Sunday, 15 November 2015

Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas XI Tebaru Part 9

Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas XI Tebaru Part 9 - Ulangan semester merupakan hal yang sangat menegangkan bagi kita. Ya menegangkan bagi mereka yang belum mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Salah satu mata pelajaran yang cukup menyusahkan adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Dalam mengerjakan Soal Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kita harus banyak hafalan. 

Pada kesempatan ini saya akan membantu teman-teman yang ingin mempersiapkan dirinya dalam menghadapi Soal Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA. Saya akan memberikan Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas XI Tebaru Part 9 kepada teman-teman sebagai bahan untuk mempersiapkan diri menghadapi Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas XI SMA. Berikut Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas XI Tebaru Part 9 :



1.   Penyelesaian secara damai dapat dilakukan dengan rujuk. Salah satunya melalui cara negoisasi, yang artinya ….
      A.  perundingan dan penyesuaian kebijakan dalam menyikapi masalah yang disengketakan
      B.  upaya menghilangkan perbedaan terhadap berbagai unsur persengketaan
      C.  kegiatan delegasi untuk menerima naskah perjanjian pihak yang bersengketa
      D.  pelaksanaan penandatanganan naskah perjanjian oleh delegasi masing-masing
      E.   penerimaan hasil kesepakatan dengan menuangkannya dalam undang-undang

2.   Bila suara hakim yang menyetujui dan yang menolak keputusan berjumlah sama, keputusan Mahkamah Internasional ditentukan oleh suara….
      A.  Dewan Keamanan PBB
      B.  Majelis Umum PBB
      C.  Presiden Mahkamah Internasional
      D.  Saksi-saksi yang hadir dalam siding
      E.   Pendapat para ahli hukum dan doktrin

3.   Dibawah ini adalah prinsip-prinsip hukum umum internasional, kecuali ….
      A.  prinsip janji harus ditepati
      B.  prinsip kesamaan derajat bagi setiap negara
      C.  prinsip kebebasan di laut lepas
      D.  prinsip intervensi dan diskriminasi
      E.   prinsip menentukan nasib sendiri bagi setiap negara

4.   Mahkamah Internasional bertugas untuk ….
      A.  memeriksa sengketa antar negara anggota PBB yang diserahkan kepadanya
      B.  memeriksa jalan hubungan antar negara di dunia
      C.  memberi peringatan pada negara-negara lain untuk tidak membuat pelanggaran
      D.  menyelesaikan perdamaian antar negara
      E.   menyelesaikan seluruh perkara internasional

5.   Salah satu penyebab timbulnya sengketa internasional adalah faktor politik, yaitu ….
      A.  perbedaan ideologi
      B.  batas wilayah
      C.  kewarganegaraan
      D.  sumber alam
      E.   lingkungan hidup

6.   UNCI (United Nation Commissioner for Indonesia) pernah dibentuk oleh Dewan Keamanan PBB untuk membantu penyelesaian sengketa antara Indonesia dengan ….
      A.  Belanda
      B.  Malaysia
      C.  Inggris
      D.  Jepang
      E.   Australia

7.   Penyelesaian konflik secara politik dapat dilakukan dengan cara dibawah ini, kecuali ….
      A.  konsilisasi internasional
      B.  arbitrasi internasional
      C.  jalur militer
      D.  jalur organisasi regional
      E.   mahkamah internasional

8.   Mahkamah Intenasional adalah peradilan yang mengurus konflik antar ….
      A.  Negara
      B.  perusahaan internasional
      C.  organisasi internasional
      D.  lembaga internasional
      E.   individu

9.   Diantara hak istimewa seorang hakim mahkamah adalah ….
      A.  tidak boleh diberhentikan sebelum habis masa jabatannya
      B.  diperbolehkan melakukan kegiatan professional lainnya
      C.  harus berasal dari negara-negara yang masih berkembang
      D.  lulus uji yang dilakukan oleh Dewan Keamanan dan Majelis Umum
      E.   direkomendasikan oleh Sekertaris Jenderal dan anggota Tetap Dewan Keamanan

10. Untuk menjaga ketertiban dan keamanan baik regional maupun internasional, sikap dan tindakan yang baik untuk dilakukan oleh setiap negara ialah ….
      A.  membuat kelompok kerja sama internasional di kawasan masing-masing
      B.  menggalang kerja sama khusus untuk negara yang sama ideologinya
      C.  saling menghormati dan bekerja sama untuk kepentingan bersama
      D.  menindak negara yang melakukan pelanggaran terhadap negara lain
      E.   mengucilkan setiap negara yang melanggar hukum internasional

11. Penyelesaian sengketa internasional yang dilakukan oleh PBB dapat dilakukan secara politik dan secara hukum. Lembaga PBB yang berwenang menyelesaikan sengketa secara politik yaitu ….
      A.  Dewan Kemanan
      B.  Mahkamah Internasional
      C.  Dewan Ekonomi Sosial
      D.  Sekertaris Jendral
      E.   Dewan Perwalian





12. Penyelesaian sengketa antara Indonesia dan Malaysia tentang Pulau Sipadan Ligitan telah diselesaikan melalui ….
      A.  Perwakilan Diplomatik
      B.  Peradilan Nasional
      C.  Mahkamah Pidana Internasional
      D.  Mahkamah Internasional
      E.   ASEAN

13. Akhir-akhir ini penyelesaian ketegangan atau konflik di kawasan ASEAN relatif lebih baik bila dibadingkan dengan penyelesaian masalah di kawasan lainnya, sebab ….
      A.  bangsa di kawasan ini merasa senasib dan sepenanggungan
      B.  bangsa di kawasan ini pada hakikatnya adalah bangsa serumpun
      C.  bangsa di kawasan ini tidak memiliki karakter kekerasan terhadap sesama
      D.  bangsa di kawasan ini memiliki persamaan agama, sosial, dan kebudayaan
      E.   bangsa di kawasan ini lebih memilih cara penyelesaian sengketa secara damai

14. Sumber konflik yang sering mengganggu stabilitas di kawasan Timur Tengah ialah ….
      A.  tidak adilnya memberikan kuota haji
      B.  sebagai sarang terorisme internasional
      C.  perebutan ladang minyak
      D.  konflik perbatasan antarnegara
      E.   temperamen masyarakat Timur Tengah

15. Sikap bangsa Indonesia dalam menanggapi keputusan Mahkamah Internasional ialah ….
      A.  menolak keputusan apabila merugikan
      B.  menerima keputusan dengan bersyarat
      C.  menerima keputusan dengan penuh tanggung jawab
      D.  menolak keputusan dengan bersyarat
      E.   menerima keputusan sementara

16.  Kasus terpenting di Pengadilan Nuremberg adalah dakwaan terhadap ….
A.  Slobodan Milosevic
B.  Junta militer Argentina
C.  Pimpinan Narzi
D.  Jenderal Auguste Pinochet
E.   Pasukan harakiri Jepang

17. Hakim ad hoc adalah hakim ….
      A.  yang tidak berwenang memutuskan sengketa
      B.  peninjauan dalam peradilan sengketa antar negara
      C.  tempat para hakim lain meminta pendapat
      D.  khusus menangani masalah ekonomi dan budaya
      E.   sementara yang ikut sidang untuk perkara tertentu

18. Untuk memutuskan suatu persengketaan mahkamah yang memiliki 15 hakim itu, sekurang-kurangnya harus dihadiri ….
      A.  6 orang hakim
      B.  7 orang hakim
      C.  8  orang hakim
      D.  9  orang hakim
      E.   10 orang hakim






19. Masa jabatan hakim dalam Mahkamah Internasional PBB adalah selama ….
      A.  3 tahun
      B.  5 tahun
      C.  6 tahun
      D.  8 tahun
      E.   9 tahun

20.  Dibawah ini merupakan struktur organisasi Mahkamah Internasional, kecuali ….
A.  Para hakim
B.  Hakim Ad Hoc
C.  Chamber
D.  Sekertariat
E.   Penuntut umum

21. Dibawah ini merupakan struktur organisasi Peradilan Pidana Internasional kecuali ….
      A.  Pimpinan hakim
      B.  Divisi-divisi
      C.  Penuntut umum
      D.  Panitera
      E.   Pengacara

22. Jumlah hakim Mahkamah Internasional adalah ….
      A.  11 hakim
      B.  13 hakim
      C.  15 hakim
      D.  17 hakim
      E.   19 hakim

23. Macam-macam Pengadilan Pidana Internasional adalah sebagai berikut, kecuali ….
      A.  Mahkamah Internasional (ICJ)
      B.  Mahkamah Pidana Internasional (ICC)
      C.  Peradilan Pidana Internasional untuk Yugoslavia (ICTY)
      D.  Peradilan Pidana Internasional untuk Rwanda (ICTR)
      E.   Peradilan Militer Nurenberg dan Tokyo

24. Bentuk dari hubungan Internasional dapat berupa hubungan individual seperti ….
      A.  hubungan antar lembaga sosial                          D.  kerja sama ekonomi antarnegara           
      B.  mahasiswa yang belajar di negara lain               E.   hubungan antar lembaga keagamaan
      C.  kerja sama politik antar negara

25. Organisasi negara-negara Asia Pasifik (APEC) didirikan dengan tujuan untuk ….
      A.  sebagai upaya menghidupkan kembali dialog Utara-Selatan
      B.  saling membantu untuk memajukan perekonomian negara-negara di kawasan Asia Pasifik
      C.  membantu memperbaiki perekonomian negara-negara berkembang
      D.  bersama-sama membentuk suatu tatanan ekonomi dunia baru
      E.   mewujudkan kawasan perdagangan bebas yang meliputi Negara-negara Asia Pasifik

26. Dalam melaksanakan tugasnya, korps diplomatik maupun konsuler harus sejalan dengan ….
      A.  hukum internasional                               D.  kepentingan umum
      B.  kepentingan nasional                              E.   tata hukum Indonesia
      C.  kepentingan internasional



27.  Dengan politik luar negeri yang bebas dan aktif, Indonesia mendudukkan diri sebagai ….
      A.  promotor dalam hukum internasional
      B.  penengah dalam hukum internasional
      C.  penegak dalam hukum internasional
      D.  subjek dalam hukum internasional
      E.   objek dalam hukum internasional

28. Persetujuan antara subjek-subjek hokum internasional yang menimbulkan kewajiban yang mengikat dalam hukum internasional disebut ….
      A.  musyawarah internasional
      B.  perundingan internasional
      C.  perjanjian internasional
      D.  hukum internasional
      E.   hubungan internasional

29. Perbedaan antara perjanjian bilateral dengan multilateral terletak dalam hal …
      A.  sifat instrumennya                                  D.  jumlah pesertanya
      B.  strukturnya                                             E.   cara berlakunya
      C.  objeknya

30. Sikap positif seorang warga Negara terhadap usaha pemerintah yang berusaha meningkatkan kerja sama internasional adalah ….
      A.  mendukung sepenuhnya tanpa harus mengkritisi karena pemerintah lebih tahu permasalahannya
      B.  mendukung dan selalu mengkritisi agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya
      C.  memberikan suport agar terwujud cita-cita bangsa
      D.  tidak peduli karena bukan urusannya
      E.   mengikuti perkembangan

31. Dalam era globalisasi sekarang ini, suatu negara tidak mungkin menutup diri dari pergaulan antarbangsa karena ….
      A.  berkembangnya dunia pariwisata di tiap Negara
      B.  suatu negara tidak mungkin mampu mencukupi segala kebutuhannya sendiri
      C.  ketergantungan antara negara yang satu dan negara yang lain makin tinggi
      D.  kemajuan teknologi transportasi
      E.   kemajuan teknologi informasi yang membuat dunia seolah-olah menyempit

32. Salah satu asas dalam hubungan internasional adalah perjanjian itu mengikat negara-negara yang menandatangani dan harus dipatuhi serta dilaksanakan dengan iktikad baik. Asas ini biasa disebut dengan ….
      A.  rebus sig stantibus                                  D.  egality rights
      B.  courtesy                                                  E.   pacta sunt servanda
      C.  reciprositas

33. Departemen Luar Negeri mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan sebagian tugas umum pemerintah dan pembangunan, terutama di bidang …
      A.  perdagangan dan hubungan luar negeri
      B.  ekonomi dan hubungan luar negeri
      C.  ekonomi dan politik
      D.  politik dan hubungan luar negeri
      E.   politik dan sosial budaya




34. Setiap hubungan internasional perlu memperhatikan asas bahwa adanya suatu kekuasaan negara atas wilayahnya, yang biasa disebut dengan ….
      A.  asas keterbukaan
      B.  asas persamaan harkat dan martabat
      C.  asas kepentingan umum
      D.  asas kebangsaan
      E.   asas teritorial

35. Organ PBB dengan jumlah anggota terbanyak ,karena setiap Negara menempatkan wakilnya adalah ….
      A.  Dewan Keamanan
      B.  Dewan Perwalian
      C.  Mahkamah Internasional
      D.  Majelis Umum
      E.   Dewan Ekonomi dan Sosial

36. Kesepakatan antara kedua belah pihak yang mau mengadakan pertukaran diplomatik atau konsuler dituangkan dalam ….
      A.  deklarasi                                                 D.  joint agreement
      B.  konvensi                                                 E.   traktat
      C.  resiprositas

37. Agar tetap kokoh dan tidak mudah terombang-ambing serta menjadi subjek dan bukan menjadi objek dalam peraturan internasional, bangsa Indonesia menetapkan ….
      A.  ikut secara aktif menciptakan perdamaian dunia
      B.  menentang segala bentuk penjajahan
      C.  menjadi anggota PBB
      D.  politik damai
      E.   politik luar negeri bebas aktif

38. Penggunaan berbagai macam istilah untuk perjanjian internasional sesungguhnya menunjukkan ….
      A.  perbedaan yang perlu ditegaskan
      B.  bentuk yang meragukan negara-negara
      C.  tidak ada perbedaan
      D.  formal dan kurang formal
      E.   keragaman isi perjanjian

39. Tahap-tahap dalam perjanjian internasional adalah ….
      A.  proses verbal, persetujuan dan ratifikasi
      B.  negosiasi, ratifikasi, dan realisasi
      C.  negosiasi, persetujuan, dan ratifikasi
      D.  pertukaran nota, persetujuan, dan ratifikasi
      E.   negosiasi, penandatanganan, dan ratifikasi

40. Perwakilan suatu negara di Negara lain pada umumnya dipimpin oleh ….
      A.  konsul                                                     D.  duta besar
      B.  menteri residen                                       E.   konsul jenderal
      C.  duta kehormatan

41. Negara Indonesia dalam setiap hubungan internasional, pada dasarnya ditujukan untuk mewujudkan tujuan nasional seperti tercantum dalam ….
      A.  Pembukaan UUD 1945 alinea empat
      B.  Pembukaan UUD 1945 alinea tiga
      C.  Pembukaan UUD 1945 alinea dua
      D.  Pembukaan UUD 1945 alinea pertama
      E. Pembukaan UUD 1945 alinea lima

42.Landasan politik luar negeri RI diatur dalam UUD 1945  pasal….
A.  Pasal   7 dan   8
B.  Pasal   9 dan 10
C.  Pasal 11 dan 12
D.  Pasal 13 dan 14
E.  Pasal 15 dan 16

43. Tujuan utama didirikannya Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB )  adalah ….
     A.  menghimpun negara-negara kuat dan besar
     B.  mencegah terjadinya perang dunia
     C.  menciptakan perdamaian dan keamanan dunia
     D.  menungkatkan perekonomian dunia
     E.  mengadili para pelaku kejahatan internasional

44. Prinsip pokok politik luar negeri RI adalah ….
     A.  membentuk aliansi militer
     B.  menjalankan politik damai
     C.  mengutamakan bidang ekonomi
     D. campur tangan terhadap urusan negara lain
     E. meningkatkan stabilitas kawasan regional

 45.Tujuan utama  organisasi  ASEAN adalah ….
     A .kerjasama dalam pertahanan regional
     B. mengadakan kerja sama ekstradisi tahanan politik
     C.  kerja sama dalam bidang politik,social-budaya dan ekonomi
     D. mendirikan perusakaan multinasional bernama ASEAN
      E. menciptakan perdamaian dan keamanan internasional

46. Hubungan Indonesia dengan Negara lain dalam arti politik  diwakili oleh….
     A.  konsul                                     D.  wakil konsul
     B.  konsul jendral                         E.   perwakilan konsuler
     C. perwakilan diplomatik

47. Hubungan Indonesia dengan Negara lain dalam arti non-politik diwakili oleh….
      A.  perwakilan konsuler                D. duta besar
      B.  duta                                          E.  kuasa usaha
      E.  minister residen

48.Hal yang dilarang dalam kerjasama internasional adalah….
     A. kooperatif                                   D. representasi
     B. intervensi                                    E. negoisasi
      E. diplomasi

49. Tujuan utama berdirinya Gerakan Negara-negara  Non Blok  ( GNB ) adalah….
      A.  memajukan ekonomi Negara-negara Asia  Pasifik
      B.  menggantikan peranan organisasi  PBB
      C.  membentuk pakta pertahanan bersama
      D.  mendukung salah satu blok Negara adidaya
     E.  meredakan ketegangan dunia

50. Salah satu isi kesepakatan Konferensi Asia Afrika di Bandung adalah ….
      A. menghormati kedaulatan Negara masing-masing
      B. memajukan pertumbuhan ekonomi Negara-negara ASEAN
      C.  membentuk Negara menjadi Negara industri
     D.  mengirmkan pasukan perdamaian dunia
      E.  ikut dalam konflik dan perang di berbagai kawasan




Semoga Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas XI Tebaru Part 9 ini bisa membantu teman-teman dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan semester. Jawab dan ulangi lagi dan lagi soal-soal di atas. Sehingga Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas XI Tebaru Part 9 ini akan bisa dirasakan manfaatnya. Terima kasih telah membaca Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas XI Tebaru Part 9.

13 comments:

  1. Ini yg ditunggu tunggu updatean nya gan thanks :)

    ReplyDelete
  2. Untuk soal-soal mata pelajarin tolong diupdate juga gan. kalau bisa diupload pake ms.word atau pdf biar enak didownloadnya. hehe
    BTW thanks untuk sharing soalnya

    ReplyDelete
  3. wah mantap gan , izin share ke adik ane ah

    ReplyDelete
  4. Ini yang dicari adek ane , kalo bisa diupdate terus kak

    ReplyDelete
  5. Lmyan gan.buat latihan ponakan ane

    ReplyDelete
  6. izin bookmark untuk adek ane belajar

    ReplyDelete
  7. mantab mantab gan, bisa untuk belajar

    ReplyDelete
  8. lumayan nihh buat latihan....
    kalo bisa di bikin ms. words ato pdf jg biar bisa langsung download....

    ReplyDelete
  9. Akhir nya ketemu juga , Tanks min :)

    ReplyDelete
  10. wah banyak banget nih koleksinya, cocoklah buat referensi belajar adik ane

    ReplyDelete
  11. request kelas X buat SMK dong gan .__.

    ReplyDelete