Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2 - Sekarang kalian sudah berada di kelas IX (9) SMP/MTs itu artinya kalian sedang berada di penghujung masa SMP/MTs. Tentu sudah banyak kenangan yang tercipta di masa SMP/MTs kalian. Tetapi kenangan yang paling berkesan menurut saya adalah ketika kalian bisa meraih prestasi atau nilai yang memuaskan saat ulangan ataupun ujian nasional nanti. Maka mulai sekarang untuk menghadapi ulangan mid semester kalian harus rajin mempersiapkan diri.
Seni Budaya (SBD)
adalah salah satu mata pelajaran yang akan kalian hadapi saat ulangan mid
semester. Banyak siswa-siswi kelas IX (9) SMP/MTs beranggapan bahwa Seni
Budaya (SBD) adalah mata pelajaran yang cukup sulit. Apalagi pada materi
bermain dan menghitung not lagu. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2.
Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang
Paling Benar
1.
|
Syarat
utama untuk mengadakan pergelaran adalah …
|
||||||||
a.
|
Adanya
kepanitiaan
|
c.
|
Adanya
dana yang mencukupi
|
||||||
b.
|
Adanya
karya
|
d.
|
Adanya
Seniman
|
||||||
2.
|
Pergelaran
yang menampilkan berbagai karya seni dinamakan …
|
||||||||
a.
|
Pergelaran
heterogen
|
c.
|
Pergelaran
tunggal
|
||||||
b.
|
Pergelaran
homogen
|
d.
|
Pergelaran
umum
|
||||||
3.
|
Pergelaran
yang menampilkan seorang seniman saja disebut …
|
||||||||
a.
|
Pergelaran
heterogen
|
c.
|
Pergelaran
tunggal
|
||||||
b.
|
Pergelaran
homogen
|
d.
|
Pergelaran
umum
|
||||||
4.
|
Sekelompok
orang yang akan melaksanakan kegiatan pergelaran adalah …
|
||||||||
a.
|
Pengunjung
|
c.
|
Panitia
|
||||||
b.
|
Seniman
|
d.
|
Apresiator
|
||||||
5.
|
Orang
yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pergelaran di sekolah adalah …
|
||||||||
a.
|
Kepala
Sekolah
|
c.
|
Guru
dan Siswa
|
||||||
b.
|
Ketua
Panitia
|
d.
|
Semua
Panitia
|
||||||
6.
|
Yang bukan sarana/prasarana pergelaran adalah …
|
||||||||
a.
|
Dana
|
c.
|
Katalog
|
||||||
b.
|
Kamera/Video
|
d.
|
Buku
Tamu
|
||||||
7.
|
Istilah
Lighting berarti …
|
||||||||
a.
|
Lampu
penerangan
|
c.
|
Pencahayaan
/ tata lampu
|
||||||
b.
|
Listrik
/ genset
|
d.
|
Efek
gelap terang warna
|
||||||
8.
|
Sebelum
ditampilkan karya harus diseleksi, karena …
|
||||||||
a.
|
Untuk
memilih yang terbagus
|
c.
|
Untuk
mencari juara
|
||||||
b.
|
Untuk
mencari kesesuaian
|
d.
|
Untuk
mengurangi peserta
|
||||||
9.
|
Unsur
Informasi dalam pergelaran menjelaskan tentang …
|
||||||||
a.
|
Judul
karya
|
c.
|
Menjelaskan
tempat dan waktu
|
||||||
b.
|
Pembuatan
spanduk dan poster
|
d.
|
Menjelaskan
dana yang diperlukan
|
||||||
10.
|
Pemilihan
tempat pergelaran harus strategis, maksudnya adalah …
|
||||||||
a.
|
Luas
dan indah
|
c.
|
Mudah
didatangi
|
||||||
b.
|
Di
tempat umum
|
d.
|
Jauh
dari keributan
|
||||||
11.
|
Selain
Strategis tempat pergelaran harus aman, misalnya …
|
||||||||
a.
|
Menyediakan
atap / terop
|
c.
|
Dekat
dengan jalur angkutan umum
|
||||||
b.
|
Luas
dan bersih, jauh dari keramaian
|
d.
|
Menyediakan
tiket masuk
|
||||||
12.
|
Unsur
penataan karya adalah …
|
||||||||
a.
|
Membatasi
karya yang akan ditampilkan
|
c.
|
Menata
dan memperindah panggung yang akan dipakai
|
||||||
b.
|
Membuat
susunan acara
|
d.
|
Membuat
kepanitiaan yang lengkap
|
||||||
13.
|
Apresiasi
berarti …
|
||||||||
a.
|
Menilai
baik dan buruk
|
c.
|
Memberi
tepuk tangan
|
||||||
b.
|
Member
penghargaan
|
d.
|
Melihat
atau mengunjungi pergelaran
|
||||||
14.
|
Apresiasi
yang mampu mendorong untuk lebih kreatif adalah …
|
||||||||
a.
|
Apresiasi
kreatif
|
c.
|
Apresiasi
pasif
|
||||||
b.
|
Apresiasi
aktif
|
d.
|
Apresiasi
nilai
|
||||||
15.
|
Pergelaran
dapat memberikan pengalaman baru, termasuk fungsi sosial pameran …
|
||||||||
a.
|
Sarana
apresiasi
|
c.
|
Sarana
prestasi
|
||||||
b.
|
Sarana
edukasi
|
d.
|
Sarana
rekreasi
|
||||||
16.
|
Sarana
edukasi sering disebut sebagai sarana ….
|
||||||||
a.
|
Wawasan
|
c.
|
Adu
ketangkasan
|
||||||
b.
|
Penilaian
|
d.
|
Informasi
|
||||||
17.
|
Dengan
mengunjungi pergelaran kita bisa mendapatkan hiburan, termasuk fungsi
pergelaran sebagai sarana …
|
||||||||
a.
|
Sarana
apresiasi
|
c.
|
Sarana
prestasi
|
||||||
b.
|
Sarana
edukasi
|
d.
|
Sarana
rekreasi
|
||||||
18.
|
Sarana
prestasi pergelaran adalah …
|
||||||||
a.
|
hubungan
antar seniman
|
c.
|
Hubungan
masyarakat dan masyarakat
|
||||||
b.
|
Hubungan
seniman dan masyarakat
|
d.
|
Mengukur
kemampuan seniman
|
||||||
19.
|
Kebutuhan
jasmani dan rokhani bisa seimbang adalah fungsi sosial pergelaran sarana …
|
||||||||
a.
|
Edukasi
|
c.
|
Rekreasi
|
||||||
b.
|
Informasi
|
d.
|
Evaluasi
|
||||||
20.
|
Salah
satu fungsi pergelaran di sekolah adalah …
|
||||||||
a.
|
Membuat
persaingan antar siswa
|
c.
|
Siswa
lebih giat belajar di kelas
|
||||||
b.
|
Menciptakan
penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas
|
d.
|
Membangkitkan
semangat kerja keras
|
||||||
21.
|
Langkah
paling awal dalam pelaksanaan pergelaran di sekolah adalah …
|
||||||||
a.
|
Mengumpulkan
dana
|
c.
|
Menyeleksi
karya
|
||||||
b.
|
Melakukan
perencanaan
|
d.
|
Mengadakan
rapat OSIS
|
||||||
22.
|
Secara
garis besar perencanaan di awali dengan …
|
||||||||
a.
|
Menentukan
jumlah iuran / dana
|
c.
|
Mencari
waktu dan tempat yang baik
|
||||||
b.
|
Membuat
rencana kegiatan
|
d.
|
Merumuskan
tema
|
||||||
23.
|
Sifat
dari sebuah tema adalah …
|
||||||||
a.
|
abstrak
|
c.
|
Misi
idealis
|
||||||
b.
|
konkrit
|
d.
|
Monumental
|
||||||
24.
|
Tema
biasanya dihubungkan dengan peristiwa monumental, artinya…
|
||||||||
a.
|
Singkat
jelas dan padat
|
c.
|
Menjelaskan
pokok-pokoknya saja
|
||||||
b.
|
Memakai
kata-kata sederhana
|
d.
|
Dihubungkan
dengan peristiwa sejarah
|
||||||
25.
|
Tema
yang cocok untuk sebuah kegiatan yang diadakan bulan mei adalah …
|
||||||||
a.
|
Pentingnya pendidikan
|
c.
|
Semangat
Kepahlawanan
|
||||||
b.
|
Emansipasi
wanita
|
d.
|
Jiwa
kepahlawanan
|
||||||
JAWABLAH DENGAN SINGKAT DAN BENAR
Tema Kegiatan :
“ Dalam rangka HUT RI Ke 76, “Menghias Dunia”
26. Tuliskan Judul Kegiatanmu
27. Buatlah Rencana Kerja Umum (minimal 7 perencanaan)
28. Buatlah Rencana Kerja Khusus (sesuaikan jabatanmu
dalam Kepanitiaan)
29. Sebutkan Syarat-syarat pergelaran
30. Sebutkan Unsur-unsur pergelaran
Semoga
dengan adanya Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2 ini kalian semakin rajin berlatih menjawab soal untuk
kelancaran kalian saat menghadapi ulangan mid semester tahun ini. Dengan rajin
menjawab soal-soal latihan semoga nilai kalian
semakin meningkat khususnya pada pelajaran Seni Budaya (SBD). Terimakasih telah
membaca Soal Ulangan Mid Semester Seni Budaya (SBD) Kelas IX (9) SMP/MTs Part 2.
mantaff gan, jadi para siswa punya gambaran mengenai soal2 mapel SBD
ReplyDeleteOkeh sangat membantu sekali nih infonya terima kasih ya.
ReplyDelete