Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA Terbaru Part 3 - Menghadapi Soal Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas XI SMA merupakan hal yang cukup menegangkan. Ya. menegangkan karena kita kurang mempersiapkan diri. Berbagai hafalan yang serasa tidak mudah memasuki otak membuat kepala kita serasa hampir pecah. Hehehe.
Maka pada kesempatan ini saya akan membantu teman teman untuk mempersiapkan diri mengahadapi Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA, dengan memberikan Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA Terbaru Part 3 ini kepada teman-teman sebagai bekal untuk mempersiapkan diri mengahdapi Soal Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA. Berikut adalah Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA Terbaru Part 3 :
1. Setiap
manusia mempunyai kepribadian yang berbeda satu sama lain. Pernyataan ini
merupakan kedudukan manusia sebagai ….
a.
Makhluk ciptaan tuhan
b.
Makhluk individu
c.
Makhluk sosial
d.
Insan sosial
e.
Makhluk hidup
2. Manusia
tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Pernyataan ini merupakan kedudukan manusia sebagai ….
a.
Makhluk ciptaan tuhan
b.
Makhluk individu
c.
Makhluk sosial
d.
Insan sosial
e.
Makhluk hidup
3. Suatu
bangsa harus merasa terikat oleh tanah air yang sama. Pengertian bangsa ini
dikemukakan oleh ….
a.
Otto Bauer
b.
Ernest Renan
c.
Hans Kohn
d.
Friedrich Ratzel dan Karl Haushofer
e.
Bung Karno
4. Dibawah
ini termasuk unsure-unsur pembentukan bangsa, kecuali ….
a.
Persamaan nasib dimasa lalu atau sejarah yang sama
b.
Memiliki persamaan karakter
c.
Memiliki ikatan persatuan di antara anggota-anggotanya
d.
Memiliki persamaan cita-cita
e.
Adanya jumlah pendudukan yang besar
5. Negara
adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di
wilayah tertentu. Pengertian Negara ini menurut ….
a.
George Jellinek
b.
Roger H. Soltou
c.
Austin
d.
Soenarko
e.
Djokosoetono
6. Di
bawah ini termasuk unsur-unsur pembentukan Negara, kecuali ….
a.
Adanya rakyat yang bersatu
b.
Adanya daerah atau wilayah
c.
Adanya pemerintahan yang berdaulat
d.
Adanya pengakuan dari Negara lain
e.
Adanya pemimpin yang otoriter
7. Rakyat,
wilayah, dan pemerintah yang berdaulat merupakan unsur berdirinya Negara secara
….
a.
Konstitutif
b.
Konvensi
c.
Konversi
d.
Deklarasi
e.
Demokrasi
8. Pemerintahan
diperlukan dalam suatu Negara sebagai organ yang berfungsi untuk melaksanakan
tugas-tugas negara. Hal ini pengertian dari ….
a.
Kedaulatan
b.
Pemerintahan
c.
Parlementer
d.
Presidensial
e.
Pemerintah yang berdaulat
9. Pengakuan
suatu Negara terhadap Negara lain diberikan jika Negara yang baru berdiri
tersebut secara konstitutif dapat menunjukkan pemerintahan yang stabil.
Pengakuan ini disebut ….
a.
Pengakuan konstitutif
b.
Pengakuan deklaratif
c.
Pengakuan defacto
d.
Pengakuan de jure
e.
Pengakuan administratif
10. Kedudukan
manusia sebagai makhluk sosial akan berarti apabila ….
a.
Mempunyai status yang tinggi
b.
Berada di lingkungan masyarakat
c.
Mempunyai jabatan yang tinggi
d.
Berada ditempat yang nyaman
e.
Mempunyai keturunan yang berguna
11. Manusia
sebagai makhluk individu memiliki cita-cita. Hal ini merupakan kebutuhan yang
….
a.
Sama antara satu dengan yang lain
b.
Berbeda antara sesame manusia
c.
Tidak memiliki cita-cita
d.
Warga Negara
e.
Bukan warga Negara
12. Bangsa
terbentuk karma adanya keinginan untuk hidup bersama dengan setia kawan yang
agung. Pengertian bangsa ini menurut ….
a.
Jakobsen dan Lipman
b.
F. Ratzen
c.
Emest Renan
d.
Soerjono Soekanto
e.
Aristoteles
13. Negara
mempunyai kekuasaan untuk menggunakan kekerasan fisik secara legal untuk
melaksanakan semua ketentuan perundang-undangan yang disepakati secara umum
untuk mewujudkan tujuan bersama. Hal ini berkaitan dengan sifat hakikat Negara,
yaitu ….
a.
Bersifat monopoli
b.
Bersifat memaksa
c.
Bersifat otoriter
d.
Bersifat religius
e.
Mencakup semua
14. Mengkaji
terjadinya Negara secara bertahap dari yang paling sederhana sampai pada Negara
modern. Hal ini merupakan pengertian asal mula terjadinya Negara secara ….
a.
Sekunder
b.
Faktual
c.
Teoretis
d.
Demokratis
e.
Primer
15. Terjadinya
Negara secara primer ada … tahap
a.
2
b.
3
c.
4
d.
5
e.
6
16. Suatu
daerah tidak bertuan (belum ada yang menguasai) kemudian diduduki oleh suatu
bangsa dan mendidirikan Negara, disebut ….
a.
Occupatie
b.
Fusi
c.
Anexatie
d.
Cessie
e.
Sparatie
17. Daerah
Skeswijik diserahkan kepada Rusia oleh Austria. Pernyataan ini contoh
terjadinya Negara yang disebut ….
a.
Occupatie
b.
Fusi
c.
Anexatie
d.
Cessie
e.
Allesia
18. Berdirinya
Negara Republik Indonesia
pada tanggal 17 Agustus 1945, secara ….
a.
Occupatie
b.
Proklamation
c.
Anexatie
d.
Sparatie
e.
Cessie
19. Di bawah
ini tokoh yang mengemukakan asal mula terjadinya Negara secara teoretis, yaitu
terori ketuhanan. Tokoh tersebut bernama ….
a.
Jean Bodin
b.
Karl Marx
c.
Thomas Hobbes
d.
John Locke
e.
Aristoteles
20. Bentuk
kenegaraan yang terdiri atas berkas daerah-daearah mandat, bekas daerah jajahan
dari Negara-negara yang kalah dalam perang dunia II disebut ….
a.
Koloni
b.
Trustee
c.
Mandat
d.
Protektorat
e.
Dominion
21. Bentuk
kenegaraan di mana suatu Negara di bawah perlindungan Negara lain yang lebih
kuat disebut ….
a.
Koloni
b.
Trustee
c.
Mandat
d.
Protektorat
e.
Dominion
22. Uni
Indonesia – Belanda tanggal 27 Desember 1949 sampai dengan tanggal 21 April
1956 adalah contoh bentuk kenegaraan yang disebut ….
a.
Uni riil
b.
Uni personil
c.
Uni ius generalis
d.
Koloni
e.
Dominion
23. Rasa
kesadaran untuk berbangsa dan bernegara sendiri secara berdaulat disebut ….
a.
Chauvinisme
b.
Nasionalisme
c.
Patriotisme
d.
Nationality
e.
Nation
24. Suatu paham
yang mengagung-agungkan bangsanya dan menganggap lemah bangsa lain disebut ….
a.
Chauvinisme
b.
Nasionalisme
c.
Patriotisme
d.
Nationality
e.
Nation
25. Di bawah
ini termasuk prinsip nasionalisme Pancasila, Kecuali ….
a.
Bhineka Tunggal Ika
b.
Nasionalisme Indonesia yang menghargai
kemerdekaan bangsa
c.
Kebebasan yang bertanggung jawab
d.
Kesukuan
e.
Wawasan nusantara
26. Di bawah
ini contoh penerapan nasionalisme di lingkungan sekolah, kecuali ….
a.
Melaksanakan peraturan sekolah
b.
Mengikuti upacara bendera dengan baik
c.
Menghormati guru dan karyawan sekolah
d.
Membantu orang tua
e.
Menjaga nama baik sekolah
27. Semangat
Nasionalisme yang harus dipertahankan dalam rangka mengisi kemerdekaan adalah
….
a.
Pengorbanan harta benda
b.
Tahan derita dan tahan uji
c.
Menentang dominasi asing
d.
Percaya pada diri sendiri
e.
Persatuan dan kesatuan
28. Negara
mengatur tata kehidupan bernegara agar tujuan Negara tercapai. Pernyataan ini
pengertian dari ….
a.
Tujuan Negara
b.
Fungsi Negara
c.
Kaidah Negara
d.
Norma Negara
e.
Peraturan Negara
29. Menurut
John Locke, fungsi Negara salah satunya adalah legislatif, artinya ….
a.
Membuat undang-undang
b.
Melaksanakan undang-undang
c.
Mengatur undang-undang
d.
Mengadakan hubungan luar negari
e.
Menyatakan keadaan perang
30. Fungsi
Negara ada tiga, yaitu fungsi legislative, eksekutif dan yudikatif. Fungsi
Negara ini menurut ….
a.
John Locke
b.
Thomas Hobbes
c.
Kranenburg
d.
Plato
e.
Montesquieu
31. Menurut
Kranenburg, tujuan Negara adalah ….
a.
Untuk kekuasaan penguasa
b.
Untuk perdamaian dunia
c.
Untuk memajukan kesusilaan manusia
d.
Untuk mewujudkan kesejahteraan warga Negara
e.
Untuk mewujudkan keadilan
32. Paham
integralistik sesuai dengan karakter bangsa indonesia. Pernyataan tersebut
menurut pendapat ….
a.
Ir. Soekarno
b.
Drs. Moh. Hatta
c.
Prof. Dr. Soepomo
d.
Moh. Yamin
e.
Notonegoro
33. Di bawah
ini yang bukan termasuk unsur mutlak berdirinya Negara, yaitu ….
a.
Rakyat
b.
Wilayah
c.
Pemerintah yang berdaulat
d.
Pengakuan dari Negara lain
e.
Pemimpin
34. Tujuan
Negara Indonesia
tercantum dalam ….
a.
Falsafah Negara
b.
Pembukaan UUD 1945
c.
Batang Tubuh UUD 1945
d.
Penjelasan UUD 1945
e.
Ketetepan MPR tentang GBHN
35. Paham yang
menganggap bangsa/ras sendiri lebih unggul dan merendahkan bangsa-bangsa yang
lain disebut ….
a.
Nasionalisme
b.
Nasionalisme arti luas
c.
Patriotisme
d.
Pro patria
e.
Chauvinisme
36. Paham yang
mencintai bangsanya tetapi tetap menghargai bangsa yang lain disebut ….
a.
Nasionalisme
b.
Nasionalisme arti luas
c.
Patriotisme
d.
Pro patria
e.
Chauvinisme
37. Sikap yang
mencintai bangsa, tanah air, serta Negaranya yang dilandasi oleh sikap rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara demi kejayaan Negara tersebut ….
a.
Nasionalisme
b.
Nasionalisme arti luas
c.
Patriotisme
d.
Pro demokrasi
e.
Chauvinisme
38. Di bawah
ini ciri-ciri patriotisme, kecuali ….
a.
Cinta tanah air
b.
Rela berkorban
c.
Menempatakan persatuan dan kesatuan di atas kepentingan
pribadi atau golongan
d.
Tidak kenal menyerah
e.
Adanya kekuasaan yang absolute
39. Di bawah
ini contoh penerapan nasionalisme di lingkungan masyarakat, bangsa dan Negara,
kecuali ….
a.
Mengikuti upacara bendera di sekolah dengan baik
b.
Mendahulukan kepentingan masyarakat
c.
Menghormati jasa para pahlawan
d.
Tidak membedakan orang berdasarkan suku
e.
Berani membela kebenaran dan keadilan
40. Gejala
psikologi dari manusia berupa rasa persamaan dan sekolompok orang yang
menimbulkan kesadaraan sebagai suatu bangsa adalah pengertian dari ….
a.
Patriotisme
b.
Chauvinisme
c.
Nasionalisme
d.
Nationality
e.
Nation
41. Alasan
pentingnya sikap waspada terhadap segala macam ancaman dan gangguan dan kepada
Negara adalah ….
a.
Merupakan sikap yang dapat diteladani dalam Negara
b.
Karena menjadi kewajiban warga Negara dalam bernegara
c.
Untuk menunaikan kewajiban yang diatur konstitusi
Negara
d.
Guna menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup berbangsa
dan bernegara
e.
Guna menanamkan kesadaran kepada diri sendiri tentang
pentingnya Negara
42. Wujud
patriotisme pelajaran adalah ….
a.
Tidak pernah absent
b.
Membayar uang sekolah secara tertib
c.
Hormat dan patuh kepda orang tua
d.
Berdoa setiap akan mulai pelajaran
e.
Mengikuti upacara bendera dengan tertib
43. Hubungan
patriotisme dan nasionalisme adalah mencintai ….
a.
Tanah air dan kebudayaan
b.
Budaya nasional dan melestarikannya
c.
Bangsa dan memiliki kebangsaan sebagai bangsa Indonesia
d.
Bangsa dan sekaligus bangsa terhadap kebudayaannya
e.
Bangsa dan Negara sekaligus cinta terhadap tanah air
44. Salah satu
nilai perjuangan yang perlu dilanjutkan oleh generasi penerus bangsa adalah ….
a.
Bekerja untuk mendapatkan keuntungan besar
b.
Sikap rela berkorban untuk bangsa dan Negara
c.
Sifat ingin melawan bangsa penjajah
d.
Sifat menentang setiap penjajah
e.
Sifat ingin unggul dan menang sendiri
45. Menurut
Ernest Renan, yang merupakan criteria dari bangsa adalah ….
a.
Adanya persamaan bangsa, adat istiadat, dan agama
b.
Persamaan sejarah dan cita-cita yang sama
c.
Factor objektif yang menjadi cirri dan pembeda
d.
Merasa terikat oleh tanah air yang sama
e.
Persamaan nasib, cita-cita dan tanah air
46. Sesuai
dengan pengertian Negara, Negara Republik Indonesia menganut teori
integralistik atau Negara persatuan. Hal ini tercermin dalam pokok-pokok
pikiran Pembukaan UUD 1945, yaitu pokok pikiran ….
a.
Pertama
b.
Kedua
c.
Ketiga
d.
Keempat
e.
Kelima
47. Ditinjau
dari sifat hakikatnya, Negara memiliki sifat memaksa. Hal ini menganut
pengertian bahwa Negara ….
a.
Memiliki kekuasaan untuk menggunakan kekerasan
b.
Mempunyai wewenang tunggal
c.
Dapat memaksakan rakyat dengan paksa
d.
Harus memiliki kekuasaan yang besar
e.
Harus bersifat dictator
48. Pengakuan
dari Negara lain merupakan unsur … bagi terbentuknya suatu Negara.
a.
Pokok
b.
Mutlak
c.
Pembentuk
d.
Tambahan
e.
Penentu
49. Menurut
Aristoteles, manusia adalah zoon politicon yang artinya ….
a.
Makhluk yang suka bermasyarakat
b.
Makhluk yang tidak sempurna
c.
Tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri
d.
Akan berarti jika hidup bersama manusia lain
e.
Tidak suka bermusuhan
50. Bentuk kenegaraan
di mana suatu Negara berada di bawah perlindungan negara yang lebih kuat
disebut ….
a.
Koloni
b.
Protektorat
c.
Dominion
d.
Trustee
e.
Uni
Semoga dengan adanya Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA Terbaru Part 3 ini bisa membuat persiapan teman-teman lebih matang lagi dalam mengahadapi ulangan. Terima kasih telah membaca Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA Terbaru Part 3.
0 komentar:
Post a Comment