Monday, 15 August 2016

Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Kelas X SMA/MA/SMK Part 1 Terbaru


Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Kelas X SMA/MA/SMK Part 1 Terbaru - Beberapa hari lagi kalian akan menghadapi ulangan semester. Menghadapi ulangan semester tentu bukan sesuatu yang asal-asalan. Kalian harus mempersiapkan diri sebaik-baik dan semaksimal mungkin agar nilai ulangan semester kalian memuaskan. Salah satu mata pelajaran yang sering kali membuat siswa-siswi mendapat nilai di bawah standar adalah mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ). Pada kesempatan ini saya akan memberikan soal-soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) untuk persiapan menghadapi ulangan semester. Berikut Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Kelas X SMA/MA/SMK Part 1 Terbaru.







1. Nasionalisme Indonesia telah berhasil membangkitkan semangat berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Sebagai embrio rasa persatuan dan kesatuan dalam mencapai kemerdekaan adalah adanya peristiwa ....


a. Proklamasi 17 Agustus 1945
b. lahirnya Budi Utomo 20 Mei 1908
c. Dekrit Presiden 5 Juli 1959
d. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
e. lahirnya wawasan nusantara


2. Tujuan utama Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 1945 adalah ....

a. melepaskan diri dari pengaruh penjajah
b. menghendaki terciptanya negara yang kaya
c. dapat bersaing dengan bangsabangsa lain
d. mewujudkan masyarakat adil dan makmur
e. memiliki negara yang patut dibanggakan


3. Dalam pengambilan keputusan, pengadilan tidak boleh memihak karena ....

a. negara Indonesia adalah negara hukum
b. kekuasaan kehakiman yang absolut
c. peradilan yang bebas dan independen
d. hukum diterapkan bila diperlukan
e. tiap warga negara mempunyai hak sama dalam hokum


4. Contoh upaya bangsa Indonesia mewujudkan negara kesatuan Republik Indonesia yaitu ....
a. ikut aktifnya bangsa Indonesia mewujudkan perdamaian dunia
b. rela berkorban demi kepentingan bersama secara nasional
c. memproklanmasikan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945
d. perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah di Indonesia
e. mengatasi berbagai macam rongrongan baik dari dalam maupun dari luar


5. Yang termasuk makna pokok patriotism adalah ....

a. menempatkan persatuan di atas segalanya
b. tak kenal menyerah dalam mengatasi rintangan
c. cinta tanah air, bangsa, dan negara
d. rela berkorban untuk kepentingan masyarakat
e. berjiwa pembaharu dalam segala bidang


6. Di bawah ini ciri-ciri patriotisme, kecuali ....

a. mengembangkan sikap persatuan dan kesatuan
b. cinta tanah air dan rela berkorban untuk-bangsa
c. memperjuangkan otonomi luas yang mengarah pada bentuk federal
d. mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi
e. mencintai persatuan dan kesatuan wilayah nusantara


7. Makna utama proklamasi kemerdekaan RI bagi bangsa Indonesia apabila ditinjau dari aspek yuridis, yaitu ....

a. puncak perjuangan bangsa Indonesia
b. dimulainya penerapan Pancasila sebagai sumber hukum
c. menandai mulai dihapuskannya sistem hukum kolonial
d. berlakunya supremasi hukum untuk ditegakkan oleh bangsa
e. diakuinya negara hukum Indonesia dalam forum internasional


8. Equality before the law sebagai salah satu ciri negara hukum mempunyai pengertian ....
a. kesamaan di depan hukum
b. persamaan kedudukan dalam pemerintahan
c. tindakan atas dasar hukum yang berlaku
d. kedudukan berdasarkan status
e. manusia mempunyai harkat dan derajat yang sama


9.. Teori tentang asal mula terjadinya suatu negara yang dikemukakan oleh J.J. Rouseau dalam bukunya “Do Contrac Social adalah bahwa negara timbul karena ....
a. adanya organisasi kemasyarakatan
b. atas dasar perjanjian masyarakat
c. belum ada yang menguasai
d. atas dasar kekuasaan belaka
e. atas dasar kehendak Tuhan


10. Perhatikan unsur-unsur negara hokum berikut.

1. Supremacy of die law
2. Human rights
3. Equality before the law
4. Peradilan yang bebas
5. Adanya perlindimgan HAM

Dari urutan di atas yang termasuk unsur-unsur negara hukum menurut Prof. A.V. Dicey adalah nomor ....

a. 1, 3 dan 5
b. 1, 2 dan 5
c. 1, 2 dan 4
d. 1, 2 dan 3
e. 2, 3 dan 4


11. Unsur mutlak yang harus dipenuhi sebagai pembentuk negara adalah ....

a. unsur kedaulatan
b. unsur konstitutif
c. unsur deklaratif
d. unsur penting
e. unsur yuridis


12. Terjadinya negara secara primer adalah ….

a. mempersoalkan bagaimana asal mula terjadinya negara yang pertama kali di dunia
b. terjadi negara secara berdaulat
c. terjadinya negara dilihat dari dalam lingkungan negara lainnya
d. negara terjadi karena melalui perjuangan
e. negara terjadi karena pemberian kemerdekaan dari negara lain


13. Terjadi negara secara sekunder adalah .…

a. mempersoalkan bagaimana asal mula terjadinya negara yang pertama
b. terjadinya negara dilihat bagaimana negara tadi timbul yang berkaitan dengan negara lain
c. Negara terjadi memelalui perjuangan
d. Negara terjadi karena memiliki wilayah
e. Terjadinya negara secara berdaulat


14. Dalam masalah hukum dikenal ada asas legalitas yang memiliki pengertian .…

a. tidak ada perbuatan yang diancam pidana jika tidak ditentukan lebih dahulu dalam perundang-undangan.
b. seseorang dianggap tidak bersalah jika belum diputuskan oleh peradilan.
c. tidak dapat diadili dalam kasus yang sama.
d. hukum yang dibuat oleh pihak yangn berwenang
e. dalam peradilan seorang terdakwa harus didampingi oleh pengacara


15. Contoh hak asasi yang diberikan kepada warga negara Indonesia di bidang politik adalah ....
a. dipilihnya seseorang untuk menjadi pejabat Negara
b. memberi kesempatan bagi rakyat untuk menentukan pilihannya dalam pemilu
c. dilarangnya pegawai negeri dan ABRI menjadi pengurus partai
d. kebebasan dalam membuat organisasi kemasyarakatan
e. membiarkan kepada warga negara untuk mengeluarkan pendapatnya


16. Pengertian negara protektorat adalah ….

a. daerah yang semula jajahan dari negara yang kalah dalam Perang Dunia I
b. gabungan dua negara atau lebih dikepalai seorang kepala negara
c. daerah setelah Perang Dunia II belum mampu merdeka
d. negara yang langsung mengikat warga negaranya
e. negara yang berada dalam lingkungan negara lain


17. Perbedaan negara dominion dengan negara protektorat terletak pada ….


a. kedaulatan negaranya
b. sistem pemerintahan negara
c. ada atau tidaknya pengawasan dari PBB
d. kemandirian dalam urusan luar negerinya
e. penuh atau tidaknya penguasaan dari negara lain


18. Segala peraturan itu tidak tertulis dalam masyarakat tertentu, meresap dalam sanubari warganya dan apabila dilanggar menimbulkan akibat hukum tertentu disebut ….

a. hukum perdata
b. hukum dagang
c. hukum adat
d. hukum antargolongan
e. hukum pidana


19. Hukum tata negara dan hukum administrasi negara termasuk dalam lapangan ….

a. hukum publik
b. hukum tata pemerintahan
c. hukum negara
d. hukum tata usaha negara
e. hukum sipil


20. Negara mempunyai sifat khusus yang tidak dimiliki asosiasi lainnya, sifat itu ialah ....

a. permanen, asli, dan absolut
b. mengatur, memaksa, dan berdaulat
c. memaksa, memonopoli, dan mencakup semua
d. tertinggi, tidak terbagi dan mencakup semua
e. berkuasa, mengikat dan memaksa


21. Berikut ini adalah sumber hukum, kecuali ….

a. undang-undang
b. kebiasaan
c. yurisprudensi
d. traktat dan doktrin
e. ketetapan MPR

 22. Pengertian hak asasi manusia yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 alinea I adalah ....


a. hak menikmati kehidupan sebagai bangsa yang merdeka
b. kemerdekaan untuk menciptakan ketertiban dunia
c. kebebasan memeluk agama dan beribadah
d. hak bekerjasama dengan bangsa manapun juga
e. bebas dari kebodohan, kemiskinan dan kemelaratan


23. Empat dasar pemikiran tentang hak asasi manusia yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut, kecuali ....

a. negara ikut melaksanakan ketertiban dunia
b. negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara hukum
c. kemerdekaan nasional melindungi segenap bangsa
d. kemerdekaan nasional merupakan berkat rahmat Allah
e. semua warga negara bebas menyampaikan Pendapat


24. stilah hak asasi manusia lahir secara monumental sejak ….

a. timbulnya Magna Charta 1215
b. ditetapkannya Bill of Rights 1689
c. ditetapkannya Declaration des Droits de L’homme et du Citoyen 1789
d. ditetapkannya Declaration of Independence 1776
e. lahirnya Universal Declaration of Human Rights


25. Puncak tumbuhnya nasionalisme di Indonesia ditandai dengan kesadaran berbangsa dan bertanah air Indonesia yang terjadi pada peristiwa ....

a. Proklamasi Kemerdekaan
b. Konferensi Meja Bundar
c. Kebangkitan Nasional
d. Sumpah Pemuda
e. Dekret Presiden


26. Kesadaran hukum pada dasarnya bersumber dari ....

a. diri sendiri
b. orang lain
c. ancaman sanksi
d. sifat memaksa dari hukum
e. diri sendiri dan ancaman sanksi


27. Seseorang yang dituntut di muka pengadilan dianggap tidak bersalah sebelum pengadilan menyatakan bersalah. Hal ini sesuai dengan asas ….

a. legalitas
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. praduga tidak bersalah
e. nulum delectum


28. Pemerintah negara disebut berdaulat apabila ….

a. didukung dan ditaati oleh seluruh rakyatnya
b. mampu menciptakan peraturan perundang-undangan
c. dibentuk berdasarkan peraturan hukum
d. dapat memaksakan kehendaknya pada semua rakyat
e. mampu mensejahterakan seluruh rakyat

29. Manusia dalam hidupnya selalu ingin berkumpul dengan yang lainnya. Hal itu oleh Aristoteles disebut sebagai ....

a. makhluk individu
b. makhluk budaya
c. zoon politicon
d. monodualis
e. homo homini lupus


30. Di Inggris sebutan negara hukum adalah ….

a. law making treaty
b. the rule of law
c. negara merdeka
d. treaty contract
e. Magna Charta


31. Perhatikan penyataan ini !

1. Presiden mengangkat menteri-menteri.
2. Presiden memberi grasi dan rehabilitasi.
3. Persetujuan RAPBN menjadi APBN.
4. Penyelesaian sengketa pemilu.
5. Pembuatan undang-undang.


Penerapan ajaran Trias politika di Indonesia ditunjukkan oleh ….

a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 5
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 3, 4, dan 5
32. Yang dimaksud dengan chauvinism adalah ....

a. sikap keras mempertahankan pendirian dengan berbagai cara
b. menonjolkan keagungan bangsa sendiri dengan merendahkan bangsa lain
c. menonjolkan dan menganggap suku bangsanya paling hebat
d. sikap selalu setia kepada bangsa dan negara tanpa pamrih
e. sikap keras mempertahankan kepentingan golongannya


33. Akibat sikap primordial adalah .....


a. mempersempit moralitas pengakuan terhadap kesamaan harkat dan martabat serta melunturkan wawasan kebangsaaan
b. menciptakan kehidupan yang selaras, seimbang, dan serasi
c. menumbuhkan rasa kekeluargaan dan gotong royong yang tinggi
d. menciptakan stabilitas nasional yang mantap
e. menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air, bangsa, dan negara


34. Negara kesatuan dengan teori tujuan negara welfare state menurut konsep Supomo secara eksplisit tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 pada ….

a. alinea pertama
b. alinea kedua
c. alinea tiga
d. alinea empat
e. pokok pikiran empat


35. Korupsi berasal dari bahasa latin yaitu .…

a. corruption
b. corrupsi
c. corruptio
d. corrupsio
e. corruptive



B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat !


1. Mengapa suatu negara yang baru berdiri membutuhkan pengakuan dari negara lain ?

2. Apa saja ciri-ciri sebagai negara hokum ?

3. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya bangsa !

4. Jelaskan secara singkat terbentuknya bangsa atas pertimbangan yang bersifat ideal !

5. Bagaimanakah upaya penegakan HAM di Indonesia ?








Semoga dengan adanya Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Kelas X SMA/MA/SMK Part 1 Terbaru ini kalian akan semakin bagus dalam persiapan menghadapi ulangan semester yang sebentar lagi akan kalian hadapi. Agar nilai ulangan Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kalian bagus caranya adalah dengan rajin berlatih mengerjakan latihan soal-soal. Terimakasih telah membaca Soal Ulangan Semester Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Kelas X SMA/MA/SMK Part 1 Terbaru.

Monday, 25 July 2016

Materi " Asking for Compliments, Expressing of Compliments, and Responding of Compliments " serta Contoh Dialognya

Materi " Asking for Compliments, Expressing of Compliments, and Responding of Compliments " serta Contoh Dialognya - Kalian tentu pernah memberikan sebuah pujian kepada teman, sahabat, ataupun adik kalian. Pujian itulah yang disebut compliments dalam bahasa Inggris. Misalnya ketika kalian sangat kagum dengan sepeda baru yang baru teman kalian tentu kalian akan memlontarkan pujian. Intinya compliment / pujian diberikan saat kalian kagum terhadap sesuatu. Di sini saya akan memberikan contoh asking for compliments yaitu saat kalian ingin mendapat sebuah kepastian bagus atau tidaknya sesuatu yang kalian atau teman kalian punya. Kemudian Expressing of Compliments yaitu ungkapan pujian yang sering kita ucapkan. Responding of Compliments yaitu jawaban kalian setelah diberikan sebuah pujian. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Materi " Asking for Compliments, Expressing of Compliments, and Responding of Compliments " serta Contoh Dialognya.



Agar pemahaman kalian semakin jelas mengenai Materi " Asking for Compliments, Expressing of Compliments, and Responding of Compliments " ini silahkan lihat contoh beberapa ungkapan di bawah ini.



ASKING FOR COMPLIMENTS


- I think ....... suits me. Don't you ? ( Aku pikir ....... cocok denganku. Benar bukan ? )

- Do you like my ( new ) ..... ?   ( Apakah kau menyukai ........ baruku ? )

- What do you think of my new ...... ( Bagaimana menurutmu dengan ...... baruku ? )




EXPRESSING OF COMPLIMENTS

- Fantastic ! ( fantastis ! )

- I like ....... ( Aku menyukai .... )

- That / Those .............. are / is nice. ( Itu ........... bagus )

- That is great ! ( Itu luar biasa )

- .......... look / looks nice on you.   ( .......... kelihatan bagus padamu )

- You have a beautiful hand   ( Kau memiliki tangan yang indah )

- You have a nice shoes   ( Kau memiliki sepatu yang indah )

- Anton get nine for Mathematic. What a clever boy.   ( Anton mendapat nilai 9 di Matematika. Anak yang pintar )

- What a beautiful girl  ( Gadis yang cantik )



RESPONDING OF COMPLIMENTS


- Thank you / Thanks.  ( Terimakasih )

- Do you really think so ?  ( Apakah kamu benar-benar berpikir begitu ? )

- Thanks I need that

- It is very kind of you to say that.

- Really ? actually, I'm not sure about it

- It is nice of you to say so.

- You have my day




Contoh Dialog Mengenai Materi " Asking for Compliments, Expressing of Compliments, and Responding of Compliments "



Dialog 1 



Desi  : Wow, what a great bycycle you have, Muharrar ! ( Contoh Expressing of Compliments )

Muharrar  : Thanks, Desi. I just bought it yesterday. ( Contoh Responding of Compliments )

Desi : Where you buy it ?

Muharrar  : I I bought it in Masbagik.

Desi : You are good to choosing the colors of bycycle. ( Contoh Expressing of Compliments )

Muharrar : Do you really think so ?. ( Contoh Responding of Compliments )

Desi  : Yes, I think so. 




Dialog 2 



Muis  : Woow.. Melinda you look so beautiful wearing that dress. ( Contoh Expressing of Compliments )

Melinda : Really ? actually, I'm not sure about it. ( Contoh Responding of Compliments )

Muis  : I am not kidding. 

Melinda : Thank you Muis.

Muis  : Yeah.. you're welcome.






Semoga dengan adanya Materi " Asking for Compliments, Expressing of Compliments, and Responding of Compliments " serta Contoh Dialognya ini kalian akan semakin mudah dalam mengerti dan memahami seperti apa saja ungkapan dari asking for compliment, expressing of compliment, dan responding of compliment dalam bahasa Inggris. Dengan rajin berlatih dan terus mengulang pelajaran semoga nilai Bahasa Inggris kalian semakin bagus. Amin. Terimakasih telah membaca Materi " Asking for Compliments, Expressing of Compliments, and Responding of Compliments " serta Contoh Dialognya.

Sunday, 24 July 2016

Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Perkembangan Hak Asasi Manusia ( HAM )

Soal Pendidikan Kewarganegaraan  ( PKn ) Perkembangan Hak Asasi Manusia ( HAM ) - Salah satu materi dalam Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) adalah pekembangan hak asasi ( HAM ). Seperti kita tahu manusia sejak lahirnya sudah memiliki hak asasi manusia. Itulah sebabnya kita sebagai manusia diharuskan untuk saling hormat menghormati dan saling menghargai. Dalam materi perkembangan hak asasi manusia ( HAM ) ini kalian harus bisa menguasai apa itu pengertian hak asasi manusia, mampu mengklasifikasikan hak asasi manusia, apa saja instrumen HAM, dan mengetahui apa saja upaya dalam pemajuan dan penegakan HAM. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Pendidikan Kewarganegaraan  ( PKn ) Perkembangan Hak Asasi Manusia.







A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (x) di depan huruf a, b, c, d, ataupun e !



1. Pengertian hak asasi manusia adalah ….

a. hak yang diperoleh dari masyarakat
b. hak dasar yang dimiliki manusia secara kodrat
c. hak yang diperoleh warga negara dari pemerintah
d. hak mutlak bagi seluruh makhluk Tuhan Yang Maha Esa
e. hak yang dimiliki seseorang berdasarkan agama yang dianut.


2. Hak asasi manusia bersifat universal, artinya ….

a. berlaku bagi seluruh negara-negara yang merdeka
b. berlaku bagi umat manusia dengan persepsi yang sama
c. pernyataan yang banyak ditulis dalam berbagai dokumen
d. kewajiban bagi negara yang merdeka mengakui hak asasi
e. tercantum dalam piagam pendirian PBB


3. Dokumen historis sebelum masehi yang menetapkan “ketentuan-ketentuan hukum yang menjamin keadilan bagi warganya” adalah ...

a. Corpus Luris
b. Hukum Hammurabi
c. Hukum Solon
d. Ius Gentium
e. Ius Inter Gentium


4. Atlantic Center yang dipelopori F. D. Roosevelt mencakup jaminan kebebasan berikut ini, kecuali ....

a. berkumpul dan berorganisasi
b. beragama dan beribadat
c. memperoleh keadilan hukum
d. dari kemiskinan dan kekurangan
e. rasa takut (ingin aman dan nyaman)


5. The Universal Declaration of Human Rights merupakan Piagam PBB tentang hak asasi manusia yang ditetapkan pada tanggal ….

a. 10 Desember 1948
b. 10 Desember 1949
c. 10 Desember 1950
d. 10 Desember 1951
e. 10 Desember 1947


6. Piagam hak asasi manusia yang merupakan dokumen hak asasi manusia tertua di dunia adalah ….

a. Magna Charta
b. Bill Of Rights
c. Declaration Of Independence
d. The Four Freedom
e. The Universal Dclaration of Human Rights


7. Piagam pengakuan hak asasi manusia sedunia merupakan hasil sidang PBB di Paris adalah ….

a. Bill Of Rights
b. Magna Charta
c. Declaration Of Independence
d. The Universal Declaration Of Human Rgihts
e. Declaration des Droit


8. Gerakan-gerakan yang bertujuan memperjuangkan hak asasi manusia, antara lain ….

a. reformasi
b. revolusi
c. relasi
d. resolusi
e. reaksi


9. Property rights merupakan hak asasi mamnusia ...

a. hak asasi pribadi
b. hak asasi ekonomi
c. hak asasi politik
d. hak asasi sosial budaya
e. hak asasi mendapat perlindungan dan perlakuan yang sama di depan hukum dan pemerintahan.


10. Hak asasi warga negara untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum termasuk bagian dari ….

a. personal rights
b. property rights
c. political rights
d. rights of legal quality
e. social and cultural rights


11. Hak asasi manusia untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan sering disebut…

a. personal rights
b. property rights
c. political rights
d. procedural rights
e. rights of legal equality


12. Rights of legal equality merupakan hak asasi bidang ….

a. pribadi
b. sosial budaya
c. politik
d. ekonomi
e. hukum dan pemerintahan


13. Salah satu hak asasi pribadi berfungsi sosial berikut ini adalah ….

a. hak milik
b. hak pilih
c. hak beragama
d. hak memperoleh pekerjaan
e. hak melangsungkan keturunan


14. The four freedom yang menjadi cikal bakal lahirnya Universal Declaration of Human Rights dipelopori oleh ….

a. Montesqueau
b. Theodore Woodrow Wilson
c. FD. Rosevelt
d. Margareth Theacer
e. Proff Mirriam Budiarjo


15. Tokoh hak asasi yang berpendapat, bahwa satu-satunya hak asasi manusia adalah hak hidup adalah ….

a. John Locke
b. Thomas Hobbes
c. Mirriam Budiarjo
d. Aristoteles
e. Abraham Lincoln


16. Hak asasi manusia yang menyangkut hak hidup, hak kemaerdekaan dan hak memiliki sesuatu sesuatu tidak boleh diganggu gugat, karena ...

a. sudah dibawa sejak manusia lahir
b. diturunkan dari orang tua kandung
c. bersifat sangat pribadi dan esklusif
d. merupakan eksistensi manusia bermartabat
e. dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan


17. Pelaksanaan hak asasi manusia secara mutlak adalah ….

a. sesuai dengan kodrat manusia
b. pencerminan ditegakkannya hak asasi manusia
c. sesuai dengan ketentuan UU No. 39 tahun 1999
d. melanggar hak asasi manusia yang lain
e. merupakan kewajiban asasi


18. Hak untuk memperoleh pendidikan bagi seluruh warga negara telah diatur dalam Pasal 31 UUD Negara RI Tahun 1945 dan dijabarkan dalam peraturan perundang-undangan, yaitu ….

a. UU No. 14 Tahun 1970
b. UU No. 1 Tahun 1974
c. UU No. 9 Tahun 1999
d. UU No. 20 Tahun 2003
e. UU No. 10 Tahun 2008


19. Salah satu upaya penegakan HAM di Indonesia, yaitu dibuatkan peraturan perundang-undangan tentang Hak Asasi Manusia yang diatur dalam ....

a. Undang-Undang No. 5 Tahun 1998
b. Keppres No. 181 Tahun 1998
c. Keppres No. 129 Tahun 1998
d. Undang-Undang No. 39 Tahun 1999
e. Undang-Undang No. 26 Tahun 2000


20. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pada awalnya dibentuk berdasarkan ….

a. UU No. 50 Tahun 1993
b. Kepres No. 50 Tahun 1993
c. UU No. 39 Tahun 1999
d. UU No. 26 Tahun 2000
e. UU No. 3 Tahun 1999


21. Fungsi Komnas HAM meliputi berikut ini, kecuali ….

a. pengkajian dan penelitian
b. penyuluhan
c. pemantauan
d. mediasi
e. mengadili


22. Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara eksplisit diatur dalam dan ayat ....

a. Pasal 28 B Ayat (1)
b. Pasal 28 C Ayat (1)
c. Pasal 28 D Ayat (1)
d. Pasal 28 J Ayat (1)
e. Pasal 28 F


23. Komisi Nasional (KOMNAS) HAM bertujuan untuk ….

a. melaksanakan pengkajian penelitian terhadap HAM
b. mengadakan pemantauan dan meditasi tentang HAM
c. mengadakan penyelidikan terhadap kasus pelanggaran berat HAM
d. meningkatkan perlindungan dan pengakuan HAM
e. melaksanakan kerja sama dengan lembaga lain tentang perlindungan HAM


24. Berikut ini tindakan yang dapat dimasukkan pelanggaran HAM yang kejam, kecuali ….

a. pemerintahan totaliter
b. perusakan kualitas lingkungan
c. terorisme berskala besar
d. memberikan upah kepada buruh di bawah UMR
e. pemerintahan dictator


25. Undang-undang yang mengatur tentang peradilan HAM adalah ….

a. UU No. 26 Tahun 2000
b. UU No. 3 Tahun 1999
c. UU No. 39 Tahun 1999
d. UU No. 26 Tahun 1999
e. UU No. 50 Tahun 1993


26. Setiap manusia memiliki hak dasar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, yaitu...

a. hak hidup
b. hak asasi
c. hak beragama
d. hak berkebudayaan
e. hak berpolitik


27. Hak untuk berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat merupakan salah satu bentuk hak asasi politik. Hak tersebut telah diatur dalam ….

a. Pasal 27 Ayat (1) UUD Negara RI Tahun 1945
b. Pasal 27 Ayat (2) UUD Negara RI Tahun 1945
c. Pasal 28 UUD Negara RI Tahun 1945
d. Pasal 29 Ayat (1) UUD Negara RI Tahun 1945
e. Pasal 29 Ayat (2) UUD Negara RI Tahun 1945


28. Gerakan-gerakan yang bertujuan memperjuangkan hak asasi manusia, antara lain ….

a. reformasi
b. revolusi
c. relasi
d. resolusi
e. reaksi


29. Salah satu penyebab lahirnya pernyataan hak asasi manusia sedunia adalah ….

a. tuntutan merdeka negara-negara di Asia Afrika
b. kekalahan Jepang dan Jerman dalam Perang Dunia II
c. perang dunia yang melibatkan seluruh umat manusia
d. kemenangan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II
e. prakarsa dari Presiden Amerika Serikat dan PM Inggris


30. Contoh hak asasi manusis dalam bidang budaya adalah .....

a. bebas memanfaatkan sarana dan prasarana umum
b. mendapatkan pendidikan dan pengajaran
c. mendapatkan kesempatan untuk bekerja di sektor pertanian
d. bebas menggunakan hak pilih dalam pemilu
e keinginan untuk maju menjadi wakil rakyat




B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat !


1. Jelaskan yang dimaksud hak asasi manusia !

2. Faktor-faktor apa saja yang dapat mendorong dalam penegakan HAM ?

3. Bagaimanakah upaya pemerintah dalam menegakkan HAM ?

4. Bagaimanakah proses pelaksanaan peradilan pelanggaran HAM Internasional !

5. Mengapa hak asasi manusia tidak dapat dilaksanakan secara mutlak ?








Semoga dengan adanya Soal Pendidikan Kewarganegaraan  ( PKn ) Perkembangan Hak Asasi Manusia ( HAM ) ini kalian akan semakin dimudahkan dalam memahami dan mencari materi soal-soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) terutama yang berhubungan dengan HAM. Kalian akan semakin mudah dalam memahami apa itu pengertian hak asasi manusia, mampu mengklasifikasikan hak asasi manusia, apa saja instrumen HAM, dan mengetahui apa saja upaya dalam pemajuan dan penegakan HAM. Terimakasih telah membaca Soal Pendidikan Kewarganegaraan  ( PKn ) Perkembangan Hak Asasi Manusia ( HAM ).