26
|
Unsur konstitutif yang mutlak harus ada dalam syarat-syarat
berdirinya suatu Negara adalah sebagai berikut, kecuali….
|
|
|
A.
|
Rakyat.
|
|
B.
|
Wilayah.
|
|
C.
|
Pengakuan dari wilayah lain.
|
|
D
|
Pemerintah yang berdaulat.
|
27
|
Berikut yang merupakan dasar hukum bela Negara adalah….
|
|
|
A.
|
Pasal 33 ayat (2) UUD 1945.
|
|
B.
|
Pasal 33 ayat (3) UUD 1945.
|
|
C.
|
Pasal 27 ayat (1) UUD 1945.
|
|
D
|
Pasal 27 ayat (3) UUD 1945.
|
28
|
Tugas siswa dalam mengisi kemerdekaan ini adalah….
|
|
|
A.
|
Melaksanakan pembangunan.
|
|
B.
|
Mengikuti kegiatan pembangunan di kampung.
|
|
C.
|
Menjalin kerjasama dengan Negara lain
|
|
D
|
Belajar dengan rajin untuk hari depan.
|
29
|
Keikutsertaan warga Negara dalam upaya bela Negara
diselenggarakan melalui hal-hal sebagai berikut, kecuali….
|
|
|
A.
|
Pendidikan kewarganegaraan.
|
|
B.
|
Mengabdi sebagai prajurit TNI .
|
|
C.
|
Pengabdian sesuai dengan potensi.
|
|
D
|
Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.
|
30
|
Tindakan siswa yang tidak mencerminkan upaya bela Negara
adalah….
|
|
|
A.
|
Menjadi atlit nasioanal.
|
|
B.
|
Belajar dengan sungguh-sungguh.
|
|
C.
|
Mengkonsumsi obat-obat terlarang.
|
|
D
|
Siap mengikuti lomba atletik internasional.
|
31
|
Para nelayan dan petani dengan menyediakan pangan
nasional, para medis menjaga kesehatan masyarakat, TIM SAR dan PMI melakukan
kegiatan dalam menanggulangi bencana alam dan kemanusiaan, yang mereka
lakukan merupakan upaya pembelan Negara melalui….
|
|
|
A.
|
Pengabdian sesuai propesi.
|
|
B.
|
Pendidikan kewarganegaraan.
|
|
C.
|
Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib
|
|
D
|
Pengabdian sebagai TNI secara suka rela atau wajib
|
32
|
Cinta bangsa (Nasionalisme) yang merupakan perwujudan
upaya pembelaan Negara antara lain contohnya….
|
|
|
A.
|
Mengutamakan penggunaan barang-barang produk dalam negeri
karena dapat menggerakkan roda perekonomian.
|
|
B.
|
Lebih baik membeli barang luar negeri daripada membuat
sendiri karena ongkosnya lebih mahal.
|
|
C.
|
Menganggap derajat
bangsanya yang paling unggul sedang derajat bangs alain rendah
|
|
D
|
Lebih baik mengasingkan diri dari bangsa lain daripada
meniru-niru bangsa lain.
|
33
|
Fungsi Negara yang terutama berkaitan langsung untuk
mewujutkan tujuan NKRI “melindungi segenap bangsa Indonesia
dan seluruh tumpah darah Indonesia
”, adalah….
|
|
|
A.
|
Pertahanan.
|
|
B.
|
Kebebasan.
|
|
C.
|
Keadlian.
|
|
D
|
Kesejahteraan dan kemakmuran.
|
34
|
Di bawah ini merupakan lembaga perwakilan rakyat di
tingkat kabupaten / kota
adalah….
|
|
|
A.
|
DPD.
|
|
B.
|
DPR.
|
|
C.
|
MPR.
|
|
D
|
DPRD.
|
35
|
Hakikat otonomi daerah adalah….
|
|
|
A.
|
Daerah berhak mementukan sendiri pemerintahan daerah.
|
|
B.
|
Daerah berhak mengatur urusan rumah tangganya sendiri.
|
|
C.
|
Pemerintah daerah membantu pemerintah pusat.
|
|
D
|
Pemerintah pusat tidak berhak mencanpuri daerah.
|
36
|
Masa seakan-akan batas antara Negara yang satu dengan
Negara lain sudah tidak ada dan segala informasi mudah kita dapatkan dimana
saja dan kapan saja disebut….
|
|
|
A.
|
Era informatika.
|
|
B.
|
Zaman pembaharuan.
|
|
C.
|
Era globalisasi.
|
|
D
|
Zaman perubahan.
|
37
|
Kita semua bisa mendapatkan segala informasi yang terkini
dari seluruh penjuru dunia melalui…
|
|
|
A.
|
Telpon seluler.
|
|
B.
|
Interkom.
|
|
C.
|
Wartel.
|
|
D
|
Internet.
|
38
|
Dalam kenyataan kita tidak dapat menghindari diri dari
pengaruh globalisasi , oleh karena itu dalam menerima arus globalisasi kita
tidak boleh melupakan….
|
|
|
A.
|
Negara lain.
|
|
B.
|
Pengaruh budaya asing.
|
|
C.
|
Jasa-jasa para ilmuan.
|
|
D
|
Nilai-nilai kepribadian bangsa.
|
39
|
Dampak globalisasi yang bernilai negatif di bidang sosial
budaya diantaranya adalah sebagai berikut, kecuali….
|
|
|
A.
|
Munculnya lembaga swadaya masyarakat
|
|
B.
|
Bergaya hidup konsumtif
|
|
C.
|
Berdandan ala barat.
|
|
D
|
Sikap hedonisme
|
40
|
Dasar hukum politik luar Negeri Indonesia adalah….
|
|
|
A.
|
Pembukaan UUD 945 alinia 1 dan 2
|
|
B.
|
Pembukaan UUD 945 alinia 1 dan 3
|
|
C.
|
Pembukaan UUD 945 alinia 1 dan 4
|
|
D
|
Pembukaan UUD 945 alinia 2 dan 4
|
41
|
Sarana yang berpengaruh pada dunia tanpa batas di Era
globalilasi saat ini adalah….
|
|
|
A.
|
Lembaga swadaya masyarakat.
|
|
B.
|
Telpon dan radio.
|
|
C.
|
Media elektronik dan media massa.
|
|
D
|
Piagam dan biro jasa.
|
42
|
Sebagai pelajar, sikap kalian terhadap globalisasi
adalah….
|
|
|
A.
|
Rajin dan tekun mempelajari iptek yang berkembang pada
Negara maju
|
|
B.
|
Mampu menyerap semua informasi dan menerapkannya dalam
kehidupan.
|
|
C.
|
Bersikap terbuka dan mau menerima setiap pembahasan yang
bersifat konstruktif.
|
|
D
|
Tidak merasa tertarik terhadap kejadian-kejadian pada
masyarakat lokal, nasional dan global.
|
43
|
Ciri-ciri globalisasi adalah sebagai berikut, kecuali….
|
|
|
A.
|
Segala sesuatu itu terus mendunia
|
|
B.
|
Tanpa dibatasi oleh ruang
|
|
C.
|
Tanpa dibatasi oleh waktu
|
|
D
|
Sikap, pola dan gaya
hidup harus mengikuti Amerikat serikat.
|
44
|
Kemampuan yang merupakan sesuatu yang melekat dalam diri
seseorang disebut….
|
|
|
A.
|
Prestasi
|
|
B.
|
Potensi
|
|
C.
|
Bakat
|
|
D
|
Kreatif
|
45
|
Berikut ini yang bukan merupakan ciri manusia unggul
adalah….
|
|
|
A.
|
Memiliki keimanan yang utuh.
|
|
B.
|
Memiliki rasa percaya diri yang berlebihan.
|
|
C.
|
Melaksakan amal ibadah.
|
|
D
|
Memiliki akhlak mulia seperti amanah, ikhlas, tekun,
disiplin, bersyukur, sabar dan adil.
|
46
|
Fungsi pendidikan nasional, antara lain….
|
|
|
A.
|
Mencerdaskan kehidupan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia.
|
|
B.
|
Melidungi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.
|
|
C.
|
Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa.
|
|
D
|
Memajukan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.
|
47
|
Hasil pelajaran yang diperoleh dari kegiatan belajar di
sekolah atau perguruan tinggi yang bersifat kognitif adalah pengertian dari….
|
|
|
A.
|
Prestasi akademik.
|
|
B.
|
Prestasi kerja.
|
|
C.
|
Prestasi blajar.
|
|
D
|
Prestasi.
|
48
|
Potensi diri adalah….
|
|
|
A.
|
Hasil yang dicapai, dilakukan, diperoleh atau dikerjakan.
|
|
B.
|
Kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang
mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dalam berprestasi.
|
|
C.
|
Sesuatu yang positif dan negatif.
|
|
D
|
Sesuatu yang tidak bisa berkembang.
|
49
|
Prof. Dr. BJ Habibi, Ir Ciputra dan Ki Hajar dewantara
adalah mereka-mereka berprestasi di bidang….
|
|
|
A.
|
Sain
|
|
B.
|
Politik
|
|
C.
|
Ilmu pengetahuan dan tekhnologi
|
|
D
|
Olah raga
|
50
|
Yang bukan ciri-ciri anak berprestasi di bawah ini
adalah….
|
|
|
A.
|
Memiliki kemampuan menyesuaikan diri.
|
|
B.
|
Rajin melakukan sesuatu yang diminati.
|
|
C.
|
Mampu menghadapi berbagai tantangan.
|
|
D
|
Cendrung bersifat tertutup/pendiam.
|
No comments:
Post a Comment