Bacalah penggalan cerita
berikut ini!
Burung Tempua dan Burung Puyuh
Konon, pada zaman dahulu kala hiduplah seeekor burung tempua
(manyar) dan burung puyuh di daratan tanah Melayu. Keduanya sangat akrab dan
telah bersahabat sejak lama. Mereka saling menolong dan menyayangi. Pada siang
hari mereka hilir mudik mencari makan bersama-sama. Suka duka mereka jalani
bersama, kalau hujan sama berteduh, dan kalau panas sama bernaung. Namun
dimalam hari mereka selalu berpisah. Mereka tidur di sarangnya masing-masing.
Suatu hari, tempua dan puyuh berselisih pendapat tentang sarang
yang baik menurut mereka. Pertama-tama tempua menceritakan sarangnya yang aman
dan nyaman kepada puyuh. “Aku memiliki sarang yang indah, sarangku terbuat dari
helaian alang-alang dan rumput kering. Helaian itu djalin rapi, sehingga aku
tidak akan basah saat hujan, dan tidak kepanasan dikala terik. Aku menghabiskan
waktu berminggu-minggu untuk membuatnya.” Kata tempau menjelaskan puyuh.
Setelah tempua menceritakan kondisi sarangnya panjang lebar,
sekarang giliran puyuh menceritakan sarangnya yang praktis. “Aku memiliki
sarang yang praktis. Cukup dengan mencari batang pohon yang tumbang dan
berlindung di bawahnya. Besok, aku akan pindah bersarang ditempat lain, agar
musuh tidak tahu keberadaanku pada malam hari.” Cerita puyuh tak mau kalah.
1.
Cuplikan cerita tersebut termasuk jenis cerita …
a.
Fabel c. Mite
b.
Legenda d. sage
2.
Pada paragraf pertama cerita tersebut berisi tentang …..
a.
orientasi/pengenalan tokoh c. resolusi/penyelesaian
b.
komplikasi/masalah d. koda/pesan
3.
Berikut ini adalah unsur-unsur kebahasaan dalam teks cerita
moral kecuali ....
a.
menggunakan kata kerja
b.
menggunakan kata sandang
c.
menggunakan konjungsi/kata hubung
d.
banyak menggunakan kalimat imperatif
4.
Kata kerja transitip adalah kata kerja yang membutuhkan objek.
Berikut ini adalah contoh kata kerja transitip … .....
a.
Adik tidur di sofa.
b.
Ayah pulang dari kantor.
c.
Nenek duduk di teras.
d.
Ibu sedang menjahit baju.
5.
Kata kerja intransitip merupakan kebalikan dari kata kerja
transitip. Berikut ini adalah contoh kata kerja intransitip ....
a.
Amanda bermain dengan temannya.
b.
Rina menggoreng ikan di dapur.
c.
Ayah membaca Koran setiap hari.
d.
Adik memotong kue ulang tahun.
6.
Penggunaan konjungsi pertentangan yang tepat terdapat pada kalimat
…....
a.
Si kancil yang cerdik itu tak kekurangan akal, kemudian ia
melompat-lompat di atas punggung buaya sambil menghitungnya.
b.
Setelah sampai ke seberang sungai si kancil lalu meninggalkan
buaya-buaya bodoh itu.
c.
Walaupun tubuhnya lebih besar dari musuhnya, si gajah ternyata
dapat dikalahkan oleh semut.
d.
Si pejantan mencari makan dan si betina mengerami
telornya.
Dahlan Iskan dibesarkan di
lingkungan pedesaan dengan kondisi serba kekurangan. Orang tuanya tidak ingat
tanggal berapa Dahlan dilahirkan. Akhirnya Dahlan memilih tanggal 17 Agustus
dengan alasan mudah diingat karena bertepatan dengan peringatan kemerdekaan
Republik Indonesia.
Dahlan Iskan pernah
menulis buku berjudul “Ganti Hati” pada tahun 2008. Buku tersebut berisi
pengalaman Dahlan Iskan dalam melakukan operasi cangkok hati di Cina.
Selain sebagai pimpinan
Grup Jawa Pos, Dahlan juga merupakan Presiden Direktur dari dua perusahaan
yaitu perusahaan pembangkit listrik swasta PT Cahaya Fajar Kaltim di Kalimantan
Timur dan PT Prima Electric Power di Surabaya. Dahlan Iskan dikenal sebagai
seorang pengusaha ulet dan tangguh. Keberadaan beliau sangat diperhitungkan
dikalangan para pengusaha sukses di Indonesia.
7.
Informasi yang termuat dalam paragraf pertama pada cuplikan teks
Biografi di atas adalah.....
a.
Identitas tokoh c. Karier tokoh
b.
Riwayat pendidikan tokoh d. Hasil karya tokoh
8.
Sedangkan paragraf kedua pada teks Biografi tersebut merupakan
bagian ...
a.
Orientasi c. Reorientasi
b.
Peristiwa d. Koda
9.
Salah satu keuntungan dari membaca teks Biografi adalah ....
a.
Pembaca bisa memperoleh inspirasi, tentang cara mencapai
kesuksesan ataupun keberhasilan dari sang tokoh sehingga pembaca mengambil suri
tauladan dari tokoh tersebut.
b.
Pembaca bisa mengetahui riwayat hidup sang tokoh
c.
Pembaca bisa mengetahui identitas tokoh
d.
Pembaca bisa mengetahui silsilah keturunan sang tokoh.
10.
Dalam teks biografi sering menggunakan kalimat tunggal dan
kalimat majemuk. Berikut ini adalah kalimat tunggal dengan pola S-P-O-K.....
a. Chairul
Anwar mengarang berbagai puisi tentang perjuangan.
b. Chairul
Anwar seorang sastrawan dan Bung Karno seorang politikus.
c. Dewi
Sartika lahir di Jawa Barat sedangkan R.A. Kartini dilahirkan di Rembang Jawa
Tengah.
d. R.A.
Kartini seorang pejuang wanita, beliau adalah putri Bupati Rembang
Kalimat-kalimat acak untuk soal nomor 11 dan nomor 12.
1.
Menyerahkan formulir (slip) penyetoran uang.
2.
Mengisi formulir.
3.
Mengambil kartu antrian.
4.
Mengambil formulir (slip) penyetoran uang,
5.
Menunggu panggilan dari
teller (petugas)
6.
Mengambil buku tabungan yang telah diisi oleh teller.
11.
Urutan yang benar untuk menabung uang di Bank adalah ....
a.
4-2-1-5-3-6 c. 3-4-2-5-1-6
b.
3-2-1-4-5-6 d. 6-3-4-2-1-5
12.
Kalimat-kalimat acak tersebut merupakan bagian dari ....
a.
tujuan c. langkha-langkah
b.
bahan d. hasil
Cara mencangkok tanaman buah.
1.
tunggu kurang lebih satu bulan sampai akarnya tumbuh
2.
kupaslah kulit batang/ranting bagian yang akan dicangkok
3.
siapkan air dengan botol mineral lalu lubangi dengan jarum agar
air bisa menetes
4.
pilihlah batang/ranting yang sehat
5.
tutuplah dengan tanah subur yang basah pada bagian batang yang
dikupas lalu bungkuslah dengan karung atau sabut kelapa
6.
ikatlah dengan tali pada bagian ujung-ujung pembungkus
7.
gantungkan botol mineral berisi air dengan posisi lubang dibawah
agar cangkokan tetap basah
8.
jika akar sudah tumbuh banyak, baru bisa dipotong dan
dipindahkan
13.
Urutan yang benar cara mencangkok adalah ....
a.
4-2-3-5-6-7-1-8 c. 2-4-5-6-3-7-1-8
b.
4-2-5-6-3-7-1-8 d. 2-5-6-3-7-4-1-8
Adanya peraturan larangan
membawa HP ke sekolah bagi pelajar SD, SMP, SMA serta yang sederajat
menimbulkan pro dan kontra bagi pelajar itu sendiri maupun pihak orang tua
siswa. Pihak sekolah mengantisipasi agar para siswa tidak terganggu oleh
suara-suara deringan HP baik panggilan ataupun pesan melalui SMS. Tas dasar
pertimbangan tersebut maka pihak sekolah mengeluarkan peraturan larangan bagi
semua siswa agar tidak membawa HP ke sekolah. Pihak sekolah memberikan sangsi
tegas pada siswa yang terbukti melanggar peraturan dengan membawa HP ke sekolah
maka HP akan disita oleh sekolah.
14.
Kalimat-kalimat yang berupa argumen mendukung yang tepat adalah ....
a.
menurut saya peraturan sekolah dengan melarang siswa agar tidak
membawa HP ke sekolah merupakan hal yang sangat tepat karena bisa mengganggu
proses pembelajaran di kelas.
b.
Kebijakan sekolah itu sebaiknya perlu ditinjau kembali karena
dengan adanya larangan membawa HP ke sekolah siswa siswi tidak bisa
berkomunikasi dengan keluarganya.
c.
Tampaknya siswa siswi kurang menerima kebijakan sekolah karena
dengan adanya HP sangat membantu siswa.
d.
Meskipun telah ada larangan membawa HP ke sekolah, tetap saja
siswa-siswi secara sembunyi-sembunyi membawa dan bermain HP di lingkungan
sekolah.
15.
Kalimat-kalimat penolakan yang tepat untuk menanggapi pernyataan
tersebut adalah ....
a.
Kebijakan sekolah dengan melarang siswa membawa HP ke sekolah
menimbulkan pro dan kontra dikalangan siswa.
b.
Saya tidak setuju dengan kebijakan sekolah karena dengan HP saya
bisa mencari berbagai informasi.
c.
Saya tidak ihlas menerima kebijakan sekolah karena masih banyak
siswa yang sembunyi-sembunyi membawa HP ke sekolah.
d.
Dengan kebijakan sekolah seperti itu banyak siswa merasa takut
dan tidak berani lagi membawa HP ke sekolah.
16.
Dipagi cerah itu
Ibu Anita masuk ke dalam ruangan kelas dengan wajah ceria. senyumnya yang manis
menghiasi bibirnya yang merah merekah. Aku adalah salah satu murid yang sangat
mengaguminya. Jika semua guru memiliki karakter seperti Bu Anita barangkali
murid-murid akan merasa senang. Sementara itu hanya Bu Anita yang sangat
perhatian terhadap diriku.
Unsur intrinsik yang tampak jelas dalam penggalan cerpen
tersebut adalah …
a.
Latar dan sudut pandanga c. Sudut pandang dan amanat
b.
Latar dan amanat d. Amanat dan Karakter
17.
“ Don …, Don ..., Doni……!” teriak majikan.
“ Ya ……Tuan, Tuan panggil saya?” Tanya si pelayan
“ Belikan rokok, sabun diwarung sebelah, cepat!” bentak majikan
“ Uangnya mana Tuan?” Doni menadahkan tangannya.
“ Besok dibayar, gak ada uang kecil!”
Karakter yang tampak pada tokoh majikan adalah …
a.
keras dan tegas c. pelit dan emosi
b.
kejam dan malas d. manja dan emosi
A.
Awan Panas yang berhembus dari gunung merapi mencapai 30000C.
Selain awan panas yang mematikan, gunung merapi juga mengeluarkan abu vulkanik,
lahar panas atau lava pijar, serta semburan pasir yang meluluh lantakkan alam
sekitar. Semburan awan panas yang sangat mematikan mencapai radius 30 km dari
gunung sehingga seluruh warga disekitar gunung harus mengungsi ke tempat yang
aman.
B. Warga
diperbolehkan meninggalkan lokasi pengungsian ketika kondisi sekitar gunung
sudah aman. Butuh waktu yang cukup lama hingga lima tahunan untuk memulihkan
kondisi terutama untuk memulihkan flora ataupun pohon-pohon di sekitar gunung.
18.
Cuplikan teks eksplanasi pada bagian B berupa
a.
Interpretasi c. Eksplanasi
b.
Pernyataan umum d. Simpulan
19.
Ide pokok yang terkandung dalam paragraf A adalah....
a.
kehancuran alam sekitar
b.
warga mengungsi
c.
erupsi gunung Merapi
d.
Awan panas yang mematikan
20.
Paragraf deduktif dikembangkan dengan pola pengembangan
a.
umum – khusus c. sebab – akibat
b.
khusus – umum d. akibat – sebab
21.
Kalimat berikut yang predikatnya diduduki oleh sebuah kata dasar
adalah ...
a.
Ayah menanam padi di sawah.
b.
Laras menangis tersedu-sedu.
c.
Anita makan sepotong kue bolu.
d.
Ibu membeli sekantong buah apel di pasar.
22.
Pedagang asongan itu sedang menceritakan perjuangan masa
mudanya. Pola kalimat tersebut adalah ....
a.
S-P-O-K c. S- P-Pel
b.
S-P-O-Pel D. S-P-O
1.
cantik, pandai, berat, jauh, malas
2.
baju, meja, buku, mobil, rumah
3.
pergi, tidur, makan, belajar, menangis
4.
sedikit, banyak, beberapa, kesatu
23.
Deretan kata kerja terdapat pada....
a.
Nomor 1 c. Nomor 3
b.
Nomor 2 d. Nomor 4
24.
Tokoh yang menyebabkan timbulnya berbagai masalah dalam cerita
adalah....
a.
Tokoh protagonis c. tokoh tritagonis
b.
tokoh antagonis d. tokoh bulat
25.
Karya sastra prosa yang hanya mengambil satu masalah yang
terjadi dalam hidup seseorang yang disertai dengan penyelesaiannya disebut …..
a.
roman c. fabel
b.
novel d. cerpen
No comments:
Post a Comment