Thursday 24 September 2015

Contoh Recount Text Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 3



Contoh Recount Text Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 3 – Recount text merupakan salah satu materi dalam bahasa Inggris yang cukup menarik untuk dipelajari. Karena kita akan menceritakan pengalaman “experience” kita kepada para pembaca. Tetapi, bagaimana jadinya jika kita tidak bisa membuat Contoh Recount Text ? Tentu, sebagus apapun cerita teman-teman kalau tidak sesuai kaidah penulisan Contoh Recount Text Bahasa Inggris itu bukanlah recount text. Maka pada kesempatan ini saya akan membantu teman-teman yang masih belum bisa membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. Saya akan memberikan teman-teman beberapa Contoh Recount Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru yang bisa dijadikan sumber acuan dalam membuat tugas sekolah tentang Contoh recount Text Bahasa Inggris. Apapun itu, jika ada yang menjadi sumber acuan kita insya Allah akan memudahkan kita dalam melakukannya. Tak terkecuali dalam membuat Contoh Recount Text, jika ada yang menjadi contoh acuan kita tentu akan semakin memudahkan kita dalam membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. 

Contoh Recount Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 3 ini mudah untuk dipahami sehingga akan memudahkan teman-teman dalam membuat Contoh Recount Text yang ditugaskan oleh guru. Tetapi sebelum saya memberikan Contoh Recount Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru ini, alangkah baiknya jika kita paham atau mengerti apa sih itu recount text bahasa Inggris ? Ya. Recount Text adalah tekxt dalam bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman “experience” yang pernah kita alami pada masa lampau. Kejadian atau pengalaman yang teman-teman ceritakan bisa dari yang manis hingga yang pahit sekali pun. Heheehe. Pengalaman ditinggal pacar, ditolak, dan dikhianati juga bisa. Atau…mengkhianati… ?? Wkwkwkwk. Apa saja boleh dijadikan Contoh Recount Text bahasa Inggris. 

Buatlah cerita Recount Text yang semenarik mungkin. Karena tujuan dari recount text dalam bahasa Inggris adalah untuk menghibur para pembaca. Bagaimana mungkin pembaca bisa tertarik jika Contoh Recount Text yang teman-teman buat tidak menarik ? Jika tidak menarik, maka tujuan dari dibuatnya recount text bahasa Inggris tentu tidak akan tercapai. Maka buatlah Contoh recount text yang kreatif sehingga membuat pembaca menjadi terhibur dengan Contoh Recount Text bahasa Inggris teman-teman.

Setiap teks dalam bahasa Inggris pasti memiliki ciri-cirinya masing-masing. Begitu juga dengan Recount Text dalam bahasa Inggris. Salah satu ciri yang paling menonjol dalam Contoh Recount Text  penggunaan kata kerja bentuk lampau atau dalam bahasa Inggris disebut Simple Past Tense. Misalnya : I bought a book yesterday, We went to the library 2 days ago, I was happy, dll. Selanjutnya, cirri yang paling menonjol adalah banyaknya penggunaan kata penghubung antar kalimat atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Conjunction. Misalnya : And, then, After, before, or, but, dll.    

Suatu teks dalam bahasa Inggris pasti memiliki komponen-komponen penyusun sehingga teks itu bisa disebut recount text, atau narrative text, atau descriptive text, dll. Kesemua teks tersebut disusun oleh berbagai komponen atau struktur. Adapun struktur dari recount text bahasa Inggris antara lain : 

a.       Orientaition : orientation dalam recount text berisi tentang pendahuluan atau pengenalan tentang recount text yang kita buat. Contohnya kita sedang membahas “Banjir yang melanda Aceh". Maka kita bisa memberikan gambaran kepada pembaca di mana tempat terjadinya banjir, kapan waktu terjadinya banjir, dan siapa saja orang yang Anda ceritakan dalam peristiwa banjir tersebut. Contoh kalimatnya : Pagi ini aku, Dendi, dan Rangga sedang asyik-asyiknya bermain di teras rumahku. Tiba-tiba saja suara ribuan orang mulai berteriakan di kampung kami. Ternyata banjir tahunan mulai menghampiri kampung kami.

b.      Events : Events dalam bahasa Inggris berisi peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi di dalam cerita recount text. Misalnya di atas kita telah membahas tentang banjir. Maka urutan peristiwanya : Warga kampung langsung berlarian menuju bukit yang ada di sekitar kampung kami. Ribuan ternak, pohon, dan rumah kami mulai berguguran satu persatu. Kami menyaksikan kejadian itu di atas bukit. Kami hanya bisa terdiam menyaksikan peristiwa itu. Tidak lama setelah banjir mulai sedikit menurun tim SAR pun mulai mengevakuasi korban tenggelam yang nyawanya sudah tidak terselamatkan. Ribuan sorak pun tumpah melihat sanak keluarga mereka menjadi korban dalam tragedy banjir tersebut.


c.       Re-orientation : re-orientation dalam bahasa Inggris berisi kesimpulan, komentar, atau kesan terhadap rangkaian peristiwa-peristiwa yang ada di bagian Events. Karena kita membahas tentang banjir di Aceh. Maka re-orientationnya kurang lebih seperti ini : Sungguh peristiwa yang menyedihkan bagi kampung kami. Semoga kedepannnya masalah banjir ini akan cepat di atasi.

Setelah memahami pengertian recount text, ciri-ciri recount text, tujuan recount text, serta struktur dari recount text, maka Anda akan mudah memahami Contoh Recount Text bahasa Inggris. Jadi, sekarang saya akan memberikan Anda Contoh Recount Text Bahasa Inggris Terbaru Lengkap Part 3. Jika Anda memahami dengan serius Contoh Recount Text Bahasa Inggris Terbaru Lengkap ini dan menjadikan Contoh Recount Text Bahasa Inggris Terbaru Lengkap Part 3 ini menjadi contoh acuan dalam membuat recount text, tentu Anda akan mahir dalam membuat Contoh Recount Text Bahasa Inggris. Berikut Contoh Recount Text Bahasa Inggris Terbaru Lengkap  Part 3 :



My Nice Experience in Yogyakarta

On Wednesday, my students and I went to Yogyakarta. We stayed at Dirgahayu Hotel which is not far from Malioboro.
                On Thursday, we visited the temple in Prambanan. There are three big temples, the Brahmana, Syiwa, and Wisnu temples. They are really amazing. We visited only Brahma and Syiwa temples, because Wisnu temples is being renovated.
                On Friday morning, we went to Yogya Kraton. We spent about two hours there. We were lucky because we were led by a smart and friendly guide. Then we continued our journey to Borobudur. We arrived there at four p.m.  At 5 p.m.  We heard an announcement that Borobudur gate would be closed.
                In the evening we left for Jakarta by Wisata bus.

4.       The text above mainly discusses about ………….
a.       the writer’s trip to Yogyakarta                                        d.    the writer’s impression about Borobudur
b.       the writer’s experience at Yogyakarta Kraton             e.     the writer’s impression about the guide
c.       the writer’s first visit to Prambanan
5.       Which of the following statement is TRUE?
a.       The writer and the students went to Yogyakarta for having research.
b.       Malioboro is very far from Dirgahayu Hotel
c.       The writer went to Borobudur first and then to Kraton.
d.       The writer left for Jakarta on Friday
e.       The writer was very disappointed with the guide.
6.       Which temple was being renovated?
a.       Syiwa                                                                     c.   Syiwa and Wisnu                         e.   Wisnu
b.       Brahma                                                                  d.   Borobudur
7.       “They are really amazing” (Paragraph 2). The synonym of the underlined word is ……….
a.       horrifying                                                             c.   annoying                                         e.   familiar
b.       wonderful                                                             d.  huge                                 


Text 11 for questions 35 to 37

Postcards always spoil my holidays. Last summer, I went to Italy. I visited the museums and sat in public gardens. A friendly waiter taught me a few words of Italian. Then he lent me a book. I read a few lines, but I didn’t understand a word. Everyday I thought about postcards. My holidays passed quickly, but I didn’t send any cards to my friends. On the last day I made a big decision. I got up early and bought thirty seven cards. I spent the whole day in my room, but I didn’t write a single card.

8.                           The text describe …………
a.                the friendly Italian waiter he met                                    d.   the many kinds of postcards he collected
b.               some interesting postcards he received                          e.   how postcards spoiled his holidays in Italy
c.                the postcards the writers bought in Italy
9.                           On the last day of his holidays the writer planned ……..
a.                do nothing                                                            c.   write postcards                              e.   learn Italian words
b.               send postcards                                     d.   read many books
10.                        “Postcards always spoil my holidays.” (Line 1).
        The underlined word is synonymous with ………
a.         ruin                                                      c.   break                                               e.   decay
b.        change                                                  d.   worsen


Terima kasih telah membaca Contoh Recount Text Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 3. Semoga Contoh Recount Text Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 3 ini bisa bermanfaat bagi teman-teman dalam membuat recount text bahasa Inggris. Semoga ke depannya saya bisa memposting lebih banyak lagi Terima kasih telah membaca Contoh Recount Text Bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 3.



0 komentar:

Post a Comment