Friday 9 October 2015

Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris



Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris  Salah satu materi yang cukup menarik untuk dibahas dalam bahasa Inggris adalah Asking For, Giving, Declining Opinions. Mengapa ? karena materi bahasa Inggris Asking For, Giving, Declining Opinions ini sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita berbelanja di toko sepatu atau baju bersama teman pasti secara tidak sadar kita telah mempraktikkan materi bahasa Inggris Asking For, Giving, Declining Opinions ini. Atau ketika kita bingung akan pergi liburan ke mana, tempat yang bagus untuk liburan ( holiday ) di mana, kita tentu menanyakan pendapat teman-teman yang lain. Di situ juga kita sudah menggunakan Asking For, Giving, Declining Opinions dalam kehidupan sehari-hari kita. Agar lebih memahami penggunaan Asking For, Giving, Declining Opinions bahasa Inggris  ini coba lihat contoh dalam bahasa gaul tentang Asking For, Giving, Declining Opinions bahasa Inggris berikut ini. 

Suatu saat mungkin ada teman kita yang mempunyai baju baru atau motor baru, kemudian teman kita menanyai kita tentang baju atau motor barunya. “ Hey Bro, gimana menurut Lo motor gue ? Ini Supra keluaran terbaru loohh…, “ Hey Ali, lihat nih baju yang telah dibelikan ibu sama gue, baguskan ?”, “ Gue bingung nih, mau liburan ke mana ? Kira-kira tempet yang bagus buat dikunjungi ke mana yaa ?” Nah, semua contoh yang saya berikan di atas adalah contoh Asking For Opinions yang dalam bahasa Indonesianya ( Meminta Pendapat ).




Asking for Opinions
Giving Opinions
Declining Opinions
What is your idea ?
I think …………
Sorry. I don’t have one.
How is your feel ?
We had better ……..
I have different opinions.
Do you think it’s OK if I hit him ?
I think so.
I don’t think it’s a good idea
What is your opinion about my problem ?
To my mind……
I don’t think so. In my view….
Do you have any idea ?
In my opinion…..
I disagree with your idea…..
What do you think of….?
Yeah. I like it.
I’m not with you..
The house is so excellent, isn’t it ?
You are right.
I’m not in the line with you.

Kemudian supaya lebih memahami materi bahasa Inggris Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris  ini saya akan memberikan contoh tentang Giving Opinions. Setelah dimintai pendapat, kita tentu harus menjawabnya dong, kalau gak dijawab entar temen kita bisa marah. Hehehe. Dalam bahasa Inggris memberikan pendapat ini disebut ( Giving Opinions ). Seperti contoh di atas, kita dimintai pendapat kita dengan contoh kalimat “ Hey Bro, gimana menurut Lo motor gue ? Ini Supra keluaran terbaru loohh… Kita bisa memberikan pendapat ( Giving Opinions ) kita seperti ini “ Waah…luar biasaa..kereenn bangett Mas Brooo… Atau kalau temen-temen orangnya terlalu jujur, temen-temen juga bisa bilang “ Waaaahh… bagus banget Broo..tapi lebih bagus punya guee…” Ini juga bisa. Tapi siap-siap kena tabok. Wkwkwk. Yang penting kita memberikan pendapat kita terserah mau bagus atau jelek pendapat yang kita berikan itu adalah ( Giving Opinions).

Kemudian Declining Opinion ini adalah teman-teman kalau bahasa kasarnya sih menolak atau ketidak setujuan teman-teman tentang suatu pendapat. Misalnya si A mengajak liburan ke pantai karena ingin mencari pemandangan yang indah, tetapi si B tidak setuju dengan pendapat si A karena menganggap pantai itu panas, Si B mengatakan lebih baik liburan ke gunung. Atau si Ahmad mengatakan baju yang digunakan Dilla sangat bagus. Tetapi si Bayu mengatakan bahwa Baju Dilla itu kurang pas karena kebesaran. Nah, pendapat yang diutarakan Si B dan Si Bayu itu adalah contoh Declining Opinion. Jelaskan ? Oke supaya lebih jelas mengenai Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris  yang saya bahas di blog ini perhatikan tabel Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris berikut ini :


Dengan memperhatikan tebel Asking For, Giving, Declining Opinions di atas, tentu akan memudahkan teman-teman memahami materi yang ada di blog saya yang berjudul Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions ini. Untuk semakin memberikan pemahaman teman-teman tentang Asking For, Giving, Declining Opinions ini, alangkah baiknya jika saya meberikan Contoh Asking For, Giving, Declining Opinions dalam bentuk diaolog seperti di bawah ini :


Alex : Mom, what dou you think of my watch ? ( Bu, bagaimana pendapatmu tentang jam tanganku ? )
Mom : Woow ! I think it’s very amazing. Who bought you the watch ? ( Woow ! Aku piker itu sangat luar biasa. Siapa yang membelikanmu ? )
Alex : I bought it myself. I have saved some of my pocket money to buy it. ( Aku membelinya sendiri. Aku menyimpan beberapa uang belanjaku untuk membelinya )
Mom : Great my Son ! ( Luar biasa anakku )


Kata yang berbunyi “what dou you think of my watch ?” adalah contoh dari Asking for Opinions ( meminta Pendapat )
Sedangkan kata yang berbunyi “think it’s very amazing” adalah contoh Giving Opinions.
Jika teman-teman sudah paham tentang Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris ini, saya akan memberikan soal mengenai Asking For, Giving, Declining Opinions bahasa Inggris kepada teman-teman. Ayoo. Sampai sejauh mana pemahaman kalian tentang Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris.


1.     You and your friend is having a trip to  Safari park. Your friend think that the animal should be let free. You    disagree with his/her opinion.  
     Your partner             : _______________________________________________________________
     You                         : _______________________________________________________________
     Your partner             : _______________________________________________________________
     You                         : _______________________________________________________________
     Your partner             : _______________________________________________________________
     You                         : _______________________________________________________________
 
2

.      Dara : There are many airplane accident nowadays. What Do you think Yandar ?
Yandar : It shows the bad condition of the airplane business in Indonesia.
Dara : In your opinion, what  should the airlines do ?
Yandar : I think they should pay more attention to the quality of their planes and fliht services.



1.       What are the speakers talking about ?
a.       The sea accidents nowadays.
b.      The quality of airplanes in Indonesia.
c.       Many accidents nowadays.
d.      Many airplane accidents nowadays.  



Semoga Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris  ini bermanfaat bagi teman.teman. Jika ingin lebih memahami materi bahasa Inggris tentang Asking For, Giving, Declining Opinions teman-teman bisa cari di blog-blog lain. Tentu banyak yang membahas Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris. Sekali lagi terima kasih telah membaca Pengertian, Contoh, dan Soal/Latihan Asking For, Giving, Declining Opinions Bahasa Inggris.



4 comments:

  1. Thanks gan sangat membantu buat belajar ane nih :V

    ReplyDelete
  2. makasih banyak gan. ane jadi semangat nih belajar bhs inggris nya

    ReplyDelete
  3. sangat membantu artikelnya
    makasih min

    ReplyDelete
  4. izin di bookmark min, lengkap nih

    ReplyDelete