Thursday 24 September 2015

Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 3



Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 3 – Berbicara recount text, maka kita berbicara pengalaman masa lalu. Tentu kita mempunyai pengalaman yang menarik, menyedihkan, dan menyakitkan sekalipun dari hari ke hari.Bila itu diceritakan maka tentu akan sangat panjang kita bercerita. Di sekolah tentu kita pernah diberikan tugas untuk membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris oleh ibu atau bapak guru kita, beberapa dari kita mungkin ada yang bisa membuat Contoh Recount Text, tetapi tidak menutup kemungkinan juga banyak teman kita yang masih belum bisa membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. Beberapa teman kita mungkin bisa secara lengkap dan panjang membuat Contoh Recount Text. Karena mereka memang telah berlatih setiap hari membuat Contoh Recount Text di rumah, di sekolah, ataupun  di tempat mereka kursus. Pada kesempatan kali ini saya akan membantu teman-teman yang masih belum bisa membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. Karena kita masih belajar, maka kita mulai dari Contoh Recount Text Singkat saja, tetapi tentunya Lengkap. Ya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada teman-teman “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”. “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” ini cocok buat teman-teman yang akan belajar materi recount text di sekolah dan mengalami kesulitan dalam mebuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 3” ini berisi kumpulan cerita recount Singkar dan lengkap dan mudah untuk dijadikan contoh acuan dalam membuat cerita recount text bahasa Inggris. Untuk lebih mudah memahami recount text bahasa Inggris, berikut akan saya berikan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 3”. Supaya hasil pemahaman Anda optimal, perhatikan secara seksama Penjelasan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 3” berikut ini :

Tujuan Recount Text Bahasa Inggris 

Sebelum kita masuk ke materi “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Paert 3”, ada baiknya saya ingatkan terlebih dahulu kepada teman-teman apa itu recount text dalam bahasa Inggris. Recount text adalah teks dalam bahasa Inggris yang berisi cerita kejadian atau penglaman pada masa lampau. Tujuan dibuatnya recount text adalah untuk menghibur para pembaca. Jadi, berusahalah untuk membuat recount text  semenarik mungkin agar para pembaca bisa terhibur dengan recount text yang kita buat. Sehingga tujuan dari recount text bisa tercapai. 

 Ciri-Ciri Recount Text Bahasa Inggris

Setiap jenis teks dalam bahasa Inggris tentu memiliki cirinya masing-masing. Begitu juga dengan recount text bahasa Inggris. Apa saja cirri-ciri recount text bahasa Inggris ? yang paling menonjol dari ciri-ciri recount text bahasa Inggris adalah “SELALU” menggunakan kata kerja bentuk “LAMPAU” / Simple Past Tense. Contohnya : I was happy, We went to the beach last week, I bought that bag yesterday.dll. Kata yang bercetak tebal itu adalah kata kerja bentuk lampau / past. Kemudian cirri kedua dari recount text adalah banyak menggunakan kata penghubung antar kalimat seperti :  and, the, but, or, dll

Struktur Recount Text Bahasa Inggris

Untuk lebih jelas mengenai cara membuat “Contoh Recount Text Bahasa Inggris” ini tentunya kita harus paham apa saja sih struktur atau komponen yang menyusun recount text itu ? Tidak mungkin bukan ? Kalau rumah tiba-tiba saja bisa jadi rumah tanpa ada komponen-komponen yang menyusunnya ? tidak mungkin bukan computer bisa dioperasikan tanpa ada komponen-komponen yang membuatnya bisa dioperasikan. Nah, begitu juga dengan recount text bahasa Inggris, harus ada komponen atau struktur yang membangunnya sehingga bisa disebut recount text. Adapun komponen atau struktur yang menyusun recount text disebut Generic Structure. Generic Structure dalam bahasa Inggris anatara lain :

a.       Orientation : orientation dalam recount text bahasa Inggris adalah bagian yang menceritakan pendahuluan atau pengenalan secara umum recount text yang kita buat. Dalam pendahuluan ini kita bisa menerangkan latar tempat, suasana, waktu kejadian berlangsung, dan siapa saja tokoh yang terlibat dalam cerita recount text itu. Misalanya teman-teman membuat sebuah contoh recount text yang berjudul “Tragedi Meletusnya Gunung Perahu”. Kita bisa saja membuat kalimat pendahuluannya seperti ini : Malam itu udara agak sedikit panas, aku merasa sulit tidur. Beberapa hewan liar juga akhir-akhir ini sering memasuki kampung kami. Mereka berlarian dari gunung menuju ke dataran rendah tempat kampung kami berada.

b.    Events : events dalam bahasa Inggris adalah bagian yang menceritakan secara lengkap  dan detail peristiwa-peristiwa yang sebenarnya terjadi. Karena dalam konteks ini kita sedang membahas “Tragedi Meletusnya Gunung Perahu” maka contoh kalimat Events yang tepat untuk melanjutkan cerita di orientation adalah sebagai berikut : Tak lama dari suhu panas malam itu, terdengar suara ledakan yang amat keras. Beberapa warga terbangun dari tidur mereka, dan berlarian keluar untuk melihat apa yang terjadi. Kami sangat takut ternyata Gunung Perahu yang ada di sekitar kampung kami mulai mengeluarkan lahar panas dan itu sangat terlihat jelas pada malam itu. Seluruh warga kemudian membangunkan sanak keluarga mereka yang masih tertidur dan kami mengungsi ke kampung yang jauh dari gunung Perahu. Warga kampungku sangat ketakutan kala itu, mereka membawa ternak-ternak mereka dan  benda berharga, yang mereka miliki. Tidak lama setelah kejadian, tim evakuasi mendirikan tenda untuk kami……………………………………………… ………………………. Dan seterusnya

c.   Re-orientation : re-orientation dalam recount text berisi kesimpulan atau kesan kita terhadap bebrbagai peristiwa yang terjadi di bagian Events. Misalnya karena kita membahas “Tragedi Meletusnya Gunung Perhau” maka contoh re-orientation yang tepat adalah : Sungguh peristiwa yang sangat menakutkan dan menyayat hati. Aku tidak ingin peristiwa ini terulang kembali. Semoga ke depannya kampung kami bisa normal seperti sedia kala.

 Contoh Recount Text Bahasa Inggris

Setelah teman-teman telah memahami dengan jelas pengertian recount text, ciri-ciri recount text, tujuan recount text, dan struktur dari recount text. Maka barulah kali ini kita akan membahas “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 3”. Gunakan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 3” ini sebagai acuan dalam membuat recount text bahasa Inggris. Beikut “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” Part 3 :




I Loved Science

     When I was Junior High School, I was not a very diligent student. In fact, I was quite lazy. I hated all the subjects that I took at school, especially science. For me science was very difficult. It was hard for me to remember the chemical processes, physics calculations, and biological processes.

      Once, my teacher grounded me in the library because I had not done my Biology homework. The teacher asked me to read several books and make a summary about them. When I was browsing the shelves, I found a book entitled “ The Inventors of Medicine”. I thought O.K. this is a start”. I took it out, then began reading it.

     I learned from the book about Edward Jenner. He was an English doctor who found the cure for smallpox. The next one was Louis Pasteur. His interest in bacteria led him to discover the treatments for rabies and anthrax. Just like Pasteur, Robert Koch’s experiments on bacteria also proved that tuberculosis can spread to others by contact. Finally, there was Alexander Flemming, a British bacteriologist who found penicillin, the first antibiotic.

    After I read the book, I realized that science is useful for humankind. By studying, we can discover things that can help humankind. Therefore, since that moment, I managed to change my behavior and study harder.  

Goodness Always Give us the Benefit
        I have once come late to school but I didn’t feel sorry. It happened last year. This is the story.
        One morning, I went to school like usual. My house was quite far from my school, so I went to school by bike. It was 06:37 and it took 15 minutes to get to my school.
        At that time I was peddling my bike slowly. Suddenly, I saw a motorcycle hitting  a bicycle rode by a women. The motorcycle didn’t stop. Soon it disappeared. I got shocked because it happened in front of me. I felt confused whether I should help the woman or not. Finally, I decided to help her. She was slightly injured. The rice carried was scattered on the street. Several people and I helped the woman. I took the scattered rice on the street. Then, we helped her to get some treatments.  
     After helping the woman, I looked at my watch and realized that I was late. It was 07.55. I went to school hurriedly. I arrived at my school at 08.02. My teacher questioned me for being late. I explained what had happened and she didn’t get mad. Even she said she was proud of me.


Semoga Contoh Recount Text bahasa Inggris Terbaru dan Artinya Part 3 ini bermanfaat bagi teman-teman dan semakin membuat pemahamn tentang recount text bahasa Inggris semakin membaik. Doakan saya juga semoga akan memperbanyak lagi Contoh Recount Text bahasa Inggris  Terbaru dan Artinya Part 3 di blog ini yaa ;). Contoh Recount Text bahasa Inggris Terbaru dan Artinya yang lain akan menyusul.



0 komentar:

Post a Comment