Sunday, 8 May 2016

Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016

Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 - Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat dan tinggal menghitung hari kalian akan menghadapi ulangan mid semester. Bagi kalian yang sudah sejak lama mempersiapkan semuanya, selamat kalian tidak perlu khawatir dalam menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Karena kalian telah belajar jauh hari sebelum ulangan mid semester. Sedangkan bagi kalian yang belum mempersiapkan diri maka pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016. Dengan mempelajari soal-soal latihan kalian akan semakin dimudahkan dalam mengerjakan soal kelak ketika mid semester. Berikut Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.




1.
       Akhir – akhir ini Indonesia sering dilanda berbagai bencana, seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Semuanya terjadi akibat kekurangpedulian manusia terhadap lingkungan hidup. Oleh karena itu, pembangunan hendaknya tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup. Jangan sampai pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia malah merugikan.
Pernyataan – pernyataan berikut sesuai dengan paragraf di atas kecuali

A.    A.
Indonesia sering dilanda banjir

B.
Bencana terjadi akibat ulah manusia

C.
Pembangunan hendaknya memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

D.
Pembangunan dapat mengurangi kesejahteraan manusia.





Tabel Prakiraan Ketersediaan dan Kebutuhan Buah-buahan Utama
                Periode September—Desember 2007
Komoditas
Kondisi (ribu ton)
Produksi
Kebutuhan
Surplus/Kelebihan
Jeruk
39,97
33,77
6,2
Mangga
25,69
9,44
16,25
Melon
2,68
1,93
0,75
Semangka
13,83
12,05
1,78
Pisang
95,35
82,07
13,28
Nanas
12,52
9,66
2,86
Pepaya
31,06
26,95
4,11

2.
Pertanyaan yang sesuai dengan tabel:


A.    A.
Berapa ton produksi mangga pada periode September-Desember 2008 sesuai tabel?



B.
Mengapa produksi papaya pada periode September-Desember 2007 mengalami surplus?



C.
Berapa ton surplus produksi buah nanas pada periode September-Desember 2007?



D.
Berapa ton surplus produksi buah apel pada periode September-Desember 2007?









3.
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan tabel:


A.    A.
Berapa ton produksi mangga pada periode September-Desember 2007 sesuai tabel?



B.
Apakah produksi papaya pada periode September-Desember 2007 mengalami surplus?



C.
Berapa ton surplus produksi buah nanas pada periode September-Desember 2007?



D.
Berapa ton surplus produksi buah jeruk dan apel pada periode September-Desember 2007?









4.
Pernyataan yang sesuai dengan tabel:


A.    A.
Di antara jenis buah-buahan utama, pisang memilik produksi paling tinggi.



B.
Komoditas buah melon tidak mengalami surplus dalam produksinya.



C.
Hasil  produksi komoditas  papaya adalah 31,06 ton pada tahun 2007.



D.
Surplus produsi melon paling tinggi di antara komoditas buah yang lain.









5.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan tabel:


A.    A.
Hasil produksi buah semangka adalah 13,83 ribu ton.



B.
Kebutuhan  untuk  buah jeruk  adalah 33,77 ribu  ton.



C.
Komoditas buah  melon tidak  memiliki kelebihan produksi.



D.
Komoditas buah nanas memiliki kelebihan/surplus produksi.









6.
Perhatikan kutipan wawancara berikut!
Evy S.       :”Kapan waktu yang tepat untuk menanam cabai kathur?”
Sartono      :“Kathur dapat ditanam setiap saat. Akan tetapi, sebaiknya penanaman pada akhir musim  
                        penghujan dan awal musim kemarau agar tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.”
                        Kesimpulan kutipan wawancara di atas adalah ….

 A.
Kathur sebaiknya ditanam pada akhir musim penghujan dan awal musim kemarau agar tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.

B.
Kathur sebaiknya ditanam pada musim kemarau agar tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.

C.
Kathur sebaiknya ditanam pada musim penghujan agar tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.

D.
Kathur sebaiknya ditanam setiap saat agar tingkat keseragaman pertumbuhannya tinggi.





7.
Perhatikan kutipan wawancara berikut untuk menjawab soal nomor 5!
Pewawancara        :”Bagaimana pendapat Ibu tentang pelestarian lingkungan hidup?”
Kepala Sekolah     :”Melestarikan lingkungan hidup merupakan hal yang sederhana. Asal kita harmonis dengan alam, itu merupakan upaya pelestarian .”
Hal penting dari kutipan wawancara di atas adalah ….

A.    A.
Melestarikan lingkungan hidup adalah harmonis dengan alam.

B.
Pelestarian lingkungan merupakan hal sederhana.

C.
Lingkungan hidup merupakan hal yang sederhana.

D.
Kita harmonis dengan alam, itu merupakan upaya pelestarian.





8.
Kalimat narasi dari wawancara berikut adalah ….
Pewawancara        :“Apa cita-citamu Budi?”
Budi                      :”Cita-citaku ingin jadi orang yang sukses, agar aku bisa membanggakan orang     tua dan guruku.”

A.    A.
Cita-cita kamu ingin jadi orang sukses agar kamu bisa membanggakan orang tua dan gurumu.

B.
Cita-citaku ingin jadi orang yang sukses agar aku bisa membanggakan orang tua dan guruku.

C.
Budi mengatakan bahwa dia ingin menjadi orang sukses agar dia bisa membanggakan orang tua dan gurunya.

D.
Dia ingin jadi orang yang sukses agar mereka bisa membanggakan orang tua dan guru.





9.
Evy S. :”Setelah penanaman, berapa waktu yang diperlukan petani untuk memanen kathur?”
Sartono:“Petani mulai memanen 60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.”
Wawancara di atas dapat diubah menjadi ….

 A.
Setelah penanaman, berapa waktu yang diperlukan petani untuk menanam kathur? Petani mulai memanen 60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.

B.
Petani mulai memanen 60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.

C.
Waktu yang diperlukan petani untuk memanen kathur adalah 60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan.

D.
Setelah penanaman, Petani mulai memanen 60 hari setelah tanam dan berlangsung hingga 14 bulan





10.
Perhatikan wacana berikut!
        Selain jabatannya di pemerintahan, Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga menjadi ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komite Olahraga Nasional Indonesia, dan lain-lain.
         Selain sebagai politikus dan negarawan yang baik, bidang kesenian dan kebudayaan pun ia kuasai dengan baik. Di masa remaja ia aktif mencipta tari, antara lain tari Golek Menak, yang berpedoman pada cerita Menak.Hal-hal yang dapat diteladani dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX berdasarkan kutipan di atas adalah .…

A.    A.
Ia menjadi seorang atlet disela-sela kesibukannya.

B.
Ia politikus dan negarawan yang baik.

C.
Ia aktif di bidang kesenian dan kepemudaan.

D.
Ia menciptakan tari Menak





11.
Kiki           :”Selamat sore, apakah betul di sini rumah Ibu Yati?”
Ibu Yati     :“Selamat sore, O, ya betul.”
Kiki           :“...”
Ibu Yati     :”Ini saya, ada apa Kiki?”
Kiki           :”Begini Bu, saya belum mengerti materi mengenai penceritaan tokoh idola, bisa besok Ibu  jelaskan lagi di sekolah.”
Ibu Yati     :”Bisa Kiki, besok Ibu jelaskan.”
Kiki           :”Terima kasih Bu! Selamat sore.”
Ibu Yati     :”Selamat sore.”
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi percakapan Kiki adalah ….

A.    A.
Saya ingin bicara dengan Ibu Yati.

B.
Saya Kiki, bolehkah saya bertanya pada Ibu Yati?

C.
Saya Kiki, murid Ibu Yati. Apakah bisa berbicara dengan Ibu Yati?

D.
Saya Kiki, ada yang ingin saya sampaikan pada Bu Yati.




12.
Pertanyaan yang sesuai dengan grafik:

A.    A.
Mengapa jumlah penduduk kampung Jawa lebih banyak dari pada kampung Tani?

B.
Berapa perbedaan jumlah penduduk kampung Mekar dengan kampung Pesisir?

C.
Kapan diadakan pendataan jumlah penduduk di desa Karang Sari menurut grafik?

D.
Berapa perbedaan jumlah penduduk kampung Pesisir dengan kampung Karang Sari?





13.
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan grafik:

A.    A.
Berapa jumlah total penduduk desa Karang Sari?

B.
Berapa perbedaan jumlah penduduk kampung Rawa dengan kampung Pesisir?

C.
Berapa jumlah penduduk kampung Jawa dan kampung Mekar?

D.
Berapa jumlah penduduk kampung Karang Sari dan kampung Mekar?





14.
Pernyataan yang sesuai dengan grafik:

A.    A.
Jumlah penduduk kampung Tani lebih banyak dari pada kampung Mekar.

B.
Jumlah penduduk kampung Tani lebih sedikit dari pada kampung Mekar.

C.
Jumlah penduduk kampung Jawa sama dengan  kampung Pesisir.

D.
Jumlah penduduk kampung Rawa paling banyak di antara 4 kampung lainnya.





15.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan grafik:

A.    A.
Jumlah penduduk di desa Karang Sari pada bulan Maret 2015 tidak diketahui.

B.
Kampung Tani dan kampung Mekar memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dari pada 3 kampung lainnya.

C.
Kampung Pesisir memiliki jumlah penduduk palng banyak dibandingkan 4 kampung lainnya.

D.
Jumlah  penduduk kampung Jawa sama jumlahnya  dengan kampung Rawa.

16.

Orang yang memberikan informasi dalam suatu kegiatan wawancara disebut  ….

A.    A.
Seniman

B.
Reporter

C.
Narasumber

D.
Pewawancara

17.

Berikut ini adalah persiapan sebelum wawancara, kecuali ….

A.    A.
Menentukan topic

B.
Memakai pakaian yang rapi

C.
Menyusun daftar pertanyaan

D.
Memilih narasumber yang sesuai





18.
Dalam menceritakan tokoh idola kita harus mengetahui …. dan keunggulannya.

A.    A.
latar belakang keluarganya

B.
temannya

C.
Identitasnya

D.
Kekayaannya

19.

Berikut ini, yang tidak termasuk santun dalam bertelepon adalah ….

A.    A.
Berbicara panjang lebar

B.
Mengucapkan salam

C.
Memberitahukan identitas

D.
Berbicara seperlunya





20.
Paman berpesan, “Kamu jaga rumah sampai saya kembali!”
Kalimat di atas jika diubah menjadi bentuk tidak langsung, manjadi ….

A.    A.
Paman berpesan agar saya menjaga rumah sampai Beliau kembali.

B.
Paman berpesan agar kamu menjaga rumah sampai saya kembali.

C.
Paman berpesan agar kamu menjaga rumah sampai Beliau kembali.

D.
Paman berpesan agar saya menjaga rumah sampai kamu kembali.





Paragraf berikut digunakan untu nomor 21-25
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara dan tanah. Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada saat hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling atas terkikis. Selain itu hutan yang rimbun oleh pepohonan dapat menjadi paru-paru dunia. Tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida.
     
21.
Paragraf tersebut membahas masalah …

A.    A.
Jenis-jenis tumbuhan yang hidup di hutan.

B.
Fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan.

C.
Penyebab bencana erosi dan banjir.

D.
Kondisi lapisan tanah paling atas





22.
Pernyataan yang jawabannya terdapat dalam paragraf adalah …

A.    A.
Apa fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan?

B.
Apa yang terjadi jika di hutan tidak ada pepohonan?

C.
Siapa yang bertanggung jawab terhadap kelestarian hutan?

D.
Bagaimana upaya masyarakat untuk melestarikan hutan?





23.
Berdasarkan paragraf tersebut, kata paru-paru dunia berarti …

A.    A.
sumber ekonomi dunia

B.
tempat ketergantungan masyarakat dunia

C.
penghasil oksigen bagi masyarakat dunia

D.
sumber makanan masyarakat dunia





24.
Simpulan paragraf tersebut adalah …

A.    A.
tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara
 dan tanah.     

B.
Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada
saat hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling subur akan ikut hanyut.

C.
Hutan yang rimbun oleh pepohonan dapat melestarikan air, udara, tanah serta dapat menjadi paru-paru
dunia. 

D.
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan berfungsi untuk melestarikan air, udara dan tanah sehingga
bencana alam seperti erosi dan banjir dapat berkurang.





25.
Pertanyaan yang tidak sesuai dengan paragraph di atas adalah …

A.    A.
Apa fungsi akar tumbuh-tumbuhan di hutan?

B.
Apa yang dihasilkan oleh tumbuhan di hutan?

C.
Berapa hektar jumlah kerusakan hutan dalam paragraf?

D.
Mengapa lapisan tanah paling atas dapat terkikis?





II. Soal Uraian
     Perhatikan grafik berikut!
Nama   Kampung
 



1.      Buatlah kalimat berdasarkan grafik di atas dengan kata:
a.       paling banyak
b.      paling sedikit
c.       sama jumlahnya
2.      Tulislah 2 pertanyaan beserta jawabannya berdasarkan grafik di atas!
3.      Tuliskan 1 pertanyaan yang tidak ada jawabannya dalam grafik di atas!
4.      Tuliskan contoh wawancara dengan seorang tokoh, 2 pertanyaan dan 2 jawaban!
5.      Buatlah contoh percakapan singkat melalui telepon!






Semoga dengan adanya Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 ini kalian semakin mantap dan siap untuk menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Dengan latihan yang keras dan tanpa mengenal putus asa semoga kalian bisa memperoleh nilai yang memuaskan. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Ulangan Mid Semester Bahasa Indonesia Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.

0 komentar:

Post a Comment