Wednesday 14 October 2015

Materi “Asking for, Giving, Offering and Refusing Things” Bahasa Inggris



Materi “Asking for, Giving, Offering and Refusing Things” Bahasa Inggris -  Dalam bahasa Inggris salah satu materi yang cukup menarik adalah “Asking for, Giving,Offering and Refusing Things”. Mengapa dikatakan menarik ? Yak arena kita sering sekali mempraktekkannya dalam kesharian kita. “Asking for, Giving, Offering and Refusing Things” dalam bahasa Inggris ini kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Meminta, Memberi, Menawarkan, dan Menolak Sesuatu. 

Sudah jelas bukan ? dalam keseharian kita tentu kita sering Meminta, Memberi, Menawarkan  dan Menolak Sesuatu. Contoh kecil saja Asking for Things : Bolehkah aku minta ? Bolehkah aku coba ? Boleh aku pinjam sebentar ? dan masih banyak lagi contoh Asking for Things yang lain. Setelah kita meminta, tentu aka nada respon dari lawan bicara kita. Nah, respon positif terhadap permintaan kita terhadap sesuatu inilah yang disebut dalam bahasa Inggris Giving for Things. 

Misalnya contoh dari Giving for Things, teman kita mengatakan Bolehkah aku meminjam sepedamu ? Tentu kita harus menjawab Ya, Tentu, Siahkan. Karena ini contoh Giving for Things / Memberikan sesuatu. Selalu jawaban yang kita berikan positif. 

Dalam memiliki kelebihan rezeki tentu ketika teman adakalanya kita menawarkan rezeki yang kita miliki. Misalnya kita sedang memiliki kelebihan pisang atau mangga di rumah, kita tentu akan menawarkannya kepada para tetangga. Atau ketika di sekolah kita sedang membeli banyak jajan, sedangkan ada salah satu teman kita yang sedang bengong, dan tidak mempunyai uang untuk membeli jajan, alangkah baiknya kita menawarkannya beberapa dari jajan yang kita miliki. Nah, Menawarkan Sesuatu inilah yang dalam bahasa Inggris disebut Offering Things. Contoh kalimat offering thing dalam bahasa Indonesia misalnya seperti : Bu, ini saya ada kelebihan pisang di rumah, Ibu mau ? Atau ketika lagi di jalan sama temen, “Hey Bro, apakah kalian kalian pada mau makan Roti Bakar ?” Ingat offering things dalam bahasa Inggris adalah menawarkan sesuatu.

Tentu tidak selamanya tawaran yang diberikan teman kepada kita akan kita setujui, adakalanya kita akan menolak tawarannya. Misalnya teman kita menawarkan roti bakar kepada kita, tetapi kita baru saja berhenti makan, dan perut masih terasa kenyang. Kita akan menolak. Nah, menolak tawaran ini dalam bahasa Inggris disebut “Refusing Things”. Contoh kalimatnya misalnya “Tidak, terima kasih”, Terima kasih atas tawaranmu, tapi saya sedang sibuk saat ini”. Dll.


Asking for Things
Giving Things
May I have one ?
Please do so.
Is it OK. If I……?
Please serve yourself.
Can I have a bit ?
Sure. Here you are.
May I try it on ?
Certainly.
Offering Things
Refusing Things
Will you have some cakes ?
No need to bother, thanks.
Do you want candies ?
No, thanks
Would you like some apples ?
Thank you for you offer, but I don’t want to.
Here some bananas for you.


Contoh Asking for, Giving, Offering, and  Things dan Expression of Refusing Things :


Bayu : Here is an ice cream for you.
Nandi : No, thanks. I’ve got flu.
Bayu : Oh sorry. I don’t know about it.
Nandi : Okey. Never mind Brother.
Bayu : Then, I have some medicines of flu. Do you want some medicines ?
Nandi : Can I have one ?
Bayu : Oh yes. Of course. I have some bananas also in my home. Do you want some bananas ?
Nandi : Thank you for your offer, but I don’t want to.



Kata yang berbunyi Here is an ice cream for you adalah contoh Giving Things. Kalimat yang berbunyi “No, thanks” dan “Thank you for your offer, but I don’t want to” adalah contoh Refusing Things. Kalimat yang berbunyi “Do you want some medicines ?” dan “Do you want some bananas ?” adalah contoh Offering Things. Kalimat yang berbunyi “Can I have one ?” adalah contoh Asking for Things.


Semoga teman-teman sudah jelas ya tentang Materi“Asking for, Giving, Offering and Refusing Things” Bahasa Inggris. Terima kasih telah membaca Materi “Asking for, Giving, Offering and Refusing Things” Bahasa Inggris. Jika ada yang masih bingung tentang Materi “Asking for, Giving, Offering and Refusing Things” Bahasa Inggris, silahkan berikan komentar teman-teman. Terima kasih.
 

2 comments: