Monday 6 June 2016

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) SMP/MTs Part 1

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) SMP/MTs Part 1 - Dalam setiap ulangan baik ulangan harian maupun ulangan semester sekarang lebih sering menggunakan pilihan ganda sebagai bahan ulangannya. Jadi pada kesempatan ini saya akan memberikan soal bahasa Indonesia dalam bentuk pilihan ganda dengan disertai sedikit isian. Bagi kalian yang kelas VIII (8) SMP/MTs kalian harus rajin menjawab soal-soal latihan Bahasa Indonesia.

Karena Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang sering menjadikan nilai siswa-siswi sering anjlok tidak terkecuali kelas VIII (8) SMP/MTs. Kelas VIII (8) SMP/MTs adalah masa di mana banyak mereka yang bermalas-malasan. Jadi kalian tidak perlu mengikuti teman yang malas. Pikirkan masa depan kalian, buatlah masa depan kalian menjadi indah. Berikut Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) SMP/MTs Part 1.






1. ……. Untuk melihat semua kebudayaan daerah Indonesia, kalian tak perlu menyusuri Nusantara. Di TMII semua kebudayaan daerah Indonesia ditampilkan. Untuk itulah, penulis melakukan perjalanan wisata ke TMII.
Kalimat di atas merupakan kutipan … laporan.
a. pendahuluan         c. penutup
b. isi                          d. kesimpulan


2. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah anjungan Sumatra. Di sana banyak terdapat contoh budaya, resepsi Batak, Minang, dan Aceh.

Kalimat di atas merupakan kutipan … laporan

a. kata pengantar             c. isi
b. pendahuluan                d. penutup


3. Kami berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kami dan pembaca. Kalimat di atas merupakan kutipan laporan bagian ….
a. kata pengantar             c. isi
b. pendahuluan                d. penutup


4. Kepala Sekolah yang kami hormati,
Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, dan teman-teman yang berbahagia.
Kalimat di atas merupakan …. laporan

a. kata pengantar         c. isi
b. pendahuluan            d. penutup


5. Contoh kata yang telah mengalami perluasan makna adalah ….
a. kitab        c. bapak
b. buku        d. ibu

6. Koswara : Sejak aku pulang tadi malam tak sedikit pun engkau gembira.

Rini : Engkau dan aku tentu saja berbeda. Di sini dalam serba kekurangan. Di sana dalam sorga kenangan berjalan-jalan di bawah rembulan ....

Koswara : Sejak Nona Zahra di sini tak habis-habisnya engkau menyindir aku.

Rini : Katakan saja, “pucuk dicinta ulam tiba” (tertawa mengejek). Tidakkah engkau gembira bertemu lagi dengan nona yang manis itu? Dan sekali ini, tidak disertai pula! Tentu banyak yang kaucurahkan kepadanya.

Koswara : Kenalanku perempuan ada beberapa orang dulu. Tidak pernah engkau cemburu sekeras itu !

Rini : Sikapmu pada yang lain itu berbeda.

Sikap Rini yang tampak dalam adegan penggalan drama tersebut adalah ....

a. tidak gembira              c. pencemburu
b. suka menyindir           d. suka mengejek


7. Hendra : Terima kasih, Dik.
Erwin : Sebenarnya, sudah lama aku ingin mengajakmu ke kota, tapi mengingat ibuku masih sakit, ya, kutunda sampai hari ini.
Hendra : Ya, itulah Dik, makanya, aku belum mau melangkah ke luar kota. Sekarang ibuku sudah sehat dan sudah mulai bekerja lagi. Kapan kita berangkat ?
Erwin : Seminggu lagi ? Bagaimana ?
Hendra : Baiklah aku nanti minta izin kepada ibuku dulu.
Isi penggalan drama di atas adalah ….
a. Ibu Hendra sedang sakit dan Hendra harus menunggu
b. Erwin ingin mengajak Hendra ke kota
c. Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit
d. Erwin menengok Hendra karena ibunya sakit


8. Adi : Benar dalam liburan ini sekolah kita akan berdarmawisata, Pak ?
Kepala sekolah : Benar! Mengapa Adi bertanya ?
Adi : Untuk meyakinkan diri. Darmawisata ke mana, Pak ?
Kepala sekolah : Belum dipastikan. Mungkin ke Kebun Raya Bogor. Mungkin pula ke Pantai Pangandaran.
Adi : Mudah-mudahan ke Kebun Raya Bogor. Saya belum pernah pergi ke sana.
Kepala sekolah : Hal itu ditentukan oleh hasil rapat.

Watak kepala sekolah berdasarkan penggalan drama di atas adalah ….

a. bijaksana
b. pemberani
c. penakut
d. keras kepala


9. Watak Adi dalam kutipan nomor 8 adalah ….
a. bijaksana                c. penakut
b. pemberani              d. keras kepala


10. Bacalah kutipan drama berikut !
Ishak : Aku akan tetap mencintaimu. Tapi, aku tidak dapat berbuat apa-apa.
Satilawati : Perkara cinta jangan disebut juga. Engkau tahu sendiri, aku cinta pula kepadamu. Tapi, apa maksudmu ?
Ishak : Aku tidak mau mengikuti engkau. Artinya, engkau jangan menunggu aku. Kawin saja dengan orang lain.
Satilawati : (berontak) Tapi, itu aku tidak mau, tidak bisa. Engkau boleh pergi sekarang, tapi lekas kembali. Aku tetap menunggumu.

Watak Satilawati dalam drama tersebut adalah ….
a. lembut        c. pasrah
b. keras          d. penurut


11. Bahasa yang digunakan dalam laporan adalah bahasa ….
a. baku            c. daerah
b. tutur            d. ilmiah


12. Waktu, tempat, dan tujuan kegiatan dalam laporan terdapat pada bagian ….
a. pendahuluan          c. penutup
b. isi                           d. kesimpulan


13. Tempat dan waktu kejadian peristiwa drama disebut ….
a. latar
b. tema
c. alur
d. perwatakan

Aman : Saya juga telah memerhatikan sikap Saudara terhadap dia. Kok, Saudara berani benar ?
Amat : Begini Saudara Aman kalau orang hormat dan sopan terhadap saya, saya seribu kali sopan dan hormat terhadap dia. Tapi, kalau saya lihat dia angkuh dan sombong dan mau memperlihatkan kepada saya bahwa dia di kantor ini kepala, wah, sayalah yang lebih angkuh dan sombong lagi. Saudara Aman, lihat sajalah sikap saya terhadap dia.


14. Watak Amat dalam kutipan drama di atas ….
a. sopan                c. angkuh
b. baik hati           d. pendendam


15. Latar kutipan drama di atas, yaitu di ….
a. teras rumah          c. dalam kantor
b. teras kantor          d. pinggir jalan



B. Jawablah pertanyaan berikut !


1. Apa perbedaan laporan yang disampaikan secara tertulis dengan lisan ?

2. Bagaimana sistematika laporan yang baik ?

3. Sebutkan unsur-unsur intrinsik naskah drama ?

Gito : Ini pasti ulah si Rika. Ia balas dendam kepada kita.
Nadia : Rasanya, hal itu tidak mungkin Rika bukan tipe anak pendendam. Setahuku, selama ini ia baik.
Gito : Mungkin juga. Buktinya, kelas kita sekarang kotor. Mungkin sepulang sekolah kemarin, ia sengaja membuang sampah-sampah ini.

4. Apa isi kutipan drama di atas ?

5. Lengkapilah dialog drama berikut !

Munawardi : Tolong …, ada yang mau berbuat jahat kepada saya !
Orang-orang : Mana … mana orangnya ?
Munawardi : Itu, Pak !
Dudi : Ayo, kita hajar. Biar kapok !
Kundi : ….








Semoga dengan adanya Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) SMP/MTs Part 1 ini kalian bisa lebih banyak dalam belajar model soal-soal yang sering keluar dalam ulangan Bahasa Indonesia kelas VIII (8) SMP/MTs. Teruslah rajin menjawab soal-soal latihan Bahasa Indonesia. Semoga nilai ulangan Bahasa Indonesia kalian selalu memuaskan. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas VIII (8) SMP/MTs Part 1.

0 komentar:

Post a Comment