Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4 - Bagi
teman-teman yang belum mengetahui pengertian, struktur, dan contoh
discussion text, kali ini saya akan memberitahukannya. Semoga
bermanfaat
yaa :) Berikut Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa
Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4 :
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 1
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 3
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 2
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 1
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 3
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 2
BACA JUGA : Pengertian, Struktur, dan Contoh Discussion Text Bahasa Inggris Disertai Soal dan Jawabannya Terbaru Part 4
A. Pengertian Discussion Text Bahasa Inggris
Discussion text adalah sebuah text dalam bahasa inggris yang memeaparkan
sebuah masalah atau sebuah bahasan yang dimana masalah atau bahasan
tersebut akan dilihat atau dikomen dalam sudut pandang yang berbeda.
Artinya ada yang pro ( mendukung ) dan ada juga yang kontra ( menolak ).
Contohnya adalah topik yang akan dibahas tentang aborsi. Di satu sisi
ada yang mendukung pelaksanaan aborsi sedangkan di sisi lain ada yang
menentang pelaksanaan aborsi.
B. Struktur Discussion Text Bahasa Inggris
1. Issue => bagian ini merupakan bagian yang memaparkan atau
menjelaskan bahasan umum atau topik apa yang akan dibahas. Contoh
tentang aborsi. Apa itu aborsi, kapan seorang melakukan aborsi.
2. Argument For Or Against => bagian ini penulis memberikan
atau memaparkan pendapat apa saja tentang topik. Baik pendapat dari ahli
ataupun pendapat yang sudah umum terkenal di masyarakat mengenai topik
yang akan dibahas. Pendapat ini harus berisi pendapat yang pro dan yang
kontra. Biasanya pendapat (argument) yang mendukung (pro) lebih dahulu
kemudian pendapat yang kontra (menolak)
3. Elaboration => sebelum penulis memilih pendapat mana yang
akan dipilih atau lebih dipihak maka penulis harus menjelaskan atatu
memaparkan terlebih dahulu tentang pendapat-pendapat yang pro dan kontra
di atas berdasarkan penilaiannya terhadap argument baik yang pro dan
kontra.
4. Conclusion atau Recomendation => bagian ini merupakan
pendapat atau argument yang dipilih atau yang lebih dipihaki oleh
penulis. Baik antara pendapat yang pro ataupun yang kontra.Serta apa
alasan penulis lebih memilih salah satu argument tersebut.
C. Contoh Discussion Text Bahasa Inggris dan Soalnya Serta Jawabannya
Two students were discussing the school’s new
rule that all students must wear a cap and a tie. One of them showed her
annoyance. She said that wearing a cap and a tie was only suitable for a flag
rising ceremony. So, she was against the rule.
Contrary to the girl’s opinion, the other
students was glad with it. The boy said that he didn’t mind with the new rule
because wearing a cap and a tie will make the students look great and like real
educated persons. The first student gave the reasons that they would feel
uncomfortable and hot. Moreover, the classrooms were not air conditioned. The
second said it wasn’t a big problem. He was sure that the students would wear
them proudly. They would surely be used to it any way.
11.
|
The two students are discussing ……….
|
|||||||
a.
|
the facilities in school
|
(c.)
|
their uniform
|
e.
|
their family
|
|||
b.
|
their homework
|
d.
|
their friends
|
|||||
12.
|
The boy said that he agreed with the new rule in
his school.
Which statement shows his agreement?
|
|||||||
a.
|
He was not annoyed
|
d.
|
He didn’t like wearing a cap and a tie
|
|||||
b.
|
He would not obey the rule
|
(e.)
|
He didn’t
mind wearing a cap and a tie
|
|||||
c.
|
He didn’t care about the rule
|
|||||||
13.
|
The boy believed that all students would …..
|
|||||||
a.
|
have a high spirit to study
|
(d.)
|
follow the
new rule
|
|||||
b.
|
solve their own problem
|
e.
|
feel comfortable
|
|||||
c.
|
care for their environment
|
|||||||
14.
|
One of them
showed her annoyance. (Paragraph 1).
The underlined word has the closest meaning to …….
|
|||||||
a.
|
responsibility
|
c.
|
Agreement
|
e.
|
Response
|
|||
(b.)
|
Displeasure
|
d.
|
Applause
|
|||||
15.
|
The communicative purposes of the text is ………….
|
|||||||
a.
|
to analyze something worthy in an issue
|
|||||||
(b.)
|
to present
information and opinions about more than one side of an issue
|
|||||||
c.
|
to persuade the readers by presenting arguments
|
|||||||
d.
|
to explain the readers by persuading
|
|||||||
e.
|
to describe that something should or should not be
in the case
|
No comments:
Post a Comment