Monday 5 October 2015

Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7



Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7 - Teman-teman tentu pernah disuruh oleh bu guru atau pak guru teman-teman untuk membuat Contoh Narrative Text Bahasa Inggris. Tetapi, karena pada saat itu teman-teman masih baru mempelajari materi tentang Narrative Text bahasa Inggris, sehingga teman-teman bingung cara membuat Contoh Narrative Text dalam bahasa Inggris. Untuk menghilangkan kebingungan teman-teman dalam membuat Contoh Narrative Text bahasa Inggris, maka pada kesempatan ini saya akan membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas sekolah membuat Contoh Narrative Text Bahasa Inggris, saya akan memberikan kepada teman-teman Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7. Semoga dengan mempelajari Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru ini, bisa membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas dari sekolah tentang Contoh Narrative Text bahasa Inggris. Tentunya dalam memahami sesuatu tidak hanya sekali baca saja. Jika teman-teman ingin bisa tentang cara membuat Contoh Narrative Text, maka bacalah berulang-ulang Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7 ini, agar pemahaman teman-teman tentang narrative text bisa lebih mendalam. Baiklah sebelum saya memberikan Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru ini, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui Pengertian Narrative Text dalam bahasa Inggris. Berikut Pengertian Narrative Text dalam bahasa Inggris.

Pengertian Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Bagaimana mungkin teman-teman bisa membuat Contoh Narrative Text dalam bahasa Inggris kalau pengertian dari narrative text saja belum tahu ? Ya. Pada kesempatan ini saya akan memberi tahu teman-teman pengertian narrative text dalam bahasa Inggris. Narrative text dalam bahasa Inggris adalah suatu text dalam bahasa Inggris yang isinya adalah menceritakan suatu cerita yang merupakan cerita imajinatif atau khayalan yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata. Sehingga dari rangkaian peristiwa yang terjadi akan selalu ada permasalahan yang muncul dalam cerita narrative text , nah permasalahan inilah yang akan membutuhkan penyelesaian. Jadi, cerita yang diceritakan dalam narrative text ini bisa seperti legenda, fabel, dongeng, dll. Mungkin teman-teman pernah mendengar cerita Cinderella, Asal-Usul Gunung Tangkuban Perahu, Asal-Usul Danau Toba, cerita tentang hewan yang bisa berbicara layaknya manusia, semua ceita-cerita yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata, maka itulah contoh narrative text bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, nanti saya akan berikan Contoh Narrative Text bahasa Inggris kepada teman-teman.

Tujuan Narrative Text dalam bahasa Inggris

Setiap text dalam bahasa Inggris tentu memiliki tujuannya masing-masing. Tidak mungkin suatu bacaan atau tulisan dibuat tanpa rah yang jelas, tanpa tujuan yang jelas, pasti ada maksud atau tujuan dari sebuah cerita atau bacaan. Begitu juga dengan narrative text dalam bahasa Inggris. Narrative text dalam bahasa Inggris memiliki tujuan menceritakan berbagai cerita yang bersifat khayal atau imajinatif itu dengan tujuan akhir untuk membuat para pembacanya menjadi terhibur ( to entertain the readers ). Jadi, jika suatu ketika teman-teman membaca narrative text, kemudian setelah membacanya teman-teman tidak merasa terhibur, maka tujuan dari narrative text tidak disebut berhasil, karena tujuan dari narrative text adalah setelah membaca cerita, cerita narrative text itu berhasil membuat para pembacanya menjadi terhibur. Oleh karena itu, jika teman-teman ingin tujuan dari narrative text dari cerita narrative text yang teman-teman buat tercapai, buatlah Contoh narrative text bahasa Inggris semenarik dan sebagus mungkin. Maka pada kesempatan ini saya akan memberikan Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7 kepada teman-teman supaya teman-teman bisa menjadikannya contoh acuan, dalam membuat tugas sekolah tentang Contoh narrative text dalam bahasa Inggris.

Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Setiap text dalam bahasa Inggris pasti meiliki ciri-ciri masing-masing. Ciri-ciri inilah yang membedakan text yang satu dengan yang lain. Jika kita sudah bisa mengetahui ciri-ciri narrative text, tentu akan memudahkan kita dalam mengidentifikasi suatu text dalam bahasa Inggris adalah narrative text atau bukan narrative text. Baiklah langsung saja berikut ciri-ciri narrative text bahasa Inggris :

a.       Banyak menggunakan pola kalimat Simple Past Tense. Misalnya she was happy, he went to the forest,dll.

b.      Dalam membuat narrative text, ceritanya harus diceritakan secara kronologis ( secara berurutan ). Sehingga tentu akan banyak menggunakan kata penghubung antar kalimat ( conjunction ). Misalnya : and, then, after that, but, or, before, dll.

c.       Sering terdapat dialog yang sifatnya imajinatif, sehingga membuat pembacanya harus berimajinasi. Sehingga dengan imajinasi yang diciptakan pembaca, bisa membuat cerita narrative text tampak lebih jelas dan nyata.

Generic Structure ( Struktur dari Narrative Text Bahasa Inggris )

Suatu text bisa terlihat panjang lebar, bagus, dan menarik karena ada komponen-komponen yang menyusunnya. Dengan adanya struktur-struktur yang menyusunnya, suatu text akan lebih terlihat rapi. Begitu juga dengan narrative text, narrative text memiliki struktur antara lain :

a.       Orientation : Ini adalah bagian dari narrative text yang berfungsi untuk memperkenalkan gambaran umum suatu cerita. Misalnya seperti siapa saja tokoh yang terlibat, bagaimana keadaan suasana, lokasi, dll.

b.      Complication : Ini merupakan bagian dari narrative text yang ditandai dengan munculnya masalah atau problem dalam cerita.

c.       Resolution : ini merupakan bagian dari narrative text yang ditandai dengan adanya penyelesaian terhadap suatu masalah dalam cerita narrative text.


Baiklah setelah saya berikan pengertian narrative text, tujuan narrative text, ciri-ciri narrative text, Struktur narrative text dalam bahasa Inggris, maka sudah saatnya saya memberikan Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7, kepada teman-teman supaya pemahaman teman-teman tentang narrative text semakin mendalam. Berikut adalah Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7 :


Far off in the jungle, by the misty springs, Lion was taking a walk by himself. Surprisingly, he was wearing a hot thick raincoat that he could not take off. Tiger, Lion’s friend, was walking in the jungle too.
“My dear friend, Lion, what are you doing in that hot thick raincoat on such a lovely day as this ?” asked Tiger.
“Well,” Lion started out, “it was this morning, I put this raincoat on. I really don’t remember why I put it on. I guess I just thought it might all of a sudden rain”.
Tiger shook his head and said “ “Please don’t try to tell me you think it is going to rain today. The clouds aren’t even what I call thin”.
Lion’s eyes widened. He forced himself into thinking that he was going to wear this sweating hot raincoat on such a lovely warm October day. “ Oh , no,” cried Lion.
“Don’t worry at all my friend,” Tiger explained, you simply cut off some of your sleeves and pants.”
“Great solution !” exploded excited Lion. He thanked his friend and ran home. He was so excited he cut off all his sleeves and pants. Then, he jumped out the door and felt the warm sunshine.
Eventually, the clouds rolled over the sun and it began to rain. Lion, shocked by his foolishness, prayed for the rain stop. But the storm raged on, and Lion darted home with a soaking wet tail that dragged along behind him. When the storm stopped, there were only miles and miles of muddy puddles. Floating in one of the pond-size puddles, there was a small bit of tattered cloth that had covered Lion’s tail.




Terima kasih telah membaca Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7. Semoga Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7 ini bisa bermanfaat bagi teman-teman dalam membuat narrative text bahasa Inggris. Semoga ke depannya saya bisa memposting lebih banyak lagi Terima kasih telah membaca Contoh Narrative Text bahasa Inggris Lengkap Terbaru Part 7.

15 comments:

  1. kasih rumusnya gan biar enak belajarnya

    ReplyDelete
  2. pas banget buat yg masih sklh dan ada materi ini buat referensi atau nyontek :v

    ReplyDelete
  3. artikelnya bermanfaat buat belajar gan

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, terima kasih banyak ilmunya gan

    ReplyDelete
  5. nambah ilmu nih buat diajarin ke adek yang lagi belajar narrative text, thank you gan

    ReplyDelete
  6. thanks gan jadi nambah ilmu lagi :D

    ReplyDelete
  7. Jadi inget SMA disuruh buat narrative text hehehe :3

    ReplyDelete
  8. gw udh kuliah tpi ada materi kek gini juga :v nice info gan :D

    ReplyDelete