Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 - Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat dan tinggal menghitung hari kalian akan menghadapi ulangan mid semester. Bagi kalian yang sudah sejak lama mempersiapkan semuanya, selamat kalian tidak perlu khawatir dalam menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Karena kalian telah belajar jauh hari sebelum ulangan mid semester. Sedangkan bagi kalian yang belum mempersiapkan diri maka pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016. Dengan mempelajari soal-soal latihan kalian akan semakin dimudahkan dalam mengerjakan soal kelak ketika mid semester. Berikut Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.
1.
|
Akhir – akhir ini
Indonesia sering dilanda berbagai bencana, seperti banjir, tanah longsor, dan
kebakaran hutan. Semuanya terjadi akibat kekurangpedulian manusia terhadap
lingkungan hidup. Oleh karena itu, pembangunan hendaknya tetap memperhatikan
kelestarian lingkungan hidup. Jangan sampai pembangunan yang bertujuan untuk
meningkatkan kesejahteraan manusia malah merugikan.
Pernyataan – pernyataan berikut sesuai dengan
paragraf di atas kecuali …
|
||
A.
A.
|
Indonesia sering dilanda banjir
|
||
B.
|
Bencana terjadi akibat ulah manusia
|
||
C.
|
Pembangunan hendaknya memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.
|
||
D.
|
Pembangunan dapat mengurangi kesejahteraan manusia.
|
||
Tabel Prakiraan Ketersediaan dan Kebutuhan
Buah-buahan Utama
Periode September—Desember 2007
Komoditas
|
Kondisi (ribu ton)
|
||
Produksi
|
Kebutuhan
|
Surplus/Kelebihan
|
|
Jeruk
|
39,97
|
33,77
|
6,2
|
Mangga
|
25,69
|
9,44
|
16,25
|
Melon
|
2,68
|
1,93
|
0,75
|
Semangka
|
13,83
|
12,05
|
1,78
|
Pisang
|
95,35
|
82,07
|
13,28
|
Nanas
|
12,52
|
9,66
|
2,86
|
Pepaya
|
31,06
|
26,95
|
4,11
|
2.
|
Pertanyaan yang sesuai dengan tabel:
|
||||
A.
A.
|
Berapa ton produksi mangga pada periode September-Desember 2008 sesuai
tabel?
|
||||
B.
|
Mengapa produksi papaya pada periode September-Desember 2007 mengalami
surplus?
|
||||
C.
|
Berapa ton surplus produksi buah nanas pada periode September-Desember
2007?
|
||||
D.
|
Berapa ton surplus produksi buah apel
pada periode September-Desember 2007?
|
||||
3.
|
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan
tabel:
|
||||
A.
A.
|
Berapa ton produksi mangga pada periode September-Desember 2007 sesuai
tabel?
|
||||
B.
|
Apakah produksi papaya pada periode September-Desember 2007 mengalami
surplus?
|
||||
C.
|
Berapa ton surplus produksi buah nanas pada periode September-Desember
2007?
|
||||
D.
|
Berapa ton surplus produksi buah jeruk dan apel pada periode
September-Desember 2007?
|
||||
4.
|
Pernyataan yang sesuai dengan tabel:
|
||||
A.
A.
|
Di antara jenis buah-buahan utama, pisang memilik produksi paling
tinggi.
|
||||
B.
|
Komoditas buah melon tidak mengalami surplus dalam produksinya.
|
||||
C.
|
Hasil produksi komoditas papaya adalah 31,06 ton pada tahun 2007.
|
||||
D.
|
Surplus produsi melon paling tinggi di antara komoditas buah yang
lain.
|
||||
5.
|
Pernyataan yang tidak sesuai dengan tabel:
|
||||
A.
A.
|
Hasil produksi buah semangka adalah 13,83 ribu ton.
|
||||
B.
|
Kebutuhan
untuk buah jeruk adalah 33,77 ribu ton.
|
||||
C.
|
Komoditas buah
melon tidak memiliki kelebihan
produksi.
|
||||
D.
|
Komoditas buah nanas memiliki kelebihan/surplus
produksi.
|
||||
6.
|
Perhatikan
kutipan wawancara berikut!
Evy S. :”Kapan waktu yang tepat untuk menanam
cabai kathur?”
Sartono :“Kathur dapat ditanam setiap saat. Akan
tetapi, sebaiknya penanaman pada akhir musim
penghujan dan
awal musim kemarau agar tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.”
Kesimpulan
kutipan wawancara di atas adalah ….
|
||
A.
|
Kathur
sebaiknya ditanam pada akhir musim penghujan dan awal musim kemarau agar
tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.
|
||
B.
|
Kathur
sebaiknya ditanam pada musim kemarau agar tingkat keseragaman pertumbuhannya
tinggi.
|
||
C.
|
Kathur
sebaiknya ditanam pada musim penghujan agar tingkat keseragaman
pertumbuhannya tinggi.
|
||
D.
|
Kathur
sebaiknya ditanam setiap saat agar tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.
|
||
7.
|
Perhatikan
kutipan wawancara berikut untuk menjawab soal nomor 5!
Pewawancara :”Bagaimana pendapat Ibu tentang
pelestarian lingkungan hidup?”
Kepala
Sekolah :”Melestarikan lingkungan hidup merupakan hal yang sederhana.
Asal kita harmonis dengan alam, itu merupakan upaya pelestarian .”
Hal
penting dari kutipan wawancara di atas adalah ….
|
||
A.
A.
|
Melestarikan lingkungan hidup adalah harmonis
dengan alam.
|
||
B.
|
Pelestarian lingkungan merupakan hal sederhana.
|
||
C.
|
Lingkungan hidup merupakan hal yang sederhana.
|
||
D.
|
Kita harmonis dengan alam, itu merupakan upaya
pelestarian.
|
||
8.
|
Kalimat narasi dari wawancara berikut
adalah ….
Pewawancara :“Apa
cita-citamu Budi?”
Budi :”Cita-citaku ingin jadi orang yang sukses,
agar aku bisa membanggakan orang tua dan guruku.”
|
||
A.
A.
|
Cita-cita kamu
ingin jadi orang sukses agar kamu bisa membanggakan orang tua dan gurumu.
|
||
B.
|
Cita-citaku
ingin jadi orang yang sukses agar aku bisa membanggakan orang tua dan guruku.
|
||
C.
|
Budi
mengatakan bahwa dia ingin menjadi orang sukses agar dia bisa membanggakan
orang tua dan gurunya.
|
||
D.
|
Dia ingin jadi
orang yang sukses agar mereka bisa membanggakan orang tua dan guru.
|
||
9.
|
Evy S. :”Setelah penanaman, berapa waktu yang
diperlukan petani untuk memanen kathur?”
Sartono:“Petani mulai memanen 60 hari
setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.”
Wawancara
di atas dapat diubah menjadi ….
|
||
A.
|
Setelah penanaman, berapa waktu yang
diperlukan petani untuk menanam kathur? Petani mulai memanen 60 hari setelah
tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.
|
||
B.
|
Petani mulai memanen 60 hari setelah
tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.
|
||
C.
|
Waktu yang diperlukan petani untuk
memanen kathur adalah 60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.
|
||
D.
|
Setelah penanaman, Petani mulai memanen
60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan
|
||
10.
|
Perhatikan
wacana berikut!
Selain jabatannya di pemerintahan, Sri
Sultan Hamengku Buwono IX juga menjadi ketua Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka, Komite Olahraga Nasional Indonesia, dan lain-lain.
Selain
sebagai politikus dan negarawan yang baik, bidang kesenian dan kebudayaan pun
ia kuasai dengan baik. Di masa remaja ia aktif mencipta tari, antara lain
tari Golek Menak, yang berpedoman pada cerita Menak.Hal-hal yang dapat
diteladani dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX berdasarkan kutipan di atas
adalah .…
|
||
A.
A.
|
Ia menjadi seorang atlet disela-sela
kesibukannya.
|
||
B.
|
Ia politikus
dan negarawan yang baik.
|
||
C.
|
Ia aktif di bidang kesenian dan
kepemudaan.
|
||
D.
|
Ia menciptakan tari Menak
|
||
11.
|
Kiki :”Selamat sore, apakah betul di sini
rumah Ibu Yati?”
Ibu Yati :“Selamat sore, O, ya betul.”
Kiki :“...”
Ibu Yati :”Ini saya, ada apa Kiki?”
Kiki :”Begini Bu, saya belum mengerti
materi mengenai penceritaan tokoh idola,
bisa besok Ibu jelaskan
lagi di sekolah.”
Ibu
Yati :”Bisa Kiki, besok Ibu
jelaskan.”
Kiki :”Terima kasih Bu! Selamat sore.”
Ibu
Yati :”Selamat sore.”
Kalimat
yang sesuai untuk melengkapi percakapan Kiki adalah ….
|
||
A.
A.
|
Saya ingin bicara dengan Ibu Yati.
|
||
B.
|
Saya Kiki,
bolehkah saya bertanya pada Ibu Yati?
|
||
C.
|
Saya Kiki,
murid Ibu Yati. Apakah bisa berbicara dengan Ibu Yati?
|
||
D.
|
Saya Kiki, ada
yang ingin saya sampaikan pada Bu Yati.
|
||
12.
|
Pertanyaan
yang sesuai dengan grafik:
|
||
A.
A.
|
Mengapa
jumlah penduduk kampung Jawa lebih banyak dari pada kampung Tani?
|
||
B.
|
Berapa
perbedaan jumlah penduduk kampung Mekar dengan kampung Pesisir?
|
||
C.
|
Kapan
diadakan pendataan jumlah penduduk di desa Karang Sari menurut grafik?
|
||
D.
|
Berapa
perbedaan jumlah penduduk kampung Pesisir dengan kampung Karang Sari?
|
||
13.
|
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan
grafik:
|
||
A.
A.
|
Berapa
jumlah total penduduk desa Karang Sari?
|
||
B.
|
Berapa
perbedaan jumlah penduduk kampung Rawa dengan kampung Pesisir?
|
||
C.
|
Berapa
jumlah penduduk kampung Jawa dan kampung Mekar?
|
||
D.
|
Berapa
jumlah penduduk kampung Karang Sari dan kampung Mekar?
|
||
14.
|
Pernyataan yang sesuai dengan grafik:
|
||
A.
A.
|
Jumlah
penduduk kampung Tani lebih banyak dari pada kampung Mekar.
|
||
B.
|
Jumlah
penduduk kampung Tani lebih sedikit dari pada kampung Mekar.
|
||
C.
|
Jumlah
penduduk kampung Jawa sama dengan
kampung Pesisir.
|
||
D.
|
Jumlah
penduduk kampung Rawa paling banyak di antara 4 kampung lainnya.
|
||
15.
|
Pernyataan yang tidak sesuai dengan
grafik:
|
||
A.
A.
|
Jumlah
penduduk di desa Karang Sari pada bulan Maret 2015 tidak diketahui.
|
||
B.
|
Kampung
Tani dan kampung Mekar memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dari pada 3
kampung lainnya.
|
||
C.
|
Kampung
Pesisir memiliki jumlah penduduk palng banyak dibandingkan 4 kampung lainnya.
|
||
D.
|
Jumlah
penduduk kampung Jawa sama jumlahnya
dengan kampung Rawa.
|
||
16.
|
Orang yang
memberikan informasi dalam suatu kegiatan wawancara disebut ….
|
||
A. A.
|
Seniman
|
||
B.
|
Reporter
|
||
C.
|
Narasumber
|
||
D.
|
Pewawancara
|
||
17.
|
Berikut ini adalah persiapan sebelum
wawancara, kecuali ….
|
||
A. A.
|
Menentukan
topic
|
||
B.
|
Memakai pakaian yang rapi
|
||
C.
|
Menyusun daftar pertanyaan
|
||
D.
|
Memilih narasumber yang sesuai
|
||
18.
|
Dalam
menceritakan tokoh idola kita harus mengetahui …. dan keunggulannya.
|
||
A. A.
|
latar belakang
keluarganya
|
||
B.
|
temannya
|
||
C.
|
Identitasnya
|
||
D.
|
Kekayaannya
|
||
19.
|
Berikut ini,
yang tidak termasuk santun dalam bertelepon adalah ….
|
||
A. A.
|
Berbicara
panjang lebar
|
||
B.
|
Mengucapkan
salam
|
||
C.
|
Memberitahukan
identitas
|
||
D.
|
Berbicara
seperlunya
|
||
20.
|
Paman berpesan, “Kamu jaga rumah sampai saya kembali!”
Kalimat di atas jika diubah menjadi bentuk tidak
langsung, manjadi ….
|
||
A. A.
|
Paman berpesan agar saya menjaga rumah sampai Beliau
kembali.
|
||
B.
|
Paman berpesan agar kamu menjaga rumah sampai saya
kembali.
|
||
C.
|
Paman berpesan agar kamu menjaga rumah sampai Beliau
kembali.
|
||
D.
|
Paman berpesan agar saya menjaga rumah sampai kamu
kembali.
|
||
Paragraf berikut
digunakan untu nomor 21-25
Tumbuh-tumbuhan
yang hidup di hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air,
udara dan tanah. Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air sehingga
tidak akan terjadi banjir dan erosi pada saat hujan deras. Erosi dan banjir
menyebabkan lapisan tanah paling atas terkikis. Selain itu hutan yang rimbun
oleh pepohonan dapat menjadi paru-paru dunia. Tumbuhan yang ada di hutan
menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida.
21.
|
Paragraf
tersebut membahas masalah …
|
||
A. A.
|
Jenis-jenis
tumbuhan yang hidup di hutan.
|
||
B.
|
Fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan.
|
||
C.
|
Penyebab
bencana erosi dan banjir.
|
||
D.
|
Kondisi
lapisan tanah paling atas
|
||
22.
|
Pernyataan
yang jawabannya terdapat dalam paragraf adalah …
|
||
A. A.
|
Apa fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan?
|
||
B.
|
Apa yang terjadi jika di hutan tidak ada pepohonan?
|
||
C.
|
Siapa yang
bertanggung jawab terhadap kelestarian hutan?
|
||
D.
|
Bagaimana
upaya masyarakat untuk melestarikan hutan?
|
||
23.
|
Berdasarkan paragraf tersebut, kata paru-paru
dunia berarti …
|
||
A. A.
|
sumber ekonomi
dunia
|
||
B.
|
tempat
ketergantungan masyarakat dunia
|
||
C.
|
penghasil
oksigen bagi masyarakat dunia
|
||
D.
|
sumber makanan
masyarakat dunia
|
||
24.
|
Simpulan
paragraf tersebut adalah …
|
||
A. A.
|
tumbuh-tumbuhan yang hidup di
hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara
dan tanah.
|
||
B.
|
Akar tumbuhan dapat berfungsi
sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada
saat hujan deras. Erosi dan
banjir menyebabkan lapisan tanah paling subur akan ikut hanyut.
|
||
C.
|
Hutan yang rimbun oleh
pepohonan dapat melestarikan air, udara, tanah serta dapat menjadi paru-paru
dunia.
|
||
D.
|
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di
hutan berfungsi untuk melestarikan air, udara dan tanah sehingga
bencana alam seperti erosi dan
banjir dapat berkurang.
|
||
25.
|
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan paragraph di
atas adalah …
|
||
A. A.
|
Apa fungsi
akar tumbuh-tumbuhan di hutan?
|
||
B.
|
Apa yang dihasilkan oleh tumbuhan di hutan?
|
||
C.
|
Berapa hektar jumlah kerusakan hutan dalam paragraf?
|
||
D.
|
Mengapa lapisan tanah paling atas dapat terkikis?
|
||
II.
Soal Uraian
Perhatikan grafik berikut!
|
1.
Buatlah
kalimat berdasarkan grafik di atas dengan kata:
a.
paling
banyak
b.
paling
sedikit
c.
sama
jumlahnya
2.
Tulislah
2 pertanyaan beserta jawabannya berdasarkan grafik di atas!
3.
Tuliskan
1 pertanyaan yang tidak ada jawabannya dalam grafik di atas!
4.
Tuliskan
contoh wawancara dengan seorang tokoh, 2 pertanyaan dan 2 jawaban!
5.
Buatlah
contoh percakapan singkat melalui telepon!
Semoga dengan adanya Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 ini kalian semakin mantap dan siap untuk menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Dengan latihan yang keras dan tanpa mengenal putus asa semoga kalian bisa memperoleh nilai yang memuaskan. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.
0 komentar:
Post a Comment