Monday 21 September 2015

Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru



Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Berbicara recount text, maka kita berbicara pengalaman masa lalu. Tentu kita mempunyai pengalaman yang menarik, menyedihkan, dan menyakitkan sekalipun dari hari ke hari.Bila itu diceritakan maka tentu akan sangat panjang kita bercerita. Di sekolah tentu kita pernah diberikan tugas untuk membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris oleh ibu atau bapak guru kita, beberapa dari kita mungkin ada yang bisa membuat Contoh Recount Text, tetapi tidak menutup kemungkinan juga banyak teman kita yang masih belum bisa membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. Beberapa teman kita mungkin bisa secara lengkap dan panjang membuat Contoh Recount Text. Karena mereka memang telah berlatih setiap hari membuat Contoh Recount Text di rumah, di sekolah, ataupun  di tempat mereka kursus. Pada kesempatan kali ini saya akan membantu teman-teman yang masih belum bisa membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. Karena kita masih belajar, maka kita mulai dari Contoh Recount Text Singkat saja, tetapi tentunya Lengkap. Ya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada teman-teman “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”. “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” ini cocok buat teman-teman yang akan belajar materi recount text di sekolah dan mengalami kesulitan dalam mebuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” ini berisi kumpulan cerita recount Singkar dan lengkap dan mudah untuk dijadikan contoh acuan dalam membuat cerita recount text bahasa Inggris. Untuk lebih mudah memahami recount text bahasa Inggris, berikut akan saya berikan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”. Supaya hasil pemahaman Anda optimal, perhatikan secara seksama Penjelasan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” berikut ini :

Pengertian dan Tujuan Recount Text Bahasa Inggris :

Sebelum kita masuk ke materi “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”, ada baiknya saya ingatkan terlebih dahulu kepada teman-teman apa itu recount text dalam bahasa Inggris. Recount text adalah teks dalam bahasa Inggris yang berisi cerita kejadian atau penglaman pada masa lampau. Tujuan dibuatnya recount text adalah untuk menghibur para pembaca. Jadi, berusahalah untuk membuat recount text  semenarik mungkin agar para pembaca bisa terhibur dengan recount text yang kita buat. Sehingga tujuan dari recount text bisa tercapai. 

Ciri-Ciri Recount Text Bahasa Inggris :

Setiap jenis teks dalam bahasa Inggris tentu memiliki cirinya masing-masing. Begitu juga dengan recount text bahasa Inggris. Apa saja ciri-ciri recount text bahasa Inggris ? yang paling menonjol dari cirri-ciri recount text bahasa Inggris adalah “SELALU” menggunakan kata kerja bentuk “LAMPAU” / Simple Past Tense. Contohnya : I was happy, We went to the beach last week, I bought that bag yesterday.dll. Kata yang bercetak tebal itu adalah kata kerja bentuk lampau / past. Kemudian cirri kedua dari recount text adalah banyak menggunakan kata penghubung antar kalimat seperti :  and, the, but, or, dll

Generic Structure Recount Text Bahasa Inggris :

Untuk lebih jelas mengenai cara membuat “Contoh Recount Text Bahasa Inggris” ini tentunya kita harus paham apa saja sih struktur atau komponen yang menyusun recount text itu ? Tidak mungkin bukan ? Kalau rumah tiba-tiba saja bisa jadi rumah tanpa ada komponen-kompone yang menyusunnya ? tidak mungkin bukan computer bisa dioperasikan tanpa ada komponen-komponen yang membuatnya bisa dioperasikan. Nah, begitu juga dengan recount text bahasa Inggris, harus ada komponen atau struktur yang membangunnya sehingga bisa disebut recount text. Adapun komponen atau struktur yang menyusun recount text disebut Generic Structure. Generic Structure dalam bahasa Inggris anatara lain :

a.       Orientation : orientation dalam recount text bahasa Inggris adalah bagian yang menceritakan pendahuluan atau pengenalan secara umum recount text yang kita buat. Dalam pendahuluan ini kita bisa menerangkan latar tempat, suasana, waktu kejadian berlangsung, dan siapa saja tokoh yang terlibat dalam cerita recount text itu. Misalanya teman-teman membuat sebuah contoh recount text yang berjudul “Tragedi Meletusnya Gunung Perahu”. Kita bisa saja membuat kalimat pendahuluannya seperti ini : Malam itu udara agak sedikit panas, aku merasa sulit tidur. Beberapa hewan liar juga akhir-akhir ini sering memasuki kampung kami. Mereka berlarian dari gunung menuju ke dataran rendah tempat kampung kami berada.

b.      Events : events dalam bahasa Inggris adalah bagian yang menceritakan secara lengkap  dan detail peristiwa-peristiwa yang sebenarnya terjadi. Karena dalam konteks ini kita sedang membahas “Tragedi Meletusnya Gunung Perahu” maka contoh kalimat Events yang tepat untuk melanjutkan cerita di orientation adalah sebagai berikut : Tak lama dari suhu panas malam itu, terdengar suara ledakan yang amat keras. Beberapa warga terbangun dari tidur mereka, dan berlarian keluar untuk melihat apa yang terjadi. Kami sangat takut ternyata Gunung Perahu yang ada di sekitar kampung kami mulai mengeluarkan lahar panas dan itu sangat terlihat jelas pada malam itu. Seluruh warga kemudian membangunkan sanak keluarga mereka yang masih tertidur dan kami mengungsi ke kampung yang jauh dari gunung Perahu. Warga kampungku sangat ketakutan kala itu, mereka membawa ternak-ternak mereka dan  benda berharga, yang mereka miliki. Tidak lama setelah kejadian, tim evakuasi mendirikan tenda untuk kami……………………………………………… ………………………. Dan seterusnya

c.       Re-orientation : re-orientation dalam recount text berisi kesimpulan atau kesan kita terhadap bebrbagai peristiwa yang terjadi di bagian Events. Misalnya karena kita membahas “Tragedi Meletusnya Gunung Perhau” maka contoh re-orientation yang tepat adalah : Sungguh peristiwa yang sangat menakutkan dan menyayat hati. Aku tidak ingin peristiwa ini terulang kembali. Semoga ke depannya kampung kami bisa normal seperti sedia kala.

Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru :

Setelah teman-teman telah memahami dengan jelas pengertian recount tex, cirri-ciri recount text, tujuan recount text, dan struktur dari recount text. Maka barulah kali ini kita akan membahas “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”. Gunakan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” ini sebagai acuan dalam membuat recount text bahasa Inggris. Beikut “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” :    

The Scary Moment In My Life
      That morning I got dressed as usual. I was just leaving for school when I noticed that my shoes were filthy. I went back inside to polish them. Staying home those five extra minutes probably saved my life.
      When I came outside again, my mother was on the lawn picking flowers. Somebody yelled, “Tsunami!” We thought it was an April Fool’s joke. Then, I looked up and saw a huge wall of dirty water. My mother pushed me inside and slammed the door, just as the wave struck our house. It felt like we’d been hit by a train.
       The wave picked up the house, and we floated away. Seawater came up to my knees. I decided to changed clothes, in case we had to swim. When I opened the closet, the back wall was gone! All I could see past my hanging clothes were waves and dead fish. It looked liked a strange painting.
Through the windows we could see people floating by, holding onto whatever they could. A boy was clinging to a piece of lumber. The waves carried us far out into Hilo Bay and back again three times.
      Finally, our house slammed into a factory wall. Somehow, my parents and I climbed into the factory, where we found some neighbors on the upper floor.  We all got busy tearing burlap sugar bags into floated by,  we threw them to the rope.
Our family was fortunate. And I’m not nervous about tsunamis anymore. But when I got married, I told my husband, “We’re not leaving at the beach. We are going to live in the mountains!”

1.      When did the tsunamis happen?
a.      In March                                                        d.    One morning                
b.      In April                                                                      e.    Long time ago
c.      Some years ago

2.      Where did the writer finally shelter from the tsunamis?
a.      In a factory wall                                                        d.   In a factory                                 
b.      At the beach                                                   e.   In the mountain
c.      In her house

3.      “Our family was fortunate” (Paragraph 6)      
      The underlined word can be replaced by ……
a.      famous                                                           d.   prosperous                                  
b.      lucky                                                                           e.  miserable  
c.       lack of           



The Unbelievable Moment
      Late in the afternoon, the boys put up their tent in the middle of a field. As soon as this was done, they cooked a meal over an open fire. They were all hungry and the food smelt good. After a wonderful meal, they told stories and sang songs by the camp fire.
    But sometime later it began to rain. The boys felt tired so they put out the fire and crept into their tent. Their sleeping-bags were warm and comfortable, so they all slept soundly. In the middle of the night, two boys woke up and began shouting. The tent was full of water! They all leapt out of their sleeping-bags and hurried outside. It was raining heavily and they found that a stream had formed in the field. The stream wound its way across the field and then flowed right under their tent.

1.      The purpose of the text is …..
a.      to retell about camping in the field             d.    to describe what happened to the boys
b.      to explain why the night was wet                            e.    to present a point of view about camping
c.      to persuade readers to believe event

2.      Where did the stream flow? It flowed …..
      a.    in the middle of the field                                         d.   near the boys’ tent                     
b.        across the field                                                           e.   under the boys’ tent
c.        in front of the boys’ tent      
       
6.      They told stories and songs after …..
a.       they slept soundly                                          d.   they had a meal  
b.       the stream was across the field                                 e.   the tent was full of water
c.       it began to rain

 

International Day at My Beloved School
      Yesterday, at my school we had International Day. We had performances, food stalls, riffle ticket draw, and some of us were dressed in costumes.
      We started our day off with performances but the one liked best was the one from our grade. It was about games. The performance I was in was called ‘La Bamba’. Straight after performance we had lunch. There were food stalls. They came from Australia, Asia, Arab and Greece. Everyone had a job. I did my job after I had lunch. My job was to sell International Day books. We had displays in he halls. The displays were good but I didn’t get to see them. The displays came from a lot of countries. 
     There were also a Trash & Treasure stall where they sell toys. The school got them by asking children to bring them in. After lunch we had a raffle ticket draw. I didn’t win anything but a lot people did.
      Although I didn’t win anything, International Day was still fun.

6.      The performance in which the writer involved was called ‘La Bamba’, was held ……….
a.      before lunch                                                   d.   after the riffle ticket                   
b.      the first agenda                                                          e.   after all program
c.      after she sold book                           
                 
7.      Where did the displays at the International Day come from?
a.      Asia countries                                                            d.   China and Indonesia                            
b.      Arab and Australia                                       e.   A lot of countries           
c.      Greece and Arab                  

 

The Incredible Match Ever
       My brother and I went to a football match yesterday. Our school team was playing against another High School team. Our team wore red and white shirts, white shorts, and red stockings. The other team wore orange and black shirts, orange shorts, and black stockings. “They look like bees“, my brother said, and we laughed.
       They played like bees too. They ran very fast, attacked very hard, and passed the ball to each other very fast. Soon they scored their first goal. My brother and I shouted and shouted, “Come on, Valley School! Come on, the Valleys!” Our headmaster was near us and he was shouting too. He seemed very enthusiastic. However, the high school scored another goal. We were very sad.
       Then, one of the “bees” stopped the ball with one of his hands, so our team got the free kick. Our captain took it and scored a goal. We shouted, “Hooray!” The score was now 2:1. That was better.
      Now our team began to play better—or the “bees” were getting tired. Our team scored another goal before half-time. In the second half of the match, both teams tried very hard, but neither scored, so at the end the score was still two all.

6.      The text tells about …….
a.      joining a football match                                           d.   the school football team            
b.      attending a football match                           e.   winning a football match          
c.      playing football

7.      What did the writer and his brother do after the rival team scored the first goal?
a.      They shouted to support their school team.          d.   They ran very fast.
b.      They shouted to the headmaster.                            e.   They played like bees.
c.      They laughed at their school team.

8.      Which statement is true according to the text?
a.      The writer and his brother will watch a football match.
b.      The writer’s school team wore orange and black shirts.
c.      The writer called his school team the “bees”.
d.     The writer’s school team scored the first goal.
e.      The opponent scored the first goal.

9.      “He seemed very enthusiastic.”  (paragraph 2)
      The antonym of the underlined word is …
a.        energized                                                      d.   eager                                
b.        apathetic                                                       e.   impatient
c.        excited                      


       Terimakasih telah membaca Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru. Semoga Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru ini bisa bermanfaat bagi teman-teman dalam membuat recount text bahasa Inggris. Semoga ke depannya saya bisa memposting lebih banyak lagi Terimakasih telah membaca Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru.

0 komentar:

Post a Comment