Tuesday 10 March 2015

Rumus,Pengertian, Penjelasan, dan Penggunaan Serta Contoh Simple Present Tense Bahasa Inggris Terbaru

Rumus,Pengertian, Penjelasan, dan Penggunaan Serta Contoh Simple Present Tense Bahasa Inggris Terbaru - Baiklah, teman-teman Abid Fathin yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Pada kesempatan kali ini saya Abid Fathin akan memberikan kepada teman-temanRumus,Pengertian, Penjelasan, dan Penggunaan Serta Contoh Simple Present Tense Bahasa Inggris Terbaru. Mungkin banyak teman-teman yang belum paham tentang bentuk Simple Present Tense Bahasa Inggris yang satu ini. Simple Present Tense ini sangat mudah looh teman-teman. Baiklah tanpa panjang lebar berikut Rumus,Pengertian, Penjelasan, dan Penggunaan Serta Contoh Simple Present Tense Bahasa Inggris Terbaru :

A. Pengertian Simple Present Tense Bahasa Inggris
Simple Present Tense merupakan suatu bentuk rumus dalam bahasa inggris yang digunakan pada saat Anda ingin membuat kalimat yang Anda gunakan sering gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat yang Anda gunakan itu harus kalimat yang sering Anda lakukan secara umum dan juga "berulang-ulang" setiap hari Anda melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan itu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari Anda. Contohnya : Saya pergi ke sekolah setiap pagi, Saya menyapu setiap sore hari, Kami bermain bola setiap sore.

B. Rumus Simple Present Tense Bahasa Inggris

RUMUS 1 :

SUBJEK + TO BE (AM,IS,ARE) + OBJEK

RUMUS 2 :

SUBJEK + VERB 1 (s/es) + OBJEK

Penjelasan :

Rumus 1 digunakan apabila Anda ingin membuat kalimat yang memerlukan TO BE. Bagaimana contoh kalimat yang menggunakan TO BE ? Contohnya : Dia adalah seorang guru ( He is a teacher), Mereka adalah seorang dokter ( They are a doctors ), Saya adalah seorang siswa ( I'am a student ) . Lihatlah kata yang saya beri cetak tebal. Itu menunjukkan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat yang membutuhkan TO BE.

Rumus 2 digunakan apabila Anda ingin membuat kalimat yang tidak memerlukan TO BE dalam kalimat tersebut, melainkan memerlukan KATA KERJA. Bagaimana contoh kalimat yang menggunakan kata kerja ? Contohnya : Andi ingin membeli buku ( Andi wants to buy a book) , Dia pergi ke sekolah setiap hari ( He goes to school everyday ), Mereka bermain bola setiap sore ( They plays football every afternoon). Lihat huruf e/es yang saya beri cetak tebal. Huruf e/es itu HARUS ada mengikuti kata kerja jika dalam bentuk kalimat positif. Kalimat positif itu adalah kalimat yang tidak mengandung kata "tidak atau bukan". Contohnya : Saya pergi ke sekolah hari senin. Kalau kalimat negatifnya berarti Saya tidak pergi ke sekolah hari senin. Lagi saya berikan contoh kalimat positif : Saya adalah seorang siswa. Maka kalimat negatifnya adalah Saya adalah bukan seorang siswa. Udah ngerti kaan ? hehehehe

Jika di kalimat berbentuk negatif huruf e/es yang tadinya mengikuti kata kerja akan menjadi hilang. Coba lihat perbedaannya melalui contoh berikut, lihat perbedaan suatu kalimat ketika masih dalam bentuk kalimat positif dengan kalimat positif yang sudah dirubah menjadi kalimat negatif.

(+) I goes to school everyday ( Saya pergi ke sekolah setiap hari )
( - ) I do not go to school everyday ( Saya tidak pergi ke sekolah setiap hari )

Jika kita membuat kalimat "negatif" maka kita harus menambahinya kata "do not" sebelum kata kerja. Lihat contoh kalimat negatif di atas. Pada kalimat positif tidak ada kata do not maka pada kalimat negatif ditambahkan kata "do not". Udah jelaskan cara bedakannya ? :)


C. Contoh Simple Present Tense Bahasa Inggris

Contoh RUMUS 1 (yang tidak ada kata kerjanya ) :

(+) We are busy everyday ( Kami sibuk setiap hari )
( -) We are not busy everyday ( kami tidak sibuk setiap hari )
( ? ) Are we busy everyday ( Apakah kami sibuk setiap hari ? )

(+) He is a teacher in my school ( Dia adalah seorang guru di sekolahku )
( -) He is not a teacher in my school ( Dia bukan seorang guru di sekolahku )
( ? )  Is he a teacher in my school ( Apakah dia seorang guru di sekolahku ? )

CONTOH RUMUS 2 ( Yang ada kata kerjanya ) :

(+) He goes to school everyday ( Dia pergi ke sekolah setiap hari ) pergi (go) adalah kata kerja
( -) He does not go to school everyday ( Dia tidak pergi ke sekolah setiap hari )
( ? ) Does he go to school everyday ( Apakah dia pergi ke sekolah setiap hari ? )

(+) Mr. Budiman writes letter to his wife ( Mr. Budiman menulis surat kepada istrinya ) menulis (write) adalah kata kerjanya
( -)  Mr. Budiman does not write letter to his wife ( Mr. Budiman tidak menulis surat kepada istrinya )
( ? )Does Mr. Budiman write letter to his wife ( Apakah Mr. Budiman menulis surat kepada istrinya? )


0 komentar:

Post a Comment