Sunday 3 May 2020

Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Ketombe Gatal dengan Bahan Alami

Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Ketombe Gatal dengan Bahan Alami -Ketombe merupakan masalah umum yang terjadi pada kulit kepala kita. Namun dengan adanya ketombe di kulit kepala kita ini dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal. 




Selain itu ketombe juga dapat menyebabkan penampilan kita terasa kurang maksimal. Bayangkan bagaimana malunya kita ketika kita menggaruk-garuk kepala kemudian ketombe kita jatuh ke baju dan teman-teman kita melihat kejadian tersebut. 



Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Ketombe Gatal dengan Bahan Alami
Kepala Gatal Karena Ketombe



 Di luar sana banyak sekali merek merek sampo terkenal yang menawarkan mampu menghilangkan ketombe secara cepat dan bersih. Namun menurut pengalaman saya justru merk shampo tersebut menyebabkan semakin banyak ketombe di kepala. 




Daripada harus bingung mikirin merk shampo lebih baik ikuti ulasan saya berikut di bawah ini. Namun sebelum kita ingin mengatasi masalah ketombe di kulit kepala, kita harus mengetahui apa penyebab ketombe itu muncul di kulit kepala kita. 




 Ketombe adalah kulit kepala kita yang mengelupas menjadi pecahan-pecahan kecil. Ketombe adalah permasalahan yang dialami oleh banyak orang. 




Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Ketombe Gatal dengan Bahan Alami
Ketombe Bertebaran di Rambut




 Namun tingkat keparahannya berbeda-beda ada yang ringan ada yang berat. Namun jika ketombe telah menyebabkan rasa gatal dan mengurangi tingkat kepercayaan diri anda itu adalah kategori berat.



Penyebab atau Kebiasaan yang Menyebabkan Munculnya Ketombe



 Nah, sebelum saya menjelaskan cara ampuh menghilangkan ketombe ada baiknya kita mengetahui apa penyebab-penyebab yang dapat memunculkan ketombe di kulit kepala.




 1. Stress


stres dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berketombe. Selain itu menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.



 2. Minyak Berlebih


Konsumsi minyak yang berlebihan hal ini merupakan yang sulit diatasi. Namun hal ini dapat diatasi dengan melakukan keramas secara teratur.




3.Alergi Makanan



Alergi terhadap makanan juga dapat menimbulkan rasa gatal di kulit tubuh kita. Perhatikan jika rasa gatal itu juga mulai merambat ke daerah kepala. 





 4. Jamur Kulit



Jamur yang tumbuh di kepala juga dapat menyebabkan ketombe. Hal ini sering terjadi bagi orang-orang yang jarang keramas rambutnya.




 5. Perubahan Cuaca



Cuaca yang terlalu panas atau cuaca yang terlalu dingin. Jika cuaca terlalu panas maka kulit kepala akan mengeluarkan minyak berlebihan. Hal ini dapat dihindari dengan mencuci atau mengkeramas kulit kepala secara rutin.



 6. Tidak Cocok Merk Shampo Terentu



Salah memilih shampo adalah salah satu penyebab ketombe muncul. Mungkin kita berpikir ketika kita telah memakai shampo merk terkenal anti ketombe, mungkin akan menghilangkan ketombe namun hal ini jika tidak cocok maka akan memperparah keadaan justru ketombe akan semakin banyak muncul.


Bahan-Bahan Alami yang dapat Digunakan untuk Menghilangkan Ketombe


 Nah setelah kita mengetahui apa saja penyebab ketombe itu muncul maka sekarang akan saya bahas solusi menghilangkan ketombe secara alami dengan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan kita. 





 1. Lidah Buaya 




 Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya merupakan tanaman yang digunakan sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe dan rasa gatal di kulit kepala.




 Caranya cukup mudah anda tinggal menggunting beberapa bagian dari lidah buaya. Kemudian bagian lidah buaya yang telah dipotong tadi diremas-remas hingga antara lidah buaya dengan cairannya terpisah. Gunakanlah cairan tersebut untuk mengoles kulit kepala Anda.



 2. Menggunakan Bawang Putih 




 Bawang putih ternyata dapat membunuh jamur yang ada di kepala. Caranya sangat mudah anda tinggal menyiapkan 1 atau 2 siung bawang putih. 




 Kemudian Anda haluskan, setah halus Anda dapat mencampurnya dengan jahe dan madu kemudian oles lah campuran tersebut ke kulit kepala anda sampai terasa menyerap di kulit kepala.





 3. Bawang Merah



Bukan hanya bawang putih ternyata bawang merah juga dapat menghilangkan ketombe. Zat yang terkandung di dalam bawang merah ternyata memiliki anti-bakteri yang sangat bagus untuk mengusir ketombe di kulit kepala Anda. 




 Caranya juga sama seperti bawang putih namun ketika anda menggunakan bawang merah anda tidak perlu menggunakan jahe ataupun madu. 




 4. Menggunakan Jeruk Nipis 



 Jeruk nipis adalah bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Zat yang terkandung di dalam jeruk nipis seperti vitamin C B1 B2 B3 dan B5 ternyata dapat menutrisi kulit kepala dan menghaluskan kulit kepala. 





 Hal ini akan membantu menghilangkan ketombe di kepala. Balurkan secara perlahan dan merata. Tunggu 5 menit kemudian bilas dengan air.





 5. Lemon 




 Mirip dengan jeruk nipis kandungan yang terdapat pada lemon ternyata dapat membunuh bakteri di kulit kepala. Bakteri-bakteri inilah yang menjadi cikal bakal timbulnya ketombe. 




 Namun dengan cairan lemon bisa membunuh bakteri penyebab ketombe. Caranya mudah. Cukup potong menjadi 2 bagian jeruk lemon kemudian gosokkan secara perlahan di kulit kepala. Diamkan hingga terasa meresap kemudian bilas.




 6. Garam 



 Jika kalian sulit untuk menemukan bahan-bahan di atas, tentunya di dapur kalian pasti mempunyai garam.




 Garam bisa juga digunakan menghilangkan ketombe. Caranya ambil garam secukupnya kemudian usapkan secara menyeluruh di kulit kepala. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan shampo.




 7. Tomat 




 Salah satu manfaat tomat bagi kesehatan kulit adalah mampu menetralkan pH pada kulit. Ingat, salah satu penyebab munculnya ketombe adalah karena ketidak seimbangan pH yang ada pada kulit kepala.




 Mungkin hal ini disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas atau tiba-tiba dingin. Caranya adalah haluskan tomat kemudian setelah halus campur dengan minyak kelapa secukupnya. 




 Oleskan secara merata pada kulit kepala dan sela-sela telinga. Tunggu 10 menit kemudian bilas dengan air.




 Berikut adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membasmi ketombe membandel di kulit kepala.


Kebiasaan yang Harus dilakukan Agar Ketombe Tidak Muncul Lagi



 Setelah menggunakan bahan-bahan tersebut ada baiknya teman-teman melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bertujuan mencegah munculnya ketombe. 





 Adapun kebiasaan-kebiasaan tersebut antara lain :



 A. Tetap mengkeramas kepala Anda 2 hari sekali. Jangan setiap hari. Karena justru akan merusak rambut 




 B. Hindari kebiasaan memakai topi, helm, ataupun penutup kepala lainnya. Boleh saja tetapi dikurangi. 




 C. Meggunakan masker rambut anti ketombe. Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko munculnya ketombe.




 Semoga teman-teman yang memiliki maasalah ketombe bisa mempraktekkan langkah-langkah di atas dengan benar. Sehingga mendapat hasil yang maksimal.

1 comment: