Pages

Pages - Menu

Monday, 23 November 2015

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 3

Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 3 - Menghadapi ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan sesuatu yang tidak boleh diremehkan. Karena soal ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan suatu hafalan yang harus dikuasai sejauh mungkin sebelum ulangan dimulai. Berikut Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 3 :








1.      Undang undang dasar dapat di artikan sebagai. .  .  .
a. Penjabaran hukum dari produk politik yang dapat digunakan sebagai alat untuk menghukum.
b.Hukum dasar negara yang dibuat secara tertulis     berisi hal – hal pokok mengenai ketatanegaraan.
c. undang undang yang dibuat oleh masyarakat dengan persetujuan pemerintah untuk kepentingan pelaksanaan pemerintahan.
d. peraturan yang bersifat fleksibel,tetapi dalam pasal – pasal tertentu bersifat kaku khususnya yang berisi tentang pembatasan kewenangan rakyat.

2.      undang undangdasar negara republik indonesia tahun 1945 merupakan
hukum dasar fundamental. Pengertian hukum dasar fundamental dapat ditemukan dalam pernyataan . . . .
a.       muatan materi dalam konstitusi disetiap neagara selalu sama
b.      konstitusi merupakan seperangkat aturan yang mengatur kehidupan warga negara
c.       muatan dalam konstitusi harus memenuhi berbagai aspek kehidupan supaya bisa berjalan dengan baik dimanapun konstitusi tersebut dilaksanakan
d.      konstitusi merupakan hukum dasar yang paling pokok karena mengatur semua aspek kehidupan masyarakat dan pelaksanaan ketatanegaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

3.      suatu negara menyatakan diri sebagai negara hukum. Konsekuensi yang harus ditanggung negara dalam mencapai tujuan negara hukum dapat ditemukan dalam pernyataan . . . .

a.       setiap warga negara diperbolehkan untuk mempelajari hukum 
b.      masyarakat diperbolehkan untuk melihat sidang putusan kasus korupsi
c.       pemerintah memberikan perlakuan yang sama kepada setiap warga negara di depan hukum
d.      dalam menyelenggarakan pemerintahan , pemerintah dapat mengesampingkan hukum untuk mencapai tujuan kebijakan pemerintah

4.      bentuk pelajaran hidup yang dapat diambil dari pelaksanaan sidang yang dilakukan oleh BPUPKI dan PPKI adalah . . . .
a.       meningkatkan semangat kedaerahan
b.      meningkatkan semangat kebangsaan
c.       menumbuhkan sikap jujur
d.      menumbuhkan sikap kreatif

5.      hubungan yang benar antara badan dan hasil karyanya berdasarkan sejarah pembentukan rumusan “Hukum Dasar” adalah . . . .
a.       BPUPKI merupakan lembaga yang membuat “Hukum Dasar”
b.      PPKI merupakan lembaga yang membuat “Hukum Dasar”
c.       MPR merupakan lembaga yang membuat “Hukkum Dasar”
d.      DPR merupakan lembaga yang membuat “Hukum Dasar”

6.      Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
1)      Melatih anggota musyawarah untuk mempertahankan pendapat masing-masing
2)      Membentuk karakter pribadi yang bertanggung jawab
3)      Menerima saran dan kritik Dri orang lain secara baik
4)      Meningkaatkan semangat kedaerahan
5)      Membentuk karakter pribadi yang cerdas secara sosial
Manfaat melakukan musyawarah ditunjukkan oleh nomor . . . .
a.       1),2), dan 3)
b.      1),3), dan 5)
c.       2),3), dan 5)
d.      2),4), dan 5)

7.      Pada saat terjadi kekacauan di Jepang, Jenderal Besar Terauchi memanggil tiga tokoh nasional ke Vietnam, yaitu . . . .
a.       Ir.Soekarno,Drs.Moh Hatta,Radjiman Wedyodiningrat
b.      Prof. Soepomo,Agus Salim,Radjiman Wedyodiningrat
c.       Prof.Dr.Soepomo,Ir Soekarno,Ahmad Soebarjo
d.      Agus Salim,Drs.Moh Hatta,Ahmad Soebarjo

8.      Upaya belajar untuk mengisi kemerdekaan dapat dilakukan dengan cara . . . .
a.       Belajar hanya saat akan ada ulangan
b.      Berziarah ke setiap makam pahlawan
c.       Melakukan kegiatan-kegiatan sosial dalam masyarakat
d.      Merayakan kemerdekaan dengan pesta kembang api dan petasan

9.      Pernyataan klausul hukum dasar yang benar sesuai perubahan yang dilakukan pada saat sidang PPKI adalah . . . .
a.       Rumusan BPUPKI presiden merupakan orang Indonesia asli yang beragama islam , Rumusan PPKI presiden merupakan waarga negara Indonesia
b.      Rumusan BPUPKI presiden haruslah orang Indonesia asli yang beragama islam , Rumusan PPKI presiden harus orang Indonesia asli
c.       Rumusan BPUPKI presiden sebagai warga negara Indonesia asli yang beragama islam , Rumusan PPKI presiden harus manusia beragama
d.      Rumusan BPUPKI presiden haruslah orang Indonesia asli , Rumusan PPKI presiden keturunan asli Indonesia

10.   Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berisi pengaturan hak asasi manusia, pembagian tugas kekuasaan, dan susunan ketatanegaraan. Pernyataan tersebut membuktikan bahwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tsuhn 1945 . . . .
a.       Sesuai dengan muatan materi yang seharusnya ada dalam undang-undang dasar
b.      Merupakan hukum dasar yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia
c.       Mempunyai jaminan terhadap warga negaranya untuk merdeka
d.      Sebagai dasar hukum bagi bangsa Indonesia


“ LATIHAN 2 “


1.Kemerdekaan yang diraih masyarakat indonesia tidak semata mata hasil kerja keras masyarakat, Tetapi merupakan rahmat Allah Yang Mahakuasa.Hal tersebut memperlihatkan bahwa........
   a.bangsa indonesia selalu ikhlas menerima ujian.
   b.masyarakat indonesia selalu menunggu rahmat dari tuhan.
   c.masyarakat indonesia merupakan masyarakat yang religius.
d.bangsa indonesia merupakan bangsa yang mengakui semua agama

2.Materi pokok teks proklamasi kemerdekaan memuat tentang.......
   a.perlawanan bangsa indonesia terhadap pemerintah Jepang.
   b.tindakan akhir yang harus segera diselesaikan.                                        
   c.keinginan golongan tua untuk cepat merdeka.
   d.pernyataan kemerdekaan indonesia.

3.pernyataan yang menyatakan bahwa Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945 tidak bisa diubah adalah.......       
   a.nilai nilai dalam pembukaan undang undang dasar negara indonesia tahun 1945 tidak bisa ditiru negara lain.
   b.dalam pembukaan undang undang dasr negara tahun 1945 terdapat kata kemerdekaan.
   c.pembuaan undang undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 merupakan dasar filosofi negara.
   d.makna pembukaan undang undang dasar negaa republik indonesia tahun 1945 hanya ada di
       indonesia.


4.salah satu tujuan negara indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.salah satu upaya
    Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa adalah......
    a.menyelenggarakan program wajib belajar sembilan tahun.
    b.menyiapkan program pembangunan jangka panjang.
    c.menyelenggarakan program bantuan langsung tunai.
    d.memberikan jaminan kesehatan mesyarakat.

5.setiap bangsa mempunyai hak untuk merdeka.sebagai bangsa ang menjunjung nilai – nilai
    Kemanusiaan,kita harus menantang tindakan penjajahan yang dilakukan oleh setiap negara.
    Pernyatan tersebut mengandung pengertian bahwa bangsa indonesia........
    a.memberikan kesempatan kepada setiap negara ntuk melakukan ekspansi.
    b.mengaku kekuasaan setiap negara negara di dunia.
    c.menentang sgala bentuk penjajahan.
    d.menolak dijajah oleh negara lain.

6.pada saat indonesia dijajah,semua masyarakat melakukan perlawanan terhadap penjajah.
   Mereka tidak memandang suku,agama,dan etnis.mereka bersatu menentang penjajah.
   Rasa senasib dan sepenanggungan telah menyatukan mereka untuk melawan penjajah.
   Hal tersebut sesuai dengan asas kerohanian......
a.       Ketuhanan yang maha esa
b.      Kemanusiaan yang adil dan beradap
c.       Persatuan indonesia
d.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dlam permusawaratan/perwakilan

7.  Akibat yang ditimbulkan apabila dilakukan perubahan terhadap Pembukaan Undang-Undang
      Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 adalah . . . . . . . .
        a. negara republik indonesia akan bubar
        b. indonesia kembali menjadi negara terjajah
        c.  indonesia bukan lagi sebagai negara yang merdeka
        d.  terbentuk kembali panitia persiapan kemerdekaan ndonesia


8. makna alenia pertama dalam pembukaan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun
    1945 adalah . . . . .
   a. bangsa indonesia bependirian antipenjajahan
   b. bangsa indonesia menginginkan perdamaian
   c. bangsa indonesia menolak perdamaian   
   d. bangsa indonesia cinta damai

9. Bangsa indonesia menyatakan bahwa kemerdekaan bersifat universal.Pengertian bersifat
    Universal dapat ditemukan dalam pertanyaan . . . . . .      
   a. Bangsa indonesia mendukung segala bentuk tidakan yang mengarah pada upaya melepaskan   
       diri dari penjajahan.
   b. bangsa Imdonesia  melakukan bantuan kemanusiaan kepada negara yang sedang berkonflik
   c. kemerdekaan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras bangsa Indonesia
   d. pengorbanan rakyat akibat penjajahan sangat besar

11.  Perhatikan cakupan Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
      Berikut ini !
1)      Adanya kesatuan subjek yang mengadakan peraturan peraturan hukum itu.
2)      Adanya kesatuan asas kerohanian yang meliputi keseluruhan peraturan peraturan hukum itu.
3)      Adanya kesatuan waktu waktu saat peraturan peraturan hukum itu berlaku.
4)      Adanya kesatuan daeah tempat peraturan peraturan hukum itu berlaku.
      Pertanyaan di atas merupakan ciri pembukaan undang undang dasar negara republik indonesia
      Tahun 1945 sebagai . . . . . . . .
      a.staatsfundamentalnorm
      b.tertib hukum
      c.norma dasar
      d.tata nilai

11. Peristiwa yang menggambarkan kegiatan menciptakan keadilan sosial adalah.......
a. meskipun Pak Budi bukan orang kaya,pihak rumah sakit merawat dengan baik
b. satuan polisi pamong praja sedang menertibkan lapak lapak pedagang kaki lima
c. sinta menyelesaikan soal soal ujian dengan baik
d. satria membantu ibunya menjaga warung

12.cara mengemukakan pendapat yang baik dan benar terlihat dari peristiwa . . . . . . .
a. anton menampaikan pendapatnya ketika orang lain sedang berpendapat
b.saipul menyampaikan pendapatnya dengan suara keras
c.tania mengacungkan tangan sebelum berpendapat
d. tino memotong pendapat Rio karena tidak sependapat dengannya

13.contoh penerapan nilai nilai pembukaan undang undang dasar republik indonesia tahun 1945 Dalam kehidupan bernegara adalah . . . . . .
a.ridwan disiplin dalam belajar
b. satria menolong budi mengerjakan tugas di sekolah
c.pemerintah membuat undang undang tindak kekerasan terhadap anak
d.ibu guru sedang mengajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan

14.ketika andi akan melaksanakan  ibadah , anton mengajak bermain .Sikap yang harus di lakukan
     Andi adalah . . . .
a.ikut bermain dengan anton setelah dia melaksanakan ibadah
b.meninggalkan ibadah dan ikut bermain bersama anton
c.memarahi anton karena dia telah mengganggu ibadah
d. menolaknya karena anton bukan teman yang baik


15.proklamasi 17 agustus 1945 mempunyai hubungan dengan pembukaan undang undang dasar
      Negara republik indonesia tahun 1945.hubungan proklamasi 17 agustus 1945 dan pembukaan
      Undang undang  dasar negara republik indonesia tahun 1945 adalah . . . . . . . 
a.       Pernyataan kemerdekaan yang terdapat dalam teks proklamasi disebut kembali dalam
Pembukaan undang undang dasar negara republik indonesia tahun 1945
b.      Proklamasi kemerdekaan indonesia merupakan realisasi dari pembukaan undang undang
Dasar negara republik indonesia tahun 1945
c.       Pengangkatan presiden dan wakil presiden merupakan realisasi dari pembukaan undang
Undang republik indonesia tahun 1945
d.      Proklamasi merupakan pernyataan terperinci dari pembukaan undang undang dasar negara
Republik indonesia tahun 1945

16.Pelaksanaan alinea ke-4 pembukaan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun
     1945 di lingkungan sekolah adalah....
a.satria sedang belajar di kamar
b.warga sedang melakukan musyawarah
c.siwi sedang melaksanakan diskusi kelompok
d.pada saat istirahat,Anto dan andi shalat berjama’ah

17.dampak positif dari perilaku sosial adalah.....

    a.
- dijauhi teman
- mempunyai banyak teman
- menjadi pribadi yang terbuka
   b.
- mempunyai banyak teman
- menjadi pribadi yang terbuka
- persatuan dan kesatuan akan terwujud
   c.
- timbulnya kekacauan
- menjadi pribadi yang terbuka
- terbentuknya pola individualistis
   d.
- timbulnya kekacauan
- banyak orang yang tidak acuh
- terbentuknya pola individualistis

18.membiasakan diri melakukan musyawarah merupakan bentuk penanaman sikap . . . . . . .
a. cinta tanah air       c. Demokratis
b. pembelajaran        d. Kreatif

19.upaya menanamkan niali – nilai pembukaan undang – undang dasar negara republik indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan sehari – hari adalah . . . . . .
a.memahami keberagaman bangsa indonesia
b.menggunakan produk – produk luar negeri
c. mencintai kebudayaan negara lain
d. melakukan asimilasi budaya

20.andi anak rajin.setiap tugas sekolah ,dia megerjakan dengan tekun. Oleh karena itu, andi selalu mendapat nilai baik.andi sadar bahwa mengerjakan tugas sekolah bukan suatu beban,melainkan bagian dari kewajibannya sebagai pelajar. Selain itu, andi juga sadar bahwa belajar merupakan kewajibannya sebagai siswa dalam mengisi kemerdekaan.sikap andi mencerminkan anak yang
. . . . . .                     
a.bertanggung jawab
b.cinta tanah air
c.sportif
d.kreatif




Semoga Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 3 ini bisa membantu teman-teman yang bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Terima kasih telah membaca Soal dan Kunci Jawaban Ulangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) Part 3.

2 comments:

  1. Lmyan nie gan buat latihan sodara ane. . .

    ReplyDelete
  2. kebeneran banget ada tugas yang soalnya sama... makasih gan

    ReplyDelete