Pages

Pages - Menu

Sunday, 22 November 2015

Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2

Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2 - Rajin mengerjakan soal adalah salah satu kunci sukses menghadapi ulangan harian maupun semester. Apalagi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), harus banyak menghafal deh teman-teman. Karena tujuan saya adalah membantu teman-teman, pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2. Berikut Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2  :


1.   Dalam  kegiatan musyawarah membahas kegiatan sekolah, setiap siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan usul. Jika usul kita tidak dapat diterima, sikap kita sebaiknya . . . .
a.       Melakukan segala upaya agar usul kita dapat diterima
b.      Menerima dan menyalahkan orang lain
c.       Memutuskan meninggalkan rapat
d.      Menerima dengan lapang dada

2.      Perhatikan sikap-sikap berikut !
1)      Menghargai pendapat pihak lain
2)      Menerima pendapat yang baik dan meluruskan pendapat yang salah
3)      Pendapat hendaknya disampaikan secara baik disertai rasa keterbukaan
4)      Pendapat disalurkan melalui jalur yang benar

Sikap yang terhadap pendirian dan pendapat pihak lain ditunjukkan oleh nomor . . . .
a.       1 dan 2
b.      2 dan 3
c.       2 dan 4
d.      3 dan 4

3.      Perhatikan cerita berikut ini !!   

Srek . . srek . . srek, Bu Rahmi sibuk membersihkan halaman. Sembarih membasuh peluh di dahinya,Bu rahmi menghela napas panjang. Setiap malam minggu,halaman rumah Bu Rahmi digunakan pemuda-pemudi untuk rapat,sarasehan, atau menonton pertandingan sepak bola di televisi. Sungguh disayangkan seperti pepatah jawa “gelem jamure ora gelem watange” (mau enaknya tidak mau susahnya),usai acara tersebut para pemuda  dan pemudi membiarkan sampah berserakan. Mereka tidak mau membersihkannya. Akhirnya, Bu Rahmilah yang harus membersihkan.
Sebagai pemilik halaman, Bu Rahmi sama sekali tidak keberatan halamannya dimanfaatkan untuk kegiatan pemuda-pemudi. Dia hanya menuntut sikap tanggungjawab para pemuda untuk membersihkan sampah setelah acara selsai. Minggu selanjutnya Bu Rahmi mencoba berbicara dengan ketua karang taruna di desanya. Dia memberi teguran sekaligus saran lebih bertanggung jawab membersihkan lingkungan setelah memakannya.
Jika kamu menjadi ketua karang taruna, langkah bijak yang akan kamu lakukan adalah . . .

a.       Tidak mengacuhkan pendapat Bu Rahni dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa
b.      Memutuskan untuk mencari lokasi lain yang tidak dipengaruhi sehingga lebih leluasa
c.       Menghormati saran Bu Rahni dan segera membubarkan   acara pemuda-pemudi yang telah dilaksanakan
d.      Membuka diri terhadap saran Bu Rahmi dan melaksanakan saran secara bersama-sama

4.      Dalam pergaulan internasional kita harus terbuka terhadap nilai-nilai yang datang dari luar. Terbuka artinya . . . .
a.       Menerima seluruh nilai yang masuk tanpa adanya penyaringan
b.      Menerima nilai yang sesuai dengan kepentingan golongan
c.       Menerima nilai yang sesuai dengan kepribadian bangsa
d.      Memilih nilai yang sesuai dengan kepentingan pribadi

5.      Pemblokiran jalan yang dilakukan masyarakat mengakibatkan kemacetan dan mengganggu pengguna jalan.hal ini merupakan perilaku yang tidak tepat dalam menjunjung tinggi nilai . . . .

a.       Ketuhanan
b.       Kamanusiaan
c.       Persatuan Indonesia
d.      Kerakyatan

6.      Perhatikan percakapan berikut ini !

                     MUSYAWARAH MENENTUKAN REGU PIKET

Ari : “selamat pagi, teman-teman ! Hari ini kita akan bermusyawarah untuk menentukan regu piket dan anggotanya serta tugas yang harus dikerjakan. Dalam musyawarah ini dibuka kesempatan seluas-luasnya bagi kawan-kawan untuk menyampaikan pendapat. Kita mulai dengan menentukan kelompok dan anggotanya.”
Ali : “jumalh siswa di kelas kita tiga puluh orang. Bagaimana jika kelompok disesuaikan dengan jumlah hari dalam satu minggu. Dengan demikian, akan didapat enam kelompok dengan anggota lima orang. Untuk nama anggotanya kita tentukan dengan undian.”
Lia : “wah, kalau dengan undian terlalu repot. Bagaimana kalau memilih sendiri saja?”
Ali : memillih sendiri bagus , tetapi kurang adil karena kelompok yang terrbentuk perempuan semua atau laki-laki semua.”
Lia : “dengan undian hasilnya juga belum tentu bervariasi”
Ali : “setidaknya dengan undian lebih adil.”
Lia : “ percayalah teman-teman dengsn memilih sendiri lebih cepat dan tepat.”
Ali : “ lebih baik dan adil tetap menggunakan undian.”
(karena tidak menemukan mufakat. Ari sebagai ketua kelas memutuskan untuk melakukan voting)
Sikap yang seharusnya kamu tunjikan seandainya kamu sebagai salah satu anggota musyawarah dalam voting tersebut adalah . . . .
a.       Tidak memilih usulan ali dan lia karena kedua usulan tersebut tidak sesuai dengan hati nurani
b.      Meninggalkan ruang kelas sebagai wujud protes tetrhadap perbedaan pendapat yang terjadi
c.       Memilih salah satu pendapat yang lebih bermanfaat bagi kemaslahatan bersama
d.      Mendukung pendapat ali dan lia dengan memilih keduanya

7.      Mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab merupakan hal penting yang harus dilakukan saat bermusyawarah. Setiap peserta musyawarah harus memperhatikan ketentuan –ketentuan berikut, kecuali . . . .

a.       Pendapat hendaknya disampaikan secara baik
b.      Tidak memaksakan pendaat pribadi kepada orang lain
c.       Pendapat sebaiknya disampaikan dengan suara keras
d.      Menghormati pemimpin musyawarah ketika berpendapat

8.      Perhatikan lobi yang dilakukan Dr.Moh Hatta dalam perumusan dasar negara berikut ini !

J. Latuharhary wakil dari Indonesia Timur, menyatakan keberatan atas rumusan dasar negara dalam piagam jakartan. J.Latuharhary menemui Drs.Moh Hatta. Dan menyampai aspirasi tersebut. Drs.Moh Hatta Selanjutnya menemui tokoh islam di PPKI, yaitu Ki Bagus Hadikusuma. Drs. Moh Hatta mengusulkan agar tujuh kata pada ketentuan pertama piagam jakarta tersebut dihapus,setelah didiskusikan. Akhirnya, disepakati rumusan “Ketuhana dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya”, Diganti dengan :Ketuhanan Yang Maha Esa”

Semangat dan komitmen kebangsaan yang tercermin dalm proses lobi tersebut adalah . . . . .
a.       Menghargai pihak lain
b.      Mengutamakan persatuan dan kesatuan
c.       Tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain
d.      Keterbukaan yerhadap pendirian dan pendapat pihak lain

9.      Pasangan nilai-nilai pancasila yang sesuai dangan lingkungannya ditunjukkan oleh . . . .
a.       Pengamalan nilai pancasila bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan rumah , lingkungan sekolah
b.      Pengamalan nilai pancasila menjaga ketenangan dalam kegiatan belajar mengajar , lingkungan keluarga
c.       Pengamalan nilai pancasila memberi selamat pada tetangga yang mendapat juara antar sekolah , lingkungan sekolah
d.      Pengamaln nilai pancasila menjaga ketenangan,keamanan,dan ketertiban lingkungan , lingkungan masyarakat

10.   Memberikan kesempatan kepada pemeluk agama lain untuk menjalankan ibadah merupakan sikap dan perilaku positif terhadap nilai Ketuhanan Yang Maha Esa , yaitu . . . .
a.       Melaksanakan kewajiban sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
b.      Membina kerja sama dan tolong menolong dengan pemeluk agama lain
c.       Mengembangkan toleransi antarumat beragama
d.      Tidak memaksakan agama kepada orang lain


“ ULANGAN HARIAN “
1.      Rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta menimbulkan reaksi dari warga Indonesia Timur yang diwakili oleh J.Latharhary. Warga Indonesia Timur keberatan dengan rumusan . . . .
a.       Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebikjaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
b.      Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya
c.       Kemanusiaan yang adil dan beradab
d.      Persatuan Indonesia

2.      Perhatikan rumusan dasar negara berikut ini !
1)      Peri kebangsaan
2)      Peri kemanusiaan
3)      Peri ketuhanan
4)      Peri kerakyatan
5)      Kesejahteraan rakyat
         Rumusan dasar negara tersebut diusulakn . . . .
a.       Prof.Dr.Soepomo
b.      Ir.Soekarno
c.       Muh.Yamin
d.      Moh.Hatta
3.      Dalam prumusan dasar negara para pendiri bangsa memiliki impian masing-masing tentang negara yang akan didirikan. Ada yang menginginkan negara Indonesia didirikan  diatas syariat agama. Adapula yang menginginkan negara Indonesia didirikan dengan memisahkan antara negara dan urusan agama. Selanjutnya, seluruh kepentingan dan keinginan para pendiri bangsa tersebut saling direlakan demi terwunjudnya persatuan Indonesia. Hal ini merupakan contoh komitmen kebangsaan yang ditunjukkan oleh para pendiri bangsa, yaitu. . . .

a.       Mendahulukan kepentingan umum
b.      Nasionalisme
c.       Musyawarah
d.      Persatuan

4.      Perhatikan cuplikan pidato Ir.Soekarno berikut ini !
“. . . Kita mendirikan suatu negara semua untuk semua, yaitu kebangsaan Indonesia. Kebangsaan Indonesia yang bulat! Bukan kebangsaan Jawa,bukan kebangsaan Sumatera,bukan kebangsaan Borneo,Sulawesi,atau lain-lain, tetapi kebangsaan Indonesia, yang bersama-sama menjadi dasar suatu nationale staat”

Semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan Ir.Soekarno dalam pidato tersebut adalah  . . . .
a.       Nasionalisme
b.      Musyawarah
c.       Persatuan
d.      Toleransi

5.      Dalam perumusan dasar negara, semangat toleransi ditunjukkan oleh para pendiri bangsa dalam wujud . . . .
a.       Sidang pertama dan kedua BPUPKI
b.      Konsensus nasional dalam piagam jakarta
c.       Pengorbanan,baik tenaga,waktu,maupun pikiran demi perumusan dasar negara
d.      Piagam jakarta menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa

6.      Bangsa Indonesia memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil rakyat untuk mengemban amanat rakyat. Hal ini merupakan wujud semangat kebangsaan , yaiitu . . . .
a.       Keadilan sosial
b.      Musyawarah
c.       Peradaban
d.      Persatuan
7.      Melatih penduduk  terampil dalam berbagai bidang seperti masak,menjahit, dan perbekalan merupakan sikap positif terhadap Pancasila yang berhubungan dengan . . . .
a.       Musyawarah
b.      Ketuhanan
c.       Persatuan
d.      Keadilan

8.      Unjuk rasa yang berujung dengan perusakan fasilitas umum dan pembakaran ban mobil merupakan sikap dan perilaku yang tidak tepat dalam menjunjung Pancasila terutama dalam sila . . . .
a.       Ketuhanan
b.      Kemanusiaan
c.       Persatuan Indonesia
d.      Permusyawaratn perwakilan

9.      Korupsi merupakan masalah berat yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Korupsi merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu . . . .
a.       Disiplin dan pantang menyerah
b.      Persatuan dan kesatuan
c.       Rela berkorban
d.      Kejujuran

10.   Musyawarah mufakat merupakan cara terbaik dalam proses pengambilan keputusan. Nilai musyawarah terkandunng dalam Pancasila, yaitu . . . .
a.       Pertama
b.      Kedua
c.       Ketiga
d.      Keempat

11.   Setelah dilakukan perubahan terhadap rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta, seluruh bangsa Indonesia dapat bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sesuai dengan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara, yaitu . . . .
a.       Merupakan salah satu unsur pengikat atau pemersatu bangsa Indonesia
b.      Memberikan legitimasi dan rasionalisasi terhadap perilaku dan hubungan sosial masyarakat
c.       Merupakan dasar atau acuan pokok bagi solidaritas sosial dalam kehidupan kelompok atau masyarakat
d.      Merupakan pendidikan bagi sesorang atau bangsa untuk memahami cara bertingkah laku yang sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya

12.   Perhatikan bagan berikut ini !

Pancasila àUUD 1945 à KetetapAn MPR à Undang-Undang/Perpu à Peraturan perundangan lainnya
Bagan tersebut menunujkkan peran Pancasila sebagai sumber tertib hukum Republik Indonesia yaitu sebagai . . . .

a.       Papan uji bagi perundang-undangan Indonesia
b.      Hukum dasar negara
c.       Hukum tertiinggi
d.      Sumber hukum

13.   Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup,kesadaran,dan cita-cita moral yang meliputi suasana kewajiban dan watak dari rakyat dan negara Indonesia. Hal ini menunjukkan kedudukan Pancasila sebagai . . .
a.       Ideologi negara
b.      Hukum dasar bagi negara Indonesia
c.       Sumber tertib hukum di negara Indonesia
d.      Papan uji bagi perundang-undangan Indonesia

14.   Landasan hukum yang berisi penegasan rumusan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara terdapat dalam . . . .
a.       Pembukaan UUD
b.      Dekret Presiden 5 juli 1959
c.       Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 1968
d.      Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998

15.   Simaklah berita berikut ini !

Indonesia Raih Prestasi Prestisius di IJSO
Pelajar SMP Indonesia bertanding di INTERNATIONAL JUNIOR SCIENCE OLYMPIAD di Changwon, Korea Selatan, dan berhasil meraih prestasi sebagai juara pertama dalam tes eksperimen. Predikat tes eksperimen terbaik itu mendongkrak perolehan medali yang diraih tim Indonesia. Keenam siswa SMP yang mewakili Indonesia mamapu menyumbangkan empat medali emas , empat medali perak , dan satu medali perunggu. INTERNATIONAL JUNIOR SCIENCE OLYMPIAD (IJSO) ke 5 itu diikuti 257 siswa dari 48 negara peserta dan lima negara sebagai pengamat. Putra-putri bangsa dalam kompetisi itu berhasil mengharumkan nama bangsa dnegan mengungguli peserta dari negara lain. Meskipun mereka terbukti unggul, putra-putri Indonesia tidak lantas merendahkan bangsa lain. Bagi mereka mencintai negaranya tidak berarti harus membenci negara lain.
Berdasarkan berita tersebut semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan oleh putr-putri Indonesia dalam INTERNATIONAL JUNIOR SCIENCE OLYMPIAD di Changwon , Korea Selatan, adalah . . . .

a.       Nasionalisme
b.      Bekerja keras
c.       Pantang menyerah
d.      Mendahulukan kepentingan umum

16.   Kegiatan yang menunjukkan sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan adalah . . . .
a.       Umat kristiani merayakan hari natal bersama-sama di gereja
b.      Umat Islam melaksanakan Ibadah salat Jumat bersama di mesjid terdekat
c.       Seluruh masyarakat desa melakukan gotong royong membersihkan saluran air pada hari libur
d.      Kepala desa mengimbau warganya untuk meramaikan peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945

17.   Pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara hukum. Jika ditinjau dari kedudukannya, Pancasila sebagai . . . .
a.       Dasar negara
b.      Ideologi negara
c.       Kepribadian bangsa
d.      Pandangan hidup bangsa

18.   Sila-sila dalam Pancasila merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan dan tidak ada sila yang mononjol dari yang lainnya. Hal ini karena . . . .
a.       Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia
b.      Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh
c.       Pancasila menjadi dasar falsafah bangsa Indonesia
d.      Pancasila sebagai ideologi bengsa Indonesia

19.   Nilai - nilai dasar yang tersirat dalam sila kelima Pancasila adalah . . . .
a.       Tidak memaksakan kehendak
b.      Menjunjung tinggi kemanusiaan
c.       Bersikap adil antarsesama manusia
d.      Menghormati derajat  dan harkat martabat orang lain


20.   Dalam pergaulan sehari-hari kita perlu menjaga sikap dan tutur kata
Agar tidak mengganggu orang lain. Hal ini merupakan contoh penerapan Pancasila, yaitu sila . . . .
a.       Kedua
b.      Ketiga
c.       Keempat
d.      Kelima

21.   Semua nilai pancasila harus dikembangkan dalam kehidupan sosial budaya kita agar . . . .
a.       Tercipta kesejahteraan,ketenangan,keamanan,dan kedamaian.
b.      Hasil pembangunan dapat kita rasakan bersama
c.       Segala tujuan bangsa tercapai
d.      Terwujudnya semua cita-cita

22.   Setiap warga,baik rakyat maupun pemerintah  harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. Hal ini merupakan pernyataan yang terkandung dalam sila . . . .
a.       Pertam
b.      Kedua
c.       Ketiga
d.      Keempat

23.   Sikap positif untuk mempertahankan pancasila seebagai ideologi negara penting dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali . . . .
a.      Pemerintah menindak tegas segala upaya penggantian pancasila dengan ideologi lain
b.      Mengamalkan nilai yang terkandung di dalamnya
c.       Menetapkan pancasila sebagai ideologi negara
d.      Menghafalkan sila-sila pancasila

24.   Atas prakarsa Drs.Moh Hatta beserta sidang PPKI mengadakan perubahan rumusan dasar negara dalam piagam jakarta, yaitu pada rumusan sila . . . .
a.       Pertama
b.      Kedua
c.       Ketiga
d.      Keempat

25.   Sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan berbangsa diwujudakan dengan . . . .
A.    Menjalankan kegiatan pemerintah dengan jujur dan konsekuan
B.     Menjalankan ajaran agama masing-masing dengan baik
C.     Memanfaatkan SDA untuk diri sendiri
D.    Suka membantu dan menolong bersama

26.   Kewajiban masyarakat terhadap pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa adalah . . . .
a.       Menghayati dengan sepenuh hati
b.      Menyebarluaskan melalui berbagai media
c.       Menjadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan
d.      Mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari

27.   Pancasila sebagai dasar negara selalu dipertahankan oleh seluruh rakyat indonesia sejak indonesia merdeka sampai sekarang. Hal ini karena pancasila merupakan . . . .
a.       Peninggalan budaya asli nenek moyang bangsa indonesia
b.      Hasil kristalisasi dari sistem nilai atau budaya bangsa indonesia
c.       Hasil konsensus nasional para pemimpin bangsa indonesia
d.      Peninggalan budya asli hasil konsensus nasional para pemimpin bangsa

28.   Pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa pancasila merupakan . . . .
a.       Landasan didirikannya sebuah bangunan, yaitu bangsa indonesia
b.      Dasar diproklamasikannya negara kesatuan republik indonesia
c.       Landasan nilai yang membedakan indonesia dengan bagsa lain
d.      Dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan indonesia

29.   Dalam penyelenggaraan pemerintahan, perwujudan pancasila sebagai dasar negara tercermin dalam . . . .
a.       Sistem sosial yang berlaku
b.      Pandangan hidup masyarakat
c.       Peraturan perundang-undangan
d.      Adat istiadat dan kebiasaan masyarakat

30.   Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat, kecuali . . . .
a.       Bersikap hormat kepada orang lain
b.      Pendapat disalurkam melalui jalur yang benar
c.       Tidak memaksakan agam kepada orang lain
d.      Tidak boleh memaksakan pendapat kepada orang lain




Semoga Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2  ini bisa membantu teman-teman yang akan menghadapi ulangan harian ataupun ulangan semester. Terima kasih telah membaca Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 2.


8 comments:

  1. wah thx min, bisa nih buat aku pake ngajar adik di rumah. kasi contoh2 soal...

    ReplyDelete
  2. cocok buat adek nih,, tapi mending soal n jawaban dipisah min biar baca soalnya sambil mikir jawaban.. :D

    ReplyDelete
  3. pas banget nih min ane soalnya lagi ngajarin adik gua nih min hehehe
    thanks ya min

    ReplyDelete
  4. Mohon izin dicopy soal PKn di atas Pak

    ReplyDelete
  5. Mohon dicopy soal pilihan ganda di atas Pak

    ReplyDelete