Sunday 24 January 2016

Penjelasan Lengkap Bahasa Inggris Present Continuous Tense Disertai Contoh



Penjelasan Lengkap Bahasa Inggris Present Continuous Tense Disertai Contoh – Teman-teman tentu pernah mendengar atau membaca tentang Present Continuous Tense baik di sekolah, buku atau teman. Tetapi mungkin teman-teman masih hanya sering mendengar atau membacanya saja tanpa pernah mengetahui apa sih itu sebenarnya Present Continuous Tense. Baiklah saya akan memberikan pengertian Present Continuous Tense kepada teman-teman. Present Continuous Tense adalah salah satu rumus dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan bentuk waktu jika suatu pekerjaan atau peristiwa itu berlangsung hari ini dan masih sedang berlangsung kejadiannya. 

Misalnya Adi sedang menyapu halaman dan sampai sekarang Adi masih belum selesai menyapu halaman. Contoh lain, Andri mulai belajar jam 8 malam dan sampai sekarang masih belajar. Contoh lagi Henry sedang memancing ikan di sungai sekarang. Contoh lain lagi, Kucing sedang menangkap tikus sekarang. Contoh lagi, Mr. Agus sedang mengajar Bahasa Inggris di kelas IX A sekarang. Hehehe. Sudah jelas kan sekarang ?

Teman-teman sudah saya berikan contoh-contoh Present Continuous Tense. Sekarang teman-teman tentu harus mengetahui rumus-rumus Present Continuous Tense Bahasa Inggris. Adapun rumus dari Present Continuous Tense dalam Bahasa Inggris adalah :

SUBJECT + TO BE ( AM, IS, ARE ) + VERB I + ING + OBJECT

Subject di sini adalah orang yang melakukan kegiatan atau pekerjaan. Misalnnya Andi, Ayah, Nisa, Agus dll. Contoh kalimat Andi membeli apel. Kata Andi adalah subjek. Ayah memotong bunga. Ayah adalah subjeknya. Sudah jelas bukan ? apa itu subjek dan penempatannya ?. 

Sekarang to be adalah pelengkap sebuah subjek dan jarang diartikan. Karena lebih sering sebagai pelengkap saja. Verb adalah kata kerja bentuk pertama dalam bahasa Inggris. Yang termasuk kata kerja misalnya menyanyi, menyapu, berlari, berbicara. Dll. Pokoknya kata kerja (Verb) itu adalah segala sesuatu yang membuat kita bergerak atau beraktivitas. Misalnya menyapu. Tentu kita harus bergerak bukan ? Menyanyi ? bergerak juga kan ?. Hehehe saya rasa teman-teman sudah jelas. 

Sekarang Objek adalah sebuah kata yang selalu terletak setelah kata kerja. Misalnya kita menggunakan kata kerja : mengambil. Maka setelah kata mengambil tentu harus ada yang diambil bukan ? Contoh kalimat : Andi mengambil …… Mengambil apa ? tentu harus lengkap bukan ? Nah mengambil pisau misalnya. Maka pisau itu adalah objek. Jadi kalimat : Andi mengambil pisau. Kata Andi adalah sebagai subjek. Kata mengambil adalah kata kerja (Verb). Pisau adalah objek. Jelas bukan ?

Sekarang saya akan memberikan Contoh Present Continuous Tense dalam Bahasa Inggris :
1.      The cat is catching the mouse now ( Kucing sedang menangkap tikus sekarang )
The cat is not catching the mouse now ( Kucing sedang tidak menangkap tikus sekarang )
Is the cat catching the mouse now ? ( Apakah kucing menangkap tikus sekarang ? )

2.      Toni and Doni are playing football now ( Toni dan Doni sedang bermain sepak bola sekarang )
Toni and Doni are not playing football now ( Toni dan Doni tidak sedang bermain sepak bola sekarang )
Are Toni and Doni playing football now ( Apakah Toni dan Doni sedang bermain sepak bola sekarang ? )

3.      My brother is buying a new bicycle now ( Saudara laki-lakiku sedang membeli sepeda baru sekarang )
My brother is not buying a new bicycle now ( Saudara laki-lakiku tidak sedang membeli sepeda baru sekarang )
Is My brother buying a new bicycle now ? ( Apakah Saudara laki-lakiku sedang membeli sepeda baru sekarang ? )


Semoga Penjelasan Lengkap Bahasa Inggris Present Continuous Tense Disertai Contoh ini bermanfaat bagi teman-teman ya. Tetaplah rajin belajar dan terus menghafal kosakata. Karena itulah kunci sukses dalam belajar Bahasa Inggris. Terima kasih telah membaca Penjelasan Lengkap Bahasa Inggris Present Continuous Tense Disertai Contoh.

0 komentar:

Post a Comment