Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) Terbaru Part 2 - Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang identik dengan teks-teks panjang. Ini banyak menimbulkan kebosanan di kalangan siswa untuk menghadapi soal ulangan bahasa Indonesia. Karena selalu setiap ulangan semester, Bahasa Indonesia selalu menjadi mata pelajaran yang paling banyak lembarannya. Heehhe. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) Terbaru Part 2. Berikut Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) Terbaru Part 2 :
BACA JUGA : Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas VIII ( 8 ) SMP Terbaru
BACA JUGA : Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas VIII ( 8 ) SMP Terbaru
1. Karang taruna Mekarsari mengadakan
kunjungan ke klub Kebugaran Tubuh Bima Sakti. Maksud kunjungan mereka adalah
ingin mengetahui kondisi klub kebugaran tersebut.
Laporan
yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a. Klub Kebugaran Tubuh Bima Sakti berdiri sejak tahun 2002. Jumlah anggotanya 120
orang. Kegiatan yang dilakukan yaitu senam, sepda santai, dan jalan sehat.
b.Karang Taruna Mekarsari sering mengadakan
ke klub kebugaran dalam rangka membuka wawasan anggotanya. Salah satu
kegiatannya adalah olahraga santai dan bersepeda.
c. Kunjungan yang dilakukan Karang Taruna
Mekarsari berdampak positif bagi anggotanya untuk berkreasi. Selain itu, dapat
mempererat tali silaturahmi dan membuat awet muda.
d.
Berolahraga
bisa dimulai dengan berjalan santai atau bersepeda setiap akhir pekan. Olahraga
yang teratur dapat menguatkan sistem kekebalan.
2. Penulisan salam pembuka yang benar adalah
....
a. Dengan hormat,
b.Dengan segala hormat,
c. Dengan Hormat,
d.
Dengan
hormat.
3. Menghilangkan Bintik Putih di Pipi
1) Biarkan beberapa menit, kemudian basuh
dengan air!
2) Bintik-bintik di wajah Anda akan hilang!
3) Campurkan kedua bahan tadi!
4) Siapkan bedak dingin dan kapulaga!
5) Sesudah itu, usapkan ke seluruh wajah
Anda!
6) Tambahkan sedikit air!
Susunan kalimat petunjuk tersebut yang tepat adalah .....
a. 4) – 1) – 5) – 6) – 3) – 2)
b.4) – 3) – 1) – 5) – 6) – 2)
c. 4) – 3) – 6) – 5) – 1) – 2)
d. 4) – 6) – 3) – 1) – 5) – 2)
4. Dalam sebuah pertunjukan drama, tata suara
merupakan unsur yang mendukung keindahan pertunjukan. Jika seorang tokoh sedang
marah maka dialog diucapkan dengan nada ....
a. tinggi
b.rendah
c. lucu
d. sedih
5. Amel :
“Ris, mungkinkah aku diterima bekerja di perusahaan itu?”
Haris :
“Aku yakin kamu pasti diterima di perusahaan itu. Kamu ‘kan selain pintar juga
cantik.”
Amel :
“Jangan bercanda kamu, Ris, aku serius. Aku takut tidak diterima, soalnya
kemarn ketika tes, banyak peseta yang canti-canti dan juga pintar.”
Haris :
“ Amel, jangan takut. Kamu tidak mungkin kalah dengan mereka. Ayo
bersemangatlah!”
Amel :
“Makasih ya Ris, kamu memang sahabtku yang paling baik.”
Pada kutipan dialog di atas dapat diketahui bahwa
karakter Amel yang tepat adalah ....
a. malas
b. rajin
c. baik hati
d. kurang percaya diri
6. Berdasarkan kutipan drama pada soal nomor
6, maka karakter Amel dapat diketahui melalui penggambaran ...
a. keadaan fisik
b.suasana panggung
c. jalan pikiran tokoh
d.
pembicaraan
tokoh lain terhadap tokoh tersebut
7. Perhatikan laporan wawancara berikut ini!
1. Penyaluran dana diberikan dalam bentuk
beasiswa kepada 200 anak korban gempa.
2. Pedagang sayur pun mendapat dana sebesar
Rp5 juta.
3. PT Bank Syariah Mandiri kembali melakukan
kegiatan sosial.
4. Kegiatan itu diwujudkan dengan menyalurkan
dana kemanuasian sebesar Rp245,10 juta untuk masyarakat Papua Barat.
5. Kemudian untuk merenovasi masjid dan
tempat ibadah lainnya sebesar Rp95 juta.
Agar menjadi laporan yang sistematis,
kalimat-kalimat tersebut disusun dengan urutan ....
a. 5 – 3 – 1 – 4 – 2
b.3 – 4 – 1 – 2 – 5
c. 4 – 2 – 1 – 3 – 5
d. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
8. Kalimat berikut yang termasuk contoh
kalimat aktif adalah ....
a. Selama ini Soto Anang diistimewakan oleh
para pelanggannya.
b.Pagi tadi Nadia dibangunkan oleh suara
ayam jantan.
c. Ibu Nana bersama Pak Rahmad merintis
warung Soto Quin.
d.
Warung
Soto Quin dirintis oleh ibu Nana bersama Pak Rahmad.
9. Kegiatan tersebut dilaksanakan hari Sabtu
dan Minggu dengan peserta siswa-siswi baru sebagai prasarat menjadi anggota
baru. Banyak pengalaman dapat mereka peroleh, di antaranya sandi dan morse,
tali-temali, belajar mandiri, dan kedisiplinan serta kemandirian
Kutipan
di atas merupakan laporan kegiatan .....
a. pencinta alam
b.olahraga
c. kemah Sabtu-Minggu
d.
Palang Merah Remaja
10. (1) Tuangkan air hangat/panas secukupnya.
(2) Aduk gula dan teh seduh agar larut
dalam air hangat.
(3) Teh seduh siap disajikan.
(4) Masukkan gula dan teh ke dalam
cangkir.
Urutan yang tepat dari petunjuk menyajikan
minuman teh tersebut adalah ....
a. (1)-(3)-(2)-(4)
b.(2)-(4)-(1)-(3)
c. (3)-(1)-(2)-(4)
d.
(4)-(1)-(2)-(3)
11. Penulisan gelar yang tepat adalah ....
a. Sekar Arum, SE
b.Intania, SP.d
c. Drs Nadia Kamila
d. Kartika,
S. Pd.
12.
Fera : Hebat kamu, Sinta, dalam waktu dua
tahun usahamu sudah berhasil.
Sinta : Ya, kebetulan saja. Saya pun baru
mencoba dan belajar.
Fera : Katanya, bulan depan kamu mewakili
pengusaha batik ke luar negeri .....
Sinta : Ya, terima kasih, ini pun juga secara
kebetulan.
Kalimat
yang tepat digunakan untuk melengkapi dialog tersebut adalah ....
a. Keberhasilan memerlukan keuletan dan
pengorbanan.
b.Lanjutkan perjuangan dan usahamu. Pasti cita-citamu tercapai
c. Engkau lebih sukses, engkau memang hebat.
d.
Selamat ya,
semoga sukses dan prestasimu makin meningkat.
13.
Amir : “Payah kamu, Vid! Mana pernah kamu
belajar?”
Nyontek aja dapat nilai bagus kok. Tapi apa gunanya? Iya ngga
teman-teman?’
David : “Sembarangan kamu, Mir. Kaan aku nyontek,
ha?” Awas, kamu!”
Kalimat
dialog yang diucapkan oleh tokoh David sebaiknya diucapkan dengan nada .....
a. sedih
b.senang
c. marah
d. kacewa
14. 1. Alamat
yang dituju
2. Salam pembuka
3. Nomor, lampiran, hal
4. Penutup surat
5. Kepala surat
6. Isi surat
7. Tanggal penulisan surat
8. Tanda tangan dan nama terang pengirim surat
Urutan
penulisan surat resmi yang benar adalah ....
a. 5,6,7,3,2,1,4,8
b.5,7,4,3,2,1,6,8
c. 5,7,3,1,2,6,4,8
d. 5,7,6,3,2,1,4,8
15. Kamu akan mewawancarai seorang petani kopi
yang berhasil kamu ingin mengetahui informasi tentang cara petani tersebut bisa
menjadi petani yang berhasil.
Pertanyaan
yang sesuai mencari informasi tersebut adalah ....
a. Sejak kapan Bapak mencintai kopi?
b. Bagaimana cara Bapak berhasil menjadi
petani kopi?
c. Apakah Bapak tidak salah memilih menjadi
petani?
d. Apa keuntungan Bapak menjadi petani?
16.
Sebanyak
enam pelajar SMP-SMA dan dua guru SMA di Surabaya terpilih menjadi anggota
delegasi pendidikan Kota Surabaya yang akan berangkat ke kota Kochi Jepang, Senin
10 Juli mendatang. Mereka adalah siswa-siswi dan guru berprestasi yang
tersaring dari SMP-SMA negeri di Surabaya setelah melalui seleksi yang cukup
ketat pada 1-3 Juni lalu oleh Tim Independen dari lembaga pendidikan terkemuka,
Badan Kepegawaian, Dinas Pendidikan, Bagian Kerja Sama dan Dinas Pariwisata. (http://www.surabaya.go.id/)
Topik paragraf laporan tersebut adalah .....
a. enam pelajar dan dua guru menjadi delegasi
pendidikan Kota Surabaya ke Jepang.
b. siswa-siswi dan guru berprestasi yang
menjadi syarat mutlak penyaringan
c. seleksi ketat dilakukan pada 1-3 Juli
d. penyeleksi berasal dari tim independen
17. Kalimat penutup surat undangan yang tepat
adalah ....
a. Atas kehadiran Bapak, kami mengucapkan
banyak terima kasih.
b. Atas kehadiran Bapak, kami mengucapkan
terima kasih.
c. Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan
terima kasih banyak.
d. Atas kehadiran Bapak sebelumnya kami
mengucapkan terima kasih.
18. Kamu ingin mewawancarai seorang atlet yang
berhasil mendapatkan medali emas. Pertanyaan yang sebaiknya tidak kamu tanyakan
adalah .....
a. Bagaimana kiat Anda sehingga berhasil
meraih juara?
b. Apakah Anda kenal dengan orang dalam
sehingga Anda bisa menjadi juara?
c. Bagaimana perasaan Anda setelah berhasil
meraih medali emas?
d. Sejak kapan Anda terjun dalam dunia olah
raga?
19. Perhatikan daftar pertanyaan berikut ....
“Apa yang Bapak lakukan pada telur-telu penyu
itu?”
“Bagaimana cara Baak memelihara telur-telur itu
hingga menetas?”
“Bagaimana cara Bapak memelihara anak-anak penyu
tersebut hingga besar?”
Berdasarkan daftar pertanyaan tersebut, tujuan
yang ingin dicapai oleh pewawancara adalah ....
a. mengetahui langkah-langkah yang dilakukan
dalam melestarikan penyu-penyu.
b. mengetahui latar belakang kegemaran
memelihara penyu-penyu.
c. Memperoleh gambaran cara penyu-penyu
berkembang biak.
d. Mendapatkan tanggapan dari pemelihara
penyu tentang kebiasaan yang dilakukannya dalam memelihara penyu.
20. Mardikun :
“Sudah puas melempari rel, To?”
Suwarto :
“Sudah habis kereta, Pak?”
Mardikun :
“Tinggal sekali, yang terakhir nanti.”
Suwarto :
“Saya baru tertarik bermain-main dengan batu malam ini.”
Mardikun :
“Saya tidak keberatan kau asyik dengan batu-batu dan rel itu.”
Latar tempat yang
terdapat pada teks drama tersebut adalah ....
a. dermaga
b. bandara
c. stasiun
d. halte
21. Perhatikan daftar nomor telepon berikut
ini!
Abdul Aziz Terbayo 13 ..................................................................... 659-4209
Abdul Azis Pemali III/B ..................................................................... 358-1083
Abdul Azis Sri Wulan V/I ..................................................................... 659-5226
Abdul Azis Tandang II ..................................................................... 850-5341
Abdul Azis Petelan Utr 9 ..................................................................... 351-3462
Abdul Azis Bugen 20 ..................................................................... 658-2966
Abdul Azis Parang Klitik 33 ..................................................................... 671-2900
Jika kamu akan menghubingi temanmu yang bernama
Abdul Azis yang tinggal di Jalan Bugen, nomor telepon yang kamu tekan adalah
.....
a. 6582866
b. 6582966
c. 6594209
d. 6589266
22. Ida :
Ida minta maaf, Nek! Ida terpakasa pulang terlambat!
Nenek : Mengapa hal itu kau lakukan, Ida?
Ida : Maaf, Nek! Ida terpaksa melakukannya
karena Ida kasihan sama Dewi.
Nenek : Kasihan? Ada apa dengan Dewi?
Ida :
Ibu Dewi sakit, Nek! Dewi harus memetik cabe satu bakul dari sawah untuk dijual
ke pasar besok pagi, sehingga Ida harus membantunya.
Nenek :
Ida, Ida! Nenek tidak marah, Ida! Justru Nenek bangga dengan sikapmu yang
berjiwa besar.
Watak nenek dalam penggalan drama di atas adalah
....
a. pengertian
b. sabar
c. dermawan
d. pemaaf
23. Suminto :
Bagaimana tidak lesu, gaji pegawai
rendah seperti saya ini sangat tidak seimbang dengan harga-harga di pasar. Gaji
yang saya terima sekarang Cuma bisa untuk hidup sepuluh hari, yang dua puluh
hari mesti harus ditutup dengan utang, kalau perlu menjual barang yang layak
dijual. Kian lama utang itu bukan kian sedikit, Pak Hamid, tapi makin
menggunung. Aku ekerja bukan hanya untuk aku dan istriku, atau biaya sekolah
seorang anakku. Tapi, semata-mata untuk mereka yang mengutangkan kepada
istriku.
Tema penggalan drama tersebut adalah ....
a. Gaji pegawai rendah sangat kecil
b.Utang sebagai jalan keluar untuk mencukupi
kebutuhan
c. Kondisi ekonomi yang serba kekurangan
d.
Bekerja
untuk membayar utang
Keterangan :
A =
Lahan Pertanian
B =
Rumah Pak Bari
24.
Deskripsi
letak lahan pertanian yang tepat adalah ....
a.
Lahan
pertanian berada di Jalan M.T. Haryono menghadap ke arah selatan.
b.Lahan pertanian berada di Jalan M.T. Haryono dan
Jalan Dewi Sartika.
c.
Lahan
pertanian berada di Jalan M.T. Haryono menghadap utara.
d.
Lahan
pertanian berada di Jalan M.T. Haryono dan Jalan Kartini.
25. Rute perjalanan terdekat dari rumah Pak
Bari ke lahan pertanian adalah ....
a.
Masuk
Jalan Pattimura belok kiri ke selatan sampai persimpangan belok kanan ke barat
melintasi Jalan Diponegoro belok kanan ke utara melewati Jalan Slamet Riyadi
sampai di perempatan belok kanan ke barat masuk Jalan M.T. Haryono.
b.Masuk Jalan Pattimura belok kanan ke utara bertemu
pertigaan belok kiri ke barat melewati Jalan D. I. Panjaitan dan Jalan M. T.
Haryono.
c.
Masuk
Jalan Pattimura belok kiri ke selatan sampai di persimpangan belok kanan
melintas Jalan Diponegoro sampai di pertigaan belok kanan melewati Jalan
Sudirman belok kiri masuk Jalan M. T. Haryono.
d.
Masuk
Jalan Pattimura belok kiri ke selatan sampai persimpangan belok kanan ke barat
melewati Jalan Diponegoro lalu belok kanan ke utara melewati Jalan Slamet
Riyadi sampai di pertigaan belok kanan ke timur masuk Jalan Juanda belok kiri
ke utara melewati Jalan Dewi Sartika.
26. Penulisan alamat surat dinas berikut yang
tepat adalah .....
a. Kepada Yth:
Kepala
Sekolah SMP Tunas Bangsa, Ponorogo
di Ponorogo
b.Yth. Kepala SMP Tunas Bangsa, Ponorogo
di
Ponorogo
c. Yth Kepala SMP Tunas Bangsa, Ponorogo
di
Ponorogo
d.
Yth. Kepala
Sekolah SMP Tunas Bangsa, Ponorogo
di
Ponorogo
27. MTsN Model Martapura akan mengadakan studi wisata pada hari Sabtu, 31 Desember 2011. Sebelum berangkat peserta mengundang ketua
komite MTsN Karang Intan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Isi undangan yang
sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ........
a. Dengan hormat, kami beri tahukan bahwa
kami akan mengadakan kegiatan studi wisata yang akan kami selenggararakan pada
hari,
tanggal : Sabtu, 31 Desember 2011
waktu
berangkat : pukul 7.00
tempat
berkumpul : MTsN Model
Martapura
b.Dengan hormat, kami mengundang Bapak/Ibu
untuk mengikuti studi wisata yang akan kami selenggararakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 31 Desember 2011
waktu
berangkat : pukul 7.00
tempat
berkumpul : MTsN Model
Martapura
c. Dengan hormat, kami mengajukan permohonan
izin untuk mengadakan kegiatan studi wisata yang akan kami selenggararakan pada
hari,
tanggal : Sabtu, 31 Desember 2011
waktu
berangkat : pukul 7.00
tempat
berkumpul : MTsN Model
Martapura
d.
Dengan
hormat, kami mengundang Bapak/Ibu untuk
mengikuti rapat persiapan kegiatan studi wisata yang akan kami selenggararakan
pada
hari,
tanggal : Sabtu, 31 Desember 2011
waktu
berangkat : pukul 7.00
tempat
berkumpul : MTsN Model
Martapura
28. 1) Kami
beristirahat, mandi, salat subuh, dan sarapan pagi.
2)
Kami mengetahui bahwa gua ini berasal
dari gunung kapur yang terkikis aliran air bawah tanah.
3) Sekitar pukul 7.00 kami masuk Gua Jati Jajar.
4) Pada pukul 3.00 tanggal 18 Januari 2009 kami
tiba di objek wisata Gua Jati Jajar.
5) Kami menelusuri lorong gua sambil melihat
stalaktit dan stalagmit serta menanakan kepada guru.
Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila disusun dengan urutan ....
a.
3) –
4) – 5) – 2) – 1)
b.
4) –
1) – 3) – 5) – 2)
c.
4) –
3) – 1) – 2) – 5)
d. 5) – 4) – 3) – 2) – 1)
29. Waktu menunjukkan pukul 10.30 ketika aku
dan rombongan tiba di Danau Sarangan. Suasana agak ramai karena kebetulan hari
itu hari Minggu. Kulihat banyak juga rombongan dari sekolah lain. Memang danau
ini sangat indah. Airnya yang biru, udaranya sejuk, dan hutan pinus yang hijau
mampu menarik wisatawan untuk selalu datang ke sini.
Penggalan laporan tersebut disusun berdasarkan
....
a.
urutan
waktu
b.urutan tempat
c.
urutan
kejadian
d.
urutan
topik
30. Bacalah
dengan saksama kutipan novel berikut!
Pagi-pagi
ketika suara pedati pertama menembus dinding dan langkah orang di jalanan
menuju pasar mulai ramai, Tamin telah terbangun. Sumi telah mendahului sibuk di
dapur dan menjadikan api untuk air panas.
“Aku
hendak ke kebun sebentar, Sum!” kata Tamin sambil mengambil arit dari selitan
dinding.
“Aku ingin tahu, apa isi kebun kita!”
“Tapi jangan biarkan kopi ini jadi dingin, Kang!”
“Tidak! Mana Mak?”
“Ke pasar”
(Dikutip dari : Pulang, Toha
Mohtar, Pembangunan, 1954) Catatan kaki
Sinopsis yang sesuai dengan kutipan novel di atas
adalah ....
a.
Tamin terbangun saat matahari sudar
bersinar terang. Tamin bergegas pergi ke ladang. Tamin adalah peladang yang
rajin.
b.
Pagi hari Sumi sudah sibuk memasak di
dapur. Sumi telah menyiapkan koppi untuk kakakknya Tamin. Sumi berpesan kepada
Tamin agar tidak lupa meminum kopi buatannya sebelum pergi ke ladang.
c.
Sumi telah memasak di dapur saat matahari
sudah terbit. Sumi menyiapkan segala keperluan untuk sarapan pagi. Sumi
berpesan kepada Tamin agar tidak lupa sarapan.
d.
Tamin bekerja di ladang saat matahari
telah terbit. Sebelum pergi ke ladang, Tamin menyempatkan diri untuk minum kopi
dan sarapan yang telah disiapkan oleh adiknya.
31.
Sampai pada dekade tahun enampuluhan,
masih banyak kelompok Jaran Dhor yang mengembara dari kampung ke kampung
sekadar mencari nafkah dengan pertunjukkan kemampuan bermain Jaran Dhor. Menari
di atas kuda kepang dengan gerak-gerak yang unik dan kadang lucu, dengan hiasan
suara cemeti, dibumbui dengan berbagai atraksi yang agak berbau magis (bermain
dengan api, makan kaca/beling, kekebalan, dan kebagainya) menjadi ciri khas
dari atraksi Jaran Dhor.
Jaran
Dhor dengan segala keberadaannya tetap
memiliki kekuatan tersendiri. Ia dapat menjadi atraksi yang menarik, baik untuk
konsumsi pariwisata maupun konsumsi masyarakatnya sendiri.
Isi informasi yang tepat berdasarkan wacana di
atas adalah ....
a.
Kelompok
Jaran Dhor mengembara dari kampung ke kampung.
b.
Pertunjukkan
kemampuan bermain Jaran Dhor.
c.
Menari
di atas kuda kepang dengan gerakan-gerakan yang unik.
d.
Berbagai
atraksi berbau magis.
32.
Pewawancara : “Selamat siang, Mbak. Apa Anda suka
sinetron?”
Narasumber :
“Tergantung ya. Kalau sinetron tersebut bertema keagamaan, mengedepankan nilai
moral dan budaya.”
Pewawancara : “Bagaimana tren
sinetron saat ini menurut Anda?”
Narasumber : “Meracuni generasi, Mas. Bagaimana tidak, lha
tema seputar “menembak” pacar dan pamer kemewahan. Tidak pantas buat adat
ketimuran dan tidak pedagogis.”
Kesimpulan wawancara tersebut adalah ....
a.
tayangan
sinetron tidak mendidik
b.
sinetron
religi diminati
c.
sinetron
harus mengedepankan moral
d.
tayangan
sinetron bervariasi
33.
Adegan
:
Amran
mondar-mandir di ruang muka. Ia gelisah. Sekali-sekali ia memandang jam dinding
yang tergantung di dekat gambar hiasan. Ia gelisah sebab Anhar, adiknya yang
bungsu, belum kembali sejak sore. Saat itu cuaca mengkhawatirkan. Ia dipesan
oleh orang tuanya untuk menjaga adik-adiknya selama ayah dan ibunya tidak ada
di rumah. (“Menanti”)
Latar tempat yang sesuai untuk adegan
tersebut adalah . . . .
a.
sebuah
rumah sederhana
b.ruang tamu sebuah rumah
c.
ruang
keluarga sebuah rumah
d.
teras
sebuah rumah
34.
|
1)
|
Oleh karena itu,
Didi ingin segera tiba di kampung halamannya.
|
2)
|
Ia sudah rindu pada ibunya yang selama ini ia tinggalkan karena harus
menuntut ilmu.
|
|
3)
|
Sewaktu dalam perjalan pulang ke kampung halamnnya di Rianite, Didi berkenalan
dengan Riani.
|
|
4)
|
Perkenalan dengan Riana, membuat hati Didi terasa bagai diburu bayangan
ibunya.
|
|
5)
|
Perkenalan itu bermula ketika Riana ditolong oleh Didi dalam sebuah
kecelakaan kecil di kapal yang mereka tumpangi.
|
|
6)
|
Padahal, sebelumnya ia sudah antipati pada gadis yang pernah membentaknya
itu ketika mereka berada dalam satu bus.
|
Urutan kalimat sinopsis yang tepat adalah
. . . .
a.
1-5-6-4-3-2
b.
3-5-4-6-2-1
c.
3-5-6-4-1-2
d.
5-3-6-4-1-2
35.
Bangunan
sisa colonial Belanda itu berdiri di pusat kota, di balik pagar seng. Ada yang
mengatakan dindingnya kokoh, meski termakan usia, seakan berbicara betapa
banyak sejarah yang telah dilaluinya. Dindingnya mungkin sudah lapuk ditumbuhi
tanaman liar dan lumut. Menurutnya, catnya pun tak terlihat lagi, menunjukkan
bahwa tak pernah ada tangan manusia yang merawatnya.
Kesimpulan yang tepat paragraph tersebut adalah….
a. Bangunan colonial
Belanda di pusat kota.
b.Bangunan
bersejarah harus dirawat dan dilestarikan.
c. Bangunan
bersejarah yang termakan usia.
d.
Dindingnya lapuk, ditumbuhi tanaman liar dan lumut.
Kerjakan soal-soal berikut dengan baik!
1.
Buatlah
masing-masing sebuah kalimat yang kata kerjanya berobjek, berpelengkap, dan
yang berobjek sekaligus berpelengkap!
2.
Susunlah sejumlah daftar pertanyaan yang sesuai
dengan topic “Profil ketua OSIS” !
3.
Pada tanggal 27 Juni 2010 SMP Kharisma Jaya
Surakarta mengadakan karya wisata ke Bandung. Karya wisata itu diikuti oleh
seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah
200 orang. Mereka terbagi dalam lima bus. Tiap-tiap bus didampingi oleh dua
orang guru. Penulis berada di bus I yang diisi oleh kelas VIII A didampingi
oleh Ibu Budiyati dan Bapak Lilik Sutanto.
Tulislah pokok-pokok laporan
pada wacana di atas!
4.
Sebutkan kata-kata baku dari kata tak baku di
bawah ini!
a. Enteng
b. Nggak
bias
c. Nulis
d. Lari
e. Tapi
5.
Tulislah sebuah contoh kepala surat!
Semoga Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) Terbaru Part 2 ini bisa membantu teman-teman dalam memahami model-model soal ulangan semester Bahasa Indonesia Kelas VIII (8). Sehingga hasil ulangan teman-teman bisa lebih maksimal. Terima kasih telah membaca Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) Terbaru Part 2.
sangat bermanfaat bagi penerus bangsa nih gan :D
ReplyDeletemantep buat latihan ijin bookmark gan
ReplyDeletewah ane harus jawab dlu nih googling :D hehe
ReplyDeleteG ada kunci jwbnnya ini yaa 😄
ReplyDeleteG ada kunci jwbnnya ini yaa 😄
ReplyDeleteG ada kunci jwbnnya ini yaa 😄
ReplyDelete