Soal Ulangan Mid Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 - Baru saja rasanya kalian menginjakkan kaki di kelas VII (7) SMP/MTs ini sebentar lagi kalian akan menghadapi ulangan mid semester. Apakah kalian sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin? Saya rasa kalian sudah bisa berpikir dengan diri kalian sendiri. Salah satu mata pelajaran yang akan kalian hadapi saat mid semester adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah mata pelajaran yang membutuhkan bekal hafalan yang cukup banyak agar bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Soal Ulangan Mid Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.
A.Pilihlah salah satu jawaban yang
paling benar di antara a,b, c,atau d !
1.
Manusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan
yang paling mulia ,dan mumpunyai derajat yang luhur sebagai manusia
,dikarenakan manusia ….
A. Memiliki
cipta,rasa, dan karsa
B. Memeiliki
keinginan dan kemauan yang tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun
C. Memilik
hasrat yang tinggi untuk berbuat semaunya
D. Memiliki
harkat dan martabat yang membedakan antara manusia yang satu dengan manusia
yang lain
2.
Universal Declaration of Human
Right lahir pada tanggal ….
A. 2
Maret 1948
C. 10 Desember 1948
B. 18
Agustus 1948 D.
12 November 1948
3.
Pengakuan hak asasi manusia di Indonesia
diatur dalam UUD 1945 Bab X-A ,pasal ….
A. 27
sampai dengan 28
C. 25 sampai dengan 35
B. 28A
sampai dengan 28J D. 27 sampai dengan 36
4.
Dari sejumlah kasus berikut yang tidak
termasuk kasus pelanggaran HAM berat adalah …
A. Kasus
Tanjung Priok C.
Kasus marsinah
B. Kasus
DOM di Aceh D. Kasus tabrak lari
5.
Sebagai perwujudan bahwa Indonesia
menjunjung hak-hak yang mengatur tentang HAM,yaitu Undang-Undang Nomor ….
A. 2
tahun 1989
C. 22 tahun 1999
B. 39
tahun 1999
D. 25 tahun 1999
6.
Pasal 30 ayat (1) memuat jaminan
perlindungan hak asasi manusia tentang ….
A. Kebebasan
beragama dan beribadah menurut ajaran agama masing-masing
B. Persamaan
kedudukan setiap warga negara di depan hukum dan pemerintahan
C. Persamaan
hak dan kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan
D. Persamaan
hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan Negara
7.
Makna yang terkandung dalam pembukaan
UUD 1945 alenia 1 adalah ….
A. Bangsa
Indonesia ingin mewujudkan keadilan social
B. Kemerdekaan
itu ialah hak segala bangsa
C. Kebenaran
dan keadilan harus ditegakkan
D. Setiap
bangsa ingin mencapai kesejahteraannya
8.
Kebebasan untuk masuk sekolah baik umum
maupun kejuruan negeri atau swasta merupakan hak asasi ….
A. Pribadi C. Politik
B. Social
budaya D.
Hankam
9.
Salah satu contoh hak asasi yang
bersifat pribadi dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
A. Kebebasan
memelik agama C.
Melaksanakan kewajiban pada negara
B. Menuntut
apa yang diinginkan D.
Kebebasan bergerak di wilayah tanah air
10.
Contoh tindakan sewenang-wenang yang
bertentangan dengan hak asasi manusia adalah ….
A. Hakim
memutuskan perkara berdasarkan bukti-bukti
B. Budi
berkelahi kemudian diber sanksi oleh kepala sekolah
C. Orang
tua mengawinkan anaknya tanpa musyawarah
D. Polisi
memberi tilang kepada pengemudi yang tidak membawa SIM
11.
Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1. Hak
untuk memilh dan dipilih dalam pemilu
2. Hak
untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
3. Hak
untuk diangkat dalam jabatan pemerintahan
4. Hak
untuk berkumpul ,berserikat dan berorganisasi
Dari pernyataan di atas
yang merupakan hak di bidang politik adala ….
A. 1-2-3
C. 1-3-4
B. 2-3-4
D. 1-2-4
12.
Pernyataan di bawah ini !
1. Komisi
Nasional Hak Asasi Manusia
2. Komisi
Nasional Perlindungan Anak
3. Komisi
Nasional Perlindungan Hak Asasi Manusia
4. Komisi
Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan
Dari pernyataan di atas
lembaga perlindungan HAM di Indonesia adalah ….
A. 1-2-3
C. 1-3-4
B. 2-3-4
D. 1-2-4
13.
Partisipasi masyarakat terhadap upaya
penegakan Ham dapa diwujudkan dengan cara….
A. Mempersilahkan
seseorang untuk melaksanakan hak sebebas-babasnya
B. Menyaksikan
korban pelanggaran HAM
C. Menyampaikan
laporan atas terjadinya pelanggaran HAM kepada Polri
D. Ikut
prihatin dengan banyak terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia
14.
Lembaga khusus yang dibentuk pemerintah
Indonesia untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM
adalah ….
A. Polri
C. Komnas HAM
B. LSM D. LBH
15.
Menegakkan HAM adalah kewajiban dari ….
A. Pemerintah C. Warga negara
B. Penduduk
D. Pemerintah dan warga negara
16.
Pelaksanaan HAM di lingkungan keluarga
dapat dilihat dalam sikap dan perilaku berikut…
A. Saling
tidak bertegur sapa dengan anggota keluarga lainnya
B. Orang
tua memaksakan kehendaknya pada anaknya
C. Seorang
anak mau berbakti kepada orang tuanya
D. Selalu
menang sendiri dibanding keluarga lainnya
17.
Fungsi
instrument (dasar hukum) HAM antara lain ….
A. Sebagai
pedoman para penyelenggara negara untuk memperjuangkan HAM
B. Sebagai
pedoman untuk warga negara dan negara dalam memperjuangkan HAM
C. Sebagai
pedoman untuk para penegak hukum dalam memberantas kejahatan
D. Sarana
yang ampuh bagi pemerintah di dalam mengatur warga negara
18.
Hak untuk mengemukakan pendapat baik
lisan maupun tulisan dijamin dalam UUD 1945 pasal ….
A. 27 B. 28 C. 29 D.30
19.
Perhatikan pernyataan berikut !
1. YLBHI 2. Kontras 3. Elsam 4. PBHI 5. PBSI
Dari pernyataan di atas
,yang merupakan lembaga HAM bentukan masyarakat terutama dalam bentuk LSM yang
programnya berfokus pada upaya pengembangan kehidupan yang demokratis dan
pengembangan HAM adalah ….
A. 1-2-3-4 B. 2-3-4-5 C. 1-2-4-5 D. 1-2-3-5
20.
Setiap perbuatan yang dilakukan dengan
maksud menghancurkan dan memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa ,
etnis dan agama di sebut ….
B.
Kejahatan
terhadap kemanusiaan C. Kejahatan HAM
C.
Kejahatan
genosida
D.
Kejahatan manusia.
21.
Setiap perbuatan seseorang atau
sekelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja
atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi ,membatasi
,dan atau mencabut hak asasi seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh
undang-undang ,dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh
penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku
,disebut ….
A.Kejahatan hak asasi
manusia C. Pembatasan
hak asasi manusia
B.Pelanggaran hak asasi
manusia D.
Perlindungan hak asasi manusia
22.Tujuan negara RI tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 ,alenia….
A. I B.
II
C. III D. IV
23. Contoh
tindakan sewenang-wenang yang merupakan pelanggaran hak asasi manusia dalam
kehidupan sehari-hri di lingkungan masyarakat adalah ….
A. Guru
memberikan sangsi kepada siswa yang melanggar tata tertib
B. Kepala
desa memaksa warganya untuk memberikan suaranya kepada calon tertentu dalam Pemilihan Umum
D. Lukman
berkelahi dengan adiknya karena rebutan mainan
E. Budi
ditilang karena tidak mempunyai SIM
24. Berikut
yang bukan merupakan kategori pelanggaran HAM yang menurut UU RI No. 39 tahun
1999, adalah ….
A. Menhalangi
orang untuk mengekspresikan pendapatnya
B. Pembunuhan
sewenang-wenang
C. Penyiksaan
dan penghilangan orang secara paksa
D. Pembunuhan
missal
25. Pembukaan
UUD 1945 memuat tujuan nasional yang berhubungan dengan pendidikan di tanah air
,adalah ….
A. Usaha
pemerataan pendidikan nasional
B. Mengusahakan
wajib belajar
C. Mencerdaskan
kehidupan bangsa
D. Memajukan
kesejahteraan umum
B.Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1. Jelaskan
pengertian HAM !
2. Sebutkan
3 contoh hakmu di sekolah !
3. Sebutkan
3 nama lembaga perlindungan HAM selain Komnas HAM !
4. Ceritakan
apa yang kamu ketahui tentang kasus Marsinah!
5. Sebutkan
4 tujuan negara seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945!
Semoga dengan adanya Soal Ulangan Mid Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) SMP/MTs 2016 ini kalian bisa gunakan untuk belajar untuk menghadapi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Dengan soal-soal kemampuan kalian juga akan semakin meningkat dan menjadi modal berharga saat menghadapi ulangan mid semester nanti. Terimakasih telah membaca Soal Ulangan Mid Semester Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII (7) SMP/MTs 2016.
No comments:
Post a Comment