Sunday 27 September 2015

Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 4



Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 4 - Descriptive text merupakan salah satu materi dalam bahasa Inggris yang cukup menarik untuk dibahas. Mengapa ? Karena pada materi Descriptive Text bahasa Inggris ini, kita akan menjelaskan secara lengkap dan terperinci sesuatu. Sesuatu yang saya maksud di sini, bisa berupa tempat, mobil baru, motor baru, teman kita, dan lain sebagainya. Dalam membuat Contoh Descriptive text dalam bahasa Inggris, tentu harus ada Contoh Descriptive Text yang menjadi acuan kita dalam membuat Contoh Descriptive Text Bahasa Inggris. Dengan adanya contoh acuan, maka Contoh Descriptive Text yang kita buat akan lebih menarik dan tentunya akan sesuai dengan kaidah atau aturan yang berlaku dalam membuat Descriptive Text bahasa Inggris. Ketika guru kita memberikan tugas untuk membuat Contoh Descriptive Text bahasa Inggris, kemudian kita membuat Contoh Descriptive Text bahasa Inggris secara asal-asalan dan tidak sesuai kaidah atau aturan dalam membuat Contoh Descriptive Bahasa Inggris, tentu tugas kita akan dikembalikan oleh guru kita. Teman-teman mau seperti itu ? Atau teman-teman pernah mengalaminya ? Tugas descriptive teman-teman dikembalikan oleh guru ? Oh jangan sampai ya.

Pengertian Descriptive Text Bahasa Inggris

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan membantu memberikan Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 4 kepada teman-teman, agar Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru yang teman-teman buat, tidak sia-sia alias dikembalikan oleh guru. Hehehe. Sebelum kita melihat Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru, alangkah baiknya kita mengerti dulu apa pengertian descriptive text dalam bahasa Inggris. Pengertian descriptive text dalam bahasa Inggris adalah teks dalam bahasa Inggris yang berfungsi menggambarkan secara jelas, rinci, dan lengkap mengenai sesuatu.Sesuatu di sini bisa berupa tempat, manusia, hewan, tumbuhan, dan benda. Sehingga dari penjelasan kita yang jelas, rinci, dan lengkap itu, orang lain bisa mengerti dan tahu walaupun belum pernah melihatnya.

Tujuan Descriptive Text bahasa Inggris

Setiap text dalam bahasa Inggris tentu mempunyai tujuannya masing-masing. Begitu juga dengan descriptive text dalam bahasa Inggris. Descriptive Text bahasa Inggris ini memiliki tujuan yang sangat mulia. Hehehe. Ya, tujuan descriptive text bahasa Inggris adalah menggambarkan atau menjelaskan sesuatu secara jelas, rinci, dan lengkap baik itu manusia, hewan, tumbuhan, dan benda. Sehingga orang yang dijelaskan akan mengerti dan paham sesuatu itu walaupun belum pernah melihatnya sekalipun. Gimana ? sudah jelaskan sekarang tujuan descriptive text bahasa Inggris ?.

Ciri-Ciri Descriptive Text bahasa Inggris

Tentu segala yang ada di dunia ini memiliki karaketristiknya masing-masing. Begitu juga dengan teks-teks dalam bahasa Inggris. Salah satunya descriptive text bahasa Inggris. Adapun ciri-ciri descriptive text dalam bahasa Inggris adalah :
1.      Menggunakan Simple Present Tense. Mengapa kita menggunakan Simple Present Tense ?  Karena, ketika kita akan mengungkapkan suatu kebenaran atau suatu fakta terhadap sesuatu itu bukankah kita menggunakan Simple Present Tense ? Ya. Itu adalah fungsi Simple Present Tense bahasa Inggris yaitu mengungkapkan suatu kebenaran atau suatu fakta terhadap sesuatu. Misalnya ( Matahari terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat ). Itu fakta bukan ? Matahari sampai kapan pun akan terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat ( kecuali kiamat ). Hehehe. Misalnya The color of my cat is green, My father’s name is Ahmad Muharrar.  

2.      Karena fungsi descriptive text ini menjelaskan sesuatu, tentu dalam penjelasannya itu banyak sekali menggunakan kata sifat ( adjective ) seperti : nice, wonderful, amzing, beautiful, small, tall, big. dll.

3.      Dalam descriptive text akan sering ditemukan juga relating verb ( kata kerja penghubung ) yaitu is ( seperti contoh pertama). Arti kata “is” dalam bahasa Indonesia “adalah”. Tentu, dalam menjelaskan sesuatu itu kita akan sangat sering menggunakan kata “adalah”. Misalnya it is a chair, it is a amazing place, her name is Detya.

Struktur Descriptive Text Bahasa Inggris ( Generic Structure )

Sebuah teks tentu ada komponen-komponen yang menyusunnya sehinnga suatu text disebut recount text, narrative text, spoof text, procedure text, dll. Begitu juga dengan descriptive text, ada komponen-komponen yang membentuk descriptive text. Apa saja Struktur dari descriptive text bahasa Inggris ? Berikut penjelasan struktur Descriptive Text bahasa Inggris :

a.       Identification : identification dalam descriptive text adalah bagian yang menjelaskan secara umum atau pengenalan awal terhadap objek yang akan kita jadikan bahasan dalam membuat descriptive text bahasa Inggris. Misalnya kita akan membuat Contoh Descriptive Text bahasa Inggris tentang Kucing Kesayanganku. Aku mempunyai kucing. Kucing itu diberikan ayah kepadaku sebagai kado ulang tahunku yang ke-7. Aku benar-benar gembira dengan kado yang diberikan ayah kepadaku. Aku sering bermain dengan kucing itu sekarang.

b.      Description : description dalam descriptive text adalah bagian yang menjelaskan secara detail objek yang menjadi bahasan kita. Entah itu warnanya, ukurannya, dan lain-lain. Misalnya seperti contoh di atas tentang kucing kesayangan. Maka contoh descriptionnya adalah : Kucingku memiliki kombinasi warna yang indah pada bulunya. Warnanya merah bercampur biru. Sungguh kombinasi warna yang cukup indah. Tidak seperti kebanyakan kucing yang senang memakan ikan, kucing kesayanganku ini menyukai sayuran sebagai menu makanannya. Ukuran kucingku ini tidak begitu besar, tetapi aku tidak kecewa karena ukurannya yang tidak terlalu besar inilah yang membuatnya tampak lucu dan imut.

Contoh Descriptive Text Bahasa Inggris :

Begitulah kira-kira struktur descriptive text bahasa Inggris. Jika teman-teman belum terlalu paham struktur descriptive text bahasa Inggris. Silahkan membaca  contoh yang lebih lengkap tentang descriptive text bahasa Inggris di bawah ini. Dengan memahami secara seksama Contoh Descriptive text bahasa Inggris di bawah ini, insya Allah bisa membantu teman-teman yang masih belum memahami materi bahasa Inggris tentang Contoh Descriptive Text Bahasa Inggris. Berikut Contoh Descriptive Text Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 4 :


Lombok is Beautiful Island Like Bali

Lombok is noticeably different to its close neighbor, Bali. The northern part of the island is mountainous and lush with tall trees and shrubs. The South on the other hand is arid and covered by savannas. Large Asian mammals are absents and replaced instead by large numbers of marsupials, lizards, cockatoos and parrots. The difference becomes more pronounced as one moves further east where dry seasons are more prolonged and the land is dry and bush-like, and so in many areas corn and sago are the staple food, instead of rice.
At first  the time Islam come to these islands in the 16th century, four Hindu Kingdoms co-existed in apparent peace what is now called West Nusa Tenggara and is still the religion embraced by those in the west of Lombok, which are primarily Balinese. Lombok experienced strong Balinese influences in the past, but has still retained a unique identity. The indigenous people of Lombok, the Sasaks, are predominantly Moslem and have a strong, distinguished tradition, as do the people of neighboring Sumbawa.
Soft white sand, virgin beaches are typical in Lombok, where the motto is 'You can see Bali in Lombok, but not Lombok in Bali'. Famous for its 'tenun ikat' hand-woven textiles, the island has exceptional charm and its relatively undiscovered, except for Senggigi City, which becoming a major resort area.

1.      What is the text mainly about?
a.       Exotic plants.                                                  d.   How Islam come to Lombok
b.      Unique animals.                                                          e.   The varieties of tourist resorts in Lombok
c.       The description of Lombok Island.

2.      What does the first paragraph describe?
a.       The difference between Lombok and Bali.                d.  What makes Bali famous.
b.      What makes Lombok famous.                                    e.   Kinds of animals in Bali
c.       Kinds of animals in Lombok.           
                         
3.      Lombok experienced strong Balinese influences in the past, but has still retained a unique identifies. (Paragraph 2). The underlined word can be replaced with ….
a.       left                                                       c.   created                               e.   exposed
b.      kept                                                     d..   promoted

4.      The following are true according to the text, EXCEPT ….
a.       Most of Sasaks are Moslems.                         
b.      Lombok beaches are very natural.                 
c.       Faunas in Bali and Lombok are alike.
d.       Cockatoos and parrots are found in the islands.
e.       There are mountains in the north part.


Terima kasih telah membaca Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru part 4. Semoga Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 4 ini bisa bermanfaat bagi teman-teman dalam membuat recount text bahasa Inggris. Semoga ke depannya saya bisa memposting lebih banyak lagi Terima kasih telah membaca Contoh Descriptive Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 4.


0 komentar:

Post a Comment