Wednesday 23 September 2015

Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 2

Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 2 – Berbicara recount text, maka kita berbicara pengalaman masa lalu. Tentu kita mempunyai pengalaman yang menarik, menyedihkan, dan menyakitkan sekalipun dari hari ke hari.Bila itu diceritakan maka tentu akan sangat panjang kita bercerita. Di sekolah tentu kita pernah diberikan tugas untuk membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris oleh ibu atau bapak guru kita, beberapa dari kita mungkin ada yang bisa membuat Contoh Recount Text, tetapi tidak menutup kemungkinan juga banyak teman kita yang masih belum bisa membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. Beberapa teman kita mungkin bisa secara lengkap dan panjang membuat Contoh Recount Text. Karena mereka memang telah berlatih setiap hari membuat Contoh Recount Text di rumah, di sekolah, ataupun  di tempat mereka kursus. Pada kesempatan kali ini saya akan membantu teman-teman yang masih belum bisa membuat Contoh Recount Text bahasa Inggris. Karena kita masih belajar, maka kita mulai dari Contoh Recount Text Singkat saja, tetapi tentunya Lengkap. Ya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada teman-teman “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”. “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” ini cocok buat teman-teman yang akan belajar materi recount text di sekolah dan mengalami kesulitan dalam mebuat Contoh RecountText bahasa Inggris. “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru” ini berisi kumpulan cerita recount Singkar dan lengkap dan mudah untuk dijadikan contoh acuan dalam membuat cerita recount text bahasa Inggris. Untuk lebih mudah memahami recount text bahasa Inggris, berikut akan saya berikan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”. Supaya hasil pemahaman Anda optimal, perhatikan secara seksama Penjelasan “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 2” berikut ini :

Sebelum kita masuk ke materi “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 2”, ada baiknya saya ingatkan terlebih dahulu kepada teman-teman apa itu recount text dalam bahasa Inggris. Recount text adalah teks dalam bahasa Inggris yang berisi cerita kejadian atau penglaman pada masa lampau. Tujuan dibuatnya recount text adalah untuk menghibur para pembaca. Jadi, berusahalah untuk membuat recount text  semenarik mungkin agar para pembaca bisa terhibur dengan recount text yang kita buat. Sehingga tujuan dari recount text bisa tercapai. 

Setiap jenis teks dalam bahasa Inggris tentu memiliki cirinya masing-masing. Begitu juga dengan recount text bahasa Inggris. Apa saja cirri-ciri recount text bahasa Inggris ? yang paling menonjol dari cirri-ciri recount text bahasa Inggris adalah “SELALU” menggunakan kata kerja bentuk “LAMPAU” / Simple Past Tense. Contohnya : I was happy, We went to the beach last week, I bought that bag yesterday.dll. Kata yang bercetak tebal itu adalah kata kerja bentuk lampau / past. Kemudian cirri kedua dari recount text adalah banyak menggunakan kata penghubung antar kalimat seperti :  and, the, but, or, dll

Untuk lebih jelas mengenai cara membuat “Contoh Recount Text Bahasa Inggris” ini tentunya kita harus paham apa saja sih struktur atau komponen yang menyusun recount text itu ? Tidak mungkin bukan ? Kalau rumah tiba-tiba saja bisa jadi rumah tanpa ada komponen-kompone yang menyusunnya ? tidak mungkin bukan computer bisa dioperasikan tanpa ada komponen-komponen yang membuatnya bisa dioperasikan. Nah, begitu juga dengan recount text bahasa Inggris, harus ada komponen atau struktur yang membangunnya sehingga bisa disebut recount text. Adapun komponen atau struktur yang menyusun recount text disebut Generic Structure. Generic Structure dalam bahasa Inggris anatara lain :
 



a.  Orientation : orientation dalam recount text bahasa Inggris adalah bagian yang menceritakan pendahuluan atau pengenalan secara umum recount text yang kita buat. Dalam pendahuluan ini kita bisa menerangkan latar tempat, suasana, waktu kejadian berlangsung, dan siapa saja tokoh yang terlibat dalam cerita recount text itu. Misalanya teman-teman membuat sebuah contoh recount text yang berjudul “Tragedi Meletusnya Gunung Perahu”. Kita bisa saja membuat kalimat pendahuluannya seperti ini : Malam itu udara agak sedikit panas, aku merasa sulit tidur. Beberapa hewan liar juga akhir-akhir ini sering memasuki kampung kami. Mereka berlarian dari gunung menuju ke dataran rendah tempat kampung kami berada.

b.      Events : events dalam bahasa Inggris adalah bagian yang menceritakan secara lengkap  dan detail peristiwa-peristiwa yang sebenarnya terjadi. Karena dalam konteks ini kita sedang membahas “Tragedi Meletusnya Gunung Perahu” maka contoh kalimat Events yang tepat untuk melanjutkan cerita di orientation adalah sebagai berikut : Tak lama dari suhu panas malam itu, terdengar suara ledakan yang amat keras. Beberapa warga terbangun dari tidur mereka, dan berlarian keluar untuk melihat apa yang terjadi. Kami sangat takut ternyata Gunung Perahu yang ada di sekitar kampung kami mulai mengeluarkan lahar panas dan itu sangat terlihat jelas pada malam itu. Seluruh warga kemudian membangunkan sanak keluarga mereka yang masih tertidur dan kami mengungsi ke kampung yang jauh dari gunung Perahu. Warga kampungku sangat ketakutan kala itu, mereka membawa ternak-ternak mereka dan  benda berharga, yang mereka miliki. Tidak lama setelah kejadian, tim evakuasi mendirikan tenda untuk kami……………………………………………… ………………………. Dan seterusnya

c.  Re-orientation : re-orientation dalam recount text berisi kesimpulan atau kesan kita terhadap bebrbagai peristiwa yang terjadi di bagian Events. Misalnya karena kita membahas “Tragedi Meletusnya Gunung Perhau” maka contoh re-orientation yang tepat adalah : Sungguh peristiwa yang sangat menakutkan dan menyayat hati. Aku tidak ingin peristiwa ini terulang kembali. Semoga ke depannya kampung kami bisa normal seperti sedia kala.

Setelah teman-teman telah memahami dengan jelas pengertian recount text, ciri-ciri recount text, tujuan recount text, dan struktur dari recount text. Maka barulah kali ini kita akan membahas “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru”. Gunakan “Contoh Recount Text Bahasa InggrisSingkat Lengkap Terbaru Part 2” ini sebagai acuan dalam membuat recount text bahasa Inggris. Beikut “Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 2” :    


The Embarrassing Day for Me
Today was a really hot day. After I had my lunch, I went to the town square to watch a local singing contest. I went there alone.
Arriving there, I chose a place under a big tree. I thought it could save me from the strong sunlight. I actually did not really pay attention to the contest. I just went there to avoid a boring time at home.
Suddenly I found myself behind a young boy. I was really sure that he was my classmate Doni. I pinched  him a little and called his name. The boy was surprised. When he turned around, I finally realized that he was not my classmate. I couldn’t say a word. That moment was just embarrassing. 

My Wonderful Holiday in Bali
      Last week, my colleagues and I went to Bali for three days. We left for Bali by plane. I took one hour and forty minutes by Merpati Airline.
     On the first day, we dropped by at SMP 1 Denpasar for a visit. We spent about two hours there until lunch time., we went by bus to the Legian beach.
    There we had a boat ride visiting the Penyu Bay. We saw some big, green turtles and some other animals. In the afternoon, we visited the Garuda Wisnu Kencana complex in Jimbaran. We enjoyed the giant statue of Wisnu, one of the gods of Hinduism, an a giant bird statue of Garuda. The statue is supposed to be taller than the Liberty statue in the US. Our first day ended with dinner in the Jimbaran beach where we were watching the sunset. We spent the night at the Fourteen Roses Hotel in Legian.
     On the second day, we had some shopping at the Sukowati traditional market. There are many kinds of souvenirs in this place. We bought some. We also visited the Kedaton forest in Tabanan and enjoyed the sunset in Tanah Lot. On the last day of our visit in Bali, we enjoyed the morning walk at Kuta beach. The visit to Bali was really hard to forget.       

Question :
1.      Where  did the writer watch the giant statue of Wisnu ?
2.      Paragraph two tell us about the writer’s….
3.      How many place did the writer visit on the second day ?


The Terrible Earthquake in My Region
    Several years ago there was an earthquake in my regions. Early morning I had just got into bed.    Suddenly, I felt the tremor. The bed started to tremble. The electric light in my bedroom was swaying.
   Then I rushed out into the garden. I called my husband to go out of our house. He brought our baby.
For three or four minutes, I heard a terrible noise of walls falling down, and people screaming, and I saw clouds of dust in the air. Then the trembling stopped.
    There were about fifty people killed. Most are injured. The damage to property was considerable, and about three hundred houses would have to be completely rebuilt.

Question :
1.      How did the writer know if there was an earthquake ?
2.      How long did the earthquake happened ?
3.      How many people were killed in the earthquake ?  


My Bad Holiday
     I went to my uncle’s house in Bata last month on the long holiday. I stayed with Uncle Hirsan and Aunt Dian and their son Sandi. They live in a small house in the center of the city called Nagoya. I liked the house, I didn’t like the area much because it was very noisy.
     My uncle and aunt were very nice. We visited Batam Center, Waterfront City and Nongsa Beach. The weather was hot all day long.
     Unfortunately, Sandi and I disagreed on most things. He played loud music when I want to sleep.    
     When his best friend came to stay, I had to sleep on the floor. When we went to a place called Galang Island, Sandi didn’t’ want to go to the ex Vietnam camp, he went to go fishing on the Melur beach.    So, I went to the ex-Vietnam camp on my own. I didn’t enjoy it.
      I can’t say I would to go back to my uncle’s house. It was not a nice holiday at all.

 

Terima kasih telah membaca Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 2. Semoga Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap TerbaruPart 2 ini bisa bermanfaat bagi teman-teman dalam membuat recount text bahasa Inggris. Semoga ke depannya saya bisa memposting lebih banyak lagi Terima kasih telah membaca Contoh Recount Text Bahasa Inggris Singkat Lengkap Terbaru Part 2.
    

0 komentar:

Post a Comment