Sunday 26 January 2020

Ini Hal-Hal yang Harus diperhatikan Calon Pengusaha Sebelum Memulai Bisnis 

Ini Hal-Hal yang Harus diperhatikan Calon Pengusaha Sebelum Memulai Bisnis - Menjadi seorang pengusaha adalah impian banyak orang. Karena dengan menjadi pengusaha kita bisa mengatur dan merencanakan jadwal kita dengan bebas tanpa ada tekanan dari pihak manapun.


Namun, untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses tentu bukan perkara mudah. Dalam membangun bisnis tentu akan dihadapkan dengan berbagai rintangan di dalamnya.


Jangan Asal Buka Usaha Tanpa Tahu Ilmunya 



Oleh karena itu, sebelum membuka suatu usaha ada baiknya Anda harus terlebih dahulu mempelajari dan mencari informasi yang mendalam tentang bisnis yang akan Anda jalankan.


Apalagi jika Anda baru merintis dari nol dan melakukannya seorang diri. Tentu harus memiliki persiapan yang matang sebelum memutuskan membangun bisnis. 



Agar biaya dan tenaga yang Anda keluarkan nantinya tidak menjadi sia-sia di kemudian hari. Jadi, sebelum memutuskan membangun suatu bisnis pelajari dan cari tahu ilmunya terlebih dahulu dari orang-orang yang lebih berpengalaman tentu akan lebih baik.



Rintangan dan Cobaan adalah Hal yang Wajar Terjadi dalam Bisnis



Dalam menjalankan suatu bisnis tentunya nanti Anda akan dihadapi oleh banyak tantangan, rintangan, dan cobaan. 



Semua itu wajar terjadi dalam dunia bisnis. Jangan sampai hal itu membuat Anda menjadi frustasi atau stress. 



Justru jadikan itu sebagai sebuah tantangan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Belajar dari berbagai kesalahan-kesalahan itu merupakan guru yang terbaik dan tentunya tidak mengulang kesalahan yang sama lagi.



Tidak Ada yang Instan, Semua Butuh Proses



Dalam membangun bisnis semua membutuhkan proses dan waktu yang panjang untuk mencapai sukses. Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini. Semuanya butuh pengorbanan.


Selalu Berjuang Membangun Bisnis
Tidak Ada yang Instan Semua Butuh Pengorbanan



Perlu Anda ketahui bahwa bisnis yang Anda jalani tergantung apa yang Anda yakini. Semakin Anda punya keyakinan akan sukses, maka semakin dekat dan cepat bisnis Anda akan berkembang.



Karena akan sangat sulit jika Anda membangun bisnis tanpa memiliki keyakinan akan sukses di bidang tersebut. Oleh sebab itu, bisnis yang paling bagus adalah bisnis yang berhuhungan dengan hobi atau kesukaan Anda.


Jadikan Hobi Anda Sebagai Bisnis 



Karena jika Anda menjadikan hobi menjadi bisnis, Anda akan memiliki daya semangat dan keyakinan yang jauh lebih tinggi dibanding membangun bisnis karena hanya mendengar KATA ORANG.


Selama membangun bisnis perbanyaklah relasi dan pertemanan Anda. Karena dari relasi yang banyak akan melahirkan peluang dan menjadikan teman yang hanya sekedar teman berubah menjadi para CALON PELANGGAN kelak di kemudian hari.


Apapun keadaan yang Anda hadapi nanti ketika proses membangun bisnis, syukuri setiap keadaan yang ada. Dalam keadaan bisnis sedang naik jangan lupa bersyukur.


Dalam keadaan mengalami penurunan usaha selalu bersabar. Bersabar sambil tetap berikhtiar. Tetap berdoa kepada Tuhan. Karena Tuhan tidak setega itu kepada orang yang selalu berikhtiar.


Tidak ada bisnis apapun di dunia ini langsung sukses dalam waktu singkat. Semua butuh proses, perjuangan, dan pengorbanan. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan ketika usaha sedang mengalami penurunan.


Ingat semua yang Anda telah habiskan dari segi biaya, waktu, tenaga, dan pikiran ketika memulai membangun bisnis Anda dulu. Jangan sampai baru mengalami satu hambatan membuat Anda putus asa dan lupa dengan segala yang telah Anda lakukan dahulu ketika merintis usaha.



Sebelum Sukses di Satu Bisnis jangan Lompat ke Bisnis yang Lain



Mungkin suatu waktu Anda mulai berpikir untuk menjalani bisnis yang lain. Ada baiknya Anda lebih baik fokus saja terhadap bisnis yang sedang Anda jalani sekarang.


Karena jika Anda belum sukses di satu bisnis kemudian pindah ke bisnis  yang lain tentu akan mebuat pikiran Anda bercabang. Sehingga sulit sekali untuk sukses dalam berbisnis jika demikian. 


Jadi intinya jika Anda sudah sukses di satu usaha maka Anda boleh membangun usaha yang baru. Tetapi jika satu bisnis saja belum sukses kemudian membuka bisnis baru tentu saja akan semakin membuat bisnis Anda tidak bisa maju.


Baiklah semoga artikel Ini Hal-Hal yang Harus diperhatikan Calon Pengusaha Sebelum Memulai Bisnis ini bisa menjadi motivasi bagi para calon pengusaha yang ingin menjadi pengusaha yang tangguh dan pantang menyerah. Salam Entrepreneurs !!!!!

0 komentar:

Post a Comment