Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia - Saat mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kalian tentu pernah mempelajari salah satu materi tentang Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia. Pada materi ini kalian akan mempelajari seperti apa itu pengertian bangsa menurut beberapa ahli, apa itu pengertian negara, seperti apa semangat kebangsaan seperti nasionalisme, dan patriotisme. Agar kemampuan kalian dalam memahami materi pada bab ini semakin bagus maka alangkah baiknya jika kalian sering-sering melatih diri dengan menjawab soal-soal. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.
A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar
dengan memberikan tanda silang (x) di depan huruf a, b, c, d, ataupun e !
1.
Otto Bauer berpendapat bahwa bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai
persamaan karakter dan tumbuh karena...
a.
persamaan sejarah
b.
perasaan setia kawan yang agung
c.
persamaan keturunan
d.
kesatuan tempat tinggal
e.
persamaan nasib
2.
Terjadinya negara karena warga mengikatkan diri dalam perjanjian bersama untuk
mendirikan suatu organisasi yang bisa melindungi dan menjamin kelangsungan
hidup bersama adalah terjadinya negara, menurut teori ….
a.
kekuasaan
b.
ketuhanan
c.
kedaulatan negara
d.
kedaulatan hukum
e.
perjanjian masyarakat
3.
Salah satu faktor yang menyebabkan pentingnya pengakuan negara lain dalam unsur
terbentuknya negara adalah ....
a.
pelaksanaan politik luar negeri yang harus disesuaikan dengan kepentingan
nasional
b.
stabilitas dalam negeri yang masih rawan dari perpecahan dan perebutan kekuasaan
c.
persoalan ekonomi harus dipecahkan dengan kerja sama antarnegara
d.
teknologi yang harus diwaspadai dari pengaruh negara-negara lain
e.
kebudayaan negara maju mempengaruhi negara yang baru berdiri
4.
Tugas esensial negara adalah ...
a.
fungsi legislatif
b.
fungsi eksekutif
c.
fungsi yudikatif
d.
mempertahankan negara sebagai organisasi politik yang berdaulat
e.
memperbesar kesejahteraan umum baik moral, intelektual, sosial, maupun ekonomi
5.
Suatu negara terjadi karena memisahkan diri dengan negara yang semula
menguasainya, adalah ....
a.
separatisme
b.
cesie
c.
anexatie
d.
fusi
e.
occupatie
6.
Untuk menanamkan jiwa atau semangat patriotisme dan nasionalisme kepada generasi
muda yang sekarang ini dirasa kurang adalah ….
a.
sumber dana
b.
sumber daya manusia yang terampil
c.
sarana dan prasarana
d.
keteladanan
e.
peraturan hukum
7.
Faktor pemersatu bagi bangsa Indonesia adalah ....
a.
penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
b.
pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya
c.
menyadari arti Sumpah Pemuda 1928
d.
perasaan senasib dan seperjuangan serta cita-cita nasional
e.
melestarikan semangat dan jiwa 1945
8.
Bentuk negara yang hanya terdapat dalam kerajaan Inggris adalah .…
a.
negara serikat
b.
serikat negara
c.
dominion
d.
perwalian
e.
uni
9.
Menurut Aristoteles tujuan negara adalah ....
a.
memenuhi kebutuhan-kebutuhan kemanusiaan
b.
memenuhi keinginan rakyatnya secara maksimal
c.
menyelenggarakan hidup yang baik bagi warga negaranya
d.
mengembangkan daya cipta rakyatnya sebebas-bebasnya
e.
menjamin tersedianya kebutuhan hidup rakyatnya
10.
Pengakuan secara de jure diwujudkan dalam bentuk ....
a.
pengakuan secara resmi menurut hukum internasional
b.
pengakuan secara nyata telah berdirinya negara
c.
mengadakan hubungan-hubungan yang bersifat khusus
d.
melaksanakan perjanjian antara kedua negara
e.
penerimaan sebagai anggota PBB
11.
Semangat patriotisme dalam era globalisasi dewasa ini adalah ….
a.
mengikuti pola hidup dari luar yang disenangi
b.
mempertahankan tradisi yang hamper punah
c.
menolak masuknya budaya asing
d.
menerima budaya asing yang baru
e.
menyaring pengaruh budaya asing
12.
Unsur mutlak yang harus dipenuhi sebagai pembentuk negara adalah ….
a.
unsur kedaulatan
b.
unsur konstitutif
c.
unsur deklaratif
d.
unsur penting
e.
unsur yuridis
13.
Pengertian bangsa dalam arti antropologis adalah persekutuan hidup manusia karena
adanya kesamaan unsur-unsur di bawah ini, kecuali ....
a.
ras
b.
bahasa
c.
agama
d.
keinginan
e.
kebudayaan
14.
Bangsa adalah suatu masyarakat yang berada di suatu daerah yang sama dan mereka
patuh pada kedaulatan negara sebagai suatu kekuasaan tertinggi ke luar dan ke
dalam. Pengertian tersebut merupakan pengertian bangsa dalam arti ....
a.
politik
b.
sosiologis
c.
antropologis
d.
primordialisme
e. etimologis
15.
Pengakuan de facto dari kemerdekaan suatu negara mengakibatkan ….
a.
dapat mengadakan hubungan dengan negara lain
b.
diakui keberadaannya di dunia internasional
c.
dapat diterima sebagai anggota organisasi regional
d.
dapat diterima sebagai anggota organisasi internasional
e.
memiliki kewenangan mengatur rakyat
16.
Unsur deklaratif atau pengakuan dari negara lain, diperlukan oleh negara yang
merdeka dan berdaulat untuk ….
a.
memenuhi tata pergaulan internasional
b.
syarat sahnya suatu negara didirikan dan diakui
c.
memenuhi keinginan PBB agar menjadi anggota
d.
memperoleh sumbangan dana pembengunan
e.
mendapatkan kedudukan yang sejajar dan baik
17.
Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam ....
a. Pembukaan
UUD Negara RI Tahun 1945 Alinea I
b.
Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 Alinea II
c.
Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 Alinea III
d.
Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 Alinea IV
e.
pokok-pokok UUD Negara RI Tahun 1945
18.
Berikut ini faktor pemersatu bagi bangsa menurut pendapat Ernest Renan adalah ….
a.
kesamaan bangsa
b.
kesamaan suku
c.
persamaan warna kulit
d.
perasaan setia kawan
e.
persamaan agama
19.
Terjadinya negara Indonesia pada tahun 1945 dicapai melalui …
a.
perjanjian
b.
peperangan
c.
peleburan
d.
pemberian
e.
kompromi
20.
Di bawah ini termasuk rumusan tujuan negara Indonesia, kecuali ….
a.
mencerdaskan kehidupan bangsa
b.
memajukan kesejahteraan umum
c.
menjamin kehidupan bersama bagi bangsa Indonesia
d.
melindungi segenap bangsa dan tanah air Indonesia
e.
melaksanakan ketertiban dunia
21.
Salah satu perbedaan yang menonjol antara teori lain dengan teori integralistik
mengenai pengertian negara adalah bahwa teori integralistik lebih mengutamakan
....
a.
persatuan antara pemerintah dan rakyat
b.
mengurus kepentingan rakyat semata
c.
keseimbangan antara hak dan kebebasan
d.
kesejahteraan seluruh rakyat
e.
ketenteraman pemerintah menjalankan fungsinya
22.
Unsur wilayah negara yang paling luas adalah ....
a.
daratan yang terhampar
b.
lautan yang terbentang
c.
daerah ektrateritorial
d.
udara di atasnya
e.
laut territorial
23.
Tujaan negara menurut Immanuel Kant adalah ....
a.
menciptakan kekuasaan negara sebesar-besarnya
b.
menciptakan perdamaian dunia
c.
menjamin hak dan kebebasan manusia
d.
memajukan kesejahteraan manusia
e.
menciptakan kebebasan dan kehormatan rakyat
24.
Tokoh teori terjadinya suatu negara karena adanya perjanjian yang dibuat antarmasyarakat
ialah ....
a.
JJ Rouseau, Thomas Hobbes dan Jhon Lock
b.
Voltaire, Niccollo Machiavelli dan Montesquiue
c.
Socrates, Plato, dan Aristofeles
d.
F. Julius Stahl, Agustinus, dan Thomas Aquino.
e.
Immanuel kant, Dante Alegheiri dan Kranenburg
25.
Salah satu nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di bidang
hankamnas adalah ….
a.
mengorbankan jiwa raga dalam menghadapi musuh
b.
berjuang untuk meraih cita-cita demi masa depan
c.
membantu TNI/Polri untuk memberantas kejahatan
d.
memberikan harta benda demi bangsa dan negara
e.
rela berkorban untuk mengamankan wilayah negara
26.
Menurut Friedrik Hertz bahwa setiap bangsa mempunyai empat unsur aspirasi sebagai
berikut, kecuali ....
a.
keinginan untuk mencapai kesatuan nasional.
b.
keinginan mencapai kemerdekaan
c.
keinginan untuk mandiri
d.
ingin menonjol dari bangsa-bangsa yang lain
e.
kebebasan berbudaya secara mutlak
27.
Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan dipelopori oleh ….
a.
Aristoteles
b.
Logeman
c.
JJ Ruseau
d.
Palto
e.
Montesqueau
28.
Suatu paham yang mengagung-agungkan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain
disebut ….
a.
patriotisme
b.
nasionalisme dalam arti luas
c.
nasionalisme
d.
chauvenisme
e.
sinkretisme
29.
Fungsi negara mencakup tugas pokok yang meliputi fungsi legeslatif, fungsi eksekutif,
dan fungsi yudikatif. Pendapat ini dinyatakan oleh ....
a.
Van Vollen Hoven
b.
Montesquieu
c.
Prof. Mr. R. Kranenburg
d.
Charles E. Merriam
e.
George Jellinek
30. Negara
memiliki kekuatan yang sah untuk memksakan aturan yang telah dibuat oleh
lembaga yang berwenang kepada warga negaranya. Sifat hakikat negara yang
demikian ini adalah ....
a.
monopoli
b.
memaksa
c.
mencakup semua
d.
berkuasa
e.
berdaulatbesarnya
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan singkat !
1.
Sebutkan unsur-unsur terbentuknya negara !
2.
Sebutkan identitas nasional bangsa Indonesia !
3.
Bagaimana fungsi negara menurut Montequieu ?
4.
Apa yang dimaksud tugas esensial negara ?
5.
Jelaskan empat sikap yang harus dihindari dalam membina nasionalisme !
Semoga dengan adanya Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia ini kalian akan semakin termudahkan dalam memahami dan mempelajari materi tentang bangsa dan kesatuan negara republik Indonesia. Kalian akan semakin mengerti apa itu pengertian negara, bangsa, dan semangat kebangsaan seperti patriotisme dan nasionalisme. Dengan belajar yang giat semoga nilai Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kalian akan semakin bagus. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.
0 komentar:
Post a Comment