Pages

Pages - Menu

Friday, 27 November 2015

Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas IX (9) SMP/MTs Terbaru

Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas IX (9) SMP/MTs Terbaru - Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang tentunya paling banyak memakan kertas. Hehehe. Itu bisa kita lihat di setiap ulangan semester digelar, Bahasa Indonesia layaknya koran. Pada kesempatan ini saya akan membeikan Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas IX (9) SMP/MTs Terbaru kepada teman-teman sebagai referensi untuk belajar Bahasa Indonesia Kelas IX. 

Soal Bahasa Indonesia sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita sudah terbiasa mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia. Karena model-model soalnya semuanya hampir sama. Nah, pada kesempatan ini saya ingin membiasakan teman-teman menjawab soal ulangan semester Bahasa Indonesia melalui Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas IX (9) SMP/MTs Terbaru. Berikut Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas IX (9) SMP/MTs Terbaru :


1.   Perhatikan kutipan dialog berikut ini!
Reporter :  Pelajaran apa yang bisa Anda wariskan ke generasi selanjutnya?
Siswono : Saya tidak ingin menggurui. Setiap generasi memiliki tantangan dan peluang perjuangannya masing-masing. Di tengah arus kuat globalisasi,tantangan di masa depan akan semakin berat. Untuk itu, kapan pun, di mana pun, jadi apa pun, dalam kondisi apa pun, kita harus tulus dan selalu berbuat sebaik-baiknya bukan hanya untuk kepentingan diri, keluarga dan kelompok, tetapi untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kedamaian masyarakat,serta untuk generasi yang akan datang. Setiap generasi perlu meniru filsafat penanam pohon jati, yang sadar bahwa umurnya tak akan cukup untuk menuai hasilnya, dan sadar bahwa anak cucunya yang akan menuai hasil dari yang dikerjakannya.
Hal-hal penting yang disampaikan narasumber dalam dialog tersebut adalah ....
A.  Setiap generasi  meniru fisafat penanam pohon jati.
B.  Setiap generasi memiliki tantangan dan peluang perjuangan masing-masing.
C.  Setiap generasi harus tulus dan berbuat sebaik-baiknya
D.  Setiap generasi seharusnya menuai hasil dari yang dikerjakannya.

2.   Pernyataan yang merupakan simpulan dialog tersebut  adalah ....
      A.  Setiap generasi akan mewariskan sesuatu kepada generasi berikutnya.
      B.  Setiap generasi tidak boleh saling menggurui.
      C.  Setiap generasi perlu bersikap baik.
      D.  Setiap generasi akan menuai hasil pekerjaan

3.   Tema dialog tersebut adalah ....
A.   kesejahteraan masyarakat
B.  filsafat pohon jati
C.   pelajaran kehidupan
D.  masa depan

4.   Komentar yang sesuai dengan pendapat narasumber dalam dialog di atas adalah ....

A.  generasi mendatang perlu menyiapkan diri menghadapi tantangan dan peluang perjuangannya masing-masing.
B.  generasi mendatang tidak ingin digurui tentang falsafah hidup penanam pohon jati
C.  generasi mendatang tidak perlu susah-susah meniru fisafat pohon jati
D.  generasi mendatang selalu menuai hasil pekerjaannya.  

5.   Karya seni : penampilan teater SMP  Mawar tidak menarik.
      Kritikan yang paling tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

A.    penampilan SMP Mawar sangat jelek sehingga tidak pantas ditampilkan.
B.     Penampilan SMP Mawar perlu dibenahi lagi agar penampilan berikutnya menjadi lebih menarik.
C.     Penampilan SMP Mawar tidak perlu dibenahi lagi karena penampilannya sudah menarik.
D.    Penampilan SMP Mawar sangat menjemukan sehingga tak perlu ditampilkan.

6.   Tina baru saja membacakan puisi pada acara perpisahan sekolah. Pujian yang ditujukan kepada Tina di bawah ini yang paling baik adalah ....

A.  Menurut saya, penampilan Tina bagus. Mungkin karena ia membacakan puisi di hadapan teman-temannya sendiri.
B.  Penampilan  Tina  bagus sekali. Teknik vokalnya mantap,penghayatannya bagus, dan   
      ekspresif.
C. Lumayan, tapi pembacaannya kurang mendukung suasana puisi.Seharusnya ia membawakannya dengan penuh semangat karena puisi yang dibaca adalah puisi perjuangan.
      D.  Menurut pendapat saya, penampilan Tina patut diacungi jempol. Hebat!

7.   Ratusan bocah taman kanak-kanak (TK) se-eks Karesidenan Surakarta memadati pendapa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), kemarin pagi (16/3). Mereka mengikuti lomba mewarnai yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) ...
       Jika laporan tersebut diubah menjadi sebuah laporan lisan akan menjadi ....

A.  Selamat pagi pendengar di mana pun berada, saat ini saya berada di pendapa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) untuk melaporkan pelaksanaan lomba mewarnai yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS.
B.  Selamat pagi pembaca di mana pun berada, saat ini saya berada di pendapa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) untuk melaporkan pelaksanaan lomba mewarnai yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS.

C.  Selamat siang pendengar di mana pun berada, saat ini saya berada di pendapa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) untuk melaporkan pelaksanaan lomba mewarnai yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS.

D.    Selamat pagi  pendengar di studio, saat ini saya berada di pendapa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) untuk melaporkan pelaksanaan lomba mewarnai yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS.

Cermati iklan berikut untuk soal nomor 8 dan 9!

Yamaha Water Purifier

       Hasilkan Air yang Berkualitas dan Higienis
       Air walau terlihat bersih, belum tentu aman dan higienis. Air yang mengandung bakteri Phatogen dan virus berbahaya seperti E-coli dan Salmonella dapat menyebabkan penyakit diare, kolera, tifus, dan disentri. Yamaha Water Purifier yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun peduli terhadap perbaikan kualitas hidup melalui peningkatan daya saring penjernih air yang bertujuan agar lebih bersih dan lebih sehat. Tipe OH300 dengan sistem 2 kali penyaringan mengubah air yang kotor dan keruh menjadi jernih dan segar. Hal ini dikarenakan tipe OH 300 memiliki keunggulan media filterisasi yang tidak dimiliki oleh filter merek lain, yaitu media kain penyaringnya memiliki pori-pori sampai dengan 1 micron serta media karbonnya berbentuk bubuk. Selain tipe OH300 tersedia juga tipe OH300E, OH300SC, dan OH200 dengan harga mulai dari Rp 4,2 juta. Semua tipe tersebut dapat digunakan di rumah tinggal, apartemen, pabrik, restoran, dan lain-lain. Gratis analisa air dan bonus gitar Yamaha atau Keyboard dan voucher pendaftaran kursus musik senilai total Rp 750.000,--. Informasi lebih lanjut, hubungi Sincere Store Jkt 425 4754, 422 5125-6, 729 3876, 729 3501; Bks 7092 5126, 885 5779; Tgr 7088 2665, 537 0591; Dpk 7720 5178.

8.    Pernyataan berikut termasuk fakta yang terdapat dalam teks iklan di atas, kecuali ....  

A.    Air yang terlihat bersih belum tentu higienis.
B.     E-coli danSalmonella dapat menyebaban penyakit diare, kolera, tifus, dan disentri.
C.     Yamaha Water Purifier Tipe OH300 dengan sistem 2 kali penyaringan.
D.    Dengan menggunakan Yamaha Water Purifier Tipe OH300 dapat menghilangkan penyakit perut.

9.    (1) Yamaha Water Purifier sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun.
       (2) Tipe Yamaha Water Purifier  antara lain OH300, OH300E, OH300SC, dan OH200.
       (3) Apartemen dan restoran ada baiknya jika dilengkapi dengan Yamaha Water Purifier.
       (4) Yamaha Water Purifier harganya termasuk murah, hanya Rp 4,25 juta.

       Pernyataan  yang berisi opini dalam teks iklan di atas adalah ....

A.    (1) dan (2)                  C. (2) dan (3)
B.     (1) dan (3)                  D. (3) dan (4)

10. (1) Lingkungan pergaulan remaja sekarang semakin mengkhawatirkan. (2) Hal ini, antara lain,ditandai oleh semakin maraknya pemakaian narkoba dan obat-obatan terlarang di kalangan remaja. (3) Belum lagi  banyaknya kasus kekerasan dan kriiminal yang aksinya mulai banyak dilakukan remaja. (4) Kasus itu, misalnya, tawuran yang sampai merenggut nyawa.

      Kalimat utama paragraf di atas terletak pada kalimat ....

A.    1
B.   2
C.     3
D.    4

       Cermati indeks buku berikut untuk soal nomor 11 sampai dengan 12!
      
Anemometer, 10, 39
Angin, 5, 6, 10, 11, 12, 21,27
Angin pasat, 10
Angin topan, 5,22
Antisiklon, 18, 30
Arus, 27
Atmosfer, 6, 8
Aurora, 7
Awan, 6, 7, 12, 14, 16, 18, 21
Awan circus, 13
Awan kumulus, 1, 15, 23
Awan nimbus, 12, 13
Awan stratus, 13
      
11.  Pada halaman 6 dapat kita temukan informasi tentang ....
A. angin, atmosfer, awan
B. angin, antisiklon, awan circus
C.                 angin pasat, anemoter
D.                angin topan, aurora, awan kumulus

12.  Setelah proses membaca memindai daftar indeks buku, kita berhasil menemukan kata angin pasat. Cara yang kita lakukan untuk melacak pengertian kata angin pasat berdasarkan data indeks buku tersebut adalah ....
A.   di bawah kata angin
B.   di atas kata angin topan
C.  melihat ke halaman 10
D.  melihat pada deret kata A

13.  Fatimah ingin menjual tanahnya yang berlokasi di Landasan Ulin dengan cepat. Luas tanah ini 360 m. Sertifikat hak milik. Letaknya dekat dengan pusat perbelanjaan, tidak banjir, dilalui angkot, dan dekat jalan tol Liang Anggang. Harga 1,8 miliar bisa nego. Telepon Fatimah 08134975151.

       Iklan yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah ....

A.  Jual tanah. Landasan Ulin. Cepat. L 360 SHM. Strategis dkt mal. Dkt tol Liang Anggang. Lwt angkot. Tdk banjir. Hrg 1,8 M nego. Hub Fatimah 08134975151.
B.  Jual tanah cpt. Harga 1,8 M bisa nego. Lokasi Landasan Ulin dekat tol. Yang berminat hubungi 08134975151.
C.  Landasan Ulin jual tanah murah L 360 SHM. Strategis dekat tol Liang Anggang. Tidak banjir. Segera hub. Fatimah 08134975151.
D.  Jual tanah cpt perlu uang. Lokasi di Landasan Ulin SHM L 360. Strategis. Hub. Segera  Fatimah telepon 08134975151.   

14.  Perhatikan iklan baris berikut!

     Dcr wnt min SMU / sederajat
    TB.min 160 cm u/SPG Baby Baby
     Pnglmn min 1 th.

Bagian yang harus dilengkapi pada iklan baris di atas adalah…

A.  Jl. Pendidikan Martapura
B.      Punya kendaraan sendiri
C.  Belum pernah menikah
D.     Hub. 081393296973
15.       Buku ini dituturkan dengan bahasa sederhana, hingga terkesan enak dibaca dan mudah dipahami oleh siapa saja. Kalimat-kalimat dituturkan dengan lugas dan mengalir dengan incah. Buku ini penuh dengan muatan-muatan cerita yang mampu menggugah siapa saja. Di dalamnya sarat dengan hikmah tentang pengalaman mengajar di sekolah.
     
 Yang diungkapkan  dalam paragraf resensi di atas adalah ....

A.    Identitas buku
B.     Kelebihan buku
C.     Kekurangan buku
D.    Perbandingan dengan buku sejenis

16. Kalimat yang menyatakan kekurangan sebuah buku ilmu pengetahuan adalah ....
      A.  Tidak semua orang dengan mudah  memahami isi buku Kanker karena banyak istilah  
            asingnya.
      B.  Penggunaan bahasa pada buku Kanker sesuai dengan EyD.
      C.  Buku Kanker sangat menarik untuk dibaca dan banyak manfaatnya bagi kita.
      D.  Buku Kanker berisi tentang penanggulangan/pengobatan penyakit kanker.

17.   1.  Judul               : Harus Bisa ! (Seni Memimpin Ala SBY)
Penulis             : Dr. Dino Patti Djalal
Penerbit                        : R & W
Cetakan                        : V, 2008
Tebal                : 349 halaman

2. Memimpin bukan saja sekadar mengarahkan orang lain. Memimpin juga bukan saja sekadar meminta orang lain mengerjakan sesuatu. Akan tetapi, lebih dari itu seorang pemimpin harus mampu memberi contoh kepada bawahannya.

3. Buku ini sangat bagus dibaca oleh setiap orang. Bukankah setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri?

4. Bahasa yang digunakan dalam buku ini bagai  air mengalir hingga membuat pembaca penasaran  tidak mau melewatkan satu huruf pun tertinggal karena buku ini adalah catatan harian seorang penulis yang secara langsung berhadapan dengan atasannya.

Urutan  resensi yang tepat berdasarkan kalimat bernomor acak di atas adalah.....
A. 1 – 2 – 3 – 4          C.  1 – 3 – 2 -- 4
B. 2 – 4 – 3 – 1           D.  1 – 2 – 4 – 3
     
18. (1) Industrialisasi mendorong didirikannya berbagai macam pabrik yang memproduksi beraneka barang. (2) Pabrik-pabrik itu memberikan lapangan kerja kepada ribuan tenaga kerja yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (3) Setelah mengalami krisis ekonomi, jumlah pengangguran  di Indonesia melonjak pesat. (4) Dengan demikian, adanya berbagai macam pabrik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

      Dalam paragraf tersebut terdapat sebuah kalimat yang tidak padu. Kalimat tersebut terdapat pada kalimat ke ....

A.    1
B.   2
C.     3
D.  4
19. Karyawan di apotek itu mempersilahkan para pembeli untuk menunggu dengan sabar.
      Kata dalam kalimat tersebut yang tidak baku adalah ....
A.    Karyawan
B.   Mempersilahkan
C.     Para
D. Apotek

20. (1)  Buku itu saya karang.
      (2)  Kue itu dimakan mereka.
      (3)  Pensilmu sudah saya runcingkan.
      (4)  Soal ulangan itu dengan mudah dikerjakan mereka.

      Bentuk kalimat baku terdapat pada kalimat ke ...

A.    1 dan 3
B.   1 dan 4
C.     2 dan 3
D.  2 dan 4






21. Perhatikan paragraf berikut!

Selain itu masih ada satu karung berisi lebih dari seratus setel seragam SD serta paket buku dan alat tulis. Alhamdulillah kami senang karena selama ini belum pernah ada bantuan alat sekolah dan alat rumah tangga ungkap Rifani Kepala Desa Suka Maju kepada Setiawan dari Radar Banjar.

Tanda baca koma pada paragraf di atas terdapat pada…
A.  Setelah kata selain itu
B.  Setelah kata satu karung
C.  Setelah kata selama itu
D. Setelah kata alat sekolah

22.  Perhatikan kutipan paragraf berikut!
Wali kelas saya sering ke perpustakaan. Tadi siang saya bertemu dia di perpustakaan. Saya mau menegur, tetapi dia sedang asyik ngomong dengan Bu Santi tentang buku yang dipegangnya.

Perbaikan pilihan kata yang tepat pada kalimat di atas adalah… 

A.    Wali kelas saya rajin sekali ke perpustakaan. Tadi siang saya bertemu dia di perpustakaan. Saya ingin menegur, tetapi dia sedang asyik ngobrol dengan Bu Santi tentang buku yang dipegangnya.
B.     Wali kelas saya rajin sekali ke perpustakaan. Tadi siang saya bertemu dia di perpustakaan. Saya mau menyapa, tetapi dia sedang asyik berbicara dengan Bu Santi  tentang buku yang dipegangnya.
C.     Wali kelas  saya rajin sekali ke perpustakaan. Tadi siang saya melihat beliau ke perpustakaan. Saya mau menyapa, tetapi dia sedang asyik ngomong dengan Bu Santi tentang buku yang dipegangnya.
D.    Wali kelas saya rajin sekali ke perpustakaan. Tadi siang saya melihat beliau, tetapi beliau sedang asyik berbicara dengan Bu Santi tentang buku yang dipegangnya

23.  Wahai muda kenali dirimu
       Ialah perahu tamsil tubuhmu,
       Tiadalah berapa lama hidupmu,
       Ke akhirat jua kekal diammu.

       Tema syair di atas adalah ....

A.  percintaan
B.  sejarah
C.  agama
D.  kiasan

 24. Pesan yang terkandung dalam kutipan syair di atas adalah ....

       A. nasihat untuk memperbaiki diri
       B. nasihat kita jangan terlena di dunia ini.
       C. nasihat agar menjadi orang yang berguna.
       D. nasihat agar kita harus mempersiapkan bekal untuk kehidupan akhirat.    
   
25. Cermati kutipan cerpen berikut ini!
           
Beberapa hari kemudian, ada peristiwa aneh di rumahku. Kami sekeluarga sedang menghitung uang belanja dan memisah-misahkan mana untuk belanja harian, mana untuk uang sekolah anak-anak, dan lain-lain. Uang kami atur menurut nilainya : lima puluhan ribu ditumpuk jadi satu, ratusan ribu dengan ratusan ribu. Dan baru sedetik istriku menaruh selembar ratusan ribu, detik itu pula raib di depan mata kami. Kami bingung mencarinya.

            Diambil tuyul kali, Yah!” kata anakku.
   “Tuyul? . . . Tuyul kepala hitam!” jawabku. Istriku merengut, rupanya tersinggung karena saya selalu menyebut diambil tuyul kepala hitam setiap uang di tas kerjaku hilang.

          Kutipan cerpen tersebut jika ditulis kembali dengan kalimat sendiri adalah . . . .

a.       Kami sekeluarga sedang menghitung uang. Uang itu dikelompokan lima puluhan ribu dan ratusan ribu. Akan tetapi, uang seratus ribu yang baru ditaruh istriku hilang dalam sekejab. Kami bingung mencarinya. Kata anakku, uang itu diambil tuyul. Aku keheranan.

b.      Terjadi peristiwa aneh di rumahku. Kami sedang menghitung uang. Uang lima puluh ribuan dikumpulkan jadi satu. Baru saja istriku menaruh uang seratusan ribu, dalam sekejab uang itu hilang. Kata anakku, uang itu diambil tuyul. Aku tidak percaya. Paling yang mengambil tuyul kepala hitam. Mendengar tuyul kepala hitam, istriku tersinggung.

c.       Kami sekeluarga baru menerima kiriman uang dari tuyul yang dipelihara. Uang itu dihitung bersama. Uang dikelompokkan lima puluhan ribu dan ratusan ribu. Uang yang baru ditaruh istriku hilang lagi. Anakku berkata mungkin uang itu diambil tuyul lain milik tetangga.

d.      Kami sekeluarga biasa menghitung uang dan memisah-misahkannya. Uang itu diatur rapi. Uang itu diatur rapi. Uang lima puluhan ribu dijadikan satu, uang ratusan ribu dijadikan satu. Uang itu lalu diikat. Hal itu dilakukan agar tuyul tidak dapat mengambilnya. Cara itu ternyata efektif mencegah pencurian uang oleh tuyul yang selama ini terjadi.
e.        
26. Perhatikan kutipan cerpen berikut ini! 

      “Di komplek rumah Mas Sudar ini ada yang pelihara tuyul, lho,” katanya.
      “Ah, yang benar!” sahutku.

      “Benar! Mas Sudar kerap kali kehilangan uang, kan?”
      “Memang  benar. Aku kerap dan bahkan sangat kerap kehilangan uang. Uang “laki-laki” yang aku simpan di tas kerjaku kerap berkurang. Tapi, aku tak menyangka itu pekerjaan tuyul, paling-paling kerjaan istriku yang tahu nomor kode kunci tas kerjaku.Karena dia pun suka ngerjain kartu ATM saya.

      Peristiwa nyata dalam kutipn cerpen tersebut adalah ....

A.    Di kompleks rumah Mas Sudar ada yang memelihara tuyul. Hal ini terbukti dengan seringnya uang Mas Sudar hilang.
B.     Tetangga  Mas Sudar memelihara tuyul. Tuyul itu mengambil uang Mas Sudar yang disimpan di tas kerjanya.
C.     Mas Sudar sering kehilangan uang. Menurut tetangganya, uang itu diambil tuyul. Mas Sudar menyangka uangnya diambil istrinya.
D.    Mas Sudar tidak yakin uangnya diambil tuyul. Meskipun uangnya sering hilang, ia tidak pernah menyangka uang itu diambil tuyul. Menurutnya, uangnya diambil istrinya

27. Perhatikan larik puisi berikut!

      Cemara berdera sampai jauh
      Terasa hari jadi akan malam
      Ada beberapa dahan ditingkap merapuh
      Dipukul angin terpendam

      Jika bait puisi tersebut dimusikalisasi, musik yang cocok untuk mengiringi puisi itu adalah musik yang menunjukkan suasana ….

A.    Riang
B.     hening
C.     syahdu
D.    haru



28.                                                        Selamat Tinggal Renokenongo    
  
            Ning dan Sri masih saja duduk diam di atas tanggul lumpur yang telah mengeras. Pandangan mereka  menyapu sekeliling. Yang terlihat hanya lumpur, lumpur, dan lumpur. Lumpur Lapindo yang telah mengering.

            Di antara lumpur-lumpur itu terlihat atap-atap rumah yang terbenam lumpur. Sudah setahun lebih lumpur memenuhi desa mereka, Desa Renokenongo. Ning dan Sri serta puluhan keluarga lainnya harus mengungsi. Mereka tinggal di tenda-tenda darurat yang dibangun pemerintah daerah. Sekolah mereka juga tenggelam oleh lumpur sehingga mereka saat ini sekolah di sebuah pabrik yang tak terpakai lagi.

            “Lihat, itu adalah kampung kita, Renokenongo!” teriak Ning sambil menunjuk ke kejauhan.
            Sri tersenyum pahit. Mereka adalah dua sahabat sejak kecil karena rumah mereka bertetangga.
            “Ya, desa kita yang tercinta. Tempat kita dilahirkan. Sekarang semua tinggal kenangan. Rumah kita sudah tenggelam dalam lumpur. Desa kita sudah hilang ditelan lumpur ...” Ning menjawab dengan haru.

            Seolah ada kesepakatan, tiba-tiba mereka berdua menggumamkan lagu berjudul “Desaku”.
            Suara mereka terdengar sendu, hilang terbawa angin bersama debu-debu lumpur yang mengering.

            “Desaku yang kucinta, pujaan hatiku. Tempat ayah dan bunda, dan handai taulanku. Tak mudah kulupakan, Tak mudah bercerai. Selalu kurindukan desaku yang permai.” Tak terasa mata mereka basah.

            Kemarin malam, paman Ning yang tinggal di Solo datang menemui keluarga Ning di tenda pengungsian. Paman Ning bermaksud mengajak keluarga Ning pindah ke Solo.

            Semula ayah Ning tidak setuju karena sedang menunggu biaya ganti rugi yang akan dibayarkan oleh PT Lapindo Brantas, sebuah perusahaan pengeboran minyak yang bertanggung jawab penuh atas terjadinya musibah lumpur itu. Namun, paman Ning terus membujuk ayah Ning untuk pindah ke Solo, untuk memulai kehidupan yang baru. 

      Tema yang tepat untuk cerpen di atas adalah ....

A.     Nasib desaku
B.     Lumpur Lapindo
C.     Menangis
D.    menyanyikan lagu

29. Menurut urutan peristiwanya, cerpen di atas menggunakan alur ...

A.     maju
B.     mundur
C.     sorot balik
D.     campuran

30. Karakter paman Ning yang tergambar dalam cerpen di atas adalah ....

A.    ramah
B.     baik hati
C.    tamak
D.     jujur

31. Suasana yang tergambar pada cerpen di atas adalah ....

A.    menyenangkan
B.   riang dan ceria
C.    mengharukan
D.   menegangkan

32. Dunia seni senantiasa berkembang mengikuti derap peradaban zaman. Setiap zaman melahirkan seniman-seniman besar. Raden Saleh adalah seniman lukis yang amat disegani penjajah Belanda pada zamannya. Pada kurun waktu berikutnya, kita juga mengenal seniman-seniman lukis andal, seperti Sudjojono, Basuki Abdullah, Jeihan, atau Hardi. Para seniman lukis selalu mewakili semangat dan dinamika masyarakat pada zamannya.

      Gagasan utama paragraf di atas terdapat pada kalimat...

A.
Dunia seni senantiasa berkembang mengikuti derap peradaban zaman.
B.
Setiap zaman melahirkan seniman-seniman besar.
C.
Raden Saleh adalah seniman lukis yang amat disegani penjajah Belanda pada zamannya.
D.
Para seniman lukis selalu mewakili semangat dan dinamika masyarakat pada zamannya.

33. “Terima kasih, ya, Mindo atas nasihatmu dulu. Sekarang aku tidak minder dan takut lagi. Terima kasih, ya ....,” kata Uke berulang kali dengan mata berbinar.
             
      Nilai kehidupan yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah ....

A.    Mindo berteman dengan Uke.
B.     Nasihat Mindo yang berharga bagi Uke.
C.     Mindo ahli memberi nasihat kepada teman.
D.    Uke seorang pemberani dan percaya diri.

34. Aku masih ingat waktu itu aku masih kanak-kanak, usiaku belasan tahun. Suatu kali aku bermain-main dengan anak-anak sebaya. Dan seperti yang sering terjadi, aku terlibat perkelahian dengan teman-teman. Perkelahian itu menjadi percekcokan besar karena orang tuaku ikut campur.
      Ketika cerpen tersebut dituliskan kembali dengan bahasa sendiri, maka tokoh aku akan berganti menjadi  ....

A.    Dia
B.     Saya
C.     Kami
D.    Mereka

35.“Aku harus pergi  ke kota. Aku harus mencari suasana yang lebih manusiawi dan berwibawa!” teriaknya. “Aku ingin hidup lebih hidup!” Mbok, aku harus pergi ke kota. Aku ingin jadi artis dan main sinetron!”. Simbok terpaku.

      Nilai positif dari kutipan cerpen tersebut adalah ....

A.    Sesama manusia harus saling membantu.
B.     Menjadi artis merupakan solusi terbaik untuk mengubah nasib.
C.     Hidup akan lebih berwibawa jika menjadi artis.
D.    Nasib seseorang tidak akan berubah  jika tak ada niat dan kemauan mengubahnya.

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1.      Cerpen berjudul “Pipit Tak Selamanya Luka” yang  termuat dalam Antologi Cerpen terbitan Oktober 2003 lalu,kesan kekuatan cinta yang ditonjolkan  Irwan sangat tampak. Ceritanya tentang seorang gadis yang trauma dengan pernikahan kedua orang tuanya. Gadis itu adalah seorang mahasiswa yang akan diwisuda bernama Marshelly, yang dipinang oleh seorang pemuda, Abdul Halim. Meskipun terjadi perang batin, Marshelly pun menerima lamaran tersebut.

      Apa yang dibahas dalam resensi di atas?

2.      Aku berkeras tidak memberikan kopor itu. Aku teringat cerita-cerita tentang tukang becak Jakarta yang suka menyesatkan penumpang-penumpang yang baru datang di Jakarta. Memutar-mutarkan becaknya dan kemudian meminta bayaran yang tinggi.
      “Berapa ke Tebet ...?”
“Seratus ....,” katanya.
      “Terima kasih ...............”
  Pandanganku tertumbuk pada seorang tukang becak yang telah setengah baya. Ia hanya tersenyum, tidak berkata-kata. Aku menuju ke arahnya.
      “Ke mana , Nak?” katanya.
Hatiku seolah-olah disiram air yang dingin. Aman.
      “Ke Tebet, Pak. Jalan Berdikari .....................Bisa bapak mengantar? Berapa?”
      “Berapa?”

      “Naiklah dulu, nanti anak kira-kirakan sendiri. Saya hanya mencari upah sekadar cukup untuk makan anak dan istri. Jangan takut-takut, Nak,mari naik. Tidak mahal. Dua puluh lima. Anak punya uang sekian? Memang banyak kawan-kawanku yang nakal ..............” katanya.
Aku duduk di becak. Kopor kuletakkan di kakiku.

      Ceritakan kembali cerpen di atas dengan menggunakan bahasamu sendiri!

3.      (1) Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menguji coba satu lampu penerangan jalan umum atau PJU dengan energi surya. (2) Penggunaan secara massal lampu PJU dengan sel surya itu masih terkendala investasi awal. (3) Melihat investasi awal begitu besar, tampaknya keuangan daerah tidak mampu mengganti semua PJU konvensional. (4) Investasi satu titik lampu PJU konvensional 250 watt kualitas terbaik butuh Rp3 juta, sedangkan satu titik JPU 40 watt dengan sel surya butuh Rp26 juta.
   
   Opini pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ke berapa?

HITAM
Sabtu, pada pelajaran agama. Bu Efita berkali-kali melihat ke arahku. Aku jadi grogi sendiri.
“Alhamdulillah, Ibu senang sekali melihat ada seorang teman kalian yang baru berjilbab. Mari kita doakan sama-sama supaya Nana istiqomah dengan pakaian barunya itu, ya.” Kurasakan darahku mengalir begitu deras, jantungku berdenyut tak karuan.

”Memang bab yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai aurat. Setiap pria dan wanita yang sudah baligh memang diwajibkan menutup auratnya, ya… seperti apa yang dilakukan Nana pada hari ini, Ibu ingin tahu siapa yang nanti bakalan menyusulnya”.

Bangga rasanya pada keputusan yang berhasil kutentukan sendiri. Aku hijrah! Dengan harapan agar aku bisa lebih menjaga hati dengan jilbab ini, bisa lebih baik, bijaksana, seperti Rita. Memang, tidak semua seperti Bu Efita dan Rita yang saat tadi pagi jauh-jauh kutemui ke kelasnya, dia langsung memeluk aku tanpa lepas-lepas, saking gembiranya. Bahkan kalau kuperhatikan saat ini, rata-rata semua wajah lagi masam. Apalagi si Teo!

Cobaan selanjutnya datang setelah pelajaran pertama usai, Nur dengan tampang risihnya
menegurku. ”Masya Allah Nana, alhamdulillah sih kamu sudah berhijrah, tapi ya harusnya pikirin dulu
matang-matang dong, ah!” serunya.
  
 “Udah kok, Nur. Sampai gosong malah,” kutanggapi dengan bercanda.
“Sampai gosong? Gosong kayak kulitmu?! Make jilbab ya jangan yang putih kayak gini dong Non, udah tahu pakai pramuka, yaa pakai jilbab warna agak gelap kek biar gak kontras banget ama muka!”
Sabar… sabar … !

“Hm, Nur, kayaknya kamu deh yang harus mikir matang-matang.”
“Hah? Nur bengong tidak mengerti.

“Yaah, kalau ngomong coba dipikir dulu matang-matang, sampe gosong kayak kulitku, kalau perlu! Kalau kamu selalu ngomong gak ngenakin kaya gitu aku kasihan, kulitmu sih boleh putih, tapi hati kamu …,” ucapanku sengaja kugantung. Mimik Nur berubah drastis, kaget luar biasa tampaknya.
Aku kembali meninggalkan Nur, pergi ke luar kelas, melihat indahnya alam di luar, melepaskan segala beban di hatiku, mumpung Pak Nusyir belum masuk. Rugiaku kalau harus mencerna omongan negatif. Mendingan langsung dimuntahin.

Sambil melihat putihnya awan di atas sana, aku mencoba mengulas senyum. “Awan boleh putih, kulitku boleh hitam, tapi hatiku harus diputihkan.”
Yang barusan bukannya puisi, melainkan sebuah tekad di hatiku. Sekarang dengan santai aku bisa berkata meniru slogan-slogan iklan di TV. Swear! Kulit hitam? Siapa takuuut!!! Atau, hitam?! Ya nggak masyalah! He… he…

4.  Apa tema cerpen tersebut? 

5.  Tentukan nilai kehidupan yang terdapat pada cerpen tersebut !




Semoga Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas IX (9) SMP/MTs Terbaru ini bisa 
membantu teman-teman dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan semester. Terima kasihtelah 
membaca Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Kelas IX (9) SMP/MTs Terbaru

No comments:

Post a Comment