakat peduli lingkungan, kita dapat mengelola sampah
sehingga lebih bermanfaat. Langkah pertama yang dapat kita lakukan ialah
memisahkan antara sampah organik dan sampah non organik.
D. Demikian yang dapat saya sampaikan, bahwa cara pembuatan dan pengolahan
kompos cukup sederhana. Kita dapat membuat lubang galian di tanah dan menyimpan
sampah organic dari rumah tangga selama kurun waktu tertentu.
27. Bacalah
ilustrasi berikut!
Dalam acara penganugerahan siswa terbaik se-Kota
Makassar, Aisyah menyampaikan pidato sambutan sebagai peraih anugerah siswa
terbaik.
Kalimat isi pidato sesuai ilustrasi tersebut adalah. . . .
A. Pada kesempatan baik ini saya mengucapkan terima kasih kepada semua
pihak yang telah mendukung saya.
B. Terima kasih atas pilihan yang diberikan kepada saya. Semoga saya mampu
mempertahankannya pada masa yang akan dating.
C. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih telah memberikan
kesempatan kepada kita untuk mengikuti acara ini.
D. Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kepada siswa yang telah
menunjukkan motivasi dan prestasi gemilang.
28. Perhatikan tema karya ilmiah berikut!
Tema
: Meningkatkan prestasi belajar siswa
dengan membaca bersama.
Rumusan
masalah tepat sesuai tema tersebut adalah. . .
A. Siapa sajakah yang prestasi belajarnya meningkat?
B. Kapan kita dapat meningkatkan prestasi belajar membaca?
C. Bagaiman upaya meningkatkan prestasi belajar dengan membaca bersama?
D. Apakah dengan belajar dapat meningkatkan prestasi membaca bersama?
29. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Lingkungan pergaulan dapat mengubah kepribadian para
remaja. Remaja dengan lingkungan pergaulan baik, dapat menimbulkan kepribadian
lebih baik, dari pada remaja dengan lingkungan pergaulan kurang bagus. Peran
orang tua, guru, teman dan masyarakat berupa teladan dan nasehat sangatlah
dibutuhkan untuk menghadapi masalah pergaulan remaja.
Saran
tepat berdasarkan simpulan tersebut adalah. . . .
A. Para remaja hendaklah selalu berhati-hati pada zaman sekarang.
B. Orang tua dan masyarakat sebaiknya member teladan dan nasihat kepada
remaja.
C. Para remaja tidak mudah terjebak dan terpengaruh dalam pergaulan.
D. Remaja harus bergaul dengan teman sekolah yang dapat member nasihat.
30. Perhatikan data buku berikut!
1). Buku berjudul Pengantar
Novel Indonesia karangan jakob
Sumardjo diterbitkan oleh penerbit
Karya Unipress pada tahun 1983.
2). Buku berjudul Anak
Perawan di Sarang Penyamun karangan Sutan Takdir Alisjahbana diterbitkan
pada tahun 1992 di Jakarta oleh penerbit Dian Rakyat.
Penulisan daftar pustaka tepat berdasarkan kedua data
buku tersebut adalah. . .
A. Sumardjo, Jakob. Pengantar Novel
Indonesia. Jakarta: Karya Unipress.
1983.
Alisjahbana,
Sutan Takdir. Anak Perawan di Sarang Penyamun.
Jakarta: Dian Rakyat. 1992.
B. Jakob Sumardj. Pengantar Novel
Indonesia. Jakarta: Karya Unipress.
1983.
Sutan Takdir
Alisjahbana,. Anak Perawan di Sarang
Penyamun. Jakarta: Dian Rakyat. 1992.
C. Alisjahbana, Sutan Takdir. 1992. Anak
Perawan di Sarang Penyamun. Jakarta:
Dian Rakyat.
Sumardjo, Jakob.
1983. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta:
Karya Unipress. 1983.
D. Alisjahbana, Sutan Takdir. Anak
Perawan di Sarang Penyamun. Jakarta:
Dian Rakyat. 1992
Sumardjo, Jakob.
Pengantar Novel Indonesia. Jakarta: Karya
Unipress. 1983.
31. Perhatikan kalimat berikut!
Kami
selalu sarapan pagi agar supaya tidak sakit perut ketika berolahraga.
Perbaikan
tepat kalimat tidak efektik tersebut adalah. . .
A. Kami selalu sarapan pagi agar tidak sakit perut ketika berolahraga.
B. Kami selalu sarapan pagi supaya tidak sakit perut ketika berolahraga.
C. Ketika berolahraga kami selalu sarapan pagi agar tidak sakit perut
D. Kami selalu sarapan agar tidak sakit perut ketika berolahraga.
32. Cermati kalimat berikut!
Bapak-bapak ibu-ibu, para hadirin
sekalian dipersilahkan duduk.
Perbaikan
tepat kalimat tersebut agar efektif adalah. . .
A. Bapak-bapak, ibu-ibu sekalian dipersilakan duduk kembali
B. Para hadirin dipersilakan duduk kembali
C. Hadirin sekalian disilakan duduk kembali
D. Hadirin disilakan duduk kembali
33. Cermati pantun rumpang
berikut!
1). (. . . . . . . .)
2). (. . . . . .
. .)
Tekun belajar rajin membaca,
Itulah sifat patut ditiru
Sampiran
tepat untuk melengkapi teks pantun rumpang tersebut adalah. . .
A. 1). Mendaki gunung, terang cuaca.
2). Ambil jalan
jangan keliru
B.
1). Jalan ke pasar membeli mangga,
2). Mangga dipotong dengan pisau
C. 1). Potong ayam dimasak rica,
2). Sayur papaya
dipotong dadu
D. 1). Adik usil jangan dicerca
2). Banyak dicerca menjadi
dungu
34. Perhatikan kutipan naskah
drama berikut!
1). Dimas :
Kamu dari mana saja? Seharian aku kerumah kamu gak ada. Ibumu juga gak tahu kamu pergi kemana.
2). Lois :
Ya, maaf, Dim. Aku diajak kerja bakti ayah di kampong dekat tempatnya bekerja.
Aku juga lupa pamit ibu
3).
Dimas : (. . . . . . . .)
4). Lois :
Aduh maaf, Dim! Aku benar-benar lupa. Ayo, deh
kita kerjakan sekarang
5). Dimas :
(. . . . . . . .)
Dialog tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama
tersebut adalah. . . .
A. 3). Kamu sih kalau main tidak pernah ingat waktu
5). Mengapa aku
harus ikut mengerjakannya?
B. 3). Bagaimana nih tugas prakarya kita. Besok kan harus dikumpulkan.
5). Baiklah, aku
ambil dahulu peralatannya di rumah
C. 3). Sudahlah, aku sudah menyelesaikannya
5). Aku tidak
membutuhkan bantuanmu Dim
D. 3). Apa yang kamu pikirkan?
5). Aku tidak
mau pergi tanpa pamitterlebih dulu kepada ibu.
0 komentar:
Post a Comment