Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2 - Rajin mengerjakan soal adalah salah satu kunci sukses menghadapi ulangan harian maupun semester. Apalagi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), harus banyak menghafal deh teman-teman. Karena tujuan saya adalah membantu teman-teman, pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2. Berikut Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2 :
BACA JUGA : Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP/MTs Kelas VII (7) Part 1
1. Dalam kegiatan musyawarah membahas kegiatan
sekolah, setiap siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan usul. Jika usul kita
tidak dapat diterima, sikap kita sebaiknya . . . .
a. Melakukan
segala upaya agar usul kita dapat diterima
b. Menerima
dan menyalahkan orang lain
c. Memutuskan
meninggalkan rapat
d.
Menerima
dengan lapang dada
2. Perhatikan
sikap-sikap berikut !
1) Menghargai
pendapat pihak lain
2) Menerima
pendapat yang baik dan meluruskan pendapat yang salah
3) Pendapat
hendaknya disampaikan secara baik disertai rasa keterbukaan
4) Pendapat
disalurkan melalui jalur yang benar
Sikap
yang terhadap pendirian dan pendapat pihak lain ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1
dan 2
b.
2 dan 3
c. 2
dan 4
d. 3
dan 4
3. Perhatikan
cerita berikut ini !!
Srek .
. srek . . srek, Bu Rahmi sibuk membersihkan halaman. Sembarih membasuh peluh
di dahinya,Bu rahmi menghela napas panjang. Setiap malam minggu,halaman rumah
Bu Rahmi digunakan pemuda-pemudi untuk rapat,sarasehan, atau menonton
pertandingan sepak bola di televisi. Sungguh disayangkan seperti pepatah jawa
“gelem jamure ora gelem watange” (mau enaknya tidak mau susahnya),usai acara
tersebut para pemuda dan pemudi
membiarkan sampah berserakan. Mereka tidak mau membersihkannya. Akhirnya, Bu
Rahmilah yang harus membersihkan.
Sebagai
pemilik halaman, Bu Rahmi sama sekali tidak keberatan halamannya dimanfaatkan
untuk kegiatan pemuda-pemudi. Dia hanya menuntut sikap tanggungjawab para
pemuda untuk membersihkan sampah setelah acara selsai. Minggu selanjutnya Bu
Rahmi mencoba berbicara dengan ketua karang taruna di desanya. Dia memberi
teguran sekaligus saran lebih bertanggung jawab membersihkan lingkungan setelah
memakannya.
Jika
kamu menjadi ketua karang taruna, langkah bijak yang akan kamu lakukan adalah .
. .
a. Tidak
mengacuhkan pendapat Bu Rahni dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa
b. Memutuskan
untuk mencari lokasi lain yang tidak dipengaruhi sehingga lebih leluasa
c. Menghormati
saran Bu Rahni dan segera membubarkan
acara pemuda-pemudi yang telah dilaksanakan
d.
Membuka diri
terhadap saran Bu Rahmi dan melaksanakan saran secara bersama-sama
4. Dalam
pergaulan internasional kita harus terbuka terhadap nilai-nilai yang datang
dari luar. Terbuka artinya . . . .
a. Menerima
seluruh nilai yang masuk tanpa adanya penyaringan
b. Menerima
nilai yang sesuai dengan kepentingan golongan
c.
Menerima
nilai yang sesuai dengan kepribadian bangsa
d. Memilih
nilai yang sesuai dengan kepentingan pribadi
5. Pemblokiran
jalan yang dilakukan masyarakat mengakibatkan kemacetan dan mengganggu pengguna
jalan.hal ini merupakan perilaku yang tidak tepat dalam menjunjung tinggi nilai
. . . .
a. Ketuhanan
b. Kamanusiaan
c.
Persatuan
Indonesia
d. Kerakyatan
6. Perhatikan
percakapan berikut ini !
MUSYAWARAH MENENTUKAN REGU
PIKET
Ari : “selamat pagi, teman-teman ! Hari ini kita akan
bermusyawarah untuk menentukan regu piket dan anggotanya serta tugas yang harus
dikerjakan. Dalam musyawarah ini dibuka kesempatan seluas-luasnya bagi
kawan-kawan untuk menyampaikan pendapat. Kita mulai dengan menentukan kelompok
dan anggotanya.”
Ali : “jumalh siswa di kelas kita tiga puluh orang. Bagaimana
jika kelompok disesuaikan dengan jumlah hari dalam satu minggu. Dengan
demikian, akan didapat enam kelompok dengan anggota lima orang. Untuk nama
anggotanya kita tentukan dengan undian.”
Lia : “wah, kalau dengan undian terlalu repot. Bagaimana
kalau memilih sendiri saja?”
Ali : memillih sendiri bagus , tetapi kurang adil karena
kelompok yang terrbentuk perempuan semua atau laki-laki semua.”
Lia : “dengan undian hasilnya juga belum tentu bervariasi”
Ali : “setidaknya dengan undian lebih adil.”
Lia : “ percayalah teman-teman dengsn memilih sendiri lebih
cepat dan tepat.”
Ali : “ lebih baik dan adil tetap menggunakan undian.”
(karena
tidak menemukan mufakat. Ari sebagai ketua kelas memutuskan untuk melakukan
voting)
Sikap
yang seharusnya kamu tunjikan seandainya kamu sebagai salah satu anggota
musyawarah dalam voting tersebut adalah . . . .
a. Tidak
memilih usulan ali dan lia karena kedua usulan tersebut tidak sesuai dengan
hati nurani
b. Meninggalkan
ruang kelas sebagai wujud protes tetrhadap perbedaan pendapat yang terjadi
c.
Memilih salah
satu pendapat yang lebih bermanfaat bagi kemaslahatan bersama
d. Mendukung
pendapat ali dan lia dengan memilih keduanya
7. Mengemukakan
pendapat secara bebas dan bertanggung jawab merupakan hal penting yang harus
dilakukan saat bermusyawarah. Setiap peserta musyawarah harus memperhatikan
ketentuan –ketentuan berikut, kecuali
. . . .
a. Pendapat
hendaknya disampaikan secara baik
b. Tidak
memaksakan pendaat pribadi kepada orang lain
c.
Pendapat
sebaiknya disampaikan dengan suara keras
d. Menghormati
pemimpin musyawarah ketika berpendapat
8. Perhatikan
lobi yang dilakukan Dr.Moh Hatta dalam perumusan dasar negara berikut ini !
J.
Latuharhary wakil dari Indonesia Timur, menyatakan keberatan atas rumusan dasar
negara dalam piagam jakartan. J.Latuharhary menemui Drs.Moh Hatta. Dan
menyampai aspirasi tersebut. Drs.Moh Hatta Selanjutnya menemui tokoh islam di
PPKI, yaitu Ki Bagus Hadikusuma. Drs. Moh Hatta mengusulkan agar tujuh kata
pada ketentuan pertama piagam jakarta tersebut dihapus,setelah didiskusikan.
Akhirnya, disepakati rumusan “Ketuhana dengan kewajiban menjalankan syariat
islam bagi pemeluk-pemeluknya”, Diganti dengan :Ketuhanan Yang Maha Esa”
Semangat dan komitmen
kebangsaan yang tercermin dalm proses lobi tersebut adalah . . . . .
a. Menghargai
pihak lain
b.
Mengutamakan
persatuan dan kesatuan
c. Tidak
memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain
d. Keterbukaan
yerhadap pendirian dan pendapat pihak lain
9. Pasangan
nilai-nilai pancasila yang sesuai dangan lingkungannya ditunjukkan oleh . . . .
a. Pengamalan nilai
pancasila bekerja sama dalam menyelesaikan
pekerjaan rumah , lingkungan sekolah
b. Pengamalan nilai
pancasila menjaga ketenangan dalam kegiatan
belajar mengajar , lingkungan
keluarga
c. Pengamalan nilai
pancasila memberi selamat pada tetangga yang
mendapat juara antar sekolah , lingkungan
sekolah
d.
Pengamaln nilai pancasila
menjaga ketenangan,keamanan,dan ketertiban lingkungan , lingkungan masyarakat
10. Memberikan kesempatan kepada pemeluk agama
lain untuk menjalankan ibadah merupakan sikap dan perilaku positif terhadap
nilai Ketuhanan Yang Maha Esa , yaitu
. . . .
a. Melaksanakan
kewajiban sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
b. Membina
kerja sama dan tolong menolong dengan pemeluk agama lain
c. Mengembangkan
toleransi antarumat beragama
d.
Tidak
memaksakan agama kepada orang lain
“ ULANGAN HARIAN “
1. Rumusan
dasar negara dalam Piagam Jakarta menimbulkan reaksi dari warga Indonesia Timur
yang diwakili oleh J.Latharhary. Warga Indonesia Timur keberatan dengan rumusan
. . . .
a. Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebikjaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
b.
Ketuhanan
dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya
c. Kemanusiaan
yang adil dan beradab
d. Persatuan
Indonesia
2. Perhatikan
rumusan dasar negara berikut ini !
1) Peri
kebangsaan
2) Peri
kemanusiaan
3) Peri
ketuhanan
4) Peri
kerakyatan
5) Kesejahteraan
rakyat
Rumusan dasar negara tersebut diusulakn . . . .
a. Prof.Dr.Soepomo
b. Ir.Soekarno
c.
Muh.Yamin
d. Moh.Hatta
3. Dalam
prumusan dasar negara para pendiri bangsa memiliki impian masing-masing tentang
negara yang akan didirikan. Ada yang menginginkan negara Indonesia
didirikan diatas syariat agama. Adapula
yang menginginkan negara Indonesia didirikan dengan memisahkan antara negara
dan urusan agama. Selanjutnya, seluruh kepentingan dan keinginan para pendiri
bangsa tersebut saling direlakan demi terwunjudnya persatuan Indonesia. Hal ini
merupakan contoh komitmen kebangsaan yang ditunjukkan oleh para pendiri bangsa, yaitu. . . .
a.
Mendahulukan
kepentingan umum
b. Nasionalisme
c. Musyawarah
d. Persatuan
4. Perhatikan
cuplikan pidato Ir.Soekarno berikut ini !
“. . .
Kita mendirikan suatu negara semua untuk semua, yaitu kebangsaan Indonesia.
Kebangsaan Indonesia yang bulat! Bukan kebangsaan Jawa,bukan kebangsaan
Sumatera,bukan kebangsaan Borneo,Sulawesi,atau lain-lain, tetapi kebangsaan
Indonesia, yang bersama-sama menjadi dasar suatu nationale staat”
Semangat dan komitmen
kebangsaan yang ditunjukkan Ir.Soekarno dalam pidato tersebut adalah . . . .
a.
Nasionalisme
b. Musyawarah
c. Persatuan
d. Toleransi
5. Dalam
perumusan dasar negara, semangat toleransi ditunjukkan oleh para pendiri bangsa
dalam wujud . . . .
a. Sidang
pertama dan kedua BPUPKI
b. Konsensus
nasional dalam piagam jakarta
c. Pengorbanan,baik
tenaga,waktu,maupun pikiran demi perumusan dasar negara
d.
Piagam
jakarta menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa
6. Bangsa
Indonesia memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil rakyat untuk mengemban
amanat rakyat. Hal ini merupakan wujud semangat kebangsaan , yaiitu . . . .
a.
Keadilan
sosial
b. Musyawarah
c. Peradaban
d. Persatuan
7. Melatih
penduduk terampil dalam berbagai bidang seperti
masak,menjahit, dan perbekalan merupakan sikap positif terhadap Pancasila yang
berhubungan dengan . . . .
a. Musyawarah
b. Ketuhanan
c.
Persatuan
d. Keadilan
8. Unjuk
rasa yang berujung dengan perusakan fasilitas umum dan pembakaran ban mobil
merupakan sikap dan perilaku yang tidak tepat dalam menjunjung Pancasila
terutama dalam sila . . . .
a. Ketuhanan
b.
Kemanusiaan
c. Persatuan
Indonesia
d. Permusyawaratn
perwakilan
9. Korupsi
merupakan masalah berat yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Korupsi
merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu . . . .
a. Disiplin
dan pantang menyerah
b. Persatuan
dan kesatuan
c. Rela
berkorban
d.
Kejujuran
10. Musyawarah mufakat merupakan cara terbaik
dalam proses pengambilan keputusan. Nilai musyawarah terkandunng dalam
Pancasila, yaitu . . . .
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d.
Keempat
11. Setelah dilakukan perubahan terhadap rumusan
dasar negara dalam Piagam Jakarta, seluruh bangsa Indonesia dapat bersatu dalam
Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sesuai dengan fungsi Pancasila
sebagai ideologi negara, yaitu . . .
.
a.
Merupakan
salah satu unsur pengikat atau pemersatu bangsa Indonesia
b. Memberikan
legitimasi dan rasionalisasi terhadap perilaku dan hubungan sosial masyarakat
c. Merupakan
dasar atau acuan pokok bagi solidaritas sosial dalam kehidupan kelompok atau
masyarakat
d. Merupakan
pendidikan bagi sesorang atau bangsa untuk memahami cara bertingkah laku yang
sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya
12. Perhatikan bagan berikut ini !
Pancasila àUUD
1945 à
KetetapAn MPR à Undang-Undang/Perpu à
Peraturan perundangan lainnya
Bagan tersebut
menunujkkan peran Pancasila sebagai sumber tertib hukum Republik Indonesia
yaitu sebagai . . . .
a. Papan
uji bagi perundang-undangan Indonesia
b.
Hukum dasar
negara
c. Hukum
tertiinggi
d. Sumber
hukum
13. Pancasila dijadikan sebagai pandangan
hidup,kesadaran,dan cita-cita moral yang meliputi suasana kewajiban dan watak
dari rakyat dan negara Indonesia. Hal ini menunjukkan kedudukan Pancasila
sebagai . . .
a.
Ideologi
negara
b. Hukum
dasar bagi negara Indonesia
c. Sumber
tertib hukum di negara Indonesia
d. Papan
uji bagi perundang-undangan Indonesia
14. Landasan hukum yang berisi penegasan rumusan
Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara terdapat dalam . . . .
a.
Pembukaan UUD
b. Dekret
Presiden 5 juli 1959
c. Instruksi
Presiden Nomor 12 Tahun 1968
d. Ketetapan
MPR Nomor XVII/MPR/1998
15. Simaklah berita berikut ini !
Indonesia Raih Prestasi Prestisius di IJSO
Pelajar SMP Indonesia
bertanding di INTERNATIONAL JUNIOR SCIENCE OLYMPIAD di Changwon, Korea Selatan,
dan berhasil meraih prestasi sebagai juara pertama dalam tes eksperimen.
Predikat tes eksperimen terbaik itu mendongkrak perolehan medali yang diraih
tim Indonesia. Keenam siswa SMP yang mewakili Indonesia mamapu menyumbangkan
empat medali emas , empat medali perak , dan satu medali perunggu.
INTERNATIONAL JUNIOR SCIENCE OLYMPIAD (IJSO) ke 5 itu diikuti 257 siswa dari 48
negara peserta dan lima negara sebagai pengamat. Putra-putri bangsa dalam
kompetisi itu berhasil mengharumkan nama bangsa dnegan mengungguli peserta dari
negara lain. Meskipun mereka terbukti unggul, putra-putri Indonesia tidak
lantas merendahkan bangsa lain. Bagi mereka mencintai negaranya tidak berarti
harus membenci negara lain.
Berdasarkan berita tersebut semangat dan
komitmen kebangsaan yang ditunjukkan oleh putr-putri Indonesia dalam
INTERNATIONAL JUNIOR SCIENCE OLYMPIAD di Changwon , Korea Selatan, adalah . . . .
a. Nasionalisme
b. Bekerja
keras
c.
Pantang
menyerah
d. Mendahulukan
kepentingan umum
16. Kegiatan yang menunjukkan sikap mengutamakan
persatuan dan kesatuan adalah . . . .
a. Umat
kristiani merayakan hari natal bersama-sama di gereja
b. Umat
Islam melaksanakan Ibadah salat Jumat bersama di mesjid terdekat
c.
Seluruh
masyarakat desa melakukan gotong royong membersihkan saluran air pada hari
libur
d. Kepala
desa mengimbau warganya untuk meramaikan peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus
1945
17. Pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara
hukum. Jika ditinjau dari kedudukannya, Pancasila sebagai . . . .
a. Dasar
negara
b. Ideologi
negara
c.
Kepribadian
bangsa
d. Pandangan
hidup bangsa
18. Sila-sila dalam Pancasila merupakan kesatuan
yang tidak dapat dipisah-pisahkan dan tidak ada sila yang mononjol dari yang
lainnya. Hal ini karena . . . .
a.
Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia
b. Pancasila
merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh
c. Pancasila
menjadi dasar falsafah bangsa Indonesia
d. Pancasila
sebagai ideologi bengsa Indonesia
19. Nilai - nilai dasar yang tersirat dalam sila
kelima Pancasila adalah . . . .
a. Tidak
memaksakan kehendak
b.
Menjunjung tinggi
kemanusiaan
c.
Bersikap adil
antarsesama manusia
d. Menghormati
derajat dan harkat martabat orang lain
20. Dalam pergaulan sehari-hari kita perlu menjaga
sikap dan tutur kata
Agar tidak mengganggu
orang lain. Hal ini merupakan contoh penerapan Pancasila, yaitu sila . . . .
a.
Kedua
b. Ketiga
c. Keempat
d. Kelima
21. Semua nilai pancasila harus dikembangkan dalam
kehidupan sosial budaya kita agar . . . .
a.
Tercipta
kesejahteraan,ketenangan,keamanan,dan kedamaian.
b. Hasil
pembangunan dapat kita rasakan bersama
c. Segala
tujuan bangsa tercapai
d. Terwujudnya
semua cita-cita
22. Setiap warga,baik rakyat maupun
pemerintah harus menjunjung tinggi
harkat dan martabat manusia. Hal ini merupakan pernyataan yang terkandung dalam
sila . . . .
a. Pertam
b.
Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
23. Sikap positif untuk mempertahankan pancasila
seebagai ideologi negara penting dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali . . . .
a. Pemerintah menindak tegas segala upaya penggantian pancasila dengan
ideologi lain
b.
Mengamalkan nilai yang
terkandung di dalamnya
c.
Menetapkan pancasila
sebagai ideologi negara
d.
Menghafalkan sila-sila
pancasila
24. Atas prakarsa Drs.Moh Hatta beserta sidang
PPKI mengadakan perubahan rumusan dasar negara dalam piagam jakarta, yaitu pada
rumusan sila . . . .
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
25. Sikap positif terhadap pancasila dalam
kehidupan berbangsa diwujudakan dengan . . . .
A. Menjalankan
kegiatan pemerintah dengan jujur dan konsekuan
B. Menjalankan
ajaran agama masing-masing dengan baik
C. Memanfaatkan
SDA untuk diri sendiri
D. Suka membantu dan menolong bersama
26. Kewajiban masyarakat terhadap pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa adalah . . . .
a. Menghayati
dengan sepenuh hati
b. Menyebarluaskan
melalui berbagai media
c. Menjadikan
sebagai sumber ilmu pengetahuan
d.
Mengamalkan
dalam kehidupan sehari-hari
27. Pancasila sebagai dasar
negara selalu dipertahankan oleh seluruh rakyat indonesia sejak indonesia
merdeka sampai sekarang. Hal ini karena pancasila merupakan . . . .
a. Peninggalan
budaya asli nenek moyang bangsa indonesia
b. Hasil
kristalisasi dari sistem nilai atau budaya bangsa indonesia
c. Hasil
konsensus nasional para pemimpin bangsa indonesia
d.
Peninggalan
budya asli hasil konsensus nasional para pemimpin bangsa
28. Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti
bahwa pancasila merupakan . . . .
a. Landasan
didirikannya sebuah bangunan, yaitu bangsa indonesia
b. Dasar
diproklamasikannya negara kesatuan republik indonesia
c.
Landasan
nilai yang membedakan indonesia dengan bagsa lain
d. Dasar
untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan indonesia
29. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, perwujudan
pancasila sebagai dasar negara tercermin dalam . . . .
a. Sistem
sosial yang berlaku
b. Pandangan
hidup masyarakat
c.
Peraturan
perundang-undangan
d. Adat
istiadat dan kebiasaan masyarakat
30. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan
dalam menyampaikan pendapat, kecuali
. . . .
a. Bersikap
hormat kepada orang lain
b. Pendapat
disalurkam melalui jalur yang benar
c. Tidak
memaksakan agam kepada orang lain
d.
Tidak boleh
memaksakan pendapat kepada orang lain
Semoga Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2 ini bisa membantu teman-teman yang akan menghadapi ulangan harian ataupun ulangan semester. Terima kasih telah membaca Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2.
wah thx min, bisa nih buat aku pake ngajar adik di rumah. kasi contoh2 soal...
ReplyDeletecocok buat adek nih,, tapi mending soal n jawaban dipisah min biar baca soalnya sambil mikir jawaban.. :D
ReplyDeletepas banget nih min ane soalnya lagi ngajarin adik gua nih min hehehe
ReplyDeletethanks ya min
thanks infonya gan
ReplyDeleteMohon izin dicopy soal PKn di atas Pak
ReplyDeleteMohon dicopy soal pilihan ganda di atas Pak
ReplyDeleteGoblok nih.salah semua
ReplyDeleteOy
ReplyDelete