Sunday 11 October 2015

Cara, Kiat, dan Motivasi Mengatasi Masalah dalam Hidup



Cara, Kiat, dan Motivasi Mengatasi Masalah dalam Hidup – Selama hidup tentunya manusia tidak lepas dengan yang namanya masalah atau ujian. Mengatasi sebuah masalah dalam hidup ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah hidup kita perlu mengetahui Cara, Kiat, dan Motivasi untuk mengatasi masalah hidup ini. Tidak semua orang mengetahui cara, kiat, dan motivasi menghadapi  masalah dalam hidup, maka pada kesempatan ini saya akan membagi ilmu tentang cara, kiat, dan motivasi mengatasi masalah dalam hidup. Semoga cara, kiat dan motivasi mengatasi masalah dalam hidup ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Berikut cara, kiat, dan motivasi mengatasi masalah dalam hidup :


Cara, Kiat, dan Motivasi Mengatasi Masalah dalam Hidup
Cara, Kiat, dan Motivasi Mengatasi Masalah dalam Hidup

Dalam hidup ini semua manusia pasti dan selalu pasti dari zaman ke zaman dihadapkan dengan yang namanya masalah atau ujian dari Allah swt. Tuhan Semesta Alam. Berbagai ujian yang diberikan itu mampu membuat manusia terhempas, tergeletak, dan tergerus hingga ke dasar jurang kehidupan yang paling dalam jika tidak mampu menghadapinya. Kita sering melihat orang yang sedang menghadapi ujia atau musibah banyak yang tidak mampu menghadapinya sehingga bisa membuat stres atau bahkan gila. Mereka yang tidak sanggup dan merasa diri kalah oleh ujian adalah bukan pejuang sejati dalam hidup ini. Bukankan Allah swt. telah berfirman di dalam kitabnya bahwa Tidaklah Allah akan berikan ujian atau masalah kepada manusia melainkan di luar batas kemampuan manusia. Kemudian dalam ayat yang lain lagi Allah swt. memperkuat ayat tentang ketidak boleh putus asaan terhadap suatu masalah melalui ayat yang berarti Apakah Allah membiarkan begitu saja orang-orang yang telah mengaku beriman kepada Allah tanpa diberikan ujian ? Anda tentu tahu ayat ini kan ? Ini sangat jelas sekali menggambarkan kita semua bahwa kita hidup di dunia ini untuk diuji oleh Allah swt.  Yang dibalik ujian itu nanti Allah swt. mengetahui siapa saja yang benar-benar beriman kepada Allah swt. Bisa kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari, betapa banyknya orang yang diberikan suatu ujian merasa tidak sanggup menghadapinya sehingga berujung stress atau bahkan gangguan jiwa. Mungkin kita melihat orang kaya, punya banyak uang, mobil, dan rumah itu enak-enak saja. Namun, siapa sangka hati mereka sedang gelisah dan tidak menentu. 

Orang yang punya banyak rumah selalu memikirkan bayar sewa kontrakan yang belum lunas, orang yang punya banyak uang, selalu memikirkan bagaimana cara menjaga uangnya supaya tidak kemalingan, atau orang yang kaya karena korupsi, selalu mencari berbagai cara menyembunyikan  kasus korupsinya supaya tidak terbongkar. Jadi, intinya semua orang yang hidup dan telah hadir di dunia ini adalah mereka yang sudah siap menghadapi keras dan kejamnya hidup ini. Anda yang telah lahir di dunia ini adalah orang-orang pilihan. Bayangkan, ketika jutaan sperma ingin masuk menembus indung telur wanita , hanya ada satu yang berhasil menembusnya, sedangkan yang lain tidak kuat dan berguguran. Sperma yang sendirian dan berhasil menembus indung telur itulah Anda ! Ya ! Anda yang sekarang sedang berada di dunia ini dan sedang membaca tulisan saya ini. Selamat ! Berarti Anda adalah orang terhebat di anatara jutaan saingan Anda yang berhasil menembus indung telur dan kini menjadi manusia dan sekarang sedang membaca tulisan saya ini. Tetapi, mengapa ? setelah Anda terlahir di dunia, Anda begitu lemah ? Anda begitu cepat putus asa ? Anda begitu mudahnya patah semangat ? Padahal Anda adalah sperma terhebat yang mampu mengalahkan jutaan saudara-saudara Anda ketika masih berbentuk sperma. Ya. Anda adalah orang yang kuat, sehingga jutaan saudara Anda mempercayakan Anda untuk hidup di dunia ini. Tetapi mengapa setelah Anda lahiri di dunia kemudian diberikan ujian oleh Allah swt. Anda selalu mengeluh ? Anda selalu menganggap masalah Anda adalah akhir dari kehidupan ini ? Anda salah besar. Mulai sekarang Anda sudah sadar-sesadar sadarnya setelah membaca tulisan ini. Anda adalah orang hebat, sehingga Allah swt berani menurunkan ujian kepada Anda. Karena Beliau yakin Anda memang orang yang tepat untuk mendapat ujian seperti itu yang kemudian bisa menyelesaikan masalah itu.Tetapi dalam hidup ini memang banyak manusia yang ketika diberi ujian oleh Allah swt. banyak menyerah atau bahkan menghindari ujian itu, apa akibatnya jika kita menghidari suatu ujian ? Bukannya ujian akan selelsai, tetapi ujian Anda akan semakin menumpuk. Lebih baik apapun kondisi Anda dalam seburuk-buruknya keadaan dan waktu hadapilah ujian. Karena itu adalah cara Allah swt menguji hambanya dan mengetahui siapa saja yang benar-benar beriman kepadanya. Apakah Anda tidak menyadari ? bahwa di balik setiap ujian atau masalah itu sebenarnya Allah swt. sedang menyiapkan hadiah kepada Anda. 

Tetapi Allah swt membungkus hadiah itu menggunkan kertas yang diberi nama “ujian”. Bukankah Anda sudah tahu bahwa Allah swt itu maha pengasih ? bukankah Anda sudah sadar-sesadar-sadarnya bahwa Allah swt. menyuruh kita untuk meminta hanya kepada-Nya ? Bukankah Anda sudah tahu apakah Allah swt. akan mengabulkan setiap permintaan kita ? Ya. Sebenarnya Allah swt sudah mendengar doa Anda, kemudian memberikan Anda masalah atau ujian yang ternyata di balik ujian itulah jawaban di balik doa Anda itu. Banyak kita meminta tatu berdoa kepada Allah swt, kemudian Allah swt. mendengar doa kita kemudian menjawab doa kita melalui ujian itu.  Yang perlu kita catat adalah “Allah memberi kita ujian karena kita telah berdoa kepada-Nya”. Melalui ujian itulah Allah menyisipkan jawaban dari doa Anda selama ini. Tetapi kebanyakan kita justru terlalu cepat menyerah dengan ujian yang diberikan Allah kepada kita. Akhirnya hadiah yang diselipkan Allah melalui ujian itu tidak bisa kita temui dan dapatkan. Semoga setelah membaca artikel ini Anda semakin meyakini bahwa setiap Anda diberikan ujian oleh Allah itu sebenarnya Allah sudah menjawab doa Anda, tetapi jawaban dari doa Anda diselipkan Allah melalui ujian yang diberikannya kepada Anda. Jika Anda berhasil melalui ujian itu, maka Anda berhak mendapatkan hadiah yang diselipkan Allah melalui ujian itu. Amiinn.



0 komentar:

Post a Comment